Rumus Keliling Persegi Panjang

Persegi panjang adalah salah satu jenis dari bangun datar yang memiliki dimensi dua. Bangun yang satu ini terbentuk dari dua pasang rusuk yang pada masing – masing, dua rusuk panjang, dua rusuk pendek, yang saling sejajar dengan pasangan rusuknya. Persegi panjang juga mempunyai empat buah titik sudut yang semuanya merupakan sudut siku – siku.

Ini merupakan bangun yang biasanya dipelajari dalam matematika dasar, umumnya pada tingkat sekolah dasar pasti sudah mempelajari bangun datar persegi panjang.

Pada kesempatan kali ini, pintarnesia akan berbagi kepada teman – teman pembaca artikel yang berisi rumus keliling persegi panjang, contoh soal. dan cara menghitung keliling persegi panjang.

  1. Ciri Ciri Persegi Panjang
  2. Rumus Keliling Persegi Panjang
  3. Contoh Soal dan Cara Menghitung Keliling Persegi Panjang
    1. Contoh Soal 1
    2. Contoh Soal 2
    3. Contoh Soal 3
    4. Contoh Soal 4
    5. Contoh Soal 5

Ciri Ciri Persegi Panjang

Ciri Persegi Panjang

Mungkin kalian kebanyakan sudah mengetahui seperti apa ciri – ciri dari bangun datar persegi panjang, di atas juga sudah sedikit di singgung. Namun, barangkali ada yang masih kurang paham atau belum mengerti seperti apa ciri – ciri persegi panjang, berikut ada beberapa ciri bangun datar persegi panjang :

  • Memiliki empat buah rusuk, dimana ada sepasang rusuk (dua rusuk) pendek yang saling berhadapan dan sepasang rusuk (dua rusuk) panjang yang saling berhadapan.
  • Memiliki empat buah titik sudut yang terbentuk dari rusuk yang ada dengan masing – masing sudutnya memiliki besar 90 derajat (sudut siku – siku).
  • Untuk rusuk panjang biasa disebut dengan p (panjang) dan rusuk pendek l (lebar)
  • Mempunyai dua diagonal yang panjangnya sama.

Rumus Keliling Persegi Panjang

Keliling Persegi Panjang = s1 + s2 + s3 + s4 atau 2p + 2l atau AB+BC+CD+DA

Keterangan :

  • s = sisi
  • p = panjang
  • l = lebar
  • AB = panjang sisi A ke B
  • BC = panjang sisi B ke C
  • CD = panjang sisi C ke D
  • DA = panjang sisi D ke A.

Baca Juga : Rumus Luas Persegi Panjang

Contoh Soal dan Cara Menghitung Keliling Persegi Panjang

Berikut di bawah ini pintarnesia berikan kepada teman – teman pembaca semuanya contoh soal beserta dengan pembahasan bagaimana cara menghitung keliling dari bangun datar persegi panjang.

Supaya bisa lebih paham, teman – teman bisa mencoba mengerjakannya sendiri terlebih dahulu, kemudian cocokan dengan jawaban yang ada di bawahnya. Contoh Soal Mencari Keliling Persegi Panjang :

Contoh Soal 1

Sebuah frame foto yang mempunyai bentuk persegi panjang mempunyai lebar sisi 20 cm dan panjang sisi 50 cm, hitunglah berapa keliling dari frame foto tersebut!

Diketahui : Panjang = 50 cm, Lebar = 20 cm
Ditanyakan : K ? (K = 2p + 2l)
Dijawab : Keliling bingkai foto = 2p + 2l = (2 x 50) + (2 x 20) = 144 cm.

Jadi keliling dari frame foto yang memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar sisi 20 cm dan panjang sisi 50 cm adalah sebesar 144 cm atau 1,44 m.

Contoh Soal 2

Hitunglah berapa keliling dari buku gambar yang memiliki bentuk persegi panjang dimana ukuran sisi panjangnya 60 cm dan sisi lebarnya 40 cm!

Diketahui : Panjang = 60 cm, Lebar = 40 cm
Ditanyakan : K ? (K = 2p + 2l)
Dijawab : Keliling buku gambar = 2p + 2l = (2 x 60 cm) + (2 x 40 cm) = 120 cm + 80 cm = 200 cm.

Jadi keliling dari buku gambar yang memiliki bentuk persegi panjang dengan panjang sisi 60 cm dan lebar sisi 40 cm adalah 200 cm atau 2 m.

Baca Juga: Rumus Keliling Segitiga.

Contoh Soal 3

Ada balok kayu yang mempunyai bentuk persegi panjang dengan ukuran lebar sisi 25 cm dan panjang sisi 40 cm. Silakan kalian cari berapa keliling dari balok kayu tersebut!

Diketahui : Panjang = 40 cm, Lebar = 25 cm
Ditanyakan : K ? (K = 2p + 2l)
Dijawab : Keliling balok kayu = 2p + 2l = (2 x 40 cm) + (2 x 25 cm) = 80 cm + 50 cm = 130 cm.

Jadi keliling dari balok kayu yang mempunyai bentuk persegi panjang, lebar sisi 25 cm dan panjang sisi 40 cm adalah sepanjang 130 cm atau 1,3 m.

Contoh Soal 4

Sebuah lapangan basket memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran lebar lapangan 7 m dan panjang lapangan 15 m. Carilah berapa keliling dari ukuran lapangan basket tersebut!

Diketahui : Panjang = 15 m, Lebar = 7 m
Ditanyakan : K ? (K = 2p + 2l)
Dijawab : Keliling lapangan basket = 2p + 2l = (2 x 15 m) + (2 x 7 m) = 30 m + 14 m = 44 m.

Jadi keliling dari lapangan basket yang mempunyai ukuran panjang 15 m dan lebar 7 m (berbentuk persegi panjang) adalah sepanjang 44 m.

Contoh Soal 5

Hitunglah keliling lapangan sepak bola yang memiliki ukuran panjang 110 m dan ukuran lebar lapangan 55 m!

Diketahui : Panjang = 110 m, Lebar = 55 m
Ditanyakan : K ? (K = 2p + 2l)
Dijawab : Keliling lapangan sepak bola = 2p + 2l = (2 x 110 m) + (2 x 55 m) = 220 m + 110 m = 330 m.

Jadi keliling dari lapangan sepak bola yang memiliki ukuran panjang 110 m dan lebar 55 m adalah 330 m.

Itulah artikel kali ini dari Pintarnesia pelajaran matematika yang berisi materi bangun datar tentang rumus keliling persegi panjang, bagaimana cara menghitung keliling persegi panjang, contoh soal mencari keliling persegi dan jawabannya.

Mudah – mudahan bermanfaat untuk teman – teman yang sedang mempelajari materi bangun datar persegi panjang. Terimakasih telah berkunjung di Pintarnesia.

Originally posted 2020-08-16 10:37:04.