Sejarah Bahasa Indonesia: Kedudukan, Fungsi, Perkembangan

By

sejarah bahasa indonesia

Sebagai warga negara Indonesia kita sudah pasti menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari selain bahasa daerah kita. Selain itu bahasa Indonesia juga dijadikan sebagai mata pelajaran wajib dalam pembelajaran sekolah baik sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu dan bahasa pemersatu di negara Indonesia diantara banyaknya bahasa daerah di Indonesia. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa identitas bangsa Indonesia yang sudah dikenal pada kalangan mancanegara.

Sebagai warga negara Indonesia kita harus selalu menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia agar tidak tergeser oleh bahasa asing yang sudah mulai masuk dan digunakan oleh anak-anak muda.

Meskipun bahasa Indonesia merupakan bahasa asli kita namun tidak jarang kita masih sering keliru secara materi sehingga kita perlu lebih memperdalam bahasa Indonesia secara terus menerus.

Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia tercatat dalam sejarah lahir bersamaan dengan sumpah pemuda tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928. Lahirnya bahasa Indonesia berkaitan erat dengan bahasa melayu dikarenakan sebelum adanya bahsa Indonesia, bahasa melayu telah lebih dulu digunakan oleh masyarakat Indonesia selain bahasa daerah sehingga bahasa Indonesia yang ada saat ini banyak diadaptasi dari bahasa melayu.

Bahasa melayu juga dipakai sebagai bahasa kebudayaan pada zaman kerajaan sriwijaya. Penyebaran bahasa melayu di Indonesia bersamaan dengan tersebarnya agama Islam ke pelosok nusantara. Bahasa melayu ini sangat diterima oleh masyarakat Indonesia karena dapat menghubungkan komunikasi antar suku yang berbeda bahasa. Perkembangan bahasa melayu di Indonesia juga semakin terlihat jelas pada peninggalan kerajaan Islam pada abad ke 16 dan 17.

Pada tahun 1928 bahasa Indonesia diangkat menjadi bahasa persatuan Indonesia pada saat diadakannya sumpah pemuda dengan ikrar

  1. Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  2. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan
  3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Namun pada saat itu bahasa Indonesia baru diakui secara yudiris dan pada saat setelah kemerdekaan tepatnya pada tanggal 18 agustus 1928, barulah bahasa Indonesia ditetapkan menjadi bahasa negara yang terdapat pada Pasal 36 Bab XV UUD 1945.

Baca Juga : Kata Kerja Material: Pengertian, Jenis, Ciri dan Contoh Kata Kerja Material

Kedudukan Bahasa Indonesia

Berdasarkan hasil perumusan seminar politik bahasa nasional pada tanggal 25-28 Februari 1975 di Jakarta, bahasa Indonesia memiliki kedudukan diatas bahasa daerah, selain itu bahasa Indonesia juga memiliki fungsi lain diantaranya adalah sebagai berikut

1. Lambang Kebanggaan Nasional

Karena bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional bangsa Indonesia sudah jelas didalamnya terkandung nilai luhur sosial budaya Indonesia sendiri, nilai-nilai yang terdapat dalam bahasa Indonesia tentu saja diambil dari bangsa Indonesia dengan segala keanekaragamannya yang harus selalu kita jaga, lestarikan dan kembangkan.

Untuk itu kita sebagai warga pribumi harus bangga menggunakan bahasa Indonesia.

2. Lambang Identitas Nasional

Bahasa Indonesia merupakan bahasa identitas Indonesia yang berbeda dengan bahasa bangsa lain. Dengan memakai bahasa Indonesia dalam dunia global orang akan mengetahui bahwa kita adalah warga Indonesia. Dengan bahasa Indonesia pula orang akan mengetahui watak dan tingkah laku kita sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki kepribadian beraneka ragam.

Selain itu pemakaian bahasa Indonesia di kancah global juga akan memberi gambaran kepada masyarakat luas tentang bagaimana Indonesia.

3. Alat Pemersatu Berbagai Lapisan Masyarakat dengan Latar Belakang Berbeda

Indonesia merupakan negara yang dijuluki dengan seribu pulau, hal itu karena banyaknya daerah yang ada di Indonesia. Dengan banyaknya daerah yang tersebar di Indonesia tentu saja juga banyak suku dengan buadaya yang berbeda pada wilayah wilayah Indonesia.

Perbedaan wilayah ini sudah pasti membuat bahasa yang digunakan masing-masing suku akan berbeda. Dengan adanya bahasa Indonesia ini masyarakat Indonesia tidak akan bingung lagi jika berkomunikasi dengan orang yang berbeda suku dan disinilah fungsi bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa.

4. Alat Penghubung Antar Budaya Antar Daerah

Seperti fungsi sebelumnya, perbedaan suku budaya bukanlah penghalang bagi warga Indonesia untuk berkomunikasi antar suku.

Seluruh masyarakat Indonesia tentu saja mengetahui bahasa Indonesia, dengan ini kita akan lebih mudah menyampaikan maupun menerima informasi baik ideologi, sosial, ekonomi, budaya, politik dan yang lainnya termasuk pendidikan yang bisa mempercepat tercapainya tujuan pembangunan bangsa Indonesia.

Baca Juga : Teks Eksplanasi: Pengertian, Struktur, Ciri Ciri, Kaidah dan Contoh Teks Eksplanasi

Fungsi Bahasa Indonesia

Selain sebagai bahasa pemersatu bahasa Indonesia juga memiliki fungsi lain yang terbagi dalam fungsi umum dan fungsi khusus, dibawah ini penjelasannya.

A. Fungsi Bahasa Indonesia Secara Umum

Berikut ini adalah beberapa fungsi bahasa indonesia secara umum, antara lain.

1. Sebagai Alat Untuk Mengungkapkan Perasaan atau Mengekspresikan Diri

Karena bahasa Indonesia merupakan bahasa kita sendiri dan juga masuk kedalam mata pelajaran wajib dalam sekolah maka kita akan lebih mudah untuk menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan secara terbuka dengan bahasa Indonesia ini. Keinginan kita untuk mengekspresikan diri biasanya didorong oleh dua unsur yaitu

  • Menarik perhatian orang lain terhadap diri kita.
  • Keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan yang dipendam.

2. Sebagai Alat Komunikasi

Berkomunikasi adalah salah satu media untuk kita dapat mengutarakan sesuatu yang memungkinkan agar orang lebih mengerti apa yang kita maksud. Jika orang yang kita ajak berkomunikasi berbeda bahasa dengan kita, kita mungkin akan kesulitan berkomunikasi dan bukan tidak mungkin jika kita justru tidak mengerti sama sekali dengan apa yang lawan bicara kita katakan yang memungkinkan terjadinya kesalahpahaman.

Dengan adanya bahasa yang sama orang akan lebih mudah dalam berkomunikasi dan mengutarakan pendapat serta meminimalisir kesalahpahaman.

3. Sebagai Alat Berintegrasi dan Beradaptasi Sosial

Manusia merupakan mahkluk sosial yang jelas membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Hal ini mengharuskan seseorang memilih bahasa yang akan digunakan dalam kehidupan sosial untuk membantunya beradaptasi dengan lingkungan luas.

4. Sebagai Alat Kontrol Sosial

Bahasa dapat mempengaruhi tingkah laku dan tata bicara seseorang sehingga kita harus pandai-pandai dalam memilih kata yang akan kita ucapkan karena seseorang dapat menilai kita dengan apa yang kita ucapkan.

Baca Juga : Kata Kerja (VERBA): Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Kata Kerja

B. Fungsi Bahasa Indonesia Secara Khusus

Berikut ini adalah beberapa fungsi bahasa indonesia secara khusus, antara lain.

1. Mengadakan Hubungan dalam Pergaulan Sehari – Hari

Manusia akan selalu berkomunikasi setiap hari baik itu dalam hal formal maupun non formal. Bahasa yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari akan menimbulkan persepsi baik buruknya lisan kita, seseorang mungkin akan merasa tidak nyaman jika kita berbicara dengan bahasa yang kurang tepat.

2. Mewujudkan Seni (Sastra)

Fungsi bahasa sangatlah luas salah satunya yang sering orang lakukan untuk mengekspresikan dirinya adalah melalui seni seperti bernyanyi, bersyair, berpuisi dan masih banyak yang lainnya. Pemilihan bahasa dalam seni disini sangatlah penting karena itu merupakan faktor yang akan menentukan apakah makna tesirat dari pengarang tersampaikan atau tidak.

3. Mempelajari Bahasa-Bahasa Kuno

Sebagian orang sangat menyukai sejarah termasuk bahasa kuno untuk mengetahui sesuatu yang ada pada masa lalu. Tanpa adanya orang yang berbahasa sama dengan kita untuk menerjemahkannya mungkin kita tidak akan tahu arti bahasa kuno tersebut.

4. Mengeksploitasi IPTEK

Manusia diciptakan dengan akal agar dapat memajukan kehidupan manusia itu sendiri. Banyak sekali istilah asing dalam ilmu tertentu yang orang awam tidak mengetahui maknanya, untuk itu orang-orang akan belajar agar dapat mengetahui istilah yang mungkin belum pernah didengar utnuk disampaikan kembali kepada orang banyak.

Baca Juga : 3500+ Kosakata Bahasa Korea: Lengkap, Arti dan Terjemahan

Perkembangan Bahasa Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sebenarnya bahasa Indonesia diadaptasi dari bahasa melayu. Dan bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa persatuan oleh para pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 saat ikrar sumpah pemuda di Jakarta. Setelah ikrar tersebut masyarakat Indonesia mulai memakai bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Hingga setelah kemerdekaan yatu pada 18 Agustus 1945 bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa negara yang tercantum dalam UUD 1945.

Dalam penyebaran bahasa Indonesia banyak pihak yang ikut serta mulai dari pedagang, tokoh politik serta media masa ikut berperan untuk lebih mengembangkan bahasa Indonesia dengan memunculkan istilah-istilah baru dalam bahasa Indonesia yang sebelumnya belum pernah ada.

Hingga saat ini bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa sehari-hari setelah bahasa daerah bahasa Indonesia baku juga dijadikan sebagai bahasa formal dalam acara-acara tertentu. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus selalu bangga menggunakan bahasa Indonesia serta tetap menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia.

Demikian sedikit informasi mengenai Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa asli negara Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.


Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *