Dimas Bimantoro Anak TKJ, yang hobi dan suka dengan teknologi. Berharap banyak berkontribusi untuk banyak umat dan bermanfaat apa yang di saya lakukan.

Sumber Daya Alam: Pengertian, Contoh, Jenis-Jenis, dan Manfaat

10 min read

pengertian sumber daya alam

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan manusia akan semakin mengalami peningkatan dan menuntut kita untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan baik dan benar. Sumber daya alam serta pemanfaatannya sangat penting untuk diperhatikan ketika penggunaan seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, dan juga SDA non hayati seperti minyak, logam dan juga gas alam.

Dikarenakan Sumber Daya alam sangatlah langka dan terbatas sehingga dalam pemanfaatannya memerlukan beberapa pertimbangan.

 

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam ialah semua bahan yang terdapat atau dapat ditemukan oleh manusia pada alam, dan dapat berguna untuk kelangsungan hidupnya. Untuk manusia sendiri, sumber daya alam sangatlah penting entah itu berupa hidup (hayati) atau juga benda mati (non-hayati). Dari dua jenis sumber daya alam tersebut perlu dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia.

Sebenarnya manusia ialah sumber daya bagi suatu Negara dikarenakan manusia dapat memberikan sesuatu manfaat untuk negaranya , itulah yang di sebut dengan sumber daya manusia atau SDM. Karena setiap manusia dapat memajukan ilmu pengetahuan bahkan teknologi sehingga dapat meningkatkan perekonomian Negara.

Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Alam.

 

Jenis Jenis Sumber Daya Alam

SDA (Sumber Daya Alam) dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berada di lingkungan alam dan manusia dapat memanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada beberapa jenis sumber daya alam yang perlu kalian ketahui berikut ini.

 

 

Sifat Sumber Daya Alam

Berdasarkan dari sifatnya ada jenis-jenis sumber daya alam yang dibagi menjadi 2, yaitu :

 

1. Sumber Daya Alam yang dapat di perbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui ialah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis contohnya seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, siar matahari, udara, air dan juga mikroorganisme lainnya.

 

2. Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang satu ini kebalikan dari yang dapat diperbaharui, sumber daya yang satu ini mempunyai jumlah yang terbatas. Dikarenakan proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga digunakan terus menerus maka akan habis, contohnya ialah bahan-bahan galian atau barang tambang.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya, Berdasarkan Jenis Sumber Daya Alam Terbagi menjadi 2 yaitu:

 

Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber Daya Alam yang berasal dari makhluk hidup ialah hewan dan juga tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam Hayati juga dibedakan menjadi 2 yaitu:

  • Sumber daya alam yang berasal dari hewan atau binatang seperti telur, daging, ikan dan juga lain sebagainya.
  • Sumber daya alam nabati ialah sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan ia adalah produsen atau urutan pertama dari penyusun rantai makanan.

 

Sumber Daya Alam Non Hayati (abiotik)

Sumber daya alam yang satu ini berasal dari benda-benda mati, contohnya ialah seperti tanah, sinar matahari, air, udara, dan juga hasil tambang.

Sumber Daya Alam berdasarkan pembentukannya, Berdasarkan pembentukannya. Sumber daya alam dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

 

1. Sumber daya alam Materi

Sumber daya alam yang satu ini ialah benda mati yang dapat ditemukan secara langsung dari alam, dan dapat melewati beberapa proses contohnya seperti penambangan dan juga pengelolaan. Sehingga dapat bermanfaat untuk kelangsungan hidup dari manusia.

2. Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya alam yang satu ini dapat menghasilkan energi dan dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup manusia. Contoh dari SDA ini ialah batu bara, minyak gas, udara, air dan juga sinar matahari.

 

3. Sumber Daya Alam Ruang

Sumber Daya Alam Ruang yang satu ini berupa wilayah,ruang atau tempat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai kelangsungan hidupnya. SDA yang satu ini dipengaruhi oleh beberapa hal contohnya seperti letak topografi, astronomis,atau juga reliefnya. Contohnya ialah gunung atau lembah.

 

4. Sumber Daya Alam Waktu

Sumber daya alam yang satu ini keberadaannya tergantung dari waktu dan juga musim. Salah satu contohnya ialah air yang ketika musim kemarau sangat sulit untuk dijumpai, akan tetapi ketika musim penghujan air sangat melimpah.

 

Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomisnya

Berdasarkan Daya Pakai dan juga Nilai Ekonomisnya, sumber daya terbagi menjadi 4 macam. Berikut adalah penjelasan tentang Daya Pakai dan juga Nilai Ekonomisnya :

  • Sumber Daya alam Ekonomis contohnya seperti Emas ,perak, minyak bumi, batu bara, dan juga timah.
  • Sumber daya alam non-ekonomis, contohnya ialah seperti sinar matahari , udara dan juga air.

 

Berdasarkan Lokasinya. Sumber daya alam berdasarkan Lokasinya di bedakan menjadi 2 macam yaitu :

  • Sumber daya alam akuatik yaitu sumber daya alam yang hanya dapat dijumpai di daerah perairan. Contohnya ialah seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, kepiting, udang dan masih banyak yang lainnya.
  • Sumber daya Alam terrestrial yaitu sumber daya alam yang hanya dapat dijumpai pada daerah atau wilayah daratan. Contohnya seperti hasil dari hutan atau bahan-bahan tambang dan masih banyak lagi.

 

 

Contoh Sumber daya Alam

Negara kita yaitu Negara Indonesia adalah Negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Baik itu sumber daya alam hayati atau juga non-hayati. Kekayaan alam Negara Indonesia bisa didapatkan di permukaan bumi, didalam perut bumi , di udara atau juga di laut. Atas ketersediaan tersebut sumber daya alam dibagi menjadi dua kelompok yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

 

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui ialah semua kekayaan alam yang tidak akan pernah habis. Contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui ialah seperti hewan, tumbuhan air dan juga udara. Berikut adalah pemanfaatan dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui yaitu:

 

1. Bahan Pangan

Bahan pangan ialah bahan makanan yang berguna atau bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan makanan bagi manusia. Ada beberapa contoh SDA yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, yaitu:

  • Gandum, gandum berguna untuk bahan dasar dari terigu
  • Kedelai, kedelai dapat dipergunakan untuk membuat tahu, kecap atau juga tempe.

2. Bahan Sandang

Bahan sandang ialah bahan untuk membuat pakaian, Contohnya adalah beberapa SDA yang dapat digunakan untuk bahan sandang, yaitu:

  • Serat Rambut Domba, Serat rambut domba dapat digunakan untuk membuat kain wol
  • Serat Kapas, Serat kapas dapat digunakan untuk membuat kain katun.
  • Serat kepompong ulat sutra, Serat kepompong ulat sutra dapat digunakan untuk membuat kain sutra.

 

3. Peralatan Rumah Tangga

Berikut ini adalah beberapa Sumber daya alam yang biasa dipergunakan untuk peralatan rumah tangga, diantaranya yaitu:

  • Kayu Jati dan Rotan, Sumber daya alam yang satu ini dapat dipergunakan untuk membuat tempat tidur , lemari, kursi, meja dan lain sebagainya.
  • Kayu Sengon, Sumber daya alam yang satu ini dapat dipergunakan untuk membuat berbagai perabotan rumah tangga.

 

4. Obat Tradisional dan Produk perabotan Rumah Tangga

  • Lidah buaya, Lidah buaya yang berguna untuk membuat sampo
  • Rumput laut, Rumput laut berguna sebagai bahan kosmetik
  • Mengkudu, mengkudu berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

 

5. Bahan Bangunan

  • Tanah Liat, Sumber daya alam yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk membuat batu bata atau juga genteng.
  • Pasir, Sumber daya yang satu ini berguna untuk bangunan rumah atau juga batako.

 

6. Peralatan Olahraga

  • Rotan, Sumber daya yang satu ini berguna untuk membuat Holahop dan juga Bola untuk sepak takraw.
  • Bulu Ansa, Sumber daya ini dapat dipergunakan untuk membuat shuttlecock badminton.

 

Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ialah seluruh yang terdapat di alam apabila ketika sudah habis sangat sulit ditemukan kembali. Sebenarnya dapat dijumpai kembali, akan tetapi memerlukan proses serta waktu yang sangat lama.

Contoh dari SDA yang tidak dapat diperbaharui ialah seperti minyak bumi, Gas alam, batu bara, barang tambang mineral dan juga barang tambang non mineral. Ada beberapa contoh pemanfaatan SDA yang tidak dapat diperbaharui, yaitu :

 

1. Minyak Bumi, Batu Bara, Gas Alam yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar

2. Barang Tambang Logam. Contohnya seperti:

  • Perunggu, yang dipergunakan untuk membuat sebuah patung
  • Emas dan juga perak yang dipergunakan untuk membuat perhiasan
  • Besi, yang dipergunakan untuk pembuatan tiang bangunan atau pagar rumah.
  • Aluminium, barang tambang yang satu ini dipergunakan untuk peralatan rumah tangga (dapur) dan juga badan pesawat terbang
  • Nikel, yang dipergunakan untuk membuat bahan campuran logam
  • Tembaga, yang dipergunakan untuk membuat kawat atau bahan kabel

 

3. Barang Tambang Non-Logam, Contohnya seperti:

  • Aspal, yang dipergunakan sebagai pengeras jalan
  • Asbes, yang biasanya dipergunakan sebagai atap rumah.
  • Belerang, yang biasanya dipergunakan untuk bahan obat-obatan
  • Grafit dan karbon yang dipergunakan untuk membuat pencil.
  • Gipsun yang dipergunakan sebagai bahan cat tembok.
  • Intan yang dipergunakan sebagai perhiasan.

 

Sumber Daya Alam yang terdapat di Indonesia

Negara Indonesia memiliki beragam kekayaan alam, baik itu sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Berikut adalah beberapa kekayaan alam yang terdapat di Indonesia:

 

a. Tambang Emas Dengan Kualitas Terbaik

Siapa yang mengira jika Indonesia ialah Negara yang memiliki wilayah dengan kandungan emas yang memiliki kualitas terbaik didunia. Seperti yang kalian ketahui jika emas ialah logam mulia yang sangat disukai oleh semua orang dari berbagai kalangan. Pasti kalian mengetahui apa tambang emas mana yang sedang dibicarakan. Ya benar yaitu Freeport, yang berada pada papua,yaitu tambang terbesar dan mempunyai kualitas terbaik didunia.

 

b. Tambang Batu Bara

Bukan hanya Tambang emas, Di Negara Indonesia juga terdapat tambang batu bara yang terletak pada pulau Kalimantan dan juga Sumatra. Tambang yang satu ini tidak dikelola oleh perusahaan asing, akan tetapi telah dikelola oleh perusahaan dalam negeri.

Perusahaan negeri yang mengelola tambang batu bara ini ialah PT. Bukit Asam. Beberapa media internasional menyatakan jika Indonesia menyandang sebagai penghasil tambang batu bara yang terbesar.

 

c. Cadangan Gas Alam

Kekayaan alam yang selanjutnya ialah Negara Indonesia memiliki gas alam. Memang Negara Indonesia bagaikan surga karena semua yang dibutuhkan terdapat pada Negara ini. Indonesia memiliki Gas alam yang paling besar di Blok Natuna dan Juga Blok Cepu.sumber daya Gas Alam yang satu ini memang keberadaannya sangat penting.

 

d. Hutan Hujan Tropis yang Terbentang Luas

Selain Indonesia memiliki Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui, Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Contohnya adalah seperti Hutan Hujan tropis yang satu ini. Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang sangat hijau dan juga lebat.

Seperti halnya yang telah diketahui jika fungsi dari  hutan memang berperan penting untuk paru-paru dunia, sehingga ketika ada hutan maka ini sangat baik untuk kawasan Indonesia dan juga keseimbangan alam dunia.

 

e. Kekayaan Bawah Laut

Negara Indonesia juga memiliki letak geografis yang berada di antara 2 samudera. Sehingga tidak heran jika Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat luas. Wilayah laut yang dimiliki oleh Negara Indonesia merupakan keajaiban dikarenakan menyimpan hasil laut yang sangat melimpah.

Bukan hanya jenis ikan dan binatang laut saja yang tersedia di lautan Indonesia, melainkan laut Indonesia juga menghasilkan berbagai hasil laut non binatang yang dapat meningkatkan nilai ekonomis.

 

f. Hasil Tanaman

Negara Indonesia juga memiliki tanah yang terbilang subur. Sehingga tidak heran jika hasil tanaman Indonesia juga sangat melimpah. Bahkan hasil tanaman dari Indonesia inilah yang membuat banyak Negara mengincar Indonesia untuk dijajah dikarenakan menginginkan hasil tanaman dari Negara Indonesia ini. Tanaman ini adalah hasil dari perkebunan,pertanian atau juga hasil dari hutan.

Ada beberapa tanaman yang dihasilkan pada tanah Indonesia yaitu tembakau, karet, kelapa sawit, kopi atau rempah-rempah dan juga masih banyak lainnya.

 

g. Fauna Langka

Negara Indonesia Juga memiliki kekayaan alam berupa fauna / binatang. Bahkan Indonesia juga memiliki binatang khas yang hanya terdapat di Indonesia saja. Contoh binatang yang hanya terdapat di Indonesia ialah Hewan Komodo dan Anoa. Binatang Komodo hamper sama dengan kadal akan tetapi dia memiliki badan yang besar dan hanya hidup di pulau Komodo, Flores.

Dan Bintang Anoa hamper sama seperti sapi tetapi dia hidup dihutan dan hanya terdapat di pulau Sulawesi. Bukan hanya kedua binatang tersebut, melainkan masih banyak lagi binatang yang dimiliki oleh Indonesia ini.

 

 

Sumber Daya Alam Hayati

Menurut bahasa Hayati adalah makhluk hidup. Karena itu sumber daya alam hayati ialah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup.Sumber daya alam hayati juga disebut sebagai sumber daya alam biotik. Jika berdasarkan keterbaruannya, sumber daya alam hayati tergolong dalam jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Berikut adalah contoh sumber daya alam yang sering dimanfaatkan manusia untuk kehidupan sehari-hari, Sumber daya alam yang satu ini dapat ditemukan dilingkungan sekitar,seperti :

 

1. Sumber Daya Hewan

Sumber daya hewan berasal dari hewan. Hewan dapat menghasilkan berbagai macam produk yang dapat dimanfaatkan sebagian besar manusia untuk menunjang kehidupannya. Produk-produk yang dihasilkan antara lain ialah: Daging, susu, Madu, telur serta kotoran hewan yang dapat dipergunakan untuk membuat pupuk.

 

2. Sumber Daya Tumbuhan

Tumbuhan juga termasuk sumber daya alam hayati, dikarenakan tumbuhan juga termasuk makhluk hidup. Tumbuhan dapat menghasilkan beragam produk yang manusia dapat dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan hidup. Produk-produk yang berasal dari tanaman contohnya ialah : Sayuran, Buah-Buahan, Umbi, Biji-Bijian dan juga kayu.

 

 

Manfaat Sumber Daya Alam

Pemanfaatan sebuah sumber daya alam dapat dinilai berdasarkan kegunaan sumber daya untuk manusia itu sendiri. Oleh karena itu semakin bermanfaatnya sebuah sumber daya alam maka sumber daya tersebut juga akan semakin bernilai. Contohnya seperti lahan pertanian yang subur dan dapat dijadikan daerah pertanian yang sangat potensial.

Suatu Negara yang memiliki sumber daya yang melimpah akan dipastikan menjadi suatu Negara yang maju ketika mengelola dan memanfaatkan sumber dayanya dengan maksimal. Secara alamiah, kebanyakan manusia memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada pada lingkungannya.

Dengan berbagai bentuk aktivitas dalam memanfaatkan sumber daya alam ini terbagi menjadi enam aktivitas yang sangat menguntungkan, contohnya seperti

  • Pertanian
  • Perkebunan
  • Perikanan
  • Pertambangan
  • Peternakan
  • Kehutanan

 

Nah itulah tadi informasi mengenai Sumber daya Alam semoga bermanfaat untuk kalian semua dan menambah ilmu serta wawasan yang berguna. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian karena berbagi ilmu dan informasi adalah hal yang baik agar dapat dimanfaatkan dengan hal-hal baik juga.

Dimas Bimantoro Anak TKJ, yang hobi dan suka dengan teknologi. Berharap banyak berkontribusi untuk banyak umat dan bermanfaat apa yang di saya lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight