Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Seni Rupa Murni: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Seni Rupa Murni

4 min read

seni rupa murni

Seni Rupa Murni – Pada kesempatan kali ini pintarnesia akan menjelaskan mengenai seni rupa murni. Pada artikel ini akan membahas meliputi pengertian seni rupa murni, contoh seni rupa murni, fungsi seni rupa murni, dan gambar seni rupa murni yang dibahas lengkap serta mudah untuk dimengerti.

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai seni rupa murni, ada baiknya jika pertama – tama kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian seni rupa murni. Berikut ini adalah pengertian seni rupa murni,

 

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah sebuah cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitik beratkan kepada keindahan untuk dinikmati saja, atau pun sebagai ekspresi jiwa seperti lukisan. Dalam membuat seni rupa murni, berfokus kepada nilai keindahan atau pun estetisnya saja, serta tidak memperdulikan nilai – nilai praktis dari karya yang sedang dibuat.

Seni rupa murni mempunyai nilai keindahan tinggi dalam membuatnya. Walaupun fungsi hanya sebagai hiasan atau pun pajangan saja. Banyak jenis dari seni rupa murni yang bisa menambah keindahan saat dipajang atau pun dijadikan hiasan dinding rumah atau pun dinding kantor.

 

 

Fungsi Seni Rupa Murni

Dari definisi di atas, seharusnya kamu sudah mempunyai gambaran mengenai fungsi seni rupa yang satu ini. Secara umum fungsi dari seni rupa ini hanya untuk dinikmati saja. Berikut ini adalah penjelasan secara detailnya,

 

1. Untuk Memperindah Sebuah Media

Jenis seni rupa ini diterapkan untuk memperindah sebuah media yang awalnya biasa saja menjadi lebih bagus. Contohnya saja seperti saat sebuah kertas putih yang polos serta tampak tidak menarik diberikan gambar di atasnya. Gambar tersebut nantinya akan memperindah kertas polos tadi.

 

2. Menyalurkan Kreatifitas Seniman

Fungsi dari seni rupa ini yang berikutnya adalah untuk menyalurkan kreatifitas seorang seniman, manusia mempunyai kreatifitas yang tidak terbatas. Salah satu cara yang baik untuk menyalurkan kreatifitas ini adalah dengan melalui seni rupa yang menuangkan keindahan.

 

3. Menyampaikan Sebuah Pesan Penting

Jenis seni rupa ini tidak mirip atau tidak sama seperti dengan seni rupa terapan yang bisa digunakan, akan tetapi jenis seni yang satu ini bisa digunakan untuk menyampaikan pesan yang penting. Pesan penting di sini merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh seniman lewat lukisan atau pun guratan yang dibuatnya, Pesan yang terkandung terkadang bisa langsung terbaca dan terkadang tidak bisa langsung terbaca (tersirat).

 

 

Ragam atau Contoh Seni Rupa Murni

Ada banyak sekali ragam atau contoh seni rupa, ragam seni rupa ini dibedakan berdasarkan bentuk serta medianya. Di bawah ini adalah contoh 10 Ragam Seni Rupa yang bersifat Murni yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari – hari. Berikut ini adalah 10 ragam seni rupa tersebut, antara lain.

 

1. Lukisan

contoh seni rupa murni lukisan

Yang pertama dan paling sering kita jumpai adalah lukisan, lukisan merupakan sebuah gambar yang dibuat pada sebuah media yang umumnya berupa kanvas.

Saat ini lukisan tidak hanya sekedar dibuat di atas kanvas, bahkan lukisan dibuat di media dinding. Ada banyak lukisan terkenal yang ada di dunia, salah satunya adalah lukisan monalisa.

 

2. Patung

contoh seni rupa murni patung

Patung adalah seni rupa murni yang berbentuk 3 (tig) dimensi, patung dibuat hanya untuk dipajang saja. Hal tersebut yang membuat patung digolongkan pada seni rupa yang hanya menampakkan keindahan saja.

Ada banyak media yang bisa dijadikan patung, contohnya saja seperti kayu dan batu. Tidak jarang sebuah patung dijadikan sebagai simbol penting, contohnya saja seperti patung Liberty di Amerika.

 

3. Seni Fotografi

contoh seni rupa fotografi

Pada dasarnya, seni fotografi termasuk dalam seni murni. Seni Rupa murni yang satu ini adalah seni rupa yang sangat modern, untuk menghasilkan seni rupa yang satu ini kamu membutuhkan sebuah kamera. Saat ini jenis seni rupa fotografi sangat populer.

Baca Juga: Pengertian Seni Rupa Kontemporer.

 

4. Relief

contoh seni rupa murni relief

Relief merupakan guratan – guratan yang memiliki bentuk gambar atau pun simbol tertentu. Jenis seni rupa murni ini bisa ditemukan pada candi. Contoh relief yang bisa kamu temukan adalah relief yang ada di candi Borobudur. Relief ini juga bisa berbentuk 2 (dua) dimensi atau pun 3 (tiga) dimensi.

 

5. Topeng

contoh seni rupa murni topeng

Sebenarnya topeng bisa digolongkan dalam seni rupa murni dan juga seni rupa terapan. Jika sebuah topeng hanya dipajang, maka topeng tersebut adalah sebuah seni rupa yang murni. Tapi jika topeng tersebut tidak hanya dipajang, tapi juga digunakan maka topeng itu termasuk ke dalam seni rupa terapan.

 

6. Kaligrafi

contoh seni rupa murni kaligrafi

Seni rupa yang satu ini berasal dari daerah arab, kaligrafi merupakan tulisan arab yang indah dan memiliki bentuk yang unik. Di negara Indonesia penggunaan kaligrafi ini sangat banyak ditemukan di dalam masjid. Kaligrafi merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk dilihat.

 

7. Seni Grafis

contoh seni rupa murni desain grafis

Pasti kamu pernah melihat logo atau pun sablonan pada baju, logo dan sablonan pada baju merupakan seni grafis. Seni grafis ini banyak sekali jenisnya, tergantung dari teknik pembuatannya.

 

8. Mozaik

contoh seni rupa murni mozaik

Mozaik merupakan sebuah seni menempelkan pecahan – pecahan benda, contohnya saja seperti kain, keramik, kaca atau pun benda yang lainnya. Dalam hal ini seniman akan membuat sebuah karya dari serpihan atau pun pecahan sesuatu. Sehingga menjadi bentuk yang indah, pada umumnya mozaik akan ditempelkan di dinding.

 

9. Kerajinan Dari Keramik

contoh seni rupa murni kerajinan keramik

Kerajinan keramik ini umumnya dibuat dari beragam bahan baku seperti tanah liat. Fungsinya yang hanya digunakan sebagai pajangan membuat keramik dijadikan sebatas seni rupa murni saja. Bentuk dari keramik ini sangat beraneka ragam, ada yang memiliki bentuk tumbuhan, hewan atau bahkan benda – benda yang lainnya.

 

10. Ukiran

contoh seni rupa murni ukiran

Ukiran juga termasuk dalam seni rupa murni, di negara Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis ukiran. Setiap daerah mempunyai corak ukiran yang berbeda – beda, ukiran ini umumnya dipajang di tempat – tempat tertentu. Seniman membuat sebuah ukiran menggunakan media kayu yang bertekstur lembut.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Seni Rupa Murni. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas, dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight