Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Seni Rupa 2 Dimensi: Pengertian, Unsur dan Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

13 min read

seni rupa 2 dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi – Seni rupa dua dimensi merupakan salah satu bagian dari seni rupa, selain itu seni rupa dua dimensi juga merupakan contoh dari beberapa ragam Bentuk kesenian yang telah ada di dunia dan dalam lingkungan kehidupan sekitar kita.

Tentunya dalam kehidupan manusia membutuhkan suatu seni supaya tidak terasa hambar dan monoton serta menjadi merasa cepat bosan. suatu karya seni yang indah tentunya dapat membuat perasaan seseorang menjadi tenang dan dapat merubah dari seseorang yang tadinya bosan menjadi lebih bersemangat.

Lalu apa yang dimaksud dengan karya seni rupa 2 dimensi? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

 

Pengertian Karya Seni Rupa 2 Dimensi (2D)

Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki dua ukuran atau dua sisi saja, lebih tepatnya karya seni ini hanya memiliki panjang dan lebar, tanpa adanya dimensi ketiga yaitu ruang.

Istilah ini muncul pada saat seni rupa dibedakan berdasarkan dari dimensinya, yaitu karya seni rupa 2 dimensi dan karya seni rupa 3 dimensi. Penggolongan karya seni ini dilakukan supaya kita dapat memahami seberapa jauh cakupan dari seni rupa dapat dibedakan.

Seni rupa juga dapat dibedakan berdasarkan dari fungsinya, antara lain yaitu seni rupa terapan (applied art) yang pembuatannya dengan melalui proses perancangan atau desain, jelaskan seni rupa murni itu karya yang dibuat dengan tujuan untuk dapat dinikmati keindahan serta keunikannya saja tanpa ada nilai pakai atau nilai guna.

Selain berdasarkan dari bentuk atau dimensi dan fungsinya, karya seni rupa juga dapat dibedakan berdasarkan dari karakteristik media (alat, teknik dan bahan) serta orientasi pembuatannya. Berdasarkan dari karakteristiknya tersebut, Seni rupa dapat dibagi menjadi: seni lukis, seni grafis, seni kriya, patung, dan desain.

Pada saat kita mengetahui setiap jenis dari seni rupa berdasarkan dari parameter fungsinya, maka akan jauh lebih mudah bagi kita untuk dapat mengekspresikan atau menciptakan karya yang spesifik yang ingin kita pelajari. Karena pada setiap jenis karya seni rupa yang berbeda tentunya membutuhkan treatment yang berbeda pula.

 

Unsur Unsur Seni Rupa 2 Dimensi (2D)

Suatu karya seni rupa dua dimensi dapat menjadi karya seni karena terbentuk dari unsur-unsur. Lalu, apa saja unsur-unsur yang ada di dalam seni rupa dua dimensi? Berikut ini adalah unsur-unsur seni rupa dua dimensi antara lain adalah sebagai berikut.

 

Garis

Garis adalah suatu goresan yang dibuat dengan tujuan untuk dapat memberi batas terhadap sebuah warna, tekstur, ruang bidang dan lain sebagainya.

Garis mempunyai dimensi panjang dengan arah yang teratur dan disertai dengan berbagai sifat seperti memanjang, tipis, tebal, pendek, horizontal, vertikal, melengkung, miring, bergelombang dan yang lainnya.

Garis yang memberikan kesan kesan kepada lukisan seperti gerakan, ide, simbol, kode tertentu dan lain sebagainya. Garis ini biasanya dapat dimanfaatkan dalam desain untuk bisa memberikan tampilan dan juga kesan tertentu. Sama halnya dengan menciptakan kesan yang kuat pada lukisan, simple, megah dan lain-lain.

 

Titik

Titik atau bintik adalah suatu unsur seni rupa dua dimensi yang paling dasar atau yang paling kecil. Semua bentuk dari seni rupa dua dimensi yang dihasilkan berasalkan dari titik.

Akan tetapi, titik dalam suatu seni rupa juga dapat menjadi perhatian tersendiri apabila berkumpul atau memiliki warna yang berbeda-beda antara warga satu dengan warna yang lainnya.

 

Bidang

Bidang merupakan unsur dari seni rupa yang dibuat dari berbagai garis. Jadi, garis-garis yang dibuat kemudian akan membentuk suatu bidang. Yang mana bidang juga memiliki dimensi panjang, lebar dan juga tinggi.

Berdasarkan dari bentuknya, bidang dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu bidang biomorfis (organis), bidang bersudut, bidang tidak beraturan, dan bidang geometris. Semua bidang tersebut dapat tercipta apabila terdapat dua ujung garis yang saling berpotongan atau saling bertemu satu sama lain.

Kemudian selain itu, bidang juga bisa dibentuk karena adanya sapuan gradasi warna yang dibatasi oleh kontur bidang dua dimensi.

 

Bentuk

Secara bahasa, bentuk memiliki pengertian bentuk plastis (form) atau bangun (shape). Plastis adalah gambaran dari bentuk suatu benda ada yang dapat dilihat dan juga dirasakan karena terdapat nilai yang ada di dalam benda tersebut, misalnya seperti meja, lemari, kursi dan lain sebagainya.

Sedangkan bangun sendiri adalah gambaran benda yang polos di mana hanya sekedar menyebutkan bentuk yang panjang, bulat, lonjong, kotak dan lain-lain. Jadi, bentuk adalah gambaran dari benda yang tidak hanya mempunyai bentuk saja, akan tetapi juga memiliki peranan dari benda tersebut.

 

Tekstur

Tekstur adalah sifat yang berasal dari permukaan suatu benda. Tekstur dari suatu benda mempunyai kesan yang berbeda-beda dari masing-masing benda, contohnya seperti kesan kasar, licin, mengkilap, halus dan yang lainnya.

Kesan-kesan yang berasal dari tekstur suatu benda dapat dirasakan melalui indra penglihatan dan juga Indra peraba. Oleh karena itu, tekstur dapat dibagi menjadi dua macam, antara lain yaitu tekstur Maya serta tekstur nyata.

Tekstur maya adalah tekstur dari suatu benda yang mana benda tersebut memiliki kesan yang berbeda yang dilihat dengan yang diraba. Sedangkan untuk tekstur nyata adalah tekstur dari suatu benda yang mana kesan tersebut didapatkan dari hasil pemilihan dan juga perabaan.

 

Gelap Terang

Gelap terang yang ada di dalam suatu karya seni rupa dua dimensi dapat memperlihatkan perbedaan di antara Sisi terang dan juga sisi gelap dari suatu benda yang dilukiskan atau digambarkan.

Sedangkan di dalam seni rupa 3 dimensi, gelap terang dapat memperlihatkan suatu kesan ruang atau kedalaman dari suatu karya seni tersebut.

 

Ruang dan Kedalaman

Ruang yang ada di dalam suatu karya seni rupa dua dimensi lebih mengacu pada luas bidang gambar dari suatu seni tersebut. Jadi, ruang yang ada di dalam karya seni rupa dua dimensi dapat dikatakan semu atau maya, hal tersebut dikarenakan hanya didapatkan dari kesenian disampaikan dari penggambaran dan juga gradasi warna dari suatu karya seni.

Dengan ruang dalam karya seni rupa 3 dimensi dapat dihasilkan secara langsung seperti halnya pada saat kita sedang berada di suatu ruangan rumah rumah, bangunan, gedung dan lain sebagainya.

 

Warna

Warna adalah suatu unsur visual yang berkaitan dengan bahan yang yang digunakan di mana keberadaan dari warna ditentukan oleh pigmen yang dimiliki olehnya.

Lihat berdasarkan teori teorinya, warna dapat kita pahami dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan secara halus dan pendekatan pigmen warna. Berikut ini akan dijelaskan warna melalui pendekatan teori pigmen.

 

1. Warna Primer: adalah warna yang merupakan warna dasar yang terdiri dari 3 warna yaitu merah, kuning, dan biru.

2. Warna sekunder: warna sekunder adalah warna yang dihasilkan karena adanya percampuran antara dua warna atau lebih dari warna primer.

3. Warna tersier: warna tersier adalah warna yang dihasilkan karena adanya percampuran antara dua warna atau lebih yang berasal dari warna sekunder.

4. Warna analogus: warna analogus deretan warna yang mana posisinya bersebelahan dalam lingkaran warna, misalnya yaitu warna ungu kemerah-merahan, warna hijau kekuning-kuningan, dan lain sebagainya.

5. Warna komplementer: warna komplementer ini merupakan kebalikan dari warna analogus. Warna komplementer adalah warna yang kontras di mana posisinya berseberangan dengan warna analogus atau lingkaran warna, seperti warna merah dengan hijau, warna kuning dengan ungu dan lainnya.

 

 

Teknik Teknik Seni Rupa 2 Dimensi (2D)

karya seni rupa memiliki fungsi untuk dapat menunjang kebutuhan hidup sehari-hari manusia. Oleh karena itu, dalam proses pembuatannya suatu jenis karya seni rupa dua dimensi membutuhkan teknik khusus.

Di bawah ini adalah beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi.

 

Teknik Kolase

Teknik kolase adalah teknik melukis dengan menggunakan potongan kertas kemudian kertas tersebut ditempelkan pada objek tertentu sehingga dapat membentuk suatu lukisan.

Dengan dilakukannya teknik ini maka akan dapat menghasilkan lukisan yang abstrak atau realis yang berasal dari potongan kertas yang ditampilkan tersebut. hasil dari karya seni rupa dengan menggunakan teknik kolase sering disebut pula dengan mozaik.

 

Teknik Plakat

Jenis teknik yang satu ini adalah jenis yang paling sering digunakan pada saat sedang melukis. Teknik plakat biasanya lebih sering dengan menggunakan cat poster dan juga cat minyak akrilik, dan penggunaannya dengan cara digoreskan agak tebal. Dari langkah tersebut maka warna yang akan dihasilkan menjadi lebih pekat dan juga sangat padat.

 

Teknik Melipat, Menggunting, dan Merekat

Teknik yang satu ini adalah teknik manipulasi berupa lembaran kertas yang kemudian dirangkai sedemikian rupa hingga dapat membentuk sebuah karya seni rupa dua dimensi. Sehingga untuk dapat menghasilkan sebuah karya seni yang indah dan disukai oleh banyak orang maka membutuhkan keahlian dalam bisa melakukan teknik khusus.

Sebuah karya seni tidak akan memiliki arti apabila didalamnya tidak mengandung nilai yang artistik. Oleh karena itu dalam pembuatan karya seni sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan teknik-teknik yang akan digunakan.

 

Teknik Transparan

Teknik transparan adalah teknik yang paling sering digunakan pada saat sedang melukis atau menggambar. Pada teknik transparan biasanya dibuat dengan menggunakan cat air akan tetapi hanya digoreskan secara tipis aja sehingga dapat menghasilkan tekstur secara transparan.

 

Teknik Linier

Teknik linear adalah teknik yang digunakan untuk menggambar objek yang telah ditentukan dengan menggunakan pola garis dari pensil atau pena.

 

Teknik Blok

Teknik blok dalam seni rupa dua dimensi adalah teknik yang digunakan untuk menutupi objek lukis, agar bisa menutupi suatu objek lukis yang diinginkan yaitu dengan menggunakan satu warna.

 

Teknik Dussel

Teknik dussel adalah teknik yang digunakan untuk dapat membuat gelap terang pada suatu karya seni lukis yaitu dengan menggunakan goresan yang miring dengan menggunakan pensil.

 

Teknik Arsir

Teknik arsir dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi adalah teknik yang bertujuan untuk dapat menutupi objek lukis dengan menggunakan pulasan garis yang sejajar atau garis yang menyilang dengan menggunakan pensil atau pena.

 

Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah teknik yang berguna untuk dapat menutupi objek lukis yang mana penerapannya dengan cara menyapu cat cair sejarah tipis-tipis.

 

Teknik Pointilis

Teknik pointilis adalah teknik yang biasanya digunakan untuk menghitamkan suatu objek lukis yang diinginkan dengan menggunakan beberapa titik yang ada.

 

Teknik Menganyaman

Teknik menganyam adalah teknik yang digunakan untuk menghilang bahan-bahan atau menumpang tindih bahan-bahan yang ada yang kemudian nantinya akan menghasilkan suatu karya seni berupa anyaman.

 

 

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi (2D)

Hasil karya seni rupa yang sekarang ini dapat dengan mudah untuk dikimpai di mana saja. Hasil karya yang berasal dari tangan-tangan yang kreatif serta penuh imajinatif dapat dijadikan sebagai lahan untuk menambah penghasilan.

Berikut ini adalah contoh kritik karya seni rupa dua dimensi yang memiliki nilai seni yang tinggi, antara lain yaitu:

 

1. Lukisan

seni rupa 2 dimensi

Merupakan karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan menggunakan media, media tersebut antara lain yang seperti kain kanvas, kertas, bagan dinding yang digunakan sebagai media penggambaran.

Proses dalam pembuatan karya lukis tersebut yaitu dengan cara mengoleskan cat dengan menggunakan alat-alat lukis, seperti palet, kuas lukis, dan peralatan yang lainnya. Semuanya dilakukan diatas media lukis sampai dengan membentuk sebuah gambar yang diinginkan.

Hal yang menarik dari seni lukis adalah nilai yang terkandung yang ada di dalam lukisan tersebut. Oleh karena itu, dalam pembuatan suatu lukisan dibutuhkan imajinasi yang tinggi dan juga kreativitas yang mempunyai untuk dapat menjadikan suatu lukisan menjadi penuh makna.

 

2. Gambar

seni rupa 2 dimensi

Perwujudan dari gambar sendiri lebih ditekankan kepada unsur bentuk, garis serta aspek dari kegunaan tanpa disertai dengan ekspresi. Jadi di hasil dari karya seni rupa dalam perubahan wujud gambar akan lebih terlihat nyata untuk dinikmati. Misalnya seperti gambar arsitektur, dekorasi, gambar ilustrasi, design, dan lain sebagainya.

 

3. Seni Grafis

seni rupa 2 dimensi

Seni grafis sendiri adalah salah satu cabang dari seni rupa yang proses pembuatannya nya dengan menggunakan alat bantu. Sebagai contohnya adalah seni fotografi, Karena pada saat pengertian fotografi maka untuk dapat menghasilkan suatu karya harus membutuhkan kamera.

Dengan adanya kamera, maka akan dihasilkan gambar yang sesuai dan sama persis dengan objeknya.

 

4. Seni Fotografi

seni rupa 2 dimensi

Fotografi termasuk kedalam seni grafis yang mana di dalam perkembangannya semakin maju maka seni fotografi ini semakin banyak diminati oleh setiap orang.

Hal ini tentu saja karena bertambahnya zaman maka semakin modern pula alat dan semakin muda keuntungan ditemukan untuk dapat menghasilkan karya seni fotografi dengan menggunakan kamera. Apalagi sekarang ini hampir semua gadget yang modern dilengkapi dengan fitur kamera yang canggih.

Sehingga pada saat kita sedang berada di berbagai tempat dimanapun dan kapanpun maka orang dapat mengekspresikan diri dengan menggunakan kamera yang terdapat dalam gadgetnya. maka dengan tidak sadar bahwa orang tersebut telah menghasilkan sebuah karya seni yaitu karya seni fotografi.

 

5. Kaligrafi

seni rupa 2 dimensi

Kaligrafi termasuk sebuah karya seni artistik dengan menggunakan bahasa Arab serta media yang dibutuhkan untuk dapat menuliskan tulisan tersebut antara lain seperti kertas, kayu, kanvas, dinding atau kuningan.

Di dalam pembuatan karya seni kaligrafi ini merupakan bentuk ekspresi yang berasal dari hal-hal yang berkaitan dengan keagamaan serta budaya Islam. Biasanya hasil karya seni kaligrafi dapat kita jumpai di masjid-masjid.

 

6. Poster

seni rupa 2 dimensi

Pembuatan poster ini biasanya di atas kertas dan membentuk suatu wujud yang dapat memberikan suatu informasi. Informasi ini biasanya diberikan dapat berupa suatu ajakan ataupun pesan propaganda. Poster termasuk kedalam seni rupa 2 dimensi yang sangat efektif untuk digunakan sebagai media iklan dalam mempromosikan produk-produk tertentu.

 

7. Seni Mozaik

seni rupa 2 dimensi

Seni musik adalah salah satu jenis karya seni rupa yang mana pembuatannya dengan cara menyusun suatu benda sampai benda tersebut membentuk suatu wujud tertentu. Wujud dari benda ini tentunya memiliki nilai estetika yang sangat tinggi.

Untuk dapat menghasilkan suatu karya seni mozak maka dibutuhkan bahan-bahan tertentu. Bahan-bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan karya seni musik antara lain yaitu kulit telur, pecahan kaca, serpihan kayu, keramik, yang lain sebagainya.

 

8. Banner

seni rupa 2 dumensi

Banner termasuk ke dalam seni grafis dimana cara pembuatannya adalah dengan menggunakan teknik printing hasilnya memiliki nilai yang estetis. Seperti halnya dengan poster, banner juga biasanya digunakan sebagai iklan, baik dari iklan suatu produk ataupun yang lainnya dengan tujuan untuk dapat mempengaruhi orang lain.

 

9. Karikatur

seni rupa 2 dimensi

Karikatur adalah suatu gambaran yang konkret dari suatu objek dimana objek tersebut dibuat dengan cara melebih-lebihkan dari objek yang sebenarnya. hal tersebut sesuai dengan makna dari karikatur itu sendiri yang diambil dari bahasa Italia, ya itu “caricare” yang artinya adalah melebih-lebihkan.

Biasanya karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dengan maksud untuk menimbulkan keuntungan bagi subjek tersebut. Akan tetapi seiring majunya perkembangan zaman, kini karikatur banyak digunakan sebagai kritikan dalam bidang sosial dan juga politik.

 

seni rupa 2 dimensi

Logo adalah salah satu gambar atau sketsa yang dijadikan sebagai simbol dari suatu organisasi, perusahaan, sampai dengan perorangan dengan tujuan untuk menggambarkan makna yang ingin disampaikan melalui logo tersebut. Melalui logo, maka orang lain akan menjadi tahu dan mengenal organisasi, perusahaan atau perorangan tersebut.

 

11. Desain

seni rupa 2 dimensi

Desain adalah salah satu proses yang bertujuan untuk dapat membuat serta menciptakan suatu objek yang baru. Dalam pembuatan proses desain pada umumnya dengan memperhitungkan berbagai aspek, misalnya seperti fungsi, estetika, dan lain sebagainya dengan sumber data yang didapat yang berasal dari hasil penelitian, pemikiran atau bahkan dari hasil desain sebelumnya.

 

12. Batik

seni rupa 2 dimensi

Batik adalah suatu gambar khas yang biasanya dibuat diatas kain dan dalam pembuatannya dengan menggunakan teknik canting dan printing. Batik juga termasuk kedalam suatu seni yang saat ini telah diakui oleh UNESCO dan termasuk ke dalam budaya non benda asli dari Indonesia warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Sebelum batik diakui oleh UNESCO, terlebih dahulu batik termasuk kedalam satu seni yang kuno, akan tetapi setelah dilakukan sosialisasi dan berbagai inovasi, apakah kini batik telah memiliki daya tarik yang cukup tinggi, baik pada kalangan anak muda sampai dengan orang tua.

Selain itu batik saat ini juga telah dikenal di berbagai penjuru dunia dan banyak pula warga negara asing yang suka dengan karya seni batik.

 

 

Tokoh Tokoh Seni Rupa 2 Dimensi (2D)

Apabila kita lihat secara keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak sekali tokoh seni rupa dua dimensi yang membuat karya-karya yang indah. Akan tetapi terdapat 2 tokoh lokal dan juga internasional yang sangat terkenal dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi. Tokoh tersebut antara lain yaitu: Raden Saleh Sjarif Boestaman dan Vincent van Gogh.

 

Raden Saleh Sjarif Boestaman

Saleh Sjarif Boestaman atau yang biasa dikenal dengan nama Raden Saleh adalah tokoh seni rupa dua dimensi yang lahir di Semarang pada tahun 1807 dan Kemudian beliau meninggal pada tahun 1880 di Bogor. Raden Saleh memiliki bakat yang telah terlihat dari sejak ia masih belia.

Kemudian bakat yang dimiliki oleh Raden Saleh diasah dengan didampingi oleh seorang pelukis yang berasal dari keturunan Belgia, yaitu A.A.J Payen.

Melalui gurunya tersebut, kemampuan yang dimiliki oleh Raden Saleh dalam melukis menjadi semakin lebih meningkat. Berikut ini adalah salah satu contoh dari lukisan Raden Saleh.

Contoh Lukisan Raden Saleh

seni rupa 2 dimensi

 

Vincent Van Gogh

Vincent Willem van Gogh adalah salah satu pelukis terbesar dalam sejarah kesenian di Eropa. Vincent Lahir pada tanggal 30 Maret tahun 1853, dan Kemudian beliau meninggal pada tanggal 29 Juli tahun 1890. Di bawah ini adalah salah satu karya lukis yang diciptakan oleh Vincent Van Gogh.

Contoh Lukisan Vincent Van Gogh

seni rupa 2 dua dimensi

 

Semakin majunya perkembangan zaman maka semakin dalam pola pertumbuhan seni rupa 2 dimensi. Ditambah pula dengan alat-alat yang canggih maka akan menghasilkan pola karya yang lebih modern.

Sesederhana apapun bentuk dari suatu karya seni rupa tentunya mempunyai nilai estetis tersendiri. Oleh karena itu, kita wajib untuk selalu melestarikan serta mengembangkan berbagai karya seni rupa itu sendiri.

Apa itu karya seni rupa lokal ataupun karya seni rupa internasional yang keduanya sama-sama harus dilestarikan keberadaannya.

 

Demikian artikel yang dapat dijelaskan tentang seni rupa dua dimensi. Semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi kamu untuk dapat terus melestarikan berbagai karya seni dan selalu menghargai setiap karya ciptaan manusia terutama ciptaan Tuhan.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight