Rumus Keliling Segitiga: Sama Sisi, Sama Kaki, Siku-Siku

By Arwina Nur Dyah Utami -

Rumus Keliling Segitiga – Berbicara mengenai segitiga, tentu terpikir dalam benak kita tentang bangun datar. Ya, bangun datar dengan bentuk segitiga yang memiliki tiga sudut. Sebelumnya kita bahas rumus segitiga, yang sudah dipublikasikan.

Terdapat rumus untuk menghitung keliling segitiga yang pada kesempatan kali ini akan dibahas oleh pintarnesia. Terdapat rumus keliling segitiga siku-siku, segitiga sama sisi, segitiga sama kaki dan segitiga sembarang. Selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

 

Pengertian Segitiga

Segitiga merupakan bangun datar yang terdiri srai 3 sisi garis yang lurus dan memiliki 3 sudut. Merunut ilmuan yang bernama Euclid mengakatan bahwa jumlah dari 3 sudut segitiga pada bidang datar adalah 180°. Hak inilah yang memberikan kontribusi yang besar dalam konsep bangun datar, seperti untuk mencari panjang sisi dan juga besar sudut.

Rumus segitiga

 

Keterangan

a = Alas

b dan c = Sisi segitiga

t = Tinggi Segitiga (tinggi segitiga membentuk sudut 90° terhadap alas segitiga)

 

 

Rumus Keliling Segitiga

Untuk dapat menentukan keliling segitiga berarti kita harus mencari jarak yang mengelilingi segitiga tersebut. Terdapat beberapa langkah agar kamu dapat menentukan keliling segitiga.

Yang pertama apabila ketiga sisi segitiga diketahui panjang sisinya, maka kamu hanya perlu baju banget ketiga sisi segitiga tersebut untuk mendapatkan hasil keliling segitiga. Kemudian yang kedua untuk menentukan keliling segitiga siku-siku apabila kamu hanya mengetahui dua sisinya. Dan menentukan keliling dari jenis segitiga lain.

 

1. Rumus Keliling Segitiga Siku-Siku

Segitiga siku-siku adalah segitiga yang memilki jumlah sisi miring hanya satu yang berlawanan dengan sudut siku-siku. Jumlah salah satu sudut dari segitiga siku-siku yaitu 90°. Untuk dapat mengetahui jumlah sisi miring maka harus menggunakan rumus Pythagoras.

 

Rumus segitiga

 

Keterangan segitiga siku-siku

a = alas

b = tinggi

c = sisi miring (hipotenusa)

Kita dapat mencari panjang sisi c apabila panjang a dan panjang b diketahui.

 

Rumus keliling segitiga siku-siku

c = √(a² + b²) atau c² = a² +  b²

Contoh soal keliling segitiga siku-siku:

Sebuah segitiga siku-siku memiliki alas 6 cm dan tinggi 8 cm. Tentukan keliling segitiga tersebut!

Jawab:

a = 6 cm

b = 8 cm

c = belum diketahui

Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu mencari panjang sisi miring yang belum diketahui dengan cara seperti berikut:

c (sisi miring) = √(a² + b²) atau c² = a² + b²

c² = 6² + 8²

c² = 36 + 64

c² = 100

c = 10

Mencari keliling segitiga siku-siku:

K =  a + b + c

K = 6 + 8 + 10

K = 24 cm

 

2. Rumus Keliling Segitiga Sama Sisi

Segitiga sama sisi merupakan segitiga yang memiliki Sisi yang panjangnya sama. Apabila pada segitiga siku-siku hanya diketahui satu sisi saja, maka kita juga tetap dapat mengetahui panjang sisi yang lain tanpa menggunakan rumus Pythagoras. Ya, hak itu karena panjang sisi dari segitiga sama sisi adalah sama.

Rumus segitiga

 

Keterangan keliling segitiga sama sisi:

Keliling = a + b + c

Apabila dalam segitiga sama sisi maka rumus keliling akan diubah karena panjang sisi a, b dan c pada segitiga sama sisi adalah sama. Rumus keliling pada segitiga sama sisi akan diubah seperti berikut:

Keliling = 3 x a (dikali dengan panjang sisi yang diketahui)

atau

Keliling = 3 x sisi yang diketahui

 

Contoh Soal Keliling Segitiga Sama Sisi:

Sebuah segitiga sama sisi memiliki panjang sisi a = 15 cm. Tentukan keliling segitiga smaa sisi tersebut!

Jawab:

Keliling = 3 x a

Keliling = 3 x 15

Keliling = 45 cm

 

3. Rumus keliling Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki merupakan segitiga yang memiliki dua sisi miring yang sama panjang dan memiliki satu sisi sebagai alas. Apabila telah diketahui panjang Salah satu sisi miring pada segitiga sama kaki, maka panjang sisi miring yang lainnya dapat diketahui. hal tersebut dikarenakan kedua sisi miring pada segitiga sama kaki memiliki panjang yang sama.

Sedangkan untuk mencari keliling dari segitiga sama kaki, caranya yaitu dengan menjumlahkan kedua sisi miring yang memiliki panjang yang sama.

Rumus segitiga

Keterangan keliling segitiga sama kaki:

Keliling = 2 x sisi miring + alas

Atau

Keliling = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3

Apabila panjang sisi miring pada segitiga sama kaki tidak diketahui, sedangkan tinggi gigi segitiga sama kaki telah diketahui , maka kalian dapat menghitung sisi miringnya dengan menggunakan rumus phytagoras.

 

Contoh soal keliling segitiga sama kaki:

Diketahui sebuah segitiga sama kaki memiliki tinggi dengan panjang 12 cm serta memiliki alas dengan panjang 10  cm. Tentukan keliling segitiga sama kaki tersebut!

Jawab:

Karena pada segitiga sama kaki yang belum diketahui Sisi miringnya maka kita harus menghitung atau mencari terlebih dahulu panjang sisi miring dari segitiga sama kaki tersebut. Suatu segitiga sama kaki memiliki tinggi yang dibagi 2 sehingga menjadi segitiga siku-siku.

Tinggi pada segitiga sama kaki tersebut adalah 12 cm dan alasnya adalah 10 cm, denah tersebut dibagi menjadi 2 sehingga 5 cm. Untuk dapat mengetahui panjang sisi miring maka digunakan rumus phytagoras seperti berikut ini.

Keterangan:

Sisi miring = c

Tinggi = b

Alas = a

Jadi untuk mengetahui panjang sisi miring dapat dengan menggunakan rumus phytagoras:

c² = a² + b²

c² = 12² + 5²

c² = 144 + 25

c² = 169

c = 13 cm

Dari perhitungan diatas dapat kita ketahui bahwa panjang sisi miring segitiga sama kaki adalah 13 cm. Kemudian langkah selanjutnya kita tinggal menentukan keliling segitiga sama kaki dengan menggunakan rumus sebagai berikut.

Keliling = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3

Keliling = 13 + 13 + 10

Keliling = 26 + 10

Keliling = 36

 

Itulah penjelasan yang dapat kali ini pintarnesia sampaikan. Terdapat banyak jenis segitiga serta perhitungan rumus keliling segitiga yang digunakan pun berbeda tiap jenis sesuai dengan apa yang ditanyakan.

Semoga apa yang telah dijelaskan dapat mudah untuk dipahami, serta dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Apabila terdapat kalimat atau penjelasan yang kurang tepat, mohon dimaafkan. Salam teman pintar.

Arwina Nur Dyah Utami
Arwina Nur Dyah Utami
Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Artikel Terkait

Pola Bilangan
Pola Bilangan
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Bangun Datar
Bangun Datar
Oleh Hanif Pramono
Bilangan Real
Bilangan Real
Oleh Mexi Prizkia
Bilangan Prima
Bilangan Prima
Oleh Hanif Pramono
Bilangan Asli
Bilangan Asli
Oleh Mexi Prizkia
Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Rujak Buah
  2. Jus Jeruk
  3. Kue Balok
  4. Kue Lumpur
  5. Kue Pancong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *