Siklus Air Tanah

By Mexi Prizkia -

Air merupakan sumber kehidupan dibumi tanpa air makhluk yang ada dibumi tidak dapat hidup. Bahkan sebagian besar makhluk hidup tubuhnya terdiri atas air.

Pentingnya air bagi kehidupan memang sangat vital sehingga air ini harus dimanfaatkan dengan seefisien mungkin dan terus dijaga karena saat ini jumlah sumber air bersih dibumi sudah sangat berkurang.

Salah satu sumber air bersih terbesar adalah sait tanah. Apa itu air tanah? untuk mengetahuinya lebih lanjut simak uraian penjelasan dibawah ini.

Pengertian Air Tanah

pengertian air tanah

Air tanah merupakan air yang letaknya dibawah permukaan tanah yaitu dalam zona jenuh air dimana air tersebut berasal dari berbagai sumber seperti dari air hujan, sungai, rawa, danau dan sebagainya.

Siklus air tanah ini dimulai dari bergeraknya air pada permukaan tanah kemudian menguap ke udara karena paparan panas matahari lalu berubah menjadi awan saat sampai di atmosfer dan kembali ke permukaan tanah dalam bentuk air hujan yang selanjutnya meresap kedalam tanah atau dapat juga kembali ke sumber tempat awal air tersebut berasal.

Air hujan yang meresap kedalam tanah akan menjadi cadangan air yang masuk melalui pori-pori tanah dan juga batuan. Wilayah dibumi yang biasanya menyimpan banyak cadangan air adalah hutan hujan tropis, hutan lindung, taman dan sebagainya.

Vegetasi tanaman yang banyak terjadi dihutan membuat air hujan yang turun disana tidak langsung kembali kesumber awal, melainkan diserap kedalam tanah dan menjadi cadangan air karena struktur tanahnya yang kokoh serta stabil.

Baca Juga : Pengertian Lingkungan

Proses Siklus Air Tanah

proses siklus air tanah

Siklus air tanah melewati beberapa proses antara lain sebagai berikut.

  1. Air yang terdapat pada permukaan tanah seperti air sungai, air rawa, air danau, air laut dan sebagainya akan menguap ke udara akibat adanya paparan panas matahari.
  2. Uap yang telah terkumpul diudara selanjutnya akan menjadi awan, awan yang terkena tekanan akan mencair dan turun ke bumi sebagai air hujan.
  3. Air hujan yang telah berada pada permukaan bumi ada yang langsung mengalir kembali ke sumber awalnya dan ada juga yang meresap kedalam tanah melalui pori-pori tanah dan bebatuan.
  4. Air yang telah meresap akan menjadi air cadangan yang disebut sebagai air tanah dengan keadaan bersih yang tersimpan dalam sumber resapan air seperti hutan.

Manfaat Air Tanah

manfaat air tanah

Sebenarnya manfaat dari air sudah tidak perlu ditanyakan lagi karena memang sangat penting bagi bumi dan seisinya, berikut beberapa manfaat air tanah antara lain.

  • Mendukung kebutuhan hidup manusia terutama air bersih yang digunakan untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan sebagainya.
  • Sebagai sumber air bagi tumbuhan dan hewan.
  • Sebagai sumber cadangan air bersih.
  • Pada siklus hidrologi air memiliki peran yang penting.

Baca Juga : Proses Terjadinya Hujan

Upaya Pelestarian Air Tanah

upaya pelestarian air tanah

Meskipun air termasuk dalam sumber daya alam yang tidak akan habis namun saat ini kita dapat lihat jika jumlah air bersih semakin berkurang dan kualitas air semakin menurun.

Untuk itu kita harus mulai mengupayakan pelestarian air agar sumber kehidupan yang satu ini dapat terus terjaga. Dibawah ini terdapat beberapa upaya pelestarian air tanah antara lain sebagai beirkut.

  • Reboisasi, hal ini dilakukan agar daerahdaerah yang awalnya kering dapat kembali hijau sehingga dapat menampung cadangan air dan memperbaiki kualitas air.
  • Menghemat penggunaan air tanah, maksudnya jangan membuang air tanpa penggunaan yang jelas.
  • Tidak membuang limbah sembarangan karena hal ini merupakan salah satu hal yang membuat air tercemar, hal tersebut membuat jumlah air bersih semakin berkurang dan kualitas air semakin menurun apalagi jika limbah yang dibuang mengandung zat-zat beracun.

Baca Juga : Pencemaran Air

Nah itu tadi sedikit uraian materi air tanah yang keberadaannya sangat sangat penting bagi kehidupan bumi dan seisinya. Untuk itu mulai sekarang bijak-bijaklah dalam menggunakan air dan berbagai sumber daya alam lainnya.

Demikian sedikit informasi mengenai Siklus Air Tanah: Pengertian, Proses, Manfaat, Gambar. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi Prizkia
Mexi Prizkia
Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Artikel Terkait

Organel Sel
Organel Sel
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Proses Spermatogenesis
Proses Spermatogenesis
Oleh Mexi Prizkia
Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis
Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Sistem Pencernaan Manusia
Sistem Pencernaan Manusia
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna
Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna
Oleh Hasif Priyambudi
Tumbuhan Dikotil dan Monokotil: Pengertian dan Perbedaan Dikotil & Monokotil
Tumbuhan Dikotil dan Monokotil: Pengertian dan Perbedaan Dikotil & Monokotil
Oleh Arwina Nur Dyah Utami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *