Rumus Volume Kubus: Contoh Soal dan Cara Menghitung

Matematika memiliki banyak sekali cabang perhitungan didalamnya baik penjumlahan, pengurangan, pemkalian, pembagian, bilangan berangkat, bilangkan berakar dan masih banyak sekali.

Bidang yang dihitung pun dapat dibedakan menjadi bangun datar dan bangun ruang. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai rumus salah satu bangun ruang yaitu kubus.

  1. Pengertian Kubus
  2. Unsur-Unsur Kubus
    1. Sisi atau Bidang
    2. Rusuk
    3. Titik Sudut
    4. Diagonal Bidang atau Diagonal Sisi
    5. Diagonal Ruang
    6. Bidang Diagonal
  3. Rumus Volume Kubus
  4. Contoh Soal Volume Kubus

Pengertian Kubus

pengertian kubus

Kubus adalah salah satu jenis bangun ruang tiga dimensi yang memiliki enam buah sisi sama panjang berbentuk sama yaitu persegi dengan jumlah rusuk sebanyak 12 buah.

Unsur-Unsur Kubus

unsur kubus

Kubus memiliki beberapa unsur didalamnya antara lain sebagai berikut.

Sisi atau Bidang

Sisi merupakan bagian berbentuk persegi berjumlah 6 buah diseluruh bagian kubus yang dibedakan menjadi sisi bawah (ABCD), sisi atas (EFGH), sisi depan (ABFE), sisi belakang (DCGH) dan dua sisi samping yang terdiri dari kanan (ADHE) kiri (BCGF).

Rusuk

Rusuk merupakan garis yang membatasi atau memotong antar sisi bagian kubus yang dalam bangun ruang kubus terbagi menjadi 12 yaitu AB , BC , CD , DA , AE , BF , CG , DH , EF , FG , GH , dan HE.

Titik Sudut

Titik sudut merupakan titik potong yang membatasi dua atau tiga rusuk pada bagian kubus yang terbagi menjadi 8 yaitu A, B, C, D, E, F, G, dan H.

Diagonal Bidang atau Diagonal Sisi

Diagonal bidang atau diagonal sisi merupakan garis yang melintang dari tiap sudut pada masing-masing sisi yang terbagi menjadi 12 yaitu AF , BE , BG , FC , CH , DG , AH , DE , BD , AC , EG , dan HG.

Diagonal Ruang

Diagonal ruang merupakan garis yang melintang dari dua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu ruang yang terbagi menjadi empat yaitu BH , DF , AG , dan EC.

Bidang Diagonal

Bidang diagonal merupakan bidang yang terbentuk dari dua garis diagonal dan dua rusuk kubus yang sejajar. Seperti ACGE , DBFH , ABGH , EFCG.

Rumus Volume Kubus

rumus volume kubus

Bagi kalian yang masih sekolah dasar mungkin baru memperlajari mengenai rumus-rumus bangun ruang salah satunya kubus.

Tidak jarang masih banyak siswa yang bingung pada saat menghitung volume bangun ruang yang satu ini. Untuk itu simak uraian dibawah ini agar kalian lebih paham mengenai rumus volume kubus sehingga dapat menghitungnya dengan mudah.

Rumus Volume Kubus

V = s3 atau V = s x s x s

Keterangan :

V = volume kubus ( cm3 )

S = panjang rusuk kubus ( cm )

Contoh Soal Volume Kubus

contoh soal

Nah agar kalian lebih paham cara menghitungnya dibawah ini terdapat beberapa contoh soal menghitung volume kubus.

1. Sebuah kubus memiliki volume sebesar 125 cm3. Hitunglah berapa panang rusuk dari kubus tersebut !

Diketahui = v = 125 cm3

Ditanya = s ?

Jawab :

Volume = s3

125 = s3

s3 = 125

s = 5 cm

Jadi panjang sisi dari kubus tersebut adalah 5 cm

2. Diketahui sebuah kubus memiliki panjang rusuk sepanjang 10 cm tapi , volume dari kubus tersebut ada maka kalian harus mencari volume dari kubus tersebut ?

Diketahui = s = 10 cm

Ditanya = volume kubus ?

Jawab :

V = s3

V = 10 cm x 10 cm x 10 cm

V = 343 cm3

Jadi , volume dari kubus tersebut adalah 343 cm3

3. Diketahui sebuah volume kubus adalah 1331 cm3 tapi panjang dari rusuk kubus tersebut belum ada , maka kalian harus mencari berapa kah panjang rusuk dari kubus tersebut ?

Diketahui = V = 1331 cm3

Ditanya = panjang rusuk kubus ?

Jawab :

Volume = s3

1331 = s3

s3 = 1331

s = 11

Jadi , panjang rusuk dari kubus tersebut adalah 11 cm.

Nah itu dia tadi rumus volume kubus yang sebenarnya sangat mudah dipahami dan diterapkan dalam soal kuncinya adalah kalian harus sering berlatih dengan mengerjakan latihan soal.

Demikian sedikit informasi mengenai Rumus Volume Kubus dan Contoh Soal. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.