Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Struktur Teks Eksposisi: Ciri-Ciri, Contoh, Kaidah

2 min read

struktur teks ekposisi

Struktur adalah bagian dari sebuah teks, struktur memiliki arti susunan. Nah, supaya kita bisa mengetahui apa saja bagian yang ada di dalam struktur teks eksposisi, berikut ini adalah penjabaran beserta dengan hal – hal yang berkaitan di dalamnya.

 

Struktur Teks Eksposisi

struktur teks ekposisi

Struktur teks ekposisi umumnya terdiri dari 4 (empat) bagian utama, di antaranya adalah pembukaan, isi, argumentasi, dan penegasan ulang. Nah, berikut ini adalah masing – masing penjelasannya.

 

1. Pembukaan

Struktur Teks Eksposisi yang pertama adalah sebuah pembukaan atau yang dikenal dengan orientasi. Nah, pada bagian ini kita bisa melihat pandangan awal yang ditulis oleh si penulis tentang sebuah permasalahan dan rangkaian yang begitu relevan.

 

2. Tesis/Isi

Struktur yang kedua adalah Tesis, Tesis adalah sebuah isi dari teks ekposisi yang berisi tentang kumpulan pendapat orang lain, dimana orang tersebut dianggap lebih ahli mengenai suatu permasalahan dan pokok bahasan yang sedang dibahas dalam teks ekposisi tersebut. Guna mengidentifikasi struktur teks ekposisi ini sangat mudah, kita bisa mengidentifikasi tesis dengan memperhatikan pemilihan katanya. Contohnya saja adalah berdasarkan penuturan dan lain sebagainya.

 

3. Argumentasi

Struktur Teks Eksposisi yang ketiga adalah Argumentasi, Argumentasi adalah struktur teks eksposisi yang memuat mengenai bukti-bukti relevan yang mendukung tesis atau pun isi dari teks eksposisi tersebut. Umumnya argumentasi akan mengandung sebuah fakta yang sangat relevan, dimana berkaitan dengan pokok bahasan yang disinggung dalam teks tersebut.

Contohnya saja adalah Tanggal, latar, Narasumber dan penggunaan angka yang umumnya bersifat nyata atau konkrit.

 

4. Penegasan Ulang

Struktur yang ke empat adalah penegasan ulang, penegasan ulang memuat sebuah kesimpulan yang meliputi pembukaan, tesis hingga argumentasi yang disampaikan oleh penulis, serta tentunya disampaikan dengan bahasa yang berbeda atau lebih singkat.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi Singkat

 

 

Ciri – Ciri Teks Eksposisi

ciri-ciri teks ekposisi

Sama dengan jenis teks yang alinnya, teks ekposisi juga memiliki beberapa ciri – ciri umum. Dimana ciri – ciri ini digunakan untuk membedakan dan menentukan apakah sebuah teks tersebut tegolong pada teks eksposisi atau bukan teks ekposisi. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dari teks ekposisi, antara lain.

  1. Gaya informasi bersifat mengajak
  2. Bersifat netral atau tidak memihak siapa pun.
  3. Fakta tersebut digunakan sebagai alat kontritasi dan alta kontribusi
  4. Menjelaskan sebuah informasi atau pun pengetahuan tentang suatu hal tertentu
  5. Penyampaian teks ekposisi menggunakan sebuah bahasa yang baku dan lugas.

 

 

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

kaidah kebahasaan teks ekposisi

Nah, selain memiliki ciri – ciri umum, teks ekposisi juga mempunyai kaidah kebahasaan atau unsur kebahasaan, berikut ini adalah penjelasannya.

 

1. Menggunakan Konjungsi

Kaidah yang pertama adalah menggunakan konjungsi, konjungsi atau kata hubung sering digunakan dalam teks ekposisi untuk memperkuat sebuah argumentasi pada teks ekposisi.

 

2. Menggunakan Kata Leksikal

Kaidah yang kedua adalah Kata Leksikal, menggunakan kata leksikal tertentu yang mengacu pada kamus, atau kata yang mengacu pada sebuah benda, baik itu abstrak atau pun nyata.

Dimana pada kalimat berkedudukan sebagai subjek, serta dilihat dari bentuk dan maknanyaada yang berbentuk sebuah nomina dasar atau pun nomina turunan. Contoh dari nomina dasar seperti: gambar, rumah, meja, pisau, dan lain sebagainya.

 

3. Menggunakan Pronomina

Kaidah yang ketiga adalah menggunakan Pronomina, maksudnya adalah jenis kata yang menggantikan frasanomina atau pun nomina.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai struktur teks ekposisi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita dalam bab teks ekposisi, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight