√ Sumber Daya Alam: Pengertian, Jenis, Contoh & Manfaat (Lengkap)

Sumber Daya Alam: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaat

Sumber Daya Alam: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaat
Oleh : Hanif Pramono

Pengertian Sumber Daya Alam – Kita hidup di bumi ini tanpa kita sadari kita membutuhkan sumber daya alam. Sumber daya alam yang dibutuhkan tersebut antara lain adalah tumbuh – tumbuhan dan hewan. Serta ada juga manusia yang memanfaatkan sumber daya non hayati seperti gas alam, minyak, dan logam. Walaupun dihasilkan oleh ala, namun sumber daya alam tetap langka dan sangat terbatas sehingga disini peran manusia sangat diperlukan dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Nah khusus pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang pengertian sumber daya alam, jenis sumber daya alam, dan contoh dari sumber daya alam yang wajib kamu ketahui. Berikut adalah penjelasannya simak baik – baik ya.

 

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam atau biasa disingkat dengan SDA memiliki penjelasan yaitu. pengertian sumber daya alam adalah segala bahan atau segala hal yang bis ditemukan oleh manusia dari alam, selain itu bisa dimanfaatkan juga berlangsungnya kehidupan. Sumber daya alam sangatlah penting bagi manusia. Sumber daya alam terbagi ke dalam dua kelompok yaitu sumber daya non – hayati ( benda mati ) dan sumber daya hayati ( benda hidup ).

Kedua jenis sumber daya alam tadi, dimanfaatkan oleh manusia untuk bertahan hidup dan untuk memenuhi kebutuhannya. Namun sadarkah kalian sebenarnya manusia juga merupakan sumber daya ya atau biasa disebut dengan SDM singkatan dari Sumber Daya Manusia. Manusia merupakan sumber daya bagi suatu Negara dimana ia tinggal. Hal ini dikarenakan sejatinya manusia mampu memberi manfaat untuk negaranya tersebut.

Contoh manfaatnya adalah bisa untuk memajukan ilmu pengetahuan di negaranya, bisa untuk meningkatkan perekonomian Negara, dan yang terakhir adalah bisa untuk menjadi tenaga kerja di negaranya.

 

Jenis Jenis Dari Sumber Daya Alam

Seperti yang sudah dijelaskan tadi sumber daya alam merupakan segala hal yang berasal dari alam, dan sudah dibagi ke dalam beberapa jenis. Jenisnya antara lain adalah sebagai berikut :

1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Sumber daya alam berdasarkan jenisnya dibagi ke dalam dua jenis yaitu Non – hayati dan sumber daya hayati. Berikut penjelasannya satu persatu.

  • Sumber Daya Alam Non – Hayati (Abiotik)

Sumber daya ini dihasilkan oleh benda – benda mati. Contohnya adalah hasil tambang, tanah, udara, air, dan yang terakhir adalah sinar matahari.

  • Sumber Daya Alam Hayati ( Biotik )

Jika tadi non – hayati berasal dari benda mati, maka sumber daya hayati adalah sumber daya yang berasal dari makhluk hidup contohnya adalah tumbuh – tumbuhan dan juga hewan.

Sumber daya hayati dibedakan lagi ke dalam dua jenis yaitu nabati dan hewani. Berikut adalah penjelasannya.

  • Sumber Daya Nabati

Sumber daya nabati adalah sumber daya yang berasal dari tumbuh – tumbuhan dan sumber daya ini masuk ke dalam produsen dari siklus rantai makanan ( penyusun utama ).

  • Sumber Daya Hewani

Sumber daya ini dihasilkan oleh hewan – hewan. Contoh dari sumber dayanya adalah ikan, telur, daging, dan masih banyak lagi lainnya.

 

2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Nilai Ekonomis

Jika sumber daya alam dibagi ke dalam daya pakai dan nilai ekonomis maka sumber daya alam bisa dibagi ke dalam dua macam, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sumber Daya Alam Non-Ekonomis

Sumber daya ini contohnya adalah air, sinar matahari, dan udara.

  • Sumber Daya Alam Ekonomis

Sumber daya ini contohnya adalah batu bara, perak, minyak bumi, timah, dan juga emas.

 

3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Sumber daya alam dibagi berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua jenis yaitu yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbaharui, penjelasannya adalah berikut ini.

  • Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Alasan mengapa disebut sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah karena dalam proses pembetukannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan jika digunakan secara terus menerus akan cepat habis. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah barang tambang atau bisa juga bahan galian.

  • Sumber Daya Alam Dapat Diperbaharui

Berbeda dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sumber daya alam ini dapat diperbaharui dan keunggulannya adalah jika digunakan secara terus menerus tidak akan habis. Contohnya adalah sinar matahari, tumbuh – tumbuhan, hewan, air, mikroorganisme, dan udara.

 

4. Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Sumber daya alam bisa dibagi juga berdasarkan lokasinya. Jika dikelompokan berdasarkan lokasinya sumber daya alam di kelompokan menjadi dua jenis antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sumber Daya Alam Terrestrial

Sumber daya ini memiliki pengertian sebagai sumber daya alam yang hanya bisa ditemukan di wilayah atau di daerah ( daratan ). Contohnya adalah bahan tambang, hutan, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Sumber Daya Alam Akuatik

Sumber daya alam ini bisa ditemukan hanya di daerah perairan saja. Contohnya adalah udang, ikan, terumbu karang, rumput laut dan masih banyak lagi lainnya.

 

5. Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembetukannya

Sumber daya alam berdasarkan dari pembetukannya dibagi ke dalam empat macam. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya jenis ini berarti dapat menghasilkan energi yang mana bisa dimanfaatkan sebagai penunjang kehidupan manusia. Contohnya adalah air, sinar matahari, gas bumi, udara, batu bara, dan minyak bumi.

  • Sumber Daya Alam Waktu

Sumber daya jenis ini berarti tergolong sumber daya yang keberadaannya sangat bergantung dengan musim. Contohnya adalah jika kita sedang mengalami musim hujan pasti air terasa mudah dan jika masuk ke musim kemarau pasti air akan susah.

  • Sumber Daya Alam Materi

Sumber daya jenis ini bentuknya adalah berupa benda mati dan untuk mendapatkannya bisa di dapatkan langsung dari alam dan bisa juga dengan melalui proses seperti pengolahan atau penambangan. Sumber daya ini sangat bermanfaat dan berguna untuk kelangsungan hidup dari manusia itu sendiri.

  • Sumber Daya Alam Ruang

Sumber daya alam jenis ini adalah berupa wilayah, tempat, atau bisa juga dengan ruang yang semua itu dimanfaatkan untuk melangsungkan hidup manusia. Sumber daya jenis ini dipengaruhi oleh topografi, relief, dan juga letak astronomisnya. Contohnya adalah seperti lembah dan juga gunung.

 

Contoh Sumber Daya Alam

Negara Indonesia masuk ke dalam Negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah. Hal ini terbukti dengan banyaknya potensi alam yang ada di Indonesia. baik yang berasal dari udara, laut, perut bumi, maupun dari permukaan bumi.

Nah sumber daya yang akan dicontohkan dibawah adalah sumber daya alam yang dikelompokan berdasarkan ketersediaannya yaitu sumber daya yang tidak dapat diperbaharui dan yang bisa di perbaharui. Berikut adalah penjelasannya.

 

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang sudah tersedia di alam dan apabila habis pasti akan sulit untuk dikembalikan. Mungkin bisa saja sumber daya itu dapat kembali namun pasti membutuhkan waktu yang sangat lama. Contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah gas alam, barang tambang mineral, batu bara, minyak bumi, dan yang terakhir adalah barang tambang non mineral. Berikut akan saya contohkan berbagai pemanfaatan dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui:

  • Barang tambang logam, contohnya adalah:
  • Besi digunakan untuk membuat tiang bangunan
  • Perunggu digunakan untuk pembuatan patung – patung
  • Emas dan juga perak digunakan untuk membuat perhiasan
  • Nikel bisa digunakan sebagai bahan campuran untuk logam
  • Aluminium bisa digunakan untuk membuat badan pesawat terbang dan peralatan dapur
  • Tembaga bisa untuk bahan kabel dan bahan kawat
  • Bahan Tambang Non Logam, contohnya adalah:
  • Belerang bisa untuk bahan dalam membuat obat – obatan
  • Gipsum bisa digunakan untuk membuat cat tembok
  • Aspal bisa digunakan sebagai pengeras jalan
  • Asbes bisa untuk sebagai atap rumah
  • Intan bisa digunakan sebagai hiasan di perhiasan
  • Karbon dan juga grafit bisa digunakan dalam pembuatan pensi
  • Batu bara, minyak bumi, dan yang terakhir adalah gas alam bisa digunakan sebagai bahan bakar.

 

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Setelah kita membahas tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, selanjutnya adalah kita membahas sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya yang dapat diperbaharui adalah sumber daya yang tidak akan habis walau sering dipakai, contohnya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Peralatan Rumah Tangga

Berikut adalah contoh sumber daya yang biasa digunakan dalam pembuatan alat rumah tangga.

  • Kayu sengon biasa digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga
  • Rotan dan kayu jati yang bisa digunakan untuk pembuatan kursi, tempat tidur, meja, dan lemari

 

2. Bahan Pangan

Beberapa sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai bahan pangan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Gandum yang biasanya dapat digunakan untuk membuat terigu
  • Kedela yang bisa digunakan untuk pembuatan kecap, tahu, dan tempe

 

3. Bahan Bangunan

Antara lain adalah:

  • Adanya pasir yang bisa digunakan untuk batako dan pembuatan rumah
  • Adanya tanah liat untuk pembuatan genting dan juga batu bata

 

4. Bahan Sandang

Bahan sandang akan identik dengan pembuatan untuk pakaian, antara lain bahannya adalah sebagai berikut:

  • Serat rambut domba yang bisa digunakan dalam membuat kain wol
  • Serat kapas yang bisa digunakan untuk pembuatan kain katun
  • Serat kepompong yang berasal dari ulat sutra dan bisa untuk pembuatan kain sutra

 

5. Obat Tradisional Beserta Perawatan Tubuh

  • Rumput laut bisa digunakan untuk bahan kosmetik
  • Mengkudu bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi
  • Lidah buaya bisa digunakan untuk pembuatan sampo

6. Peralatan Olah Raga

  • Rotan sering digunakan untuk pembuatan bola sepak takraw maupun untuk holahop
  • Bulu angsa bisa digunakan untuk pembuatan sutlecook

Sumber Daya Alam Yang Ada di Indonesia

Sudah sering kita bahas diatas bahwa Negara Indonesia kaya akan sumber daya alamnya yang kaya. Berikut saya akan menjelaskan satu persatu kekayaan tersebut.

Tambang Batu Bara

Tambang batu bara akan lebih identik dengan pulau sumatera dan pulai Kalimantan. Banyak media internasional yang memberitakan hal ini dan mereka menyandang Indonesia sebagai penghasil batu bara yang tergolong besar. Tambang batu bara sendiri sudah dikelola oleh PT dari dalam negeri. PT tersebut bernama PT Bukit Asam.

 

Hutan Hujan Tropis Yang Luas

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui selanjutnya adalah hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis yang dimiliki oleh Indonesia tergolong luas dan juga hijau lebat. Fungsi hutan adalah untuk paru – paru dunia. Sehingga dengan adanya hutan hujan tropis ini Indonesia menjadi pemicu keseimbangan alam yang ada di dunia. Selain itu adanya hutan tersebut juga menyebabkan dampak yang positif bagi kawasan di Indonesia.

 

Tambang Emas dengan Kualitas Terbaik

Siapa yang tidak tahu emas ? saya yakin kalian semua pasti mengetahui emas. Emas merupakan logam mulia yang sangat dikagumi oleh semua orang. Dan jika membahas mengenai tambang emas pasti kalian sudah tahu tambang mana yang dimaksud. Tambang emas tersebut adalah Freeport. Freeport merupakan tambang emas yang memiliki kualitas terbaik yang ada di dunia yang letaknya di papua.

 

Fauna Yang Langka

Terdapat banyak fauna yang langka di Indonesia. fauna atau binatang tersebut memang berasal dari Indonesia dan tidak berada di Negara lain. Contoh fauna langka adalah anoa yang bentuknya seperti sapi dan hanya ada di pulau Sulawesi. Selanjutnya adalah hewan komodo, hewan ini berbentuk seperti kadal raksasa dan hanya berada di pulau komodo yang ada di flores. Kedua binatang tersebut merupakan contoh kecil fauna langka yang ada di Indonesia sebenarnya masih banyak lagi fauna langka lainnya.

 

Cadangan Gas Alam

Jika kita membahas tentang kualitas gas alam terbaik dan terbesar jawabannya adalah di Indonesia. gas alam merupakan salah satu sumber daya alam yang penting. Blok natuna dan blok cepu merupakan gas alam yang paling besar yang dimiliki oleh Negara indonesia.

 

Hasil Tanaman

Hasil tanaman yang dihasilkan oleh Indonesia sangat berlimpah. Sehingga hal ini yang menyebabkan banyak Negara asing yang mengincar Negara Indonesia. untuk contoh saja dahulu Negara Indonesia dijajah untuk diambil rempah – rempahnya. Hal ini tidak lain karena Indonesia memiliki tanah yang sangat subur. Tanaman yang penting yang dimaksud adalah hasil hutan, hasil perkebunan, dan juga hasil pertanian. Beberapa hasil tanamannya adalah rempah – rempah, kelapa sawit, karet, kopi , tembakau, dan yang terakhir adalah padi.

 

Kekayaan Laut Yang Melimpah

Letak geografis Indonesia adalah terletak diantara dua samudera yang mana hal ini lah yang menjadi penyebab bahwa wilayah laut yang dimiliki begitu luas. Wilayah laut di Indonesia sangat ajaib hal ini dikarenakan hasil lautnya sangat banyak dan melimpah. Tidak hanya ikan dan binatang laut saja yang dihasilkan, tetapi non binatang juga sangat melimpah di laut Indonesia sehingga hal ini bisa meningkatkan nilai ekonomis.

 

 

Sumber Daya Alam Hayati

Hayati menurut bahasa memiliki pengertian yang berarti makhluk hidup. Sedangkan menurut bahasa asing berarti biotik. Sehingga bisa disimpulkan bahwa sumber daya alam hayati berarti sumber daya yang berasal dari makhluk hidup dan masuk ke dalam sumber daya yang dapat diperbaharui.

Nah berikutnya saya akan menjelaskan mengenai sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan oleh manusia selama setiap harinya, dan tanpa sadar sumber daya ini sudah banyak terletak di lingkungan sekitar kita antara lain adalah sebagai berikut :

 

Sumber Daya Tumbuhan

Sumber daya ini memiliki arti sebagai sumber daya alam hayati. Sumber daya ini berisi tumbuhan dan tumbuhan sendiri merupakan makhluk hidup. Tumbuhan bisa menghasilkan berbagai macam produk yang tentunya nantinya akan bisa untuk menunjang kebutuhan hidup manusia. Produk yang bisa dihasilkan okeh tumbuhan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kayu
  • Sayuran
  • Biji
  • Umbi
  • Buah
  • Bunga
  • Dll.

 

Sumber Daya Hewan

Sama halnya seperti sumber daya tumbuhan, sumber daya hewan juga bisa menghasilkan produk yang gunanya untuk bisa dimanfaatkan manusia dalam melangsungkan kehidupannya. Contoh produk yang dihasilkan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kotoran yang bisa dijadikan pupuk tanaman
  • Daging
  • Telur
  • Bulu
  • Susu
  • Kulit
  • Madu
  • Dll.

 

Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Pemanfaat sumber daya alam dinilai dari kegunaannya. Jika suatu sumber daya alam semakin bemanfaat maka akan lebih bernilai juga sumber daya alam tersebut. Contohnya adalah jika ada suatu lahan pertanian yang kualitasnya subur maka daerah tersebut akan lebih bernilai potensial.

Jika di suatu Negara tersebut ada sumber daya alam yang melimpah dan Negara tersebut bisa memanfaatkannya maka Negara itu akan dikatakan sebagai Negara yang maju. Pemanfaatan sumber daya alam yang maksimal akan berdampak baik bagi Negara itu.

Kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam disebut sebagai kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam dan dibagi ke dalam enam jenis aktivitas. Antara lain yaitu :

  • Perikanan
  • Peternakan
  • Pertanian
  • Kehutanan
  • Pertambangan
  • perkebunan

 

Demikian artikel mengenai Sumber Daya Alam: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaat yang sudah saya berikan secara lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Hal penting yang dapat diambil adalah terus jagalah kekayaan sumber daya alam yang kita miliki sebelum habis.



Kalender Tahun 2020 Lengkap: Tanggalan Jawa dan Islam

Kalender Tahun 2020 Lengkap: Tanggalan Jawa dan Islam
Oleh : Hanif Pramono

Pengertian Sumber Daya Alam – Kita hidup di bumi ini tanpa kita sadari kita membutuhkan sumber daya alam. Sumber daya alam yang dibutuhkan tersebut antara lain adalah tumbuh – tumbuhan dan hewan. Serta ada juga manusia yang memanfaatkan sumber daya non hayati seperti gas alam, minyak, dan logam. Walaupun dihasilkan oleh ala, namun sumber daya alam tetap langka dan sangat terbatas sehingga disini peran manusia sangat diperlukan dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Nah khusus pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang pengertian sumber daya alam, jenis sumber daya alam, dan contoh dari sumber daya alam yang wajib kamu ketahui. Berikut adalah penjelasannya simak baik – baik ya.

 

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam atau biasa disingkat dengan SDA memiliki penjelasan yaitu. pengertian sumber daya alam adalah segala bahan atau segala hal yang bis ditemukan oleh manusia dari alam, selain itu bisa dimanfaatkan juga berlangsungnya kehidupan. Sumber daya alam sangatlah penting bagi manusia. Sumber daya alam terbagi ke dalam dua kelompok yaitu sumber daya non – hayati ( benda mati ) dan sumber daya hayati ( benda hidup ).

Kedua jenis sumber daya alam tadi, dimanfaatkan oleh manusia untuk bertahan hidup dan untuk memenuhi kebutuhannya. Namun sadarkah kalian sebenarnya manusia juga merupakan sumber daya ya atau biasa disebut dengan SDM singkatan dari Sumber Daya Manusia. Manusia merupakan sumber daya bagi suatu Negara dimana ia tinggal. Hal ini dikarenakan sejatinya manusia mampu memberi manfaat untuk negaranya tersebut.

Contoh manfaatnya adalah bisa untuk memajukan ilmu pengetahuan di negaranya, bisa untuk meningkatkan perekonomian Negara, dan yang terakhir adalah bisa untuk menjadi tenaga kerja di negaranya.

 

Jenis Jenis Dari Sumber Daya Alam

Seperti yang sudah dijelaskan tadi sumber daya alam merupakan segala hal yang berasal dari alam, dan sudah dibagi ke dalam beberapa jenis. Jenisnya antara lain adalah sebagai berikut :

1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Sumber daya alam berdasarkan jenisnya dibagi ke dalam dua jenis yaitu Non – hayati dan sumber daya hayati. Berikut penjelasannya satu persatu.

  • Sumber Daya Alam Non – Hayati (Abiotik)

Sumber daya ini dihasilkan oleh benda – benda mati. Contohnya adalah hasil tambang, tanah, udara, air, dan yang terakhir adalah sinar matahari.

  • Sumber Daya Alam Hayati ( Biotik )

Jika tadi non – hayati berasal dari benda mati, maka sumber daya hayati adalah sumber daya yang berasal dari makhluk hidup contohnya adalah tumbuh – tumbuhan dan juga hewan.

Sumber daya hayati dibedakan lagi ke dalam dua jenis yaitu nabati dan hewani. Berikut adalah penjelasannya.

  • Sumber Daya Nabati

Sumber daya nabati adalah sumber daya yang berasal dari tumbuh – tumbuhan dan sumber daya ini masuk ke dalam produsen dari siklus rantai makanan ( penyusun utama ).

  • Sumber Daya Hewani

Sumber daya ini dihasilkan oleh hewan – hewan. Contoh dari sumber dayanya adalah ikan, telur, daging, dan masih banyak lagi lainnya.

 

2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Nilai Ekonomis

Jika sumber daya alam dibagi ke dalam daya pakai dan nilai ekonomis maka sumber daya alam bisa dibagi ke dalam dua macam, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sumber Daya Alam Non-Ekonomis

Sumber daya ini contohnya adalah air, sinar matahari, dan udara.

  • Sumber Daya Alam Ekonomis

Sumber daya ini contohnya adalah batu bara, perak, minyak bumi, timah, dan juga emas.

 

3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Sumber daya alam dibagi berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua jenis yaitu yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbaharui, penjelasannya adalah berikut ini.

  • Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Alasan mengapa disebut sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah karena dalam proses pembetukannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan jika digunakan secara terus menerus akan cepat habis. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah barang tambang atau bisa juga bahan galian.

  • Sumber Daya Alam Dapat Diperbaharui

Berbeda dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sumber daya alam ini dapat diperbaharui dan keunggulannya adalah jika digunakan secara terus menerus tidak akan habis. Contohnya adalah sinar matahari, tumbuh – tumbuhan, hewan, air, mikroorganisme, dan udara.

 

4. Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Sumber daya alam bisa dibagi juga berdasarkan lokasinya. Jika dikelompokan berdasarkan lokasinya sumber daya alam di kelompokan menjadi dua jenis antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sumber Daya Alam Terrestrial

Sumber daya ini memiliki pengertian sebagai sumber daya alam yang hanya bisa ditemukan di wilayah atau di daerah ( daratan ). Contohnya adalah bahan tambang, hutan, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Sumber Daya Alam Akuatik

Sumber daya alam ini bisa ditemukan hanya di daerah perairan saja. Contohnya adalah udang, ikan, terumbu karang, rumput laut dan masih banyak lagi lainnya.

 

5. Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembetukannya

Sumber daya alam berdasarkan dari pembetukannya dibagi ke dalam empat macam. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya jenis ini berarti dapat menghasilkan energi yang mana bisa dimanfaatkan sebagai penunjang kehidupan manusia. Contohnya adalah air, sinar matahari, gas bumi, udara, batu bara, dan minyak bumi.

  • Sumber Daya Alam Waktu

Sumber daya jenis ini berarti tergolong sumber daya yang keberadaannya sangat bergantung dengan musim. Contohnya adalah jika kita sedang mengalami musim hujan pasti air terasa mudah dan jika masuk ke musim kemarau pasti air akan susah.

  • Sumber Daya Alam Materi

Sumber daya jenis ini bentuknya adalah berupa benda mati dan untuk mendapatkannya bisa di dapatkan langsung dari alam dan bisa juga dengan melalui proses seperti pengolahan atau penambangan. Sumber daya ini sangat bermanfaat dan berguna untuk kelangsungan hidup dari manusia itu sendiri.

  • Sumber Daya Alam Ruang

Sumber daya alam jenis ini adalah berupa wilayah, tempat, atau bisa juga dengan ruang yang semua itu dimanfaatkan untuk melangsungkan hidup manusia. Sumber daya jenis ini dipengaruhi oleh topografi, relief, dan juga letak astronomisnya. Contohnya adalah seperti lembah dan juga gunung.

 

Contoh Sumber Daya Alam

Negara Indonesia masuk ke dalam Negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah. Hal ini terbukti dengan banyaknya potensi alam yang ada di Indonesia. baik yang berasal dari udara, laut, perut bumi, maupun dari permukaan bumi.

Nah sumber daya yang akan dicontohkan dibawah adalah sumber daya alam yang dikelompokan berdasarkan ketersediaannya yaitu sumber daya yang tidak dapat diperbaharui dan yang bisa di perbaharui. Berikut adalah penjelasannya.

 

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang sudah tersedia di alam dan apabila habis pasti akan sulit untuk dikembalikan. Mungkin bisa saja sumber daya itu dapat kembali namun pasti membutuhkan waktu yang sangat lama. Contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah gas alam, barang tambang mineral, batu bara, minyak bumi, dan yang terakhir adalah barang tambang non mineral. Berikut akan saya contohkan berbagai pemanfaatan dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui:

  • Barang tambang logam, contohnya adalah:
  • Besi digunakan untuk membuat tiang bangunan
  • Perunggu digunakan untuk pembuatan patung – patung
  • Emas dan juga perak digunakan untuk membuat perhiasan
  • Nikel bisa digunakan sebagai bahan campuran untuk logam
  • Aluminium bisa digunakan untuk membuat badan pesawat terbang dan peralatan dapur
  • Tembaga bisa untuk bahan kabel dan bahan kawat
  • Bahan Tambang Non Logam, contohnya adalah:
  • Belerang bisa untuk bahan dalam membuat obat – obatan
  • Gipsum bisa digunakan untuk membuat cat tembok
  • Aspal bisa digunakan sebagai pengeras jalan
  • Asbes bisa untuk sebagai atap rumah
  • Intan bisa digunakan sebagai hiasan di perhiasan
  • Karbon dan juga grafit bisa digunakan dalam pembuatan pensi
  • Batu bara, minyak bumi, dan yang terakhir adalah gas alam bisa digunakan sebagai bahan bakar.

 

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Setelah kita membahas tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, selanjutnya adalah kita membahas sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya yang dapat diperbaharui adalah sumber daya yang tidak akan habis walau sering dipakai, contohnya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Peralatan Rumah Tangga

Berikut adalah contoh sumber daya yang biasa digunakan dalam pembuatan alat rumah tangga.

  • Kayu sengon biasa digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga
  • Rotan dan kayu jati yang bisa digunakan untuk pembuatan kursi, tempat tidur, meja, dan lemari

 

2. Bahan Pangan

Beberapa sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai bahan pangan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Gandum yang biasanya dapat digunakan untuk membuat terigu
  • Kedela yang bisa digunakan untuk pembuatan kecap, tahu, dan tempe

 

3. Bahan Bangunan

Antara lain adalah:

  • Adanya pasir yang bisa digunakan untuk batako dan pembuatan rumah
  • Adanya tanah liat untuk pembuatan genting dan juga batu bata

 

4. Bahan Sandang

Bahan sandang akan identik dengan pembuatan untuk pakaian, antara lain bahannya adalah sebagai berikut:

  • Serat rambut domba yang bisa digunakan dalam membuat kain wol
  • Serat kapas yang bisa digunakan untuk pembuatan kain katun
  • Serat kepompong yang berasal dari ulat sutra dan bisa untuk pembuatan kain sutra

 

5. Obat Tradisional Beserta Perawatan Tubuh

  • Rumput laut bisa digunakan untuk bahan kosmetik
  • Mengkudu bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi
  • Lidah buaya bisa digunakan untuk pembuatan sampo

6. Peralatan Olah Raga

  • Rotan sering digunakan untuk pembuatan bola sepak takraw maupun untuk holahop
  • Bulu angsa bisa digunakan untuk pembuatan sutlecook

Sumber Daya Alam Yang Ada di Indonesia

Sudah sering kita bahas diatas bahwa Negara Indonesia kaya akan sumber daya alamnya yang kaya. Berikut saya akan menjelaskan satu persatu kekayaan tersebut.

Tambang Batu Bara

Tambang batu bara akan lebih identik dengan pulau sumatera dan pulai Kalimantan. Banyak media internasional yang memberitakan hal ini dan mereka menyandang Indonesia sebagai penghasil batu bara yang tergolong besar. Tambang batu bara sendiri sudah dikelola oleh PT dari dalam negeri. PT tersebut bernama PT Bukit Asam.

 

Hutan Hujan Tropis Yang Luas

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui selanjutnya adalah hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis yang dimiliki oleh Indonesia tergolong luas dan juga hijau lebat. Fungsi hutan adalah untuk paru – paru dunia. Sehingga dengan adanya hutan hujan tropis ini Indonesia menjadi pemicu keseimbangan alam yang ada di dunia. Selain itu adanya hutan tersebut juga menyebabkan dampak yang positif bagi kawasan di Indonesia.

 

Tambang Emas dengan Kualitas Terbaik

Siapa yang tidak tahu emas ? saya yakin kalian semua pasti mengetahui emas. Emas merupakan logam mulia yang sangat dikagumi oleh semua orang. Dan jika membahas mengenai tambang emas pasti kalian sudah tahu tambang mana yang dimaksud. Tambang emas tersebut adalah Freeport. Freeport merupakan tambang emas yang memiliki kualitas terbaik yang ada di dunia yang letaknya di papua.

 

Fauna Yang Langka

Terdapat banyak fauna yang langka di Indonesia. fauna atau binatang tersebut memang berasal dari Indonesia dan tidak berada di Negara lain. Contoh fauna langka adalah anoa yang bentuknya seperti sapi dan hanya ada di pulau Sulawesi. Selanjutnya adalah hewan komodo, hewan ini berbentuk seperti kadal raksasa dan hanya berada di pulau komodo yang ada di flores. Kedua binatang tersebut merupakan contoh kecil fauna langka yang ada di Indonesia sebenarnya masih banyak lagi fauna langka lainnya.

 

Cadangan Gas Alam

Jika kita membahas tentang kualitas gas alam terbaik dan terbesar jawabannya adalah di Indonesia. gas alam merupakan salah satu sumber daya alam yang penting. Blok natuna dan blok cepu merupakan gas alam yang paling besar yang dimiliki oleh Negara indonesia.

 

Hasil Tanaman

Hasil tanaman yang dihasilkan oleh Indonesia sangat berlimpah. Sehingga hal ini yang menyebabkan banyak Negara asing yang mengincar Negara Indonesia. untuk contoh saja dahulu Negara Indonesia dijajah untuk diambil rempah – rempahnya. Hal ini tidak lain karena Indonesia memiliki tanah yang sangat subur. Tanaman yang penting yang dimaksud adalah hasil hutan, hasil perkebunan, dan juga hasil pertanian. Beberapa hasil tanamannya adalah rempah – rempah, kelapa sawit, karet, kopi , tembakau, dan yang terakhir adalah padi.

 

Kekayaan Laut Yang Melimpah

Letak geografis Indonesia adalah terletak diantara dua samudera yang mana hal ini lah yang menjadi penyebab bahwa wilayah laut yang dimiliki begitu luas. Wilayah laut di Indonesia sangat ajaib hal ini dikarenakan hasil lautnya sangat banyak dan melimpah. Tidak hanya ikan dan binatang laut saja yang dihasilkan, tetapi non binatang juga sangat melimpah di laut Indonesia sehingga hal ini bisa meningkatkan nilai ekonomis.

 

 

Sumber Daya Alam Hayati

Hayati menurut bahasa memiliki pengertian yang berarti makhluk hidup. Sedangkan menurut bahasa asing berarti biotik. Sehingga bisa disimpulkan bahwa sumber daya alam hayati berarti sumber daya yang berasal dari makhluk hidup dan masuk ke dalam sumber daya yang dapat diperbaharui.

Nah berikutnya saya akan menjelaskan mengenai sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan oleh manusia selama setiap harinya, dan tanpa sadar sumber daya ini sudah banyak terletak di lingkungan sekitar kita antara lain adalah sebagai berikut :

 

Sumber Daya Tumbuhan

Sumber daya ini memiliki arti sebagai sumber daya alam hayati. Sumber daya ini berisi tumbuhan dan tumbuhan sendiri merupakan makhluk hidup. Tumbuhan bisa menghasilkan berbagai macam produk yang tentunya nantinya akan bisa untuk menunjang kebutuhan hidup manusia. Produk yang bisa dihasilkan okeh tumbuhan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kayu
  • Sayuran
  • Biji
  • Umbi
  • Buah
  • Bunga
  • Dll.

 

Sumber Daya Hewan

Sama halnya seperti sumber daya tumbuhan, sumber daya hewan juga bisa menghasilkan produk yang gunanya untuk bisa dimanfaatkan manusia dalam melangsungkan kehidupannya. Contoh produk yang dihasilkan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kotoran yang bisa dijadikan pupuk tanaman
  • Daging
  • Telur
  • Bulu
  • Susu
  • Kulit
  • Madu
  • Dll.

 

Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Pemanfaat sumber daya alam dinilai dari kegunaannya. Jika suatu sumber daya alam semakin bemanfaat maka akan lebih bernilai juga sumber daya alam tersebut. Contohnya adalah jika ada suatu lahan pertanian yang kualitasnya subur maka daerah tersebut akan lebih bernilai potensial.

Jika di suatu Negara tersebut ada sumber daya alam yang melimpah dan Negara tersebut bisa memanfaatkannya maka Negara itu akan dikatakan sebagai Negara yang maju. Pemanfaatan sumber daya alam yang maksimal akan berdampak baik bagi Negara itu.

Kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam disebut sebagai kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam dan dibagi ke dalam enam jenis aktivitas. Antara lain yaitu :

  • Perikanan
  • Peternakan
  • Pertanian
  • Kehutanan
  • Pertambangan
  • perkebunan

 

Demikian artikel mengenai Sumber Daya Alam: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaat yang sudah saya berikan secara lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Hal penting yang dapat diambil adalah terus jagalah kekayaan sumber daya alam yang kita miliki sebelum habis.