Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Seni Rupa 3 Dimensi: Pengertian, Teknik dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

6 min read

seni rupa 3 dimensi

Seni Rupa 3 Dimensi – Seni rupa 3 dimensi atau yang biasa disebut dengan seni rupa 3D merupakan salah satu jenis karya seni rupa yang memiliki 3 sisi yakni panjang, lebar, dan tinggi, atau bisa dikatakan bahwa karya seni rupa 3 dimensi adalah sebuah bangun ruang yang memiliki volume sehingga karya seni ini dapat dilihat dari berbagai arah.

Berbeda dengan karya seni rupa 2 dimensi yang hanya memiliki 2 sisi saja yakni panjang dan lebar sehingga hanya dapat di lihat dari satu sisi saja, hal tersebutlah yang menyebabkan karya seni rupa 3 dimensi lebih kompleks dan juga dapat di lihat dari segala arah arena memiliki tiga sisi. Karya seni rupa 3 dimensi akan memiliki bentuk yang sama dengan apa yang ada di pikiran sang seniman.

Untuk benda 3 dimensi sendiri sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik itu pada saat kamu berjalan, jalan, bekerja, bahkan pada saat kamu makan kamu akan menjumpai benda-benda yang memiliki bentuk 3 dimensi di sekeliling kamu.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kalian pembahasan tentang karya seni rupa 3 dimensi yang dapat kamu pelajari seperti unsur-unsur, contoh, dan juga teknik dalam karya seni rupa3 dimensi. Jadi langsung saja simak ulasan berikut di bawah ini.

 

Unsur Unsur Karya Seni Rupa

unsur seni rupa

Dalam sebuah karya seni rupa 3 dimensi terdapat beberapa unsur yang dapat membentuk sebuah satu kesatuan, yang mana hal tersebut membuat sebuah benda 3 dimensi menjadi lebih indah. Jika kamu pendar dengan unsur-unsur dari karya seni rupa 3 dimensi, langsung saja kita bahas satu persatu unsur-unsur yang terdapat di dalam suatu karya seni rupa 3 dimensi sebagai berikut:

 

1. Titik

Titik merupakan sebuah unsur terkecil dalam karya seni, baik itu dalam menggambar ataupun mendesain suatu karya seni. Dengan menggunakan unsur titik, maka akan dapat membuat unsur yang lainnya yakni garis, bidang, simbol, rangka, dan ruang.

 

2. Garis

Garis merupakan sebuah unsur terbentuk dari kumpulan titik, garis juga dapat dikatakan sebuah goresan satu arah yang digunakan untuk menghubungkan unsur menjadi lebih besar, yakni bidang dan ruang.

Bentuk dari unsur yang satu ini adalah memanjang dan juga dapat dimodifikasi untuk menjadi bentuk lain. Adapun sifat dari unsur garis yakni panjang, pendek, lurus, melengkung, patah-patah, tebal, tipis, miring, dan lain-lain.

 

3. Bidang

Bidang terbentuk dari beberapa garis yang di kombinasikan dan dijadikan sebuah satu kesatuan. Dimensi dari bidang adalah 2 dimensi, atau hanya memiliki 2 sisi saja yakni panjang dan lebar atau bisa disebut sebagai bangun datar. Dan dengan mengombinasikan beberapa bidang, maka akan dapat tercipta unsur lain.

 

4. Bentuk

Bentuk adalah sebuah unsur karya seni yang terbentuk dari kombinasi beberapa bidang yang menjadi sebuah satu kesatuan, bentuk juga biasa disebut dengan bangun ruang. Namun karena juga disebut sebagai sebuah bangun sudah pasti suatu bentuk pasti memiliki suatu unsur di dalamnya serta memiliki nilai dan juga makna tersendiri di dalamnya.

 

5. Tekstur

Tekstur merupakan sebuah karakteristik dari suatu permukaan bentuk atau bangun ruangan. Tekstur dapat dirasakan dengan menggunakan indera mata dan juga indera peraba. Terdapat berapa tekstur dalam suatu bentuk yakni halus, kasar, licin, mengkilap, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tekstur juga terbagi menjadi dua jenis yakni tekur yang nyata dengan tekstur yang semu. Tekur yang Yat adalah tekur yang memiliki kesesuaian dari apa yang dilihat dan dengan apa yang diraba. Berbeda dengan tekstur semu yang tidak memiliki kesesuaian dari apa yang di lihat dengan apa yang dirasakan.

 

 

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

contoh karya seni 3 dimensi

Karya seni rupa 3 dimensi adalah sebuah karya seni yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dan setiap bangunan 3 dimensi memiliki konsep bangunan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh dari karya seni rupa 3 dimensi yang mungkin saja pernah atau bahkan sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

 

1. Seni Kriya

contoh karya seni 3 dimensi kriya

Seni kriya adalah sebuah cabang dari karya seni rupa yang mengandalkan keterampilan tangan dalam melakukan pembuatannya agar dapat memperlihatkan atau menghasilkan sebuah karya seni rupa 3 dimensi yang indah.

Karya seni rupa 3 dimensi yang satu ini biasanya dijadikan sebagai sebuah dekorasi atau juga digunakan sebagai benda terapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti mainan, furnitur, dan lain sebaginya.

Karya seni kriya juga memiliki beberapa jenis seperti, seni kriya kayu, seni kriya tekstil, seni kriya keramik, sini kriya batu, dan juga seni kriya kulit.

 

2. Patung

conroh karya seni 3 dimensi patung

Kamu pati tidak asing lagi dengan karya seni rupa 3 dimensi yang satu ini yakni patung. Patung merupakan sebuah karya seni rupa 3 dimensi yang paling populer di antara karya seni rupa tiga dimensi yang lainnya, hal terbut karena adanya nilai seni yang tinggi di dalamnya.

Karya seni rupa patung juga telah melalui banyak sekali perkembangan baik itu bahan dasar pembuatannya, teknik yang digunakan dan juga teksturnya. Pada umumnya seorang seniman patung membuat karya seninya dalam bentuk manusia, binatang, dan juga bentuk-bentuk yang lainnya.

 

3. Keramik

conroh karya seni 3 dimensi keramik

Keramik adalah sebuah karya seni rupa yang dapat bersifat tradisional hingga bersifat modern. Fungsi dari karya seni keramik adalah sebagai sebuah kerajinan yang dibuat menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya, dan dalam pembuatannya juga harus melewati beberapa tahapan.

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pembuatan sebuah karya seni keramik yakni dipijit, busi, pilin, dan sampai ke tahap dalam pembakaran dan juga glasir. Kualitas dari sebuah keramik dapat dilihat dari bagaimana proses pembuatan.

 

4. Arsitektur

conroh karya seni 3 dimensi arsitektur

Arsitektur merupakan sebuah jenis karya seni rupa 3 dimensi yang dapat dikategorikan sebagai sebuah karya seni rupa yang menekankan kesatuan, keseimbangan, keserasian, dan juga irama. Jadi dapat dikatakan bahwa arsitektur merupakan sebuah karya seni rupa 3 dimensi yang mencakup semua aspek karya seni rupa.

Hal itulah yang menyebabkan sebuah arsitektur tidak hanya memperhatikan wujud dari bangunannya saja, akan tetapi berat, volume tampung, kekokohan suatu bangunan, dan juga sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi.

 

Teknik Teknik Karya Seni Rupa 3 Dimensi

teknik karya seni 3 dimensi

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pembuatan suatu karya seni rupa 3 dimensi. Dan dalam setiap teknik yang digunakan pastinya memiliki teknik tersebut memiliki konsep yang berbeda dengan teknik yang lainnya dan juga tentunya akan memperoleh hasil yang berbeda beda.

Berikut ini adalah beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pembuatan karya seni rupa 3 dimensi:

 

1. Teknik Aplikasi

Teknik seni rupa aplikasi merupakan sebuah teknik karya seni yang dimanfaatkan dalam melakukan beberapa seni tertentu, salah satunya adalah ani menjahit.

Caranya adalah dengan menempelkan beberapa macam potongan kain yang telah digunting dan kemudian dibuat menjadi bermacam-macam bentuk seperti bunga, binatang, dan juga bentuk-bentuk yang lainnya. Tujuan dari bentuk yang satu ini adalah sebagai sebuah hiasan.

 

2. Teknik Mozaik

Teknik mozaik adalah sebuah teknik menggambar yang menggunakan bentuk-bentuk geometris tertentu. Tujuan dari pembuatan karya seni dengan teknik yang satu ini adalah sebagai sebuah pengganti dari bahan utama yakni pewarna.

Dengan menggunakan teknik mozaik, maka media dari suatu seni akan terlihat menjadi lebih bercorak dan tidak terlihat polos.

 

3. Teknik Merakit

Teknik merakit merupakan sebuah teknik yang dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa potongan-potongan tertentu yang dijadikan sebagai sebuah karya seni yang utuh. Cara dalam menyambung potongan agar dapat menjadi sebuah karya seni yang utuh dinamakan dengan merakit, dan rakitan merupakan nama dari hasil karyanya.

Merakit dapat diterapkan kepada benda-benda yang kompleks, salah satunya adalah miniatur kapal, pesawat, dan juga alat-alat transportasi yang lainnya.

 

4. Teknik Pahat

Teknik memahat adalah sebuah teknik karya seni yang dilakukan dengan memahat atau menyisihkan bagian-bagian yang tidak penting atau tidak diperlukan sehingga dapat membentuk sebuah karya seni yang indah.

Alat yang digunakan dalam melakukan teknik yang satu ini adalah martil, pahat, kikir, dan juga sebaginya. Pada umumnya teknik pahat digunakan dalam beberapa karya seni seperti patung dan juga miniatur tertentu.

 

5. Teknik Cor

Teknik Cor adalah sebuah teknik karya seni yang dilakukan dengan cara menuangkan zat cair pada sebuah alat cetakan tertentu pada sebuah alat cetakan khusus.

Bahan cair yang biasanya digunakan dalam melakukan teknik yang satu ini adalah karet, semen, logam, dan masih banyak lagi. Pada umumnya teknik yang satu ini digunakan dalam pembuatan sebuah bangun yang besar.

Jadi pada intinya sebuah karya seni rupa 3 dimensi adalah sebuah seni yang memiliki 3 buah sisi dan juga dapat dilihat dari segala arah. Karya seni ini juga berbentuk dari beberapa unsur yang saling bersatu sehingga menjadi satu kesatuan.

Dan yang terakhir adalah teknik yang digunakan dalam pembuatan sebuah karya seni rupa 3 dimensi juga berpengaruh pada hasil yang akan di dapatkan.

 

Nah, itulah penjelasan singkat dari karya seni rupa tiga dimensi mulai dari pengertian, unsur, contoh, dan jug teknik yang digunakan dalam pembuatan suatu karya sendu rupa 3 dimensi. Dan semoga artikel kali ini dapat kamu jadikan sebagai bahan ataupun referensi kamu dalam belajar.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight