Senam Ketangkasan: Pengertian, Manfaat, Sejarah, Contoh

5 min read

senam ketangkasan

Maraknya penyebaran virus di Indonesia saat ini mengharuskan kita untuk lebih disiplin dalam menjalankan pola hidup sehat dengan tidur teratur, mengatur pola makan, minum air putih dengan cukup dan satu lagi yang seirng diabaikan yaitu olahraga.

Olahraga penting karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kebugaran tubuh sehingga imunitas tubuh akan selalu terjaga dan kita selalu sehat. Olahraga tidak selalu harus kita lakukan di tempat gym ataupun tempat di luar rumah.

Salah satu olahraga yang dapat dilakukan di rumah adalah senam, banyak sekali jenis senam yang mudah dan tentu saja murah dapat dilakukan di rumah. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu senam yang dapat dilakukan di rumah yaitu senam ketangkasan.

 

Pengertian Senam Ketangkasan

pengertian senam ketangkasan

Secara umum senam merupakan bentuk latihan fisik yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan imun atau daya tahan tubuh manusia.

Senam ketangkasan adalah senam yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat maupun tidak menggunakan alat yang harus diimbangi dengan kelenturan koordinasi tubuh.

Senam ketangkasan ini juga biasa disebut sebagai senam artistik karena memiliki aturan dalam ketepatan gerakan, keindahan dan juga keseimbangan sikap.

Selain itu rutin melakukan senam ketangkasan ini juga dapat membentuk tubuh menjadi ideal sehingga tubuh manusia dapat terjaga kesehatannya.

 

 

Manfaat Senam Ketangkasan

manfaat senam ketangkasan

Semua olahraga yang dilakukan akan memberikan manfaat baik bagi tubuh manusia jika dilakukan secara benar, nah dibawah ini terdapat beberapa manfaat dari senam ketangkasan.

 

Tubuh Menjadi Sehat

Hal utama yang pasti di dapatkan apabila melakukan senam ketangkasan ini adalah kesehatan karena pada saat kita olahraga dan berkeringat tubuh akan meningkatkan metabolisme serta meningkatkan imun alias daya tahan tubuh sehingga tubuh akan tetap terjaga kesehatannya.

 

Kebugaran Tubuh

Tubuh manusia akan terasa bugar dan tidak lesu setelah selesai melakukan senam yang satu ini sehingga bukan hanya jiwa dan organ dalam saja yang menjadi sehat namun juga penampilan fisik pun akan menjadi lebih segar.

 

Otot Menjadi Kencang dan Tubuh Ideal

Jika senam ketangkasan ini dilakukan secara teratur maka lama-kelamaan otot akan terlatih dan kencang, sehingga tubuh akan menjadi ideal, indah dan tidak bergelambir. Namun hal tersebut tidak berlaku jika senam ketangkasan hanya dilakukan sekali atau dua kali saja dalam jangka waktu yang lama.

 

Menciptakan Perasaan Bahagia

Pada saat kita melakukan olahraga tubuh akan membakar lemak berlebih dan menghasilkan suatu hormon yang disebut sebagai hormon bahagia sehingga jika kita telah selesai berolahraga maka kita akan merasakan perasaan bahagia.

Hal ini dapat menjadikan senam ketangkasan sebagai salah satu alternatif kegiatan pada saat mood kita sedang tidak baik atau buruk sehingga setelah selesai bukan tidak mungkin kita akan merasa lebih baik.

 

 

Sejarah Senam Ketangkasan

sejarah senam ketangkasan

Senam ketangkasan tercatat berasal dari China kuno sejak tahun 2700 sebelum masehi yang mana diketahui pada saat itu masyarakat disana telah mengetahui beberapa gerakan pada senam ketangkasan, khususnya di biara-biara yang melakukan gerakan ini bukan untuk senam melainkan untuk bela diri dan gerakan pengobatan tradisional.

Selain itu pada peninggalan kitab Kong Hu Cu beserta para muridnya banyak mencatat mengenai gerakan-gerakan senam ketangkasan yang digunakan untuk pengobatan.

Bukan hanya China saja namun Taj Mahal di India juga tidak dapat dilepaskan apabila membicarakan mengenai pengobatan tradisional, disana pengobatan tradisional dilakukan dengan menggunakan teknik penafasan dan gerakan tubuh manusia.

Hal tersebut juga dilakukan berdasarkan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat setempat dimana dipercaya jika kita bernafas dengan menghirup udara maka kita akan dihubungkan dengan kekuatan alam mengandung prana yang merupakan sumber kekuatan alam semesta.

Setelah ditelusuri lebih jauh ada sejarah lain yang mencatat senam ketangkasan ini melalui tulisan dan gambar pada piramida di Mesir, dimana di tempat tersebut memang terdapat benyak sekali kisah yang diceritakan oleh nenek moyang Mesir kuno.

Salah satu gambar yang menjadi bukti kuat adalah adanya gambar berupa gerakan olahraga yang sangat mirip dengan gerakan senam ketangkasan, namun peneliti juga menyimpulkan jika gambar-gambar tersebut terlihat mirip pula dengan gerakan Yoga di India dan gerakan Gymnastic di Jerman kuno.

Setelah dilakukan berbagai penelitian diambil kesimpulan bahwa senam ketangkasan ini bukan baru muncul pada abad ke-20an melainkan telah ada sejak bertahun-tahun sebelumnya. Hingga saat ini senam ketangkasan masih tetap ada dan dilombakan pada ajang kejuaraan olahraga.

 

 

Alat Senam Ketangkasan

alat senam ketangkasan

Senam ketangkasan dapat dilakukan dengan ataupun tanpa alat, senam ketangkasan yang dilakukan dengan alat umumnya menggunakan benda-benda seperti dibawah ini antara lain.

  1. Floor Exercise (Lantai) : lantai menjadi salah satu alat yang paling penting karena setiap gerakan senam ketangkasan dilakukan di lantai, namun lantai disini bukan lantai biasa yang terdapat dirumah melainkan lantai berstandar khusus yang harus tidak licin dengan ukuran 12 x 12 meter.
  2. Matras : matras dibutuhkan pada beberapa gerakan senam ketangkasan yang digunakan sebagai alas, standar yang digunakan adalah matras harus empuk dan tidak licin.
  3. Kuda-kuda Pelana : kuda pelana digunakan untuk gerakan melompat dampat ujung tanpa mengenai dudukannya dengan tumpuan utama flank, double circle dan thomas fair. Alat ini berbentuk seperti punggung kuda memanjang  menyerupai bangku tempat duduk.
  4. Gelang-gelang : gelang-gelang digunakan untuk gerakan tumpuan dan mengayun atau naik turun untuk memperkuat otot tangan. Alat ini berbentuk lingkaran  seperti gelang namun berdiameter besar yang dihubungkan dengan tali dan digantung.
  5. Palang Sejajar : palang sejajar hanya digunakan pada gerakan lengan, bahu dan tangan saja seperti gerakan front dosmount, rear dimount, shoulder stand, straddle travel dan sebagainya yang terbagi menjadi dua jenis yaitu palang tinggi dan palang rendah. Alat ini memiliki panjang sekitar 33cm dan tinggi 175 cm, sedangkan untuk lebar memiliki ukuran sekitar 40 hingga 50 cm yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  6. Palang Tunggal : palang tunggal dapat digunakan pada gerakan menantang, atraktif dan rumit seperti gerakan pull over, back hip circle, run under single dan front hip circle, back mill, single knee mount dan sebagainya. Alat ini tersusun atas dua buah tiang yang tersambung dengan ketinggian yang dapat diatur.
  7. Kuda-kuda Lompat : kuda-kuda lompat memiliki bentuk yang terlihat seperti bangku dengan panjang 1,2 meter dan tinggi 1,35 meter.

 

 

Jenis Senam Ketangkasan

jenis senam ketangkasan

Senam ketangkasan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut yang akan kita bahas jenis senam ketangkasan antara lain.

 

Senam Ketangkasan Tanpa Alat

  1. Guling Depan
  2. Guling Belakang
  3. Meroda

Senam Ketangkasan Dengan Alat

  1. Lompat Jongkok
  2. Lompat Kangkang

 

Kesimpulan

Nah itu dia tadi sedikit informasi mengenai senam ketangkasan yang dapat dilakukan di rumah, namun perlu ditegaskan juga bahwa kita tidak boleh berolahraga terlalu keras setiap hari karena dapat menyebabkan tubuh kelelahan.

Untuk itu beri jeda waktu tubuh untuk istirahat dengan mengatur waktu olahraga minimal satu kali dalam seminggu dan maksimal empat kali dalam seminggu atau jika kalian merupakan orang yang terlalu sibuk kalian bisa menyempatkan diri untuk olahraga ringan sepuluh menit setiap harinya.

 

Demikian sedikit informasi mengenai Senam Ketangkasan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.
DarkLight