√ Pengertian Sepak Bola: Sejarah, Peraturan dan Teknik Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola: Sejarah, Peraturan, Tujuan dan Teknik Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola: Sejarah, Peraturan, Tujuan dan Teknik Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola – Dalam bahasa Inggris, sepak bola disebut dengan Football, sedangkan di negara Amerika Serikat permainan ini disebut dengan Soccer. Kata sepak bola terdiri dari 2 (dua) kata, yakni sepak yang memiliki arti menendang dengan kaki, dan bola yang memiliki arti suatu alat permainan yang berbentuk bulat dan terbuat dari karet atau kulit.

Nah, pada artikel ini pintarnesia akan memaparkan dan menjelaskan mengenai pengertian sepak bola, sejarah sepak bola, peraturan sepak bola dan teknik sepak bola. Sebelum membahas lebih dalam, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai apa itu pengertian dari sepak bola. berikut ini adalah pengertian sepak bola secara umum.

 

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola merupakan suatu cabang olahraga yang menggunakan sebuah bila berbahan karet atau kuli dan dimainkan oleh 2 (dua) tim, dimana masing – masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti. Namun ada pendapat lain yang mengatakan jika pengertian sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola dimana tujuan utamanya adalah untuk memasukan bola tersebut ke gawang lawan. Suatu permainan sepak bola dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukan bola ke lawan berdasarkan aturan permainan.

Baca Juga: Sejarah Sepak Bola.

 

Pengertian Sepak Bola menurut Para Ahli

Seperti biasa di pintarnesia juga akan memaparkan pendapat para ahli, nah kali ini ada beberapa ahli yang ikut berpendapat mengenai pengertian sepak bola di antaranya adalah:

1. Muhajir

Yang pertama menurut muhajir, menurutnya sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang atau menyepak bola, tujuan utama dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan supaya gawang tim sendiri tidak kebobolan bola.

 

2. Agus Salim

Menurut Agus Salim, pengertian dari sepak bola merupakan cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola sebanyak mungkin ke gawang lawan dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan, baik itu ketentuan dari asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

 

3. Soekatamsi

Sepak bola merupakan suatu permainan beregu yang diperlombakan, dimana masing – masing regu terdiri dari 11 (sebelas) pemain termasuk penjaga gawang.

 

4. Remmy Muchtar

Yang ke empat menurut Remmy Muchtar, menurutnya sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola atau dalam pengolahan gerak tubuh dalam permainan.

 

5. Luxbacher

Yang terakhir menurut Lucbacker, menurutnya sepak bola merupakan permainan yang dipertandingkan antara 2 (dua) tim, dimana masing – masing tim terdiri dari 11 (sebelas) orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha memasukkan bola ke gawang lawan.

 

 

Tujuan Permainan Sepak Bola

Seperti permainan yang lainnya,sepak bola juga memiliki tujuan. Ada beberapa tujuan dari permainan sepak bola, tapi tujuan utama dari sepak bola adalah untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin sehingga bisa memenangkan pertandingan tersebut. Berikut ini adalah beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam permainan sepak bola, di antaranya adalah:

  1. Menciptakan gol ke gawang lawan.
  2. Mencegah lawan memasukkan bola ke gawang tim sendiri.
  3. Meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.
  4. Membangun kerja sama tim supaya tim lebih solid.
  5. Membangun dan menjaga sportivitas antar pemain sepak bola.
  6. Menciptakan permainan yang adil.
  7. Meraih prestasi dalam bidang olahraga, khususnya dalam bidang sepak bola.

 

 

Sejarah Singkat Sepak Bola

Olahraga ini telah dikenal di Tiongkok sejak abad ke-2 (dua) dan ke-3 (tiga) sebelum masehi, yakni pada masa pemerintahan Dinasti Han. Pada zaman itu masyarakat Tiongkok menggunakan bola kulit dan menendang atau menyepak ke dalam jaring kecil. Selain di Tiongkok, permainan sepak bola ini juga sudah dikenal di berbagai negara lainnya seperti Yunani, Roma, dan Jepang. Masyarakat para 3 (tiga) negara tersebut (Yunani, Roma, Jepang) melakukan sepak bola untuk bersenang – senang.

Sepak bola modern dimulai di Negara Inggris dengan memberlakukan peraturan – peraturan dasar sehingga permainan ini menjadi semakin populer. Walaupun olahraga ini sempat dilarang karena dianggap mengandung kekerasan di dalamnya, olahraga sepak bola palah semakin dikenal oleh masyarakat dunia. Hingga pada tahun 1904, terbentuklah Fédération Internationale de Football Association (FIFA). FIfa merupakan badan pengendali internasional sepak bola yang didirikan pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. Sepak bola kemudian menjadi suatu olahraga yang dipertandingkan antar negara guna memperebutkan Piala Dunia. Pertandingan Piala Dunia pertama kali di langsungkan pada tahin 1930 di Uruguay dan dimenangkan oleh Uruguay.

 

 

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Seperti pada olahraga lainnya, sepak bola juga memiliki teknik – teknik dasar. Setiap pemain harus mengerti dan bisa melakukan teknik dasar sepak bola, berikut ini adalah beberapa teknik dasar sepak bola, di antaranya adalah:

1. Teknik Menendang Bola

Teknik yang pertama adalah menendang atau menyepak bola, teknik ini merupakan faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Ada beberapa teknik menendang bola, di antaranya adalah:

  • Menendang atau menyepak bola menggunakan kaki bagian dalam.
  • Menendang atau menyepak bola menggunakan kaki bagian luar.
  • Menendang atau menyepak bola menggunakan kaki bagian punggung.

 

2. Teknik Menghentikan Bola (kontrol Bola)

Teknik ini memiliki tujuan untuk menghentikan atau menahan laju bola, berikut ini adalah beberapa macam atau cara untuk menghentikan bola, di antaranya adalah:

  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak
  • Menghentikan bola menggunakan kaki punggung
  • Menghentikan bola menggunakan kaki paha
  • Menghentikan bola menggunakan dada atau perut
  • Menghentikan bola menggunakan kaki kepala

 

3. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik ini berupaya untuk mendorong atau membawa bola ke arah tertentu sambil berlari sehingga bola bergelir di tanah dan bisa tetap dikuasai oleh pemain. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggiring bola, di antaranya adalah:

  • Menggiring bola menggunakan punggung kaki
  • Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menggiring bola menggunakan kedua kaku secara bergantian

 

4. Teknik Menyundul Bola

Teknik yang terakhir adalah menyundul bola, teknik ini merupakan gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang bisa dilakukan saat bola melayang di udara. Tujuan dari teknik ini adalah mendorong bola ke arah tertentu yang diinginkan pemain.

 

 

Peraturan Dasar Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, diberlakukan beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh semua pemain dan termasuk beberapa pihak yang terlibat. Berikut ini adalah beberapa peraturan dasar sepak bola, di antaranya adalah:

1. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Permainan ini dilakukan pada sebuah lapangan berumput. Pada bagian sisi lapangan ada garis pembatas antara bagian luar dan bagian dalam lapangan. Berikut ini adalah standar lapangan sepak bola untuk orang dewasa.

  • Panjang 100 -120 meter
  • Lebar 65 – 75 meter
  • Tinggi gawang 2,44 meter
  • Lebar gawang 7,32 meter

Disekitar gawang ada area penalti, dimana penjaga gawang bisa menangkap bola dengan tangannya. Disekitar itu juga jika terjadi pelanggaran oleh tim lawan maka akan dilakukan tendangan penalti.

 

2. Jumlah Pemain Sepak Bola

Dalam satu tim sepak bola terdapat 11 (sebelas) pemain inti, dimana masing – masing dari pemain tersebut memiliki posisi yang berbeda, yakni 1 (satu) penjaga gawang, 4 (empat) pemain bertahan, 2 – 5 (dua sampai lima) pemain tengah, serta 1 – 3 (satu sampai tiga) pemain penyerang. Setiap tin memiliki seorang kapten yang bertugas untuk memimpin rekan setimnya, sehingga bisa bermain sesuai arahan. Berikut ini adalah tugas dari masing – masing posisi pemain dalam tim sepak bola, di antaranya adalah:

  • Penjaga gawang, memiliki tugas untuk menjaga gawang supaya tidak kemasukan bola.
  • Pemain bertahan, memiliki tugas untuk menghalau lawan supaya tidak masuk ke area pertahanan.
  • Pemain gelandang / tengah, pemain dalam posisi ini sering juga disebut sebagai playmaker, tugas dari pemain dari posisi ini adalah mengatur permainan timnya serta membantu striker dan pemain bertahan.
  • Pemain sayap, pemain dalam posisi ini sering juga disebut dengan winger, tugas dari pemain posisi ini mengendalikan permainan di area kanan atau kiri lapangan.
  • Penyerang, pemain dalam posisi ini sering juga disebut dengan stiker, tugas dari pemain posisi ini adalah untuk memasukan bola ke gawang lawan.

 

3. Durasi Pemain Sepak Bola

Durasi dari permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit (2 babak), tapi wasit yang memimpin pertandingan tersebut bisa memberikan tambahan waktu sesuai dengan kebutuhan. Dalam pertandingan sistem gugur, jika selama 2 (dua) babak pertandingan tim masih imbang, maka akan diberlakukan tambahan waktu selama 2 x 15 menit. Namun, jika perpanjangan tersebut masih imbang, maka akan dilakukan adu tendangan penalti sehingga satu tim akhirnya menjadi pemenang.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai sepak bola mulai dari pengertian sepak bola, sejarah, peraturan, tujuan dan teknik sepak bola. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam olahraga, khususnya dalam bidang sepak bola. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.



Pengertian Narasi: Struktur, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Contoh Teks Narasi

Pengertian Narasi: Struktur, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Contoh Teks Narasi

Pengertian Sepak Bola – Dalam bahasa Inggris, sepak bola disebut dengan Football, sedangkan di negara Amerika Serikat permainan ini disebut dengan Soccer. Kata sepak bola terdiri dari 2 (dua) kata, yakni sepak yang memiliki arti menendang dengan kaki, dan bola yang memiliki arti suatu alat permainan yang berbentuk bulat dan terbuat dari karet atau kulit.

Nah, pada artikel ini pintarnesia akan memaparkan dan menjelaskan mengenai pengertian sepak bola, sejarah sepak bola, peraturan sepak bola dan teknik sepak bola. Sebelum membahas lebih dalam, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai apa itu pengertian dari sepak bola. berikut ini adalah pengertian sepak bola secara umum.

 

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola merupakan suatu cabang olahraga yang menggunakan sebuah bila berbahan karet atau kuli dan dimainkan oleh 2 (dua) tim, dimana masing – masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti. Namun ada pendapat lain yang mengatakan jika pengertian sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola dimana tujuan utamanya adalah untuk memasukan bola tersebut ke gawang lawan. Suatu permainan sepak bola dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukan bola ke lawan berdasarkan aturan permainan.

Baca Juga: Sejarah Sepak Bola.

 

Pengertian Sepak Bola menurut Para Ahli

Seperti biasa di pintarnesia juga akan memaparkan pendapat para ahli, nah kali ini ada beberapa ahli yang ikut berpendapat mengenai pengertian sepak bola di antaranya adalah:

1. Muhajir

Yang pertama menurut muhajir, menurutnya sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang atau menyepak bola, tujuan utama dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan supaya gawang tim sendiri tidak kebobolan bola.

 

2. Agus Salim

Menurut Agus Salim, pengertian dari sepak bola merupakan cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola sebanyak mungkin ke gawang lawan dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan, baik itu ketentuan dari asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

 

3. Soekatamsi

Sepak bola merupakan suatu permainan beregu yang diperlombakan, dimana masing – masing regu terdiri dari 11 (sebelas) pemain termasuk penjaga gawang.

 

4. Remmy Muchtar

Yang ke empat menurut Remmy Muchtar, menurutnya sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola atau dalam pengolahan gerak tubuh dalam permainan.

 

5. Luxbacher

Yang terakhir menurut Lucbacker, menurutnya sepak bola merupakan permainan yang dipertandingkan antara 2 (dua) tim, dimana masing – masing tim terdiri dari 11 (sebelas) orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha memasukkan bola ke gawang lawan.

 

 

Tujuan Permainan Sepak Bola

Seperti permainan yang lainnya,sepak bola juga memiliki tujuan. Ada beberapa tujuan dari permainan sepak bola, tapi tujuan utama dari sepak bola adalah untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin sehingga bisa memenangkan pertandingan tersebut. Berikut ini adalah beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam permainan sepak bola, di antaranya adalah:

  1. Menciptakan gol ke gawang lawan.
  2. Mencegah lawan memasukkan bola ke gawang tim sendiri.
  3. Meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.
  4. Membangun kerja sama tim supaya tim lebih solid.
  5. Membangun dan menjaga sportivitas antar pemain sepak bola.
  6. Menciptakan permainan yang adil.
  7. Meraih prestasi dalam bidang olahraga, khususnya dalam bidang sepak bola.

 

 

Sejarah Singkat Sepak Bola

Olahraga ini telah dikenal di Tiongkok sejak abad ke-2 (dua) dan ke-3 (tiga) sebelum masehi, yakni pada masa pemerintahan Dinasti Han. Pada zaman itu masyarakat Tiongkok menggunakan bola kulit dan menendang atau menyepak ke dalam jaring kecil. Selain di Tiongkok, permainan sepak bola ini juga sudah dikenal di berbagai negara lainnya seperti Yunani, Roma, dan Jepang. Masyarakat para 3 (tiga) negara tersebut (Yunani, Roma, Jepang) melakukan sepak bola untuk bersenang – senang.

Sepak bola modern dimulai di Negara Inggris dengan memberlakukan peraturan – peraturan dasar sehingga permainan ini menjadi semakin populer. Walaupun olahraga ini sempat dilarang karena dianggap mengandung kekerasan di dalamnya, olahraga sepak bola palah semakin dikenal oleh masyarakat dunia. Hingga pada tahun 1904, terbentuklah Fédération Internationale de Football Association (FIFA). FIfa merupakan badan pengendali internasional sepak bola yang didirikan pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris, Perancis. Sepak bola kemudian menjadi suatu olahraga yang dipertandingkan antar negara guna memperebutkan Piala Dunia. Pertandingan Piala Dunia pertama kali di langsungkan pada tahin 1930 di Uruguay dan dimenangkan oleh Uruguay.

 

 

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Seperti pada olahraga lainnya, sepak bola juga memiliki teknik – teknik dasar. Setiap pemain harus mengerti dan bisa melakukan teknik dasar sepak bola, berikut ini adalah beberapa teknik dasar sepak bola, di antaranya adalah:

1. Teknik Menendang Bola

Teknik yang pertama adalah menendang atau menyepak bola, teknik ini merupakan faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Ada beberapa teknik menendang bola, di antaranya adalah:

  • Menendang atau menyepak bola menggunakan kaki bagian dalam.
  • Menendang atau menyepak bola menggunakan kaki bagian luar.
  • Menendang atau menyepak bola menggunakan kaki bagian punggung.

 

2. Teknik Menghentikan Bola (kontrol Bola)

Teknik ini memiliki tujuan untuk menghentikan atau menahan laju bola, berikut ini adalah beberapa macam atau cara untuk menghentikan bola, di antaranya adalah:

  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak
  • Menghentikan bola menggunakan kaki punggung
  • Menghentikan bola menggunakan kaki paha
  • Menghentikan bola menggunakan dada atau perut
  • Menghentikan bola menggunakan kaki kepala

 

3. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik ini berupaya untuk mendorong atau membawa bola ke arah tertentu sambil berlari sehingga bola bergelir di tanah dan bisa tetap dikuasai oleh pemain. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggiring bola, di antaranya adalah:

  • Menggiring bola menggunakan punggung kaki
  • Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menggiring bola menggunakan kedua kaku secara bergantian

 

4. Teknik Menyundul Bola

Teknik yang terakhir adalah menyundul bola, teknik ini merupakan gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang bisa dilakukan saat bola melayang di udara. Tujuan dari teknik ini adalah mendorong bola ke arah tertentu yang diinginkan pemain.

 

 

Peraturan Dasar Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, diberlakukan beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh semua pemain dan termasuk beberapa pihak yang terlibat. Berikut ini adalah beberapa peraturan dasar sepak bola, di antaranya adalah:

1. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Permainan ini dilakukan pada sebuah lapangan berumput. Pada bagian sisi lapangan ada garis pembatas antara bagian luar dan bagian dalam lapangan. Berikut ini adalah standar lapangan sepak bola untuk orang dewasa.

  • Panjang 100 -120 meter
  • Lebar 65 – 75 meter
  • Tinggi gawang 2,44 meter
  • Lebar gawang 7,32 meter

Disekitar gawang ada area penalti, dimana penjaga gawang bisa menangkap bola dengan tangannya. Disekitar itu juga jika terjadi pelanggaran oleh tim lawan maka akan dilakukan tendangan penalti.

 

2. Jumlah Pemain Sepak Bola

Dalam satu tim sepak bola terdapat 11 (sebelas) pemain inti, dimana masing – masing dari pemain tersebut memiliki posisi yang berbeda, yakni 1 (satu) penjaga gawang, 4 (empat) pemain bertahan, 2 – 5 (dua sampai lima) pemain tengah, serta 1 – 3 (satu sampai tiga) pemain penyerang. Setiap tin memiliki seorang kapten yang bertugas untuk memimpin rekan setimnya, sehingga bisa bermain sesuai arahan. Berikut ini adalah tugas dari masing – masing posisi pemain dalam tim sepak bola, di antaranya adalah:

  • Penjaga gawang, memiliki tugas untuk menjaga gawang supaya tidak kemasukan bola.
  • Pemain bertahan, memiliki tugas untuk menghalau lawan supaya tidak masuk ke area pertahanan.
  • Pemain gelandang / tengah, pemain dalam posisi ini sering juga disebut sebagai playmaker, tugas dari pemain dari posisi ini adalah mengatur permainan timnya serta membantu striker dan pemain bertahan.
  • Pemain sayap, pemain dalam posisi ini sering juga disebut dengan winger, tugas dari pemain posisi ini mengendalikan permainan di area kanan atau kiri lapangan.
  • Penyerang, pemain dalam posisi ini sering juga disebut dengan stiker, tugas dari pemain posisi ini adalah untuk memasukan bola ke gawang lawan.

 

3. Durasi Pemain Sepak Bola

Durasi dari permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit (2 babak), tapi wasit yang memimpin pertandingan tersebut bisa memberikan tambahan waktu sesuai dengan kebutuhan. Dalam pertandingan sistem gugur, jika selama 2 (dua) babak pertandingan tim masih imbang, maka akan diberlakukan tambahan waktu selama 2 x 15 menit. Namun, jika perpanjangan tersebut masih imbang, maka akan dilakukan adu tendangan penalti sehingga satu tim akhirnya menjadi pemenang.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai sepak bola mulai dari pengertian sepak bola, sejarah, peraturan, tujuan dan teknik sepak bola. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam olahraga, khususnya dalam bidang sepak bola. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.