Teknik Dasar Pencak Silat: Lengkap Gambar

By Mexi -

Pencak silat merupakan salah satu olahraga sekaligus seni bela diri yang asli dari Indonesia. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi atau bahkan pernah mencoba jenis bela diri yang satu ini.

Nah perlu kalian ketahui bahwa pencak silat memiliki gerakan dasar yang harus diketahui untuk selanjutnya dipelajari dan dipraktikan oleh para pemula.

Teknik Dasar Pencak Silat

Kira-kira gerakan apa saja? simak uraian dibawah ini untuk mengetahui teknik dasar dari pencak silat.

Kuda-kuda

kuda-kuda

Kuda-kuda menjadi salah satu teknik paling dasar dari pencak silat dan bela semua jenis bela diri sebagai bentuk pertahanan terkuat untuk menghadapi lawan sehingga harus dipelajari bagi kalian yang ingin mencoba olahraga bela diri yang satu ini.

Kuda-kuda dapat dibedakan menjadi beberapa macam antara lain sebagai berikut.

Kuda-kuda Belakang

Kuda-kuda belakang dilakukan dengan menumpukkan berat badan pada bagian kaki belakang yang menapak dan tumit menjadi tumpuan sedangkan kaki depan menapakkan tumit ke tanah dengan posisi berjinjit.

Kuda-kuda Depan

Kuda-kuda depan dilakukan dengan posisi salah satu kaki didepan dan kaki lainnya diluruskan kebelakang kearah luar dan tumpukan berat badan kedepan dengan posisi tegap pandangan lurus kedepan.

Kuda-kuda Samping

Kuda-kuda samping dilakukan deng posisi salah satu kaki ditekuk kesamping dan satu kaki lainnya diluruskan kerah samping sisi lainnya. Tumpukan berat badan pada kaki yang posisinya ditekuk dengan posisi tegap dan pundak sejajar dengan kaki.

Kuda-kuda Tengah

Kuda kuda tengah dilakukan dengan memberikan jarak antara dua kaki lalu kedua kakinya ditekuk sehingga tubuh berada dalam posisi lebih rendah dan berat badan ditumpukan pada titik tengah tubuh agar dapat terlatih.

Kuda-kuda Silang Belakang

Kuda-kuda silang belakang berarti memiliki teknik kuda-kuda berlawanan. Posisinya sama dengan kuda-kuda belakang yaitu dengan menopang berat tubuh pada kaki bedanya kuda-kuda silang ini dilakukan dengan membagi tumpuan dimana salah satu kaki yang berada dibelakang lebih banyak menopang berat tubuh sedangkan kaki satunya yang berada didepan lebih sedikit menopang berat tubuh.

Kuda-kuda Silang Depan

Kuda-kuda silang depan sama persis dengan kuda-kuda silang belakang hanya saja dibalik dimana salah satu kaki yang berada didepan lebih banyak menopang berat tubuh sedangkan kaki satunya yang berada dibelakang lebih sedikit menopang berat tubuh.

Baca Juga: Materi Taekwondo.

Sikap Pasang

sikap pasang

Sikap pasang merupakan sikap siapnya olahraga pencak silat yang dapat dibedakan menjadi empat macam antara lain sebagai berikut.

Sikap Pasang Satu

Sikap pasang satu dilakukan dengan posisi badan tegap dengan posisi kaki selebar bahu dan kedua tangan diletakkan pada sisi tubuh samping.

Sikap Pasang Dua

Sikap pasang dua dilakukan dengan posisi badan tegap dengan posisi kaki selebar bahu sedangkan kedua tangan mengepal dan diletakkan pada pinggang.

Sikap Pasang Tiga

Sikap pasang tiga dilakukan dengan posisi badan tegap dengan posisi kaki masih selebar bahu kemudian lengan diangkat sejajar mata dan kepalan tangan dibuka.

Sikap Pasang Empat

Sikap pasang empat dilakukan dengan posisi seperti saat berpasangan baik postur maupun pandangan. Bedanya pada sikap pasang empat ini kita dapat mengangkat tangan setinggi mata dengan menyilang dan tangan yang awalnya terbuka dikepalkan.

Baca Juga: Materi Karate.

Pola Langkah

pola langkah

Pencak silat memiliki beberapa pola lantai yang biasa digunakan antara lain sebagai berikut.

Pola Langkah Lurus Dalam

Pola langkah lurus dalam atau straigt step dilakukan untuk membuat garis lurus baik bergerak maju ataupun mundur.

Pola Langkah Zig-Zag

Pola langkah zig-zag dilakukan untuk membuat mata gergaji dengan mengatur pola langkah yang terbentuk terlebih dahulu untuk kemudian dimiringkan.

Pola Langkah Huruf S

Pola langkah huruf S dilakukan dari posisi titik awal ke titik yang dituju dengan melangkahkan kaki ke arah berat yang sedang diistirahatkan kemudian diikuti oleh kaki yang satunya. Intinya pola langkah ini menggabungkan 3 teknik kuda-kuda yaitu kuda-kuda samping, kuda-kuda belakang dan kuda-kuda tengah untuk membuat huruf S.

Pola Langkah Huruf U

Pola langkah huruf U ini juga biasa juga disebut sebagai pola langkah tapal kuda dengan posisi awal badan tegap lurus kemudian pindahkan kaki kanan ke sisi kanan kemudian kaki kiri menekan sebelum bergerak maju setelah itu tarik dan tutup kembali.

Pindah ke sisi kiri dan tarik kaki kanan untuk menutup sebelum bergerak kedepan. Langkah diakhiri dengan menarik kaki kanan agar lebih dekat dan membentuk posisi kuda-kuda awal.

Pola Langkah Segi Tiga

Pola strip triangle dilakukan untuk membentuk pola segitiga menggunakan dua jenis kuda-kuda yaitu kuda-kuda depan dan kuda-kuda tengah.

Pola Langkah Segi Empat

Pola langkah segi empat dibuat dengan menggunakan dua jenis kuda-kuda yaitu kuda-kuda depan dan kuda-kuda tengah dilakukan dengan teknik yang hampir sama dengan pola langkah segi tiga hanya saja pola langkah ini dilakukan dengan menerapkan kuda-kuda depan terlebih dahulu kemudian maju dengan menerapkan kuda-kuda tengah.

Pukulan

pukulan

Teknik pukulan dalam pencak silat dapat dibedakan menjadi empat macam yang harus kalian pelajari antara lain sebagai berikut.

Pukulan Lurus

Pukulan lurus dilakukan dengan mengarahkan satu tangan untuk memukul ke arah lawan dengan sasaran bagian dada sedangkan tangan yang lainnya digunakan sebagai pelindung bagian perut keatas.

Pukulan Bandul

Pukulan bandul dilakukan dengan mengepalkan tangan kemudian ayunkan tangan tersebut kearah lawan dengan sasaran ulu hati sedangkan tangan lainnya menjadi pelindung diri menutup bagian tubuh kearah lawan.

Pukulan Melingkar

Pukulan melingkar dilakukan dengan menjadikan pinggang lawan sebagai sasaran dengan cara bergerak lebih dekat kearah lawan sambil menyinkronkan gerakan bahu sekaligus tubuh.

Pukulan Tegak

Pukulan tegak dilakukan dengan menjadikan bahu lawan sebagai sasaran terutama bahu bagian kanan yang biasanya digunakan untuk menyerang.

Tendangan

tendangan

Sama seperti gerakan pukulan, gerakan tendangan juga dapat dibedakan menjadi empat macam antara lain sebagai berikut.

Tendangan Lurus

Tendangan lurus dilakukan dengan menendang lurus kedepan untuk menyejajarkan bahu dengan menginjak bagian depan kaki lawan.

Tendangan Samping

Tendangan samping dilakukan dengan menggunakan bagian kaki belakang untuk menendang.

Tendangan Melingkar

Tendangan melingkar dilakukan cara mengayunkan kaki dari luar hingga kaki lurus dengan menggunakan punggung kaki.

Tendangan Huruf T

Tendangan huruf T dilakukan dengan menggerakan tubuh ke samping diiringi hentakan kaki dan tendangan lurus kedepan.

Tangkisan

tangkisan

Tangkisan merupakan gerakan yang dilakukan untuk menyerang dan menghindari serangan lawan. Tangkisan ini dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu sebagai berikut.

Tangkisan Luar

Tangkisan luar dapat digunakan untuk menyerang dari luar dan menghindari serangan samping menggunakan tangan.

Tangkisan Dalam

Tangkisan dalam digunakan untuk menghindari serangan dari luar dengan cara memposisikan tangan sejajar dengan bahu.

Tangkisan Atas

Tangkisan atas digunakan menghindari serangan dari luar yang menjadikan kepada sebagai sasaran. Tangkisan ini dilakukan dengan meletakkan tangan diatas kepala sebagai pelindung.

Tangkisan Bawah

Tangkisan bawah dilakukan untuk melawan serangan yang datang dari luar dengan menjadikan bagian bawah tubuh sebagai sasaran. Tangkisan ini dilakukan dengan cara menurunkan tubuh dan meluruskan tangan.

Demikian sedikit informasi mengenai Teknik Dasar Pencak Silat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi
Mexi
Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Artikel Terkait

Karate
Karate
Oleh Mexi
Lompat Jauh
Lompat Jauh
Oleh Mexi
21+ Peraturan Permainan Sepak Bola: Lengkap, Penjelasan
21+ Peraturan Permainan Sepak Bola: Lengkap, Penjelasan
Oleh Mexi
Pergaulan Bebas
Pergaulan Bebas
Oleh Mexi
Renang Gaya Dada
Renang Gaya Dada
Oleh Danang Febriyandra
Ukuran Lapangan Sepak Bola
Ukuran Lapangan Sepak Bola
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *