Senam Irama: Pengertian, Sejarah, Macam, Gerakan dan Unsur Senam Irama

By Arwina Nur Dyah Utami -

Senam Irama – Banyak dari kita yang sering berpikir bahwa semua senam yang menggunakan musik sebagai paduan iramanya nya disebut sebagai senam irama. Akan tetapi apakah semua senam yang menggunakan musik itu dapat disebut dengan senam irama atau senam ritmik?

Mungkin pendapat dari mereka tidak juga dapat dikatakan salah karena senam tersebut memang menggunakan musik sebagai paduan iramanya akan tetapi yang dimaksud dengan senam irama atau senam ritmik bukanlah hanya menggunakan musik sebagai panduan iramanya.

 

Pengertian Senam Irama

senam irama

Senam irama atau yang biasa dikatakan sebagai senam ritmik merupakan jenis olahraga aerobik. Di dalam senam irama atau senam ritmik mengombinasikan antara gerakan senam dengan tari dan diiringi oleh alunan musik.

Senam irama pertama kali digagas oleh François Delsarte, Rudolf Bone, dan Jean-Georges Noverre pada abad ke-18. Kemudian dikembangkan lagi oleh Peter Henry Ling, Hinrich Medau, dan Catharine Beecher hingga menjadi senam irama yang saat ini kita kenal.

 

Senam Irama Secara Spesifik

Senam masuk ke dalam salah satu cabang dari olahraga senam artistik yaitu satu orang atau kelompok yang terdiri dari banyak orang kemudian mempertunjukkan koreografi yang dimilikinya yang menyatu dengan akrobatik, balet, tari modern dan lainnya.

 

Kejelasan Senam Irama

Senam irama ini adalah senam yang dipertandingkan dalam olimpiade dan pertandingan senam irama internasional, Sedangkan untuk senam aerobik contohnya, adalah senam yang dilakukan hanya untuk sekedar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh yang mana dalam senam aerobik sekelompok peserta melakukan gerakan senam yang dibantu oleh seorang pemandu senam.

Sejak dulu senam irama biasanya hanya dilakukan oleh para kaum hawa, kemudian akhirnya Jepang mulai mempelopori untuk menciptakan nomor putra dalam senam irama meskipun hal tersebut saat ini hanya masih berlaku di kalangan Jepang.

 

Perempuan Lebih Dominan

Senam irama banyak didominasi oleh kaum hawa dikarenakan pertama kali lahirnya senam ini yaitu di Eropa oleh beberapa pakar yang yang justru merupakan pakar di bidang seni. Dalam perkembangannya senam irama banyak mengadopsi gerakan balet yang mana pada saat itu tari balet adalah tari yang identik ditarikan oleh kaum hawa.

Hal tersebutlah yang menjadikan senam irama menjadi kegiatan olahraga para kaum hawa sampai sekarang yang bahkan telah menjadi tradisi bentuk senam irama dilakukan oleh kaum hawa, berlangsung secara turun temurun sampai saat ini.

 

 

Sejarah Senam Irama

Awal perkembangannya senam irama dimulai dari adanya gagasan yang berasal dari Jean Goerges Noverre pada tahun 1727-1810, Francois Delsarte pada tahun 1811-1871, dan Rudolf Bude pada tahun 1881-1970.

Ketiga orang penggagas senam irama tersebut memiliki kepercayaan bahwa sangat penting ekspresi gerak dengan menggunakan tubuh untuk menciptakan suatu keindahan dengan cara menyusun suatu gerakan agar menjadi gerakan yang dapat dirangkai dalam suatu Irama.

Kemudian Peter Henry Ling pada abad ke-19 mengembangkan gagasan yang telah  dikemukakan oleh ketiga penggagas awal tersebut, Peter Henry Ling mengembangkan senam irama kedalam suatu sistem latihan yang disebut dengan sistem Swedia atau Swedish system. Dari yang pada umumnya gerakan bebas kemudian dipromosikan lah sebagai “gimnastik estetis” yang mana seorang atlet dapat mengekspresikan dirinya melalui perasaan dan emosi yang yang diwakilkan oleh gerakan tubuh.

 

Pengembangan Ide

Ide tersebut kemudian dikembangkan lagi oleh Catharine Beecher yang merupakan pendiri Western Female yang berada di Institut di Ohio, Amerika serikat pada tahun 1837. Program latihan yang diciptakan oleh Catharine Beecher tersebut dikenal dengan istilah “Grace Without Dancing”, perempuan yang melakukan senam tersebut berlatih dengan menggunakan musik diawali dari gerakan yang sederhana, hingga sampai pada gerakan yang rumit.

 

Pelopor gerakan dalam senam

Sejak saat itu kemudian bermunculan para penggagas atau para pelopor mengenai tubuh, gerak, musik serta ekspresi tubuh dengan berbagai gaya jenis.

 

Pelopor Pertama

Kemudian pada tahun 1900 di sekolah Gymnastic Rhythmic Swedia semua jenis gaya telah dikombinasikan oleh sekolah tersebut. Yang mana setelah dipelopori oleh sekolah gymnastic rhythmic Swedia banyak pula sekolah-sekolah gymnastic yang mulai mengembangkan hal yang sama.

 

Pelopor Kedua

Kemudian Hinrich Medau pada tahun 1929, mendirikan sekolah di Berlin dan menciptakan gagasan gymnastic modern yang memiliki perbedaan mendasar dengan gaya yang telah diciptakan sebelumnya, pada saat itu Hinrich Medau menciptakan suatu sistem gerak senam artistik dengan menggunakan berbagai alat seperti pita, bola, tali, simpai atau gada. Oleh karena itu dengan adanya alat yang dapat memberi ciri khas tersendiri bagi senam irama senam tersebut dapat memberikan perbedaan dengan pertunjukan balet, tari akrobat atau tari kontemporer.

 

Pertama kali senam irama diperlombakan

Senam irama mulai diperlombakan sekitar pada tahun 1940 di Rusia. Kemudian pada tahun 1961 FIG sendiri memasukkan senam irama sebagai salah satu cabang senam.

Pada awalnya senam ini diberi nama yaitu modern gymnastic yang kemudian berubah menjadi olahraga gymnastic ritmis, namun masih terdapat perubahan lagi yaitu senam irama atau gymnastic ritmis yang mana nama tersebut masih digunakan sampai sekarang ini.

Pertandingan internasional pertama kali dalam cabang ini diperuntukkan bagi atlet individual yang dimulai di Budapest pada tahun 1963. Sedangkan untuk pertandingan grup atau kelompok mulai diperlombakan di Copenhagen, Denmark pada tahun 1967.

Kemudian di dalam olimpiade senam ritmik mulai diadakan pada tahun 1984 di Los Angeles untuk kelas individu. Sedangkan untuk pertandingan kelompok mulai masuk ke dalam olimpiade Atlanta itu pada tahun 1996.

 

 

Macam Macam Senam Irama

Terdapat berbagai macam dalam senam irama seperti senam irama dengan menggunakan alat pita dan lainnya yang mana pertunjukan senam dibantu dengan adanya tambahan alat sehingga dapat memperindah pergerakan senam irama.

 

Senam Irama Menggunakan Bola

senam irama

Apabila bola yang digunakan oleh atlet untuk mempertunjukkan senam irama yaitu individu atau hanya seorang diri oleh karena itu pula yang digunakan dalam pentas seni juga hanya satu. Meskipun begitu akan tetapi atlet juga dapat bermain lebih dari satu bola yaitu dengan menggunakan bola dari temannya.

Cara memadukan senam irama dengan menggunakan bola itu dapat dimainkan dengan cara di lempar digelindingkan atau dengan menggunakan berbagai macam jenis gerakan atau gestur dan lain-lain. Dalam perlombaan gerakan yang diciptakan oleh seorang atlet yang menjadi poin utama nama untuk penilaian.

 

Senam Irama Menggunakan Pita

senam irama

Pada jenis senam tersebut setiap atlet senam irama diperbolehkan menggunakan pita sebagai alat tambahan yang tepat dimainkan dengan berbagai jenis gaya dalam senam irama. Contoh gaya senam irama menggunakan pita yaitu dengan melakukan putaran kecil yang berpola, putaran besar, pita dapat pula dililitkan ke tubuh kemudian dilepaskan kembali, dapat dilempar sehingga menghasilkan bentuk yang indah dan masih banyak lagi.

 

Senam Irama Menggunakan Simpai

senam irama

Senam irama juga dapat menggunakan simpai, simpai sering digunakan dalam senam irama cara penggunaannya yaitu dilempar atau ditangkap atau dapat pula diputar di berbagai bagian tubuh atau dengan cara yang lainnya. Dapat digunakan untuk dapat menambah keindahan senam irama.

 

Senam Irama Menggunakan Tali

senam irama

Digunakan dalam seni Irama hampir mirip dengan menggunakan pita. Tali dapat digunakan sebagai tumpuan untuk melakukan suatu gerakan dan masih banyak lagi.

 

Senam Irama Menggunakan Gada

senam irama

Gada juga dapat digunakan untuk membantu dalam senam irama supaya terlihat lebih indah dan menarik. Setiap atlet senam irama akan memegang pada masing-masing dua buah dada yang dapat dipegang pada satu atau dua tangan. Cerita tersebut dapat dilempar mulai dari yang mudah sampai yang sulit.

 

 

Jenis Jenis Senam Irama

Di dalam perlombaan internasional senam irama dapat dibagi menjadi dua jenis kategori yang dipertandingkan, kategori tersebut antara lain yaitu kategori individu dan kelompok.

 

Individu

senam irama

Senam irama dengan kategori individu hanya dilakukan oleh satu orang atlet saja. Atlet tersebut memperlihatkan koreografinya dengan sendirian dan dapat dengan menggunakan alat bantu ataupun tidak.

 

Kelompok

senam irama

Senam irama kelompok dapat dilakukan dengan lebih banyak anggota dari pada kategori individu. Di dalam senam irama dengan kategori kelompok, atlet senam irama biasanya hanya menggunakan salah satu jenis alat atau beberapa jenis alat bantu untuk memperlihatkan koreografinya.

 

 

Prinsip Senam Irama

Dalam melakukan kegiatan olahraga senam irama terdapat pula prinsip-prinsip yang harus dilakukan. Prinsip-prinsip tersebut akan dijelaskan seperti berikut ini.

 

Irama

Sama seperti dengan namanya yaitu senam irama bahwa dalam melakukan senam irama juga harus diiringi dengan menggunakan Irama. Akan tetapi yang dimaksud dengan irama tidak selamanya berhubungan dengan musik, namun saat ritme tubuh melakukan suatu gerakan atau saat atlet senam bergerak dengan menggunakan tempo cepat, dan pada saat lambat serta sedang beragam jenis mobilitasnya dan berkualitas tubuhnya.

 

Fleksibilitas Tubuh

Fleksibilitas tubuh juga sangat berperan dalam melakukan senam irama. Fleksibilitas dalam hal ini yang dimaksud adalah keahlian dalam melakukan atau menciptakan berbagai jenis gerakan dengan menggunakan alat atau tidak menggunakan alat. Meskipun seseorang telah menjadi atlet senam yang profesional akan tetapi fleksibilitas tubuh juga harus selalu dilatih.

 

Kontinuitas Gerak

Kontinuitas gerak dengan rangkaian gerak yang disatukan dalam koreografi senam irama yang diperlombakan. Gerakan dalam senam irama ini tidak terbentuk dari penggabungan beberapa jenis gerakan. Adanya rangkaian gerak tersebut diciptakan dari konsep yang kuat serta dari gagasan teatrikal, kontinuitas gerak koreografi biasanya dapat mengalir dengan sendirinya seiring dengan orang yang membawakan emosi atau perasaan melalui gerakan tubuh.

 

 

Unsur Unsur Senam Irama

Berikut ini adalah unsur dasar dalam melakukan senam irama yang harus dikuasai oleh para atlet senam irama atau senam ritmik, unsur-unsur tersebut antara lain adalah:

 

Kelenturan

Kelenturan adalah Salah satu hal yang paling penting dalam melakukan senam irama atau senam ritmik, hal itu dikarenakan senam irama sangat kental kaitanya dengan nuansa akrobatik ataupun balet.

 

Kekuatan

Kekuatan dijadikan sebagai bagi atlet senam irama. Dalam melakukan senam irama apabila tidak didasari dengan adanya kekuatan maka bukan mustahil bagi para atlet senam irama untuk dapat melakukan gerakan yang sulit.

 

Keterampilan

Salah satu yang dinilai dalam senam irama adalah daya kreativitas atau ide dalam menciptakan suatu gerakan atau koreografi dan juga keterampilan dalam melakukan rangkaian gerak. pada umumnya di perlombaan senam irama apabila gerakannya dilakukan lebih banyak maka akan mendapatkan lebih banyak nilai juga. Terutama apabila atlet dapat menciptakan suatu gerakan dengan kreativitasnya yang mana gerakan tersebut dapat memiliki nilai keindahan dan gerakan yang sulit.

 

Keseimbangan

Keseimbangan juga adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh atlet senam irama. Karena hal itu berguna untuk dapat melangsungkan koreografi dari gerakan. Pada saat melakukan gerakan yang sulit keseimbangan sangat dibutuhkan seperti halnya pada saat berputar dengan menggunakan tumpuan satu kaki dan menangkap bola.

 

Keluwesan

Dengan adanya keluasan dapat memperlihatkan latihan yang dilakukan sudah dengan cara yang benar atau belum dikarenakan alasan hanya dapat diperoleh dengan melakukan koreografi yang telah disusun serta melakukan latihan yang teratur.

Keluwesan dapat membutuhkan improvisasi pada saat berlangsungnya pertunjukan. Keluwesan yang dimaksud dalam hal ini tidak hanya menyangkut dari bagian tubuh saja, akan tetapi juga respon terhadap berbagai hal yang sedang berlangsung.

 

Keindahan

Tindakan cepat termasuk salah satu poin yang paling penting karena senam irama memiliki tujuan untuk dapat dipertunjukkan yang mana salah satu elemen untuk menunjang suatu pertunjukan adalah keindahan.

 

Ketepatan

Ketepatan Irama yang baik juga perlu dilakukan bagi atlet senam irama karena aku atlet senam irama tidak hanya menghitung pola langkah pada. Serta tidak pula menghitung alat waktu tidak parah dan untuk ditangkap kembali. Akan tetapi dalam melakukan pergerakan harus seirama dengan musik yang mengiringi setiap gerakannya.

 

 

Gerakan Inti Senam Irama

Gerakan yang dilakukan dalam senam irama adalah gerakan-gerakan dasar atau basic yang harus dimiliki oleh setiap pemain senam irama. Dari gerakan tersebut dapat menciptakan Irama beserta koreografi dengan sendirinya. Gerakan dasar tersebut terdapat tiga gerakan dasar wajib gerakan akrobatik, senam lantai, dan gerakan tari seperti tari balet khususnya.

 

Gerakan yang Wajib Dikuasai Atlet Senam Irama

  • Split depan dan samping dengan posisi Sprite dan duduk dengan posisi berdiri.
  • Gulingan yaitu seperti gerakan roll akan tetapi yang digunakan sebagai tumpuan adalah punggung pada lintasan depan, belakang dan samping.
  • Gerakan roll depan dan belakang hal tersebut dapat dimulai dari posisi bawah atau dari posisi berdiri.
  • Headstand
  • Meroda
  • Kayang
  • Salto depan atau salto belakang
  • Handstand
  • Sikap lilin
  • Gerakan dasar pada sikap senam yoga.
  • Gerakan dasar dari tari balet

Gerakan-gerakan tersebut hanyalah beberapa dari contoh gerakan yang dapat kamu pelajari dalam senam irama. gerakan-gerakan tersebut sangat penting untuk dilakukan di dalam dasar penciptaan gerakan yang menggunakan alat senam pada senam irama.

 

 

Gerakan Senam Irama Menggunakan Alat

Gerakan senam irama dengan menggunakan alat berfokus pada alat-alat yang digunakan seperti bola, pita, dan tali.

Berikut ini adalah contoh dari gerakan senam irama yang menggunakan alat yang sebelumnya juga pernah dilakukan oleh atlet senam irama, antara lain yaitu:

 

1. Atlet memasuki area dan menyiapkan alat kemudian juga mempersiapkan diri dengan posisi dan menyiapkan alat-alat yang digunakan dalam gerakan tersebut. Atlet akan melakukan gerakan dasar menguasai gerakan sendi putar dan tidak akan melakukan pergerakan apabila musik tidak mengiringi pertunjukannya. Facebook adalah gerakan awal yang sudah umum dilakukan oleh para atlet senam Irama.

 

2. Apabila atlet senam menggunakan alat yaitu bola, maka pada awal gerakan senam ritmik biasanya atlet melempar bola adegan ketinggian tertentu. Kemudian tubuhnya diputar beberapa kali menggunakan sikap tangan kanan di atas kaki kanan kemudian diluruskan di poros putaran, kepala lurus ke depan, kaki kiri 180 derajat sejajar dengan pinggul, kemudian membentuk posisi point.

Pada saat sudah mulai berputar beberapa kali kemudian bola jatuh tempat pada tangan kanannya dengan posisi terangkat dan telapak tangan terbuka maka sudah siap untuk menangkap bola.

 

3. Dengan menggunakan print dapat juga dengan cara dilemparkan ke arah atas sampai depan dan kemudian atlet guling atau roll beberapa kali ke arah jatuhnya bola. Kemudian bola dapat ditangkap dengan menggunakan dua tangan atau satu tangan atau dapat pula dengan menggunakan kedua telapak kaki.

 

4. Pada saat atletik menggunakan pita maka terdapat beberapa gerakan hidup seperti atlet berputar kemudian salah satu tangannya memegang stik pita dan memutar pita sampai membentuk pola tertentu.

 

5. Senam irama dengan menggunakan pita dapat juga menggunakan pita dan posisi tubuh split bawah atau juga berdiri pada satu kaki dan satu kakinya lurus 180 derajat.

 

6. Senam irama dengan menggunakan tali juga hampir sama gerakannya dengan menggunakan pita.

 

7. Atlet senam irama yang menggunakan gada gerakan yang biasanya dilakukan adalah melemparkan gadang ke atas kemudian atlet salto di tempat ia berdiri dan saat waktu selesai salto sudah siap untuk berpose yang rumit dan bersiap.

 

8. Atlet senam irama yang menggunakan simpai biasanya dilakukan dengan cara memutar simpai dengan salah satu kakinya dengan posisi kayang, sehingga yang terlihat pada posisi tersebut ya itu salah satu kakinya menjadi penyangga tubuh dan kedua tangannya, kemudian kaki satunya diangkat ke atas dan memutar simpai.

 

9. Itu adalah contoh kecil dari berbagai gerakan senam dengan menggunakan alat. dan masih terdapat banyak ada gerakan yang telah banyak dilakukan oleh para atlet senam di dunia.

 

 

Alat Senam Irama

Alat yang dapat digunakan dalam senam irama sesuai dengan peraturan Federation International Ce Gymnastique (FIG). Terdapat pula beberapa alat itu seperti pita, simpai, gada, tali, bola.

 

Pita (Ribbon)

pita senam ritmik

pita yang digunakan dalam senam irama dibuat dengan menggunakan bahan yang halus seperti kain satin dan kemudian diberi tongkat pendek dengan ukuran diameter 1 cm dan memiliki panjang 35 cm.

Tongkat tersebut terbuat dari plastik kayu dengan warna yang sesuai dengan warna peta. Pita yang digunakan dalam senam irama memiliki panjang 5 meter dan bagi junior, dan bagi senior pita memiliki panjang 6 m. Lebar dari pita yaitu 4 sampai 6 cm dengan berat 35 gram.

Pita tersebut dapat dimainkan dengan cara diputar, diayunkan, spiral dan masih banyak cara untuk memainkannya. Pita digunakan untuk mengiringi gerakan dalam setiap pergerakan yang dilakukan oleh atlet senam. Saat melakukan koreografinya atlet senam tidak boleh menjatuhkan stik dan membuat pita kusut atau terlilit.

 

Tali (Rope)

tali senam ritmik

Tali yang digunakan dalam senam irama dibuat dengan menggunakan bahan yang halus dan nyaman untuk dipegang oleh atlet senam. tali tersebut biasanya terbuat dari bahan serat sintetis yang diberi warna sesuai dengan pesanan dari atlet senam. Panjang dari tali tersebut disesuaikan dengan postur tubuh atlet senam.

Yaitu dengan cara menginjak tali kemudian kedua ujungnya diukur dari ujung sampai bahu atlet senam. Tali tersebut dapat dimainkan dengan cara seperti diayunkan untuk membentuk lingkaran, dilempar, atau skipping dan masih banyak lagi. Tali yang digunakan tidak boleh sampai jatuh ke lantai baik secara sengaja ataupun tidak sengaja atau di luar konsep pada saat melakukan gerakan akrobatik.

 

Simpai (Hoop)

senam irama

Ukuran simpai yang biasanya digunakan yaitu memiliki diameter 51 sampai 91 cm dengan berat minimal yaitu 300 gram. Simpai biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik. biasanya simpai memiliki warna yang natural atau dapat pula disesuaikan dengan kostum dari atlet senam.

Simpai dapat dimainkan dengan cara di lempar kemudian ditangkap kembali, diputar dengan menggunakan lengan, leher, dada, dan juga pinggul serta masih banyak lagi gerakan yang pernah dilakukan oleh atlet senam.

 

Bola (Ball)

bola untuk senam irama

bola yang digunakan dalam senam irama memiliki ukuran dengan diameter 18 sampai 20 cm. Bahan bola yang digunakan tersebut biasanya terbuat dari karet atau plastik dengan berat 400 gram. Bola tersebut kemudian dimainkan dengan cara di pegang digelindingkan atau dilempar. Bola yang digunakan tidak boleh sampai jatuh ke lantai saat melakukan koreografi nya.

 

 

Tujuan Senam Irama

Tujuan yang utama dari melakukan senam irama adalah mendapatkan skor yang sempurna untuk dapat memenangkan perlombaan. Selain itu pada umumnya koreografi senam irama adalah memiliki tujuan tersendiri yang dapat berguna untuk menghibur serta membuat para penonton terkagum saat melihatnya.

 

 

Kebutuhan Senam Irama

Senam irama sangat membutuhkan ketahanan fisik yang kuat dan juga adanya kreativitas dari para atlet untuk pergerakan yaitu diperlombakan. Dalam satu sisi para atlet senam dihaluskan memiliki kedisiplinan agar atlet senam tersebut terus melakukan pergerakan dan melewati batasan-batasan tubuhnya. Semakin sulit dari gerakan yang dilakukan maka hal tersebut menandakan bahwa latihan yang telah dijalankan oleh para atlet sudah mulai meningkat dari sebelumnya.

Biasanya atlet senam akan mendapatkan kepuasan tersendiri pada saat dapat melewati batas Dari dirinya sendiri serta dapat menciptakan gerakan yang baru atau melakukan gerakan-gerakan yang sulit.

 

 

Manfaat Senam Irama Bagi Diri

Salah satu hal yang dapat terjadi apabila sering melakukan senam irama adalah terjaga kesehatan tubuh atau kebugaran tubuh. Selain itu tubuh dari para atlet senam juga terjaga proporsinya agar tetap fleksibels ramping, luwes, siap dan tegap serta penuh dengan energi.

 

Manfaat Lain Senam Irama

Selain manfaat bagi diri sendiri senam irama juga dapat membuat penonton senang merasa terhibur dan juga dapat mengajak penonton untuk dapat melakukan olahraga. Setiap gerakan koreografi senam memiliki fungsi referensi dan juga pengetahuan mengenai gerak tubuh. Hal tersebut sangat penting karena pondasi penciptaan gerak baik dalam senam irama, senam lantai dan juga akrobatik atau tari.

Demikian penjelasan mengenai senam irama mulai dari pengertian, macam-macam senam irama, sejarah senam irama, unsur senam irama, prinsip senam irama, dan kata-kata pula penjelasan lainnya mengenai senam irama. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi bagi kamu dalam belajar. Apabila terdapat kata atau kalimat yang salah mohon dimaafkan. Terima kasih.

Arwina Nur Dyah Utami
Arwina Nur Dyah Utami
Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Artikel Terkait

Karate
Karate
Oleh Mexi
Lompat Jauh
Lompat Jauh
Oleh Mexi
21+ Peraturan Permainan Sepak Bola: Lengkap, Penjelasan
21+ Peraturan Permainan Sepak Bola: Lengkap, Penjelasan
Oleh Mexi
Pergaulan Bebas
Pergaulan Bebas
Oleh Mexi
Renang Gaya Dada
Renang Gaya Dada
Oleh Danang Febriyandra
Ukuran Lapangan Sepak Bola
Ukuran Lapangan Sepak Bola
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *