Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Seni Rupa Kontemporer: Pengertian, Sejarah, Ciri-Ciri, dan Contoh Seni Rupa Kontemporer

3 min read

seni rupa kontemporer

Pada pembahasan kali ini pintarnesia akan memaparkan mengenai seni rupa kontemporer yang meliputi pengertian seni rupa kontemporer, sejarah, ciri-ciri serta contoh seni rupa kontemporer. Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai seni rupa kontemporer, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai pengertian seni rupa kontemporer. Nah, Berikut ini adalah pembahasan mengenai pengertian seni rupa kontemporer.

 

Pengertian Seni Rupa Kontemporer

Pengertian Seni rupa adalah suatu cabang seni yang membuat suatu karya seni dengan menggunakan media yang bisa dilihat dengan mata, serta bisa dirasakan dengan rabaan. Kesan tersebut dibuat dengan pengolahan unsur seperti unsur garis, bidang, tekstur, warna, titik, serta juga cahaya. Ada beragam aliran seni rupa, salah satunya adalah karya seni rupa modern atau karya seni rupa kontemporer.

Sedangkan Pengertian Seni rupa kontemporer adalah perkembangan karya seni yang dipengaruhi oleh adanya modernisasi. Kontemporer dari bahasa memiliki arti kekinian, pengertian seni rupa kontemporer adalah cabang seni yang tidak terpaku dengan aturan atau pun aturan – aturan kuno.

 

 

Sejarah Seni Rupa Kontemporer di Indonesia

Seni kontemporer merupakan perkembangan seni yang terpengaruh dari adanya modernisasi serta dipakai sebagai istilah yang umum sejak istilah yang umum Contemporary Art yang sudah berkembang di negara – negara barat yang merupakan produsen seni yang pembuatannya saat Perang Dunia II dimulai.

Istilah tersebut di negara Indoensia berkembang secara beriringan dengan semakin banyaknya teknik serta medium yang dimanfaatkan untuk produksi dari suatu karya seni, juga dikarenakan sudah menjadi suatu percampuran antara parktik dari disiplin yang berbeda, pilihan artistik, serta pilihan presentasi karya yang tidak terpaku dengan adanya batas – batas waktu dan ruang.

Penafsiran yang berbeda tentang praktik seni kontemporer di negara Indonesia adalah dihilangkannya pemisah antar berbagai kecenderungan artistik, penandanya dengan melebur batas – batas antara seni rupa, tari, musik dan teater. Terjadinya intervensi kepada disiplin ilmu sains serta sosial, utamanya yang dicetuskan sebagai pengetahuan populer atau pun pemanfaatan teknologi yang terbaru.

Silsilah tersebut sering dianggap dapat menyertai sebutan seni musik, visual, teater serta tari. Meskipun di negara – negara barat istilah Contemporary Art sangat lazim digunakan untuk menyebut praktik seni visual sebagai kebutuhan aktivitas museum atau pun lembaga pencetus nilai, contohnya saja seperti galeri seni serta balai lelang.

Seni Rupa Kontemporer dikenal di negara Indonesia sejak tahun 70-an. TOkoh yang memperkenalkan istilah seni rupa kontemporer adalah Gregorius Sidharta, beliau menggunakan istilah ini untuk sebuah judul pameran seni patungnya. Dari waktu itu, istilah seni rupa kontemporer sering digunakan dalam karya seni yang perkembangannya dengan pembaharuan. Tokoh yang menggunakan istilah ini antara lain Jim Supangkat, Saptoadi Nugroho, Christo, FX. Harsono, Dadang Christianto, Eddie Hara, Heri Dono, Agus Suwage, Tisna Sanjaya, Arahmaiani, Nindityo, Mella Jaarsma, Tita Rubi, dan lain sebagainya.

 

 

Ciri Ciri Seni Rupa Kontemporer

Seni Rupa Kontemporer memiliki ciri – ciri tersendiri, berikut ini adalah ciri – ciri seni rupa kontemporer, antara lain.

  • Perkembangan seni rupa kontemporer sesuai dengan perkembangan zaman
  • Umumnya digunakan komoditas pewacanaan
  • Peminat dari seni rupa kontemporer cenderung media massa
  • Tidak ada pemisah antara berbagai disiplin seni
  • Batas antar seni lukis jadi melebur, anarki, seni grafis, seni patung, omong kosong sampai dengan aksi politik.
  • Mempunyai nafsu serta gairah moralistik
  • Tidak terpaku dengan adanya aturan atau pakem seni rupa pada zaman dahulu.

Baca Juga : Pengertian Kritik Seni

 

Macam Macam Seni Rupa Kontemporer

Seni rupa kontemporer bukan hanya merujuk pada seni rupa patung, seni lukis yang menggunakan aliran baru , tapi juga menggunakan istilah kontemporer sebagai wujud dari ide serta pembaharuan yang diangkat. Seiring berkembangnya zaman, seni rupa kontemporer juga menyebabkan munculnya beragam jenis seni baru, contohnya saka adalah seni pertunjukan, seni video, seni lingkungan, seni arsitektur serta seni fotografi.

 

 

Contoh Karya Seni Rupa Kontemporer

Berikut ini adalah beberapa contoh karya seni rupa kontemporer, antara lain.

contoh seni rupa kontemporer

contoh seni rupa kontemporer

 

Nah, itulah pembahasan mengenai pengertian seni rupa kontemporer, sejarah, macam – macam, ciri – ciri dan contoh karya seni kontemporer. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita dalam dunia seni, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight