Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)

Kubus: Rumus Volume, Luas, Keliling, dan Cara Menghitung

4 min read

rumus kubus

Kubus – Dalam dunia matematika, kita mengenal berbagai macam bangun datar maupun bangun ruang. Contoh bangun datar yaitu persegi, segita, persegi panjang dan lain sebagainya.

Adapun contoh bangun ruang yaitu kubus, prisma, tabung, dan lain sebagainya. Pada kali ini, Pintarnesia akan mengulas tentang salah satu bangun ruang yaitu kubus.

Bangun ruang tiga dimensi adalah bangun ruang yang memiliki volume. Terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Salah satunya kubus. Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki 12 rusuk yang sama panjang dan 6 buah sisi yang berbentuk persegi.

 

Bagian Bagian Kubus

Kubus memiliki 6 bagian yang membangunnya. Apa saja? Simak pembahasan berikut ini.

Setelah kalian mengamati kubus diatas, kalian sudah dapat mengetahui gambarannya bukan? Berikut bagian – bagian dari kubus.

 

1. Rusuk

Rusuk dalam bangun ruang sama halnya dengan sisi dalam bangun datar. Kubus memiliki 12 rusuk. Yaitu AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE.

 

2. Bidang sisi

Lain dengan sisi pada bangun datar, sisi dalam bangun ruang dapat dikatakan bidang atau permukaan bangun tersebut. Dalam hal ini, kubus memiliki 6 sisi. Yaitu ABCD, EFGH, ABFE, DCGH, BCGF, dan ADHE.

 

3. Titik sudut

Kubus juga memiliki titik sudut. Terdapat 8 titik sudut, yaitu A, B, C, D, E, F, G, dan H.

 

4. Bidang Diagonal

Bidang diagonal pada kubus adalah bidang yang melalui dua rusuk yang berhadapan. Kubus memiliki 6 bidang diagonal. Yaitu ABGH, CDEF, BCHE, AFGD, BDHF, dan AEGC.

 

5. Diagonal Ruang

Diagonal ruang pada kubus adalah garis yang menghubungkan 2 titik sudut yang berhadapan pada bangun ruang. Kubus memiliki 4 diagonal ruang. Yaitu DF, HB, CE, dan AG.

 

6. Diagonal Bidang/Sisi

Diagonal biang pada kubus adalah garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan pada tiap sisi kubus. Diagonal bidang dan bidang diagonal tentu berbeda. Bidang diagonal berbentuk persegi panjang yang terdapat dalam kubus.

Sedangkan diagonal bidang adalah diagonal pada setiap sisi dalam bangun kubus. Diagonal sisi pun terdapat pada bangun persegi. Kubus memiliki 12 diagonal sisi. Yaitu AF, BE, DE, AH, HF, EG, FC, BG, DB, AC, DG, dan HC.

 

 

Sifat Sifat Kubus

Setelah kalian memahami bagian kubus, selanjutnya akan membahas tentang sifat kubus. Adapun sifat – sifat yang dimiliki oleh kubus yang dapat dijadikan ciri khas dari bangun ruang kubus. Simak baik – baik ya!

Setelah kalian mengamati gambar kubus di atas, dapat kita ketahui bahwa kubus tersebut terdiri dari sudut ABCD EFGH. Dan berikut beberapa sifat kubus berdasarkan gambar diatas.

 

#1. Seluruh sisi pada kubus berbentuk persegi.

Pada sisi ABCD, EFGH, ABFE, DCGH, BCGF, dan ADHE memiliki bentuk persegi dan memiliki luas yang sama.

 

#2. Seluruh rusuk pada kubus sama panjang.

Rusuk-rusuk pada kubus yaitu AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE mempunyai ukuran yang sama panjangnya.

 

#3. Seluruh diagonal bidang pada kubus memiliki ukuran yang sama panjang.

Perhatikan garis BG dan CF pada pada gambar di atas. Kedua garis tersebut merupakan sebuah diagonal bidang kubus. Pada bidang BCGF memiliki ukuran sama panjang.

 

#4. Seluruh diagonal ruang pada kubus memiliki ukuran yang sama panjang.

Dari gambar kubus di atas, terdapat 4 diagonal ruang, yaitu HB,DF, AG dan CE yang semua diagonalnya berukuran sama panjang.

 

#5. Bidang diagonal pada kubus berbentuk persegi panjang.

Perhatikan bidang diagonal ACGE pada gambar kubus di atas. Diketahui bahwa bidang diagonal pada kubus berbentuk persegi panjang. karena garis AC dan GE merupakan diagonal bidang/sisi.

Baca Juga: Rumus Persegi Panjang.

 

Rumus Rumus Kubus

Sampai kepada sub bab mengenai rumus bangun kubus. Kali ini kita akan membahas beberapa rumus yang berkaitan dengan kubus. Karena rusuk atau sisi kubus itu sama jadi akan lebih mudah untuk mengingatnya. Berikut rumusnya.

Mencari Volume Kubus :

V = s³

Mencari Keliling Bangun Kubus :

K = 12 x s

Mencari Luas Permukaan Bangun Kubus :

L = 6 x s²

*sisi sama dengan rusuk

Perlu diketahui untuk :

Satuan volume yaitu satuan panjang kubik contoh millimeter kubik (mm³), centimeter kubik (cm³) , meter kubik (m3), dan lain sebagainya.

Satuan luas yaitu satuan panjang persegi contoh millimeter persegi (mm²), centimeter persegi (cm²) , meter persegi (m²), dan lain sebagainya.

Satuan keliling yaitu satuan panjang seperti biasa contoh millimeter (mm), centimeter (cm) , meter (m), dan lain sebagainya.

 

Contoh Soal Bangun Kubus

Nah berikut ini mimin berikan contoh soal cara menghitung volume kubus beserta pembahasannya, Soal-soal ini juga bisa menjadi sarana kamu untuk lebih paham tentang materi ini.

 

Contoh Soal 1

Sebuah baja berbentuk kubus yang memiliki panjang sisi 1o cm. Hitunglah volume baja tersebut?

Jawab :

V = s³

V = sisi x sisi x sisi

V = 10 x 10 x 10 = 1.000 cm³

Jadi, volume baja tersebut adalah 1.000 cm³.

 

Contoh Soal 2

Jika diketahui panjang salah satu sisi dari bangun kubus adalah 5 cm. Hitunglah volume dari kubus tersebut!

Jawab:

Karena semua sisi kubus sama panjang maka,

V = s³
V = sisi x sisi x sisi
V = 5 x 5 x 5
V = 125 cm³

Jadi, volume kubus tersebut adalah 1.000 cm³.

 

Contoh Soal 3

Diketahui sebuah bangun ruang kubus dengan panjang sisi sebuah kubus sebesar 30 cm, maka hitunglah volume, keliling dan luas dari kubus tersebut!

Jawab:

A. Volume Kubus

V = s³

V = sisi x sisi x sisi

V = 30 x 30 x 30

V = 27000 cm³

Jadi, volume kubus tersebut adalah 27000 cm³.

 

B. Keliling Kubus

K = 12 x s

K = 12 x sisi

K = 12 x 30

= 360 cm

Jadi, keliling kubus tersebut adalah 360 cm.

 

C. Luas Kubus

L = 6 x s²

L = 6 x sisi x sisi

L = 6 x 30 x 30

L = 5400 cm²

Jadi, luas kubus tersebut adalah 5400 cm².

 

Selesai sudah kita membahas tentang bangun ruang kubus. Semoga dapat membantu kesulitan kalian dan menyelesaikan tugas. Bila ada kesalahan kata mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight