Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Senam Aerobik: Pengertian, Sejarah, Materi, Gerakan, Manfaat

5 min read

senam aerobik

Sehat merupakan kebutuhan bagi setiap manusia hidup, tidak ada satupun manusia yang ingin sakit, belum lagi untuk saat ini sedang marak dengan adanya penyebaran virus yang belum ada vaksinnya. Untuk itu setiap orang perlu menerapkan hidup sehat.

Pola hidup sehat ini dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, minum air sesuai yang dianjurkan, menjaga pola makan sehat dan bergizi serta olahraga secara rutin. Banyak yang menjalankan tiga pola hidup sehat diatas namun mengabaikan olahraga padahal olahraga merupakan solusi agar badan selalu fit dan bugar sehingga imunitas tubuh meningkat.

Olahraga tidak harus dilakukan di tempat gym yang mahal saja, banyak olahraga murah meriah yang dapat dilakukan di rumah atau lapangan. Jika tidak memiliki waktu berolahraga kecil saja sekitar 10 menit secara rutin setiap hari sudah cukup salah satunya melakukan senam. Senam memiliki banyak sekali jenis dan pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari senam aerobik, untuk itu simak uraian dibawah.

 

Pengertian Senam Aerobik

senam aerobik

Senam aerobik adalah olahraga preventif senam yang berfungsi meningkatkan kebugaran jasmani agar tubuh dapat memasok oksigen lebih banyak kedalam organ diiringi musik dan durasi waktu yang telah ditentukan.

Olahraga ini dapat dilakukan secara bersama dengan banyak orang alias massal dan gerakan yang beragam namun senam aerobik ini sangat jarang dijadikan sebagai ajang kejuaraan besar.

 

1. Pengertian Senam Aerobik Menurut PIG (Federation International Gymnastique)

Berdasarkan PIG atau Federation International Gymnastique senam aerobik merupakan kemampuan dalam melakukan gerakan secara kompleks dan berlanjut (continue) yang mengikuti pola gerakan dengan intensitas tinggi.

Dengan gerakannya yang terus menerus, serta menunjukkan kekuatan, fleksibilitas. Dan yang terakhir yaitu memanfaatkan tujuh langkah dasar dan memecahkan kesulitan unsur gerak yang dilakukan secara sempurna.

 

2. Pengertian Senam Aerobik Menurut Jackie Sorensens

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Jackie Sorensens senam aerobik merupakan salah satu jenis senam kebugaran atau kesehatan jasmani yang sangat lengkap karena mencakup beberapa latihan dan juga kegembiraan yang dapat mengekspresikan semua perasaan dengan cara tertawa, bergoyang, melompat, meregangkan badan, dan dikombinasikan dengan tarian rakyat, tarian tradisional, dan juga tarian kontemporer.

 

3. Pengertian Senam Aerobik Menurut Dr. Kenneth Cooper

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Dr. Kenneth Cooper senam aerobik merupakan suatu kegiatan menggerakkan suatu bagian tubuh yang memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya. Serta menuntut lebih banyak oksigen yang berguna untuk memperjanjang waktu dalam senam.

Senam aerobik ini sendiri dapat meningkatkan detak jantung dan memompa oksigen dikarenakan gerakannya yang teratur dengan menggunakan konsep ritme musik.

 

4. Pengertian Senam Aerobik Menurut Marta Dinata

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Marta Dinata senam aerobik merupakan serangkaian gerak tubuh yang dilakukan secara sengaja. Dipilih dengan mengikuti sebuah irama musik yang dipilih untuk membuat ketentuan ritme, kontinuitas, serta durasi tertentu.

Senam aerobik merupakan suatu susunan gabungan sebuah rangkaian gerak tubuh dengan irama musik yang sengaja dibuat. Yang berguna untuk menampakkan keselarasan antara gerak tubuh dengan musik untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

 

 

Sejarah Senam Aerobik

Tarian aerobik pertama kali dikenalkan oleh seorang bernama Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960-an, mulai muncul dan terkenal di Amerika serikat sekitar tahun 1970-an yang sering ditarikan pada tempat-tempat tertentu seperti gereja, tempat wisata, tempat kebugaran dan sekolah.

Setelah setahun berlalu tepatnya sekitar tahun 1980-an senam aerobik ini mulai masuk ke Indonesia yang muncul masih dengan nama fitaerobics pada event perlombaan putra putri. Dan pada tahun 1990-an lah namanya berubah menjadi aerobics dan senam ini semakin berkembang pesat berkat banyaknya peminat.

Lima tahun setelah namanya berubah menjadi aerobics senam ini telah diakui oleh PIG atau Federation Internasional Gymnastique tepatnya pada tahun 1995 yang kemudian diadakan kejuaraan olahraga aerobics pertama di Paris.

Lima tahun berselang lagi tepatnya pada tahun 2000 Indonesia untuk pertama kalinya juga melombakan aerobics ini pada PON (Pekan Olahraga Nasional) XV di Surabaya. Pada tahun 2005 nama sports aerobics diubah dengan menyingkat menjadi aerobics saja.

Sejak memasuki tahun 2000-an senam aerobics semakin mengalami perubahan pesat dan peminat olahraga ini semakin banyak dari semua kalangan hingga saat ini.

 

 

Jenis-Jenis Senam Aerobik

Senam aerobics terbagi menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut

  1. High Impact Aerobics : merupakan senam aerobik yang dilakukan dengan aliran gerakan yang cepat dan keras.
  2. Low Impact Aerobics : merupakan senam aerobik yang dilakukan dengan aliran gerakan yang tidak terlalu cepat dan ringan.
  3. Discorobics : merupakan senam aerobik yang dilakukan dengan mengkombinasikan beberapa gerakan dari high impact aerobics dengan gerakan dari low impact aerobics.
  4. Rockrobics : merupakan senam aerobik yang dilakukan dengan mengkombinasikan beberapa gerakan dari low impact aerobis dengan gerakan dari gerakan rock n roll.
  5. Aerobics Sport : merupakan senam aerobik yang dilakukan dengan mengkombinasikan beberapa gerakan dari high impact aerobics, low impact aerobics dan beberapa gerakan kelentukan.
  6. Aerobics Dance : merupakan senam aerobik yang dilakukan dengan mengkombinasikan bentuk tarian yang indah.
  7. Aerobik Alat : merupakan senam aerobik yang dilakukan dengan menggunakan bantuan peralatan, seperti bangku, kursi, tongkat, tali, pita, ataupun bola sebagai penambah variasi, intensitas, dan juga volume latihan dalam aerobik.

Baca Juga : Gerakan Senam Irama

 

 

Gerakan Senam Aerobik

senam aerobik

Gerakan dalam senam aerobik terbagi menjadi empat antara lain sebagai berikut.

 

1. Pemanasan

Pemanasan merupakan gerakan yang sangat penting bukan hanya untuk senam aerobik saja namun untuk semua jenis olahraga untuk menghindari adanya cidera. Selain itu pemanasan juga dilakukan untuk menaikkan denyut jantung, maenaikkan suhu tubuh serta untuk mempersiapkan sendi dan juga otot.

Pemanasan dalam senam aerobik umumnya berlangsung sekitar 5 menit hingga 10 menit sebelum masuk ke gerakan senam inti mulai dari kepala tangan hingga kaki.

 

2. Latihan Inti

Setelah melakukan pemanasan kita akan masuk ke gerakan inti dengan intensitas yang cukup tinggi dalam durasi waktu yang lebih panjang yaitu sekitar 22 menit hingga 25 menit.

 

3. Langkah Kaki

Gerakan langkah kaki dalam senam aerobik juga perlu diperhatikan karena akan menentuka intensitas gerakan, gerakan langkah kaki ini merupakan tingkat sentuhan atau bentukan kaki terhadap permukaan tanah. Gerakan langkah kaki terbagi menjadi tiga yaitu low impact, moderate impact dan high impact yang dapat disesuaikan dengan gerakan inti.

 

4. Pendinginan

Gerakan terhakhir dalam senam aerobik dan juga olahraga lain adalah pendinginan yang berfungsi untuk mengembalikan denyut jantung agar normal seperti semula, menurunkan suhu tubuh serta merileksasikan sendi dan juga otot.

Pendinginan memiliki durasi waktu yang hampir sama dengan pemanasan dalam senam aerobik yaitu sekitar 5 menit hingga 10 menit.

Baca Juga : Jenis – Jenis Senam Lantai

 

 

Manfaat Senam Aerobik

Segala jenis kegiatan fisik terutama olahraga tentu saja memiliki manfaat didalamnya, antara lain sebagai berikut

  • Meningkatkan kebugaran dan daya tahan atau kekebalan tubuh
  • Meningkatkan fungsi jantung
  • Menguatkan dan melatih otot
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kelenturan dan energi tubuh
  • Memperkuat tulang dan sendi
  • Membersihkan jaringan arteri dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh
  • Mengurangi resiko darah tinggi
  • Membuat panjang umur, awet muda dan mempercantik tubuh
  • Mengurangi stres dan memperbaiki mood
  • Membantu memperlancar proses persalinan
  • Membantu memperbaiki sistem pernafasan.

Pada dasarnya semua olahraga memiliki manfaat dan kegunaan yang baik bagi tubuh jika diimbangi dengan pola hidup sehat jika tidak menerapkan hidup sehat bisa dikatakan jika olahraga yang dilakukan sia-sia dan kurang maksimal.

Selain itu olahraga juga harus dilakukan secara rutin bukan hanya sekali dalam sebulan atau bahkan tidak pernah olahraga dalam jangka waktu yang lama, lakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu minimal 10 menit saja sudah cukup jika dilakukan dengan benar.

 

Demikian sedikit informasi mengenai Senam Aerobik lengkap dengan Pengertian, Sejarah, Materi, Gerakan, Manfaat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.
DarkLight