Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

6+ Contoh Surat Pribadi: Untuk Sahabat, Guru, Kakak, Keluarga

6 min read

contoh surat pribadi

Contoh Surat Pribadi – Pada zaman saat ini bidang telekomunikasi dan informasi sudah berkembang sangat pesat dan semakin canggih dari waktu ke waktu.

Jika pada zaman dahulu orang mengirimkan kabar melalui sebuah surat pribadi, maka pada zaman ini mereka bisa dengan mudah memberikan kabar atau menjalin komunikasi melalui media elektronik seperti chatting dan video call.

Apa orang zaman sekarang masih menggunakan surat pribadi? mengirimkan sebuah surat pribadi kepada teman, keluarga atau sahabat memang sudah sangat jarang sekali dilakukan di era saat ini.

Penggunaan surat dianggap sangat kuno dan cukup merepotkan, bahkan saat ini bisa dikatakan jika surat hanya digunakan untuk kepentingan yang bersifat resmi seperti pada instansi pemerintah, perusahaan atau pun lembaga.

Nah, sebelum kita memberikan contoh surat pribadi, ada baiknya jika kita menerangkan terlebih dahulu pengertian dari surat pribadi, berikut ini adalah pengertian surat pribadi.

 

 

Pengertian Surat Pribadi

Surat merupakan sebuah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis dari satu pihak ke pihak lainnya. Sedangkan surat pribadi merupakan surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi saja, bersifat tidak resmi, dan tidak terpaku pada aturan penulisan yang baku.

 

 

Contoh Surat Pribadi

contoh surat pribadi

Mungkin sedikit kurang jelas jika kita belum melihat contoh surat pribadi secara langsung, berikut ini adalah contoh surat pribadi, antara lain.

Baca Juga: Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks.

 

1. Surat Pribadi Untuk Sahabat Masa Kecil

Banjarnegara, 20 November 2001

Untuk Sahabatku,
Olivia Okta
Di Banjarnegara

 

Assalamualaikum, Wr. Wb,

Hallo Ta, Bagaimana kabar kamu? Baik-baik saja kan? Aku harap kamu di Banjarnegara dalam keadaan yang sehat. Semoga kamu dan keluarga kamu juga selalu dalam kebahagiaan dan lindungan Allah SWT. Aamiin.

Ta, aku kangen banget sama kamu. Sudah berapa lama ya Ta kita tidak bertemu, kalau nggak salah semenjak kita SD dan kamu memutuskan untuk pindah ke Banjarnegara. Mungkin sudah sekitar tujuh tahun yang lalu ya Ta kita terakhir bertemu, dan sejak saat itu aki tidak pernah lagi mendengar kabar tentang kamu. Semoga kamu selalu ingat dengan ku ya Ta.

Aku ada kabar baik buat kamu Ta. Nanti kita main bareng lagi seperti jaman SD dulu, aku masih ingat sekali saat dimana kamu dan aku bermain masak-masak, walaupun rasanaya sedikit aneh, tapi kita masih tetap tertawa sambil memakan makanan hasil masakan itu. Tapi kalau sekarang ini aku sudah jago memasak loh Ta. Jadi, kalau kita bertemu nanti, aku sudah siap memasak segala jenis makanan. Dan pastinya sekarang ini rasanya tidak aneh lagi serta bisa dinikmati sedikit lahh.

Ta, sekian dulu ya kabar dari aku, sampaikan salamku sama orang tua kamu ya. Jaga kesehatan terus ya Tam jangan sampai sakit. Sampai bertemu di Banjarnegara ya Ta.

 

Sahabatmu,

 

Putri Ayu

 

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Karawang, 24 April 2018

Teruntuk Bapak Guruku ,

Assalamualaikum wr. wb.

Bagaimana kabar Bapak ? Saya berharap Bapak selau berada dalam keadaan sehat walafiat. Oh iya Pak, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira untuk Bapak. Berita yang menjadi harapan kita berdua ketika Saya masih berada di SMA bahwa Saya telah berhasil terpilih sebagai atlet bulu tangkis yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games tahun ini.

Saya ingin menghaturkan terimakasih kepada Bapak atas didikannya dan bimbingannya selama ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa – jasa Bapak karena Bapak lah yang telah menemukan bakat ku dan Bapaklah yang telah membimbingku menjadi atlet yang terkenal.

Tiada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidikku. Bapak selalu melatihku dengan penuh keyakinan dalam hati Bapak. Bapak selalu memotivasi dan menyakinkan Saya untuk menjadi atlet yang hebat. Kini semua usaha Bapak selama ini telah terbayar.

Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih kepada Bapak atas jasa – jasa yang telah Bapak berikan kepadaku. Selain itu, saya juga mengundang Bapak untuk menemani saya ke Singapura untuk melihat dan menyemangatiku di sana. Saya akan menjemput Bapak dan keluarga 2 hari lagi.

Sekian surat ini, kita akan lanjutkan obrolan nya nanti pada saat bertemu di bandara.

Salam Hormat,

 

Hanif Pramono

 

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat yang Ulang Tahun

Banyuwangi, 12 November 2018

 

Untuk Ahmad Riski
Di Probolinggo

 

Hallo Ris, apa kabar? Patinya baik-baik saja dong. Sudah lama ya Ris kita tidak pernah bertemu semenjak lulus dari SMK. Kamu pasti sudah lupain aku yaa, kesel nih aku nggak pernah dapat kabar dari kamu Ris. Oh ya Ris, Selamat ulang tahun yang ke 23 tahun ya Ris. Maaf bangat ya aku belum bisa kasih kamu hadiah apa-apa di ulang tahun kamu. Tapi aku punya doa spesial bangat buat kamu nih, aku jamin kamu pasti bakalan seneng dengerin doa aku.

Riski, semoga kamu segera mendapatkan karir yang cemerlang, yang seperti kamu impikan dan bayangkan. Semoga kamu sukses dan sehat selali, terhindar dari segala bahaya. Dan pastinya, semoga kamu dipertemukan dengan jodoh kamu ya, jangan sampai menjadi bujangan tua Ris. Hehe.

Ris, aku kangen banget sama kamu, kapan-kapan kalau ada waktu sneggang main-main kesini ya. Nanti aku jemput di Terminal, terus nanti gantian aku main kesana. Sekalian nanti kuta merayakan ulang tahun kamu, nggak papa deh walaupu  perayaannya agak terlambat.

Mungkin cukup sekian dulu ya Ris ucapan dan doa dari aku, jangan lupa untuk membalas surat dari aku. Aku tunggu pokoknya loh ya, kalau nggak kamu kirim aku bakalan marah. Sudah dulu ya Ris, pokoknya wish you all the best deh. See you Later

 

Salam hangat,

 

Surya Rizal Efansah

 

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Saudara yang Menjadi Sahabat

Jember, 29 Juni 2019

Untuk Sepupuku Tercinta,
Putri Zahra
Di Malang

 

Salam Persahabatan,

Hallo Zahra, bagaimana kabar kamu sekarang ini? baik-baik dan sehat aja kan? Oh iya, gimana kabar pakde sama bude? Aku harap mereka berdua juga dalam keadaan yang sheat saja. Aamiin. Zahra, aku kangen banget sama kamu, apa karena udah 1 tahun ya aku nggak pernah main ke rumah kamu. Maaf ya Ra, bukan karena aku tidak mau mengunjungi kamu, tapi papa sama aku memang sedang banyak pekerjaan. Jadi mereka masih belum sempat mengantarkan ku bersilaturahmi ke rumah kamu di Malang.

Oh iya Ra, gimana kabar si Ogah? kucing putih yang waktu itu kita temukan di dekat sawah rumah kamu. Wah, pasti unyil makin besar dan tambah gemuk ya dari waktu itu. Ra, aku kemarin aku habis mengikuti lomba menari tari tradisional loh. Dan Alhamdulillah aku dapat juara satu loh.

contoh surat pribadi untuk saudara

 

5. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Kandung

Jakarta, 20 Maret 2019

Untuk Kakakku Tersayang, Habibi
Di Malang

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo kak habibi, bagaimana kabar kamu disana? Aku harap kamu disana baik-baik saja dan selalu sehat ya kak. Aku juga berdoa semoga kakak selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kak, kabar kamu sekeluarga disini baik-baik saja dan sehat semua.

Ada yang kurang di rumah ini yaitu kehadiran dari kakak. Aku kangen banget nih sama kejailan dan nasihat dari kakak. kangen ngobrol dan cerita-cerita lagi sama kakak, apalagi masakan dari kakak yang sangat enak itu.

contoh surat pribadi untuk kakak

Baca Juga: Pengertian Komunikasi.

 

6. Contoh Surat Pribadi Menceritakan Keadaan Diri ke Sahabat

Solo, 17 Maret 2018

Untuk Sahabat Terbaikku, Nina
Di Palembang

 

Assalamualaikum Nina.

Hai Nina, Alhamdulillah aku baik-baik saja disini. Aku juga sangat senang mendengar kabar kalau kamu baik-baik saja disana. Kamu bener Nin, sekarang aku sidah tambah tinggi loh. Mungkin bisa lebih tinggi dari kamu. hehe. Aku juga sangat rindu dan ingin segera bertemu denganmu. Pastinya kamu juga semakin cantik dan tambah imut ya. Mengenai kehidupanku disini, syukurlah sekarang aku sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan disini. bahkan sekarang aku sudah mulai bisa berteman dengan anak-anak  disini.

contoh surat pribadi untuk balesan sahabat

 

Nah, itulah kumpulan Contoh Surat Pribadi. Semoga artikel ini bisa kamu jadikan sebagai referensi dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Hasif Priyambudi Penyuka pemrograman dan nonton film, apapun suka asal positif dan bisa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight