√ 16 Syarat Menjadi WNI: bagi Orang Asing dan WNA [Lengkap]

16 Syarat Menjadi WNI: bagi Orang Asing dan WNA

16 Syarat Menjadi WNI: bagi Orang Asing dan WNA

Syarat Menjadi WNI – sudah tentu  dalam sebuah negara memiliki warga negara yang bertempat tinggal serta sudah diakui oleh negara tersebut untuk tinggal di tempat tersebut. Lalu Terdapat istilah mengenai dari warga negara dan terdapat pula istilah dari penduduk. Kedua pengertian anne-marie negara dan juga penduduk sama-sama memiliki makna yang hampir mirip akan tetapi sebenarnya kedua pengertian tersebut berbeda. Kemudian apakah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan warga negara dan juga pengertian dari penduduk? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai kedua pengertian di atas sebagai berikut.

 

Pengertian Warga Negara

Secara umum pengertian warga negara adalah seluruh penduduk yang berada di suatu negara atau bangsa yang berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan lain sebagainya, serta memiliki hak dan kewajiban sepenuhnya sebagai seorang warga negara yang berada di negara tersebut.

 

Pengertian lain

Terdapat pula pengertian yang menjelaskan mengenai warga negara adalah semua orang yang secara hukum merupakan anggota resmi dari suatu negara tertentu. Yang artinya seorang warga negara memiliki hubungan yang kuat dengan tanah air dan juga undang-undang yang berasal dari negara tersebut, meskipun orang tersebut sedang berada di luar negeri dan juga terikat dengan ketentuan hukum internasional.

 

Kewajiban Warga Negara

Sedangkan kewajiban sebagai warga negara secara umum adalah orang yang bertempat tinggal disuatu negara tertentu atau tinggal di negara lain serta memiliki pengakuan secara resmi sebagai penduduk suatu negara. Berarti warga negara Indonesia adalah orang-orang yang menempati wilayah Indonesia dan juga negara lain dan mendapat pengakuan secara resmi atau tercatat oleh pemerintah Indonesia sebagai penduduk negara Indonesia.

 

 

Pengertian Penduduk

Pengertian penduduk adalah semua orang yang tinggal dalam suatu wilayah dan tidak tinggal dalam wilayah apabila wilayah tersebut berupa suatu negara berarti disebut sebagai penduduk negara. Penduduk merupakan warga negara asli dan juga warga negara asing yang tinggal serta menetap karena memiliki suatu tujuan. Seperti misalnya warga negara asing yang tinggal untuk sementara karena ingin berwisata, bekerja, atau mengadakan penelitian di suatu negara.

 

Kesimpulan

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penduduk negara Indonesia mencakup 2 aspek yaitu warga negara Indonesia (yang tinggal di Indonesia dan tidak)dan pengertian warga negara asing yang tinggal sementara di Indonesia seperti contohnya: TKI yang bekerja serta tinggal di Arab Saudi merupakan warga negara Indonesia yang juga berarti penduduk negara Indonesia.Sedangkan Mr Smith yang datang ke Indonesia merupakan penduduk Indonesia namun ia berstatus sebagai warga negara asing.

 

 

Pengertian Warga Negara Indonesia (WNI)

Bagi warga negara Indonesia memiliki kedudukan yang berbeda. seorang warga negara Indonesia mempunyai hak serta kewajiban yang sesuai dengan aturan-aturan serta perundang-undangan yang tengah berlaku. Orang yang menjadi warga negara asing atau yang biasa disebut sebagai WNA dapat menjadi WNI dengan syarat-syarat dan ketentuan tertentu.

 

Ketentuan Menjadi Warga Negara

Hak dan juga kewajiban sebagai warga negara diatur didalam hukum negara yang tertinggi yaitu di dalam UUD 1945 sejarah terperinci. Di dalam undang-undang tersebut terdapat pula penjelasan mengenai siapa saja yang dimaksud dengan orang Indonesia yang diatur didalam UUD 1945. Seseorang dapat disebut sebagai warga negara Indonesia menurut pasal 26 UUD 1945, adalah sebagai berikut.

 

Menurut Pasal 26 UUD 1945

  1. Semua orang yang termasuk bangsa Indonesia asli dan juga orang dari bangsa lain yang disahkan oleh UU  warga negara
  2. Dalam UUD 1945 amandemen kedua telah disebutkan bahwa penduduk adalah WNI dan WNA yang bertempat tinggal di wilayah Indonesia
  3. Yang mana hal yang berkaitan dan juga berhubungan dengan penduduk serta warga negara tersebut diatur dalam UUD.

 

 

Undang-Undang yang Mengatur Tentang Penduduk dengan WNI

Terdapat undang-undang yang mengatur tentang penduduk dan juga hubungan negara dengan warga negara di Indonesia adalah Undang-Undang Kewarganegaraan Indonesia (UUKI) tahun 2006. Undang-undang tersebut menjelaskan seseorang yang dapat dikatakan sebagai WNI apabila:

 

Hal Untuk Dapat Dikatakannya Sebagai WNI

  1. Orang tersebut yang berdasarkan perjanjian pemerintah republik Indonesia serta sebelum berlakunya UUKI tahun 2006 sudah menjadi WNI.
  2. Anak anak yang berasal dari perkawinan yang sah atau diakui secara resmi dari seorang ibu dan juga ayah yang merupakan WNI.
  3. Anak dari perkawinan yang sah atau yang resmi menurut hukum, negara dan juga agama antara ayah yang merupakan WNA namun ibunya adalah WNI.
  4. Anak yang berasal dari perkawinan yang sah antara ayah yang merupakan WNI dengan ibu yang merupakan WNA.
  5. Anak dari perkawinan yang sah yang berasal dari ibu WNI dan juga ayah yang merupakan WNA, yang mana anak tersebut tidak memperoleh kewargaan dari negara asal ayahnya.
  6. Orang tersebut adalah anak yang berasal dari perkawinan yang sah antara ibu WNI dan juga ayah yang tidak memiliki status kewarganegaraan. Sah secara resmi dan tercatat dalam catatan negara. Tidak bisa hanya sah menurut agama.
  7. Anak yang lahir bukan dari perkawinan yang sah akan tetapi ibunya merupakan WNI.
  8. Anak yang terlahir dari perkawinan yang sah yang mana ayahnya adalah WNI namun telah meninggal dengan masa tenggang 300 hari sebelum kelahiran anak tersebut.
  9. Anak yang lahir bukan berasal dari perkawinan yang sah di mana ibu warna dan ayahnya WNI serta ayahnya mengakui sebagai anak sebelum ia berusia 18 tahun atau 10 anak tersebut menikah.
  10. Anak yang lahir di luar wilayah Indonesia namun ayah dan ibunya WNI dan tempat negara di mana ya dilahirkan juga memberikan kewarganegaraan.
  11. Anak dari ayah atau ibu WNA yang telah dikabulkan permohonannya untuk menjadi WNI, akan tetapi ayah dan ibu tersebut meninggal sebelum mengucapkan sumpah atau janji untuk setia pada Indonesia.
  12. Anak yang lahir diluar wilayah Indonesia dengan status kewarganegaraan ayah dan ibunya yang tidak jelas serta tidak diketahui keberadaannya. termasuk didalamnya anak yang terlahir tidak mengetahui kedua orang tuanya atau anak yang terlantarkan.

 

 

Syarat Menjadi WNI bagi Orang Asing

Terdapat banyak sekali WNA yang telah lama menetap serta bekerja di negara Indonesia yang kemudian jatuh cinta pada Indonesia. Atau au terdapat beberapa orang yang memiliki suami atau istri WNI kemudian jatuh cinta pula kepada Indonesia. Beberapa orang tersebut kemudian menginginkan untuk menjadi warga negara Indonesia. Padahal iya telah memiliki kedudukan sebagai warga negara dalam negara yang jelas. Berdasarkan UUD 1945 sebagai konstitusi Indonesia hal tersebut dapat dilakukan dan diatur oleh undang-undang yang lebih rinci.

 

Undang-undang yang Terkait serta Syarat Menjadi WNI

Undang-undang kewarganegaraan nomor 12 tahun 2006 Indonesia telah mengakomodir keinginan warga negara asing yang ingin untuk menjadi warga negara Indonesia. Syarat yang ditetapkan tidaklah mudah yang harus dipenuhi oleh WNA apabila ingin untuk menjadi WNI. Syarat-syarat tersebut yang harus dipenuhi oleh WNI antara lain:

 

1. Tinggal di Indonesia

Pada saat pengajuan permohonan syarat untuk menjadi warga negara Indonesia maka diharuskan orang tersebut telah tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut atau telah tinggal di Indonesia setidaknya paling sedikit 10 tahun dalam waktu berturut-turut. hal tersebut dibuktikan dengan adanya dokumen-dokumen yang dimiliki olehnya.

 

2. Berusia 18 tahun

Warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun memiliki kewarganegaraan yang masih mengikuti orang tua. Akan tetapi apabila orang tersebut sudah memiliki usia 18 tahun dan juga apabila orang tersebut sudah menikah maka harus mengikuti prosedur sebagai WNI.

 

3. Berbahasa Indonesia

Permohon yang mengajukan permohonan untuk menjadi seorang WNI haruslah sudah dapat berbahasa Indonesia secara pasif dan juga aktif. Kemampuan berbahasa Indonesia bagi orang tersebut apabila belum fasih masih diperbolehkan. wajib untuk bisa berbahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa Indonesia.

 

4. Mengakui Pancasila dan UUD 1945

Pancasila adalah dasar yang juga merupakan pedoman hidup bagi bangsa Indonesia. Begitu pula dengan UUD 1945 yang merupakan konstitusi negara Indonesia. Oleh karena itu apabila seseorang ingin menjadi WNI maka harus mengakui Pancasila dan UUD 1945 titik karena pada saat menjadi WNI orang tersebut harus tunduk terhadap peraturan UUD 1945 dan menjalankan nilai-nilai dari Pancasila sebagai ideologi terbuka.

 

5. Tidak Menjadi Kewarganegaraan Ganda

Pada saat seorang WNA resmi menjadi WNI maka orang tersebut harus rela untuk melepaskan kewarganegaraan asli darinya. Hukum di negara Indonesia tidak mengijinkan untuk warga negaranya memiliki status kewarganegaraan ganda.

 

6. Mempunyai Pekerjaan yang Tetap

Seorang warga negara asing atau WNA yang ingin untuk menjadi warga negara Indonesia atau WNI maka orang tersebut harus mengajukan permohonan untuk menjadi WNI apabila orang tersebut telah memiliki pekerjaan atau penghasilan yang tetap. Hal tersebut menjadi syarat ketentuan dikarenakan apabila WNA tersebut belum memiliki penghasilan yang tetap ditakutkan apabila menjadi beban tersendiri bagi negara.

 

7. Tidak Pernah Dipidana

Orang yang melupakan WNA yang ingin mengajukan permohonan untuk menjadi WNI merupakan orang yang tidak sedang atau pernah dipidana di negara aslinya dengan hukuman pidana lebih dari 1 tahun. karena apabila orang tersebut telah mendapatkan pidana lebih dari 1 tahun maka menandakan bahwa orang tersebut telah melakukan tindak pidana kejahatan yang cukup berat.

 

8. Sehat Jasmani dan Rohani

Seorang WNA yang ingin mengajukan permohonan untuk menjadi WNI haruslah orang orang yang memiliki keadaan sehat jasmani dan juga rohani. Hal tersebut dapat dibuktikan dari adanya surat pernyataan sehat dari dokter. Terdapat syarat dan ketentuan seperti itu dikarenakan apabila orang tersebut tidak memiliki keadaan yang sehat yang mana dengan kata lain orang tersebut memiliki penyakit maka ditakutkan jika penyakit tersebut akan menular kepada orang-orang di sekitarnya.

 

9. Surat Keterangan Imigrasi

Syarat selanjutnya apabila seorang WNA ingin menjadi WNI maka ia harus memiliki surat keterangan imigrasi. Surat keterangan imigrasi atau skim yang merupakan keterangan bahwa ia telah tinggal di Indonesia dengan minimal 5 tahun sejarah berturut-turut atau selama minimal 10 tahun sejarah tidak berturut-turut. Surat tersebut diserahkan kepada kantor wilayah departemen hukum dan hak asasi manusia di wilayah tempat dimana permohonan untuk tinggal di wilayah Indonesia.

 

10. Surat Keterangan dari Kedutaan Besar Negara Pemohon

Syarat bagi seorang WNA untuk menjadi WNI maka orang tersebut harus memiliki surat keterangan yang berasal dari kedutaan besar negara asli dari WNA tersebut yang mana telah dinyatakan bahwa negara asli WNA itu tidak keberatan apabila si pemohon pindah kewarganegaraan.

 

11. Surat Keterangan Penghasilan

Surat keterangan penghasilan merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan bagi seorang WNA yang ingin untuk menjadi WNI dansurat keterangan tersebut berisi pernyataan mengenai penghasilan dan juga pekerjaan dari si pemohon selama ini. Surat tersebut dikeluarkan oleh kecamatan berdasarkan dari surat pengantar kelurahan yang sesuai surat keterangan perusahaan tempat pemohon bekerja atau surat keterangan dari keluarga dimana tempat dia tinggal.

 

12. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK pada umumnya digunakan untuk mendukung dari pernyataan tidak pernah nah dipidana lebih dari 1 tahun selama berada di negara asalnya dan juga di negara Indonesia bagi si pemohon. Hal tersebut perlu untuk dilakukan karena jangan sampai pemerintah Indonesia menerima permohonan untuk menjadi WNI hanya karena orang tersebut ingin lari dari tindakan kejahatan yang telah ia lakukan di negara asalnya.

 

13. Legalisir Semua Dokumen

Apabila dokumen yang menjadi syarat untuk menjadi seorang WNI telah terpenuhi maka semua dokumen dan juga administrasi tersebut harus dilegalisir. Bagi semua warga negara asing dapat melegalisir semua dokumen tersebut di departemen hukum dan hak asasi manusia yang berada di wilayah hukum dimana dia tinggal di. Akan tetapi berbeda bagi warga negara Amerika serikat, khusus untuk warga negara Amerika serikat maka semua dokumen harus dilegalisir oleh kedutaan besar Amerika serikat yang berada di Indonesia.

 

14. Membayar Kas

Pada saat pengajuan permohonan dan diterima maka k-see pemohon diharuskan untuk membayar kas sejumlah uang yang telah ditentukan kepada kas negara yang mana hal itu digunakan sebagai uang kewarganegaraan.

 

15. Semua Dokumen Telah Terpenuhi

Apabila semua dokumen yang telah disebutkan di atas sebagai syarat bagi seorang WNA yang ingin menjadi WNI telah terpenuhi atau au lengkap maka selanjutnya proses tersebut akan berlangsung selama sekitar kurang lebih 3 sampai 7 bulan sampai permohonan tersebut diterima oleh pemerintah Indonesia.

 

16. Mengucapkan Janji Setia dan Sumpah Setia

Setelah semua persyaratan telah dilakukan Dan juga harga permohonan telah diterima maka syarat yang terakhir untuk menjadi WNI yaitu mengucapkan sumpah dan juga janji setia kepada negara kesatuan republik Indonesia. Isi dari janji setia dan sumpah setia yang diucapkan oleh pemohon berisi tentang kesetiaan kepada NKRI dan juga pengakuan terhadap UUD 1945 dan Pancasila.

Demikian penjelasan mengenai syarat menjadi WNI atau warga negara Indonesia berdasarkan UUD 1945. Ke 16 syarat di atas memang tidak mudah dan juga membutuhkan waktu untuk memproses permohonan tersebut agar diterima oleh pemerintah Indonesia. Akan tetapi hal tersebut dapat menjadi pembuktian bahwa WNA tersebut telah bersungguh-sungguh untuk menjadi WNI dan berusaha untuk memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.



Sejarah PKI: Tujuan, Tokoh, Peristiwa dan Latar Belakang G30S/PKI

Sejarah PKI: Tujuan, Tokoh, Peristiwa dan Latar Belakang G30S/PKI

Syarat Menjadi WNI – sudah tentu  dalam sebuah negara memiliki warga negara yang bertempat tinggal serta sudah diakui oleh negara tersebut untuk tinggal di tempat tersebut. Lalu Terdapat istilah mengenai dari warga negara dan terdapat pula istilah dari penduduk. Kedua pengertian anne-marie negara dan juga penduduk sama-sama memiliki makna yang hampir mirip akan tetapi sebenarnya kedua pengertian tersebut berbeda. Kemudian apakah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan warga negara dan juga pengertian dari penduduk? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai kedua pengertian di atas sebagai berikut.

 

Pengertian Warga Negara

Secara umum pengertian warga negara adalah seluruh penduduk yang berada di suatu negara atau bangsa yang berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan lain sebagainya, serta memiliki hak dan kewajiban sepenuhnya sebagai seorang warga negara yang berada di negara tersebut.

 

Pengertian lain

Terdapat pula pengertian yang menjelaskan mengenai warga negara adalah semua orang yang secara hukum merupakan anggota resmi dari suatu negara tertentu. Yang artinya seorang warga negara memiliki hubungan yang kuat dengan tanah air dan juga undang-undang yang berasal dari negara tersebut, meskipun orang tersebut sedang berada di luar negeri dan juga terikat dengan ketentuan hukum internasional.

 

Kewajiban Warga Negara

Sedangkan kewajiban sebagai warga negara secara umum adalah orang yang bertempat tinggal disuatu negara tertentu atau tinggal di negara lain serta memiliki pengakuan secara resmi sebagai penduduk suatu negara. Berarti warga negara Indonesia adalah orang-orang yang menempati wilayah Indonesia dan juga negara lain dan mendapat pengakuan secara resmi atau tercatat oleh pemerintah Indonesia sebagai penduduk negara Indonesia.

 

 

Pengertian Penduduk

Pengertian penduduk adalah semua orang yang tinggal dalam suatu wilayah dan tidak tinggal dalam wilayah apabila wilayah tersebut berupa suatu negara berarti disebut sebagai penduduk negara. Penduduk merupakan warga negara asli dan juga warga negara asing yang tinggal serta menetap karena memiliki suatu tujuan. Seperti misalnya warga negara asing yang tinggal untuk sementara karena ingin berwisata, bekerja, atau mengadakan penelitian di suatu negara.

 

Kesimpulan

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penduduk negara Indonesia mencakup 2 aspek yaitu warga negara Indonesia (yang tinggal di Indonesia dan tidak)dan pengertian warga negara asing yang tinggal sementara di Indonesia seperti contohnya: TKI yang bekerja serta tinggal di Arab Saudi merupakan warga negara Indonesia yang juga berarti penduduk negara Indonesia.Sedangkan Mr Smith yang datang ke Indonesia merupakan penduduk Indonesia namun ia berstatus sebagai warga negara asing.

 

 

Pengertian Warga Negara Indonesia (WNI)

Bagi warga negara Indonesia memiliki kedudukan yang berbeda. seorang warga negara Indonesia mempunyai hak serta kewajiban yang sesuai dengan aturan-aturan serta perundang-undangan yang tengah berlaku. Orang yang menjadi warga negara asing atau yang biasa disebut sebagai WNA dapat menjadi WNI dengan syarat-syarat dan ketentuan tertentu.

 

Ketentuan Menjadi Warga Negara

Hak dan juga kewajiban sebagai warga negara diatur didalam hukum negara yang tertinggi yaitu di dalam UUD 1945 sejarah terperinci. Di dalam undang-undang tersebut terdapat pula penjelasan mengenai siapa saja yang dimaksud dengan orang Indonesia yang diatur didalam UUD 1945. Seseorang dapat disebut sebagai warga negara Indonesia menurut pasal 26 UUD 1945, adalah sebagai berikut.

 

Menurut Pasal 26 UUD 1945

  1. Semua orang yang termasuk bangsa Indonesia asli dan juga orang dari bangsa lain yang disahkan oleh UU  warga negara
  2. Dalam UUD 1945 amandemen kedua telah disebutkan bahwa penduduk adalah WNI dan WNA yang bertempat tinggal di wilayah Indonesia
  3. Yang mana hal yang berkaitan dan juga berhubungan dengan penduduk serta warga negara tersebut diatur dalam UUD.

 

 

Undang-Undang yang Mengatur Tentang Penduduk dengan WNI

Terdapat undang-undang yang mengatur tentang penduduk dan juga hubungan negara dengan warga negara di Indonesia adalah Undang-Undang Kewarganegaraan Indonesia (UUKI) tahun 2006. Undang-undang tersebut menjelaskan seseorang yang dapat dikatakan sebagai WNI apabila:

 

Hal Untuk Dapat Dikatakannya Sebagai WNI

  1. Orang tersebut yang berdasarkan perjanjian pemerintah republik Indonesia serta sebelum berlakunya UUKI tahun 2006 sudah menjadi WNI.
  2. Anak anak yang berasal dari perkawinan yang sah atau diakui secara resmi dari seorang ibu dan juga ayah yang merupakan WNI.
  3. Anak dari perkawinan yang sah atau yang resmi menurut hukum, negara dan juga agama antara ayah yang merupakan WNA namun ibunya adalah WNI.
  4. Anak yang berasal dari perkawinan yang sah antara ayah yang merupakan WNI dengan ibu yang merupakan WNA.
  5. Anak dari perkawinan yang sah yang berasal dari ibu WNI dan juga ayah yang merupakan WNA, yang mana anak tersebut tidak memperoleh kewargaan dari negara asal ayahnya.
  6. Orang tersebut adalah anak yang berasal dari perkawinan yang sah antara ibu WNI dan juga ayah yang tidak memiliki status kewarganegaraan. Sah secara resmi dan tercatat dalam catatan negara. Tidak bisa hanya sah menurut agama.
  7. Anak yang lahir bukan dari perkawinan yang sah akan tetapi ibunya merupakan WNI.
  8. Anak yang terlahir dari perkawinan yang sah yang mana ayahnya adalah WNI namun telah meninggal dengan masa tenggang 300 hari sebelum kelahiran anak tersebut.
  9. Anak yang lahir bukan berasal dari perkawinan yang sah di mana ibu warna dan ayahnya WNI serta ayahnya mengakui sebagai anak sebelum ia berusia 18 tahun atau 10 anak tersebut menikah.
  10. Anak yang lahir di luar wilayah Indonesia namun ayah dan ibunya WNI dan tempat negara di mana ya dilahirkan juga memberikan kewarganegaraan.
  11. Anak dari ayah atau ibu WNA yang telah dikabulkan permohonannya untuk menjadi WNI, akan tetapi ayah dan ibu tersebut meninggal sebelum mengucapkan sumpah atau janji untuk setia pada Indonesia.
  12. Anak yang lahir diluar wilayah Indonesia dengan status kewarganegaraan ayah dan ibunya yang tidak jelas serta tidak diketahui keberadaannya. termasuk didalamnya anak yang terlahir tidak mengetahui kedua orang tuanya atau anak yang terlantarkan.

 

 

Syarat Menjadi WNI bagi Orang Asing

Terdapat banyak sekali WNA yang telah lama menetap serta bekerja di negara Indonesia yang kemudian jatuh cinta pada Indonesia. Atau au terdapat beberapa orang yang memiliki suami atau istri WNI kemudian jatuh cinta pula kepada Indonesia. Beberapa orang tersebut kemudian menginginkan untuk menjadi warga negara Indonesia. Padahal iya telah memiliki kedudukan sebagai warga negara dalam negara yang jelas. Berdasarkan UUD 1945 sebagai konstitusi Indonesia hal tersebut dapat dilakukan dan diatur oleh undang-undang yang lebih rinci.

 

Undang-undang yang Terkait serta Syarat Menjadi WNI

Undang-undang kewarganegaraan nomor 12 tahun 2006 Indonesia telah mengakomodir keinginan warga negara asing yang ingin untuk menjadi warga negara Indonesia. Syarat yang ditetapkan tidaklah mudah yang harus dipenuhi oleh WNA apabila ingin untuk menjadi WNI. Syarat-syarat tersebut yang harus dipenuhi oleh WNI antara lain:

 

1. Tinggal di Indonesia

Pada saat pengajuan permohonan syarat untuk menjadi warga negara Indonesia maka diharuskan orang tersebut telah tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut atau telah tinggal di Indonesia setidaknya paling sedikit 10 tahun dalam waktu berturut-turut. hal tersebut dibuktikan dengan adanya dokumen-dokumen yang dimiliki olehnya.

 

2. Berusia 18 tahun

Warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun memiliki kewarganegaraan yang masih mengikuti orang tua. Akan tetapi apabila orang tersebut sudah memiliki usia 18 tahun dan juga apabila orang tersebut sudah menikah maka harus mengikuti prosedur sebagai WNI.

 

3. Berbahasa Indonesia

Permohon yang mengajukan permohonan untuk menjadi seorang WNI haruslah sudah dapat berbahasa Indonesia secara pasif dan juga aktif. Kemampuan berbahasa Indonesia bagi orang tersebut apabila belum fasih masih diperbolehkan. wajib untuk bisa berbahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa Indonesia.

 

4. Mengakui Pancasila dan UUD 1945

Pancasila adalah dasar yang juga merupakan pedoman hidup bagi bangsa Indonesia. Begitu pula dengan UUD 1945 yang merupakan konstitusi negara Indonesia. Oleh karena itu apabila seseorang ingin menjadi WNI maka harus mengakui Pancasila dan UUD 1945 titik karena pada saat menjadi WNI orang tersebut harus tunduk terhadap peraturan UUD 1945 dan menjalankan nilai-nilai dari Pancasila sebagai ideologi terbuka.

 

5. Tidak Menjadi Kewarganegaraan Ganda

Pada saat seorang WNA resmi menjadi WNI maka orang tersebut harus rela untuk melepaskan kewarganegaraan asli darinya. Hukum di negara Indonesia tidak mengijinkan untuk warga negaranya memiliki status kewarganegaraan ganda.

 

6. Mempunyai Pekerjaan yang Tetap

Seorang warga negara asing atau WNA yang ingin untuk menjadi warga negara Indonesia atau WNI maka orang tersebut harus mengajukan permohonan untuk menjadi WNI apabila orang tersebut telah memiliki pekerjaan atau penghasilan yang tetap. Hal tersebut menjadi syarat ketentuan dikarenakan apabila WNA tersebut belum memiliki penghasilan yang tetap ditakutkan apabila menjadi beban tersendiri bagi negara.

 

7. Tidak Pernah Dipidana

Orang yang melupakan WNA yang ingin mengajukan permohonan untuk menjadi WNI merupakan orang yang tidak sedang atau pernah dipidana di negara aslinya dengan hukuman pidana lebih dari 1 tahun. karena apabila orang tersebut telah mendapatkan pidana lebih dari 1 tahun maka menandakan bahwa orang tersebut telah melakukan tindak pidana kejahatan yang cukup berat.

 

8. Sehat Jasmani dan Rohani

Seorang WNA yang ingin mengajukan permohonan untuk menjadi WNI haruslah orang orang yang memiliki keadaan sehat jasmani dan juga rohani. Hal tersebut dapat dibuktikan dari adanya surat pernyataan sehat dari dokter. Terdapat syarat dan ketentuan seperti itu dikarenakan apabila orang tersebut tidak memiliki keadaan yang sehat yang mana dengan kata lain orang tersebut memiliki penyakit maka ditakutkan jika penyakit tersebut akan menular kepada orang-orang di sekitarnya.

 

9. Surat Keterangan Imigrasi

Syarat selanjutnya apabila seorang WNA ingin menjadi WNI maka ia harus memiliki surat keterangan imigrasi. Surat keterangan imigrasi atau skim yang merupakan keterangan bahwa ia telah tinggal di Indonesia dengan minimal 5 tahun sejarah berturut-turut atau selama minimal 10 tahun sejarah tidak berturut-turut. Surat tersebut diserahkan kepada kantor wilayah departemen hukum dan hak asasi manusia di wilayah tempat dimana permohonan untuk tinggal di wilayah Indonesia.

 

10. Surat Keterangan dari Kedutaan Besar Negara Pemohon

Syarat bagi seorang WNA untuk menjadi WNI maka orang tersebut harus memiliki surat keterangan yang berasal dari kedutaan besar negara asli dari WNA tersebut yang mana telah dinyatakan bahwa negara asli WNA itu tidak keberatan apabila si pemohon pindah kewarganegaraan.

 

11. Surat Keterangan Penghasilan

Surat keterangan penghasilan merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan bagi seorang WNA yang ingin untuk menjadi WNI dansurat keterangan tersebut berisi pernyataan mengenai penghasilan dan juga pekerjaan dari si pemohon selama ini. Surat tersebut dikeluarkan oleh kecamatan berdasarkan dari surat pengantar kelurahan yang sesuai surat keterangan perusahaan tempat pemohon bekerja atau surat keterangan dari keluarga dimana tempat dia tinggal.

 

12. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK pada umumnya digunakan untuk mendukung dari pernyataan tidak pernah nah dipidana lebih dari 1 tahun selama berada di negara asalnya dan juga di negara Indonesia bagi si pemohon. Hal tersebut perlu untuk dilakukan karena jangan sampai pemerintah Indonesia menerima permohonan untuk menjadi WNI hanya karena orang tersebut ingin lari dari tindakan kejahatan yang telah ia lakukan di negara asalnya.

 

13. Legalisir Semua Dokumen

Apabila dokumen yang menjadi syarat untuk menjadi seorang WNI telah terpenuhi maka semua dokumen dan juga administrasi tersebut harus dilegalisir. Bagi semua warga negara asing dapat melegalisir semua dokumen tersebut di departemen hukum dan hak asasi manusia yang berada di wilayah hukum dimana dia tinggal di. Akan tetapi berbeda bagi warga negara Amerika serikat, khusus untuk warga negara Amerika serikat maka semua dokumen harus dilegalisir oleh kedutaan besar Amerika serikat yang berada di Indonesia.

 

14. Membayar Kas

Pada saat pengajuan permohonan dan diterima maka k-see pemohon diharuskan untuk membayar kas sejumlah uang yang telah ditentukan kepada kas negara yang mana hal itu digunakan sebagai uang kewarganegaraan.

 

15. Semua Dokumen Telah Terpenuhi

Apabila semua dokumen yang telah disebutkan di atas sebagai syarat bagi seorang WNA yang ingin menjadi WNI telah terpenuhi atau au lengkap maka selanjutnya proses tersebut akan berlangsung selama sekitar kurang lebih 3 sampai 7 bulan sampai permohonan tersebut diterima oleh pemerintah Indonesia.

 

16. Mengucapkan Janji Setia dan Sumpah Setia

Setelah semua persyaratan telah dilakukan Dan juga harga permohonan telah diterima maka syarat yang terakhir untuk menjadi WNI yaitu mengucapkan sumpah dan juga janji setia kepada negara kesatuan republik Indonesia. Isi dari janji setia dan sumpah setia yang diucapkan oleh pemohon berisi tentang kesetiaan kepada NKRI dan juga pengakuan terhadap UUD 1945 dan Pancasila.

Demikian penjelasan mengenai syarat menjadi WNI atau warga negara Indonesia berdasarkan UUD 1945. Ke 16 syarat di atas memang tidak mudah dan juga membutuhkan waktu untuk memproses permohonan tersebut agar diterima oleh pemerintah Indonesia. Akan tetapi hal tersebut dapat menjadi pembuktian bahwa WNA tersebut telah bersungguh-sungguh untuk menjadi WNI dan berusaha untuk memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.