Teknik Dasar Lompat Jauh: Materi Lengkap

By

Teknik Dasar Lompat Jauh

Berapa lompatan terjauh yang pernah kalian lakukan? Hampir setiap orang dapat melakukan lompatan, namun tentu hasilnya akan berbeda-beda. Karena untuk untuk suatu hal yang dianggap sederhana itupun, ada teknik-teknik khusus yang perlu diperhatikan.

Terutama dalam salah satu cabang atletik yang bernama lompat jauh. Ia merupakan olahraga yang menggabungkan kekuatan, kecepatan dan kelincahan untuk melambungkan diri sejauh mungkin di udara dari suatu titik tertentu.

Untuk mencapai hasil lompatan yang maksimal, dibutuhkan teknik dasar lompat jauh yang baik. Hal tersebut untuk memaksimalkan kecepatan serta kekuatan demi menciptakan sebuah lompatan yang jauh.

Pengertian Lompat Jauh

Pengertian Lompat Jauh

Sebelum kita membahas teknik dasar lompat jauh, mari kita sedikit lebih mengenal tentang olahraga yang satu ini. Lompat jauh merupakan salah satu olahraga cabang atletik melompat dunia, sama seperti lompat tinggi.

Inti dari olahraga yang satu ini adalah melakukan tolakan dari suatu titik untuk menghasilkan lompatan dengan jarak terjauh. Seorang jumper harus mampu melayangkan tubuhnya di udara sejauh mungkin yang ia bisa.

Sejarah Lompat Jauh

Sejarah Lompat Jauh

Lompat jauh sudah menjadi salah satu cabang atletik yang begitu populer di seluruh dunia. Ia juga seringkali dipertandingkan dalam berbagai pesta olahraga seperti Olimpiade. Dimana banyak atlet-atlet yang saling bersaing satu sama lain.

Namun sebelum menjadi begitu terkenal seperti sekarang ini, bagaimana sih sejarah perkembangan dari lompat jauh? Mari kita ke sekitar tahun 708 Masehi. Kala itu terdapat ajang Olimpiade kuno yang diadakan di Yunani.

Namun tidak seperti olimpiade pada jaman sekarang, saat itu hanya mempertandingkan olahraga lompat jauh. Dan itulah awal mula dari cabang atletik yang satu ini.

Hingga kemudian pada tahun 1896, ia mulai dipertandingkan dalam ajang olimpiade modern khususnya untuk laki-laki. Lalu pada tahun 1928, secara resmi atlet perempuan diperbolehkan ikut bersaing dalam olahraga lompat jauh.

Baca Juga : Cabang Olahraga Atletik

Teknik Dasar Lompat Jauh

Untuk menghasilkan sebuah lompatan yang jauh, setidaknya ada 4 teknik dasar yang harus dikuasai. Diantaranya adalah awalan, tolakan, melayang dan pendaratan.

1. Teknik Awalan

Teknik Awalan Lompat Jauh

Saat melakukan awalan, seorang jumper harus berlari sekencang mungkin. Biasanya ancang-ancang tersebut akan dilakukan pada lintasan dengan panjang sekitar 30 hingga 45 meter. Berikut beberapa tips melakukan awalan lompat jauh :

  • Posisikan tubuh rileks sebelum memulai ancang-ancang berlari.
  • Kemudian mulailah berlari secara perlahan, lalu naikan kecepatan hingga maksimal.
  • Kendalikan tubuh agar tetap seimbang saat berlari dalam kecepatan tinggi.
  • Saat sudah dekat dengan papan tolakan, lakukan persiapan untuk melakukan lompatan.
  • Latih secara terus menerus agar kalian terbiasa menemukan momentum yang tepat.

2. Teknik Tolakan

Teknik Tolakan Lompat Jauh

Setelah melakukan ancang-ancang dengan berlari, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan tolakan. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi lompatan yang dihasilkan.

Tolakan merupakan proses pemindahan kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal. Dimana kecepatan yang kita peroleh dari awalan lari akan digunakan untuk menghasilkan lompatan yang bukan hanya tinggi, namun juga jauh.

Berikut ini beberapa cara melakukan tolakan :

  • Gunakan kaki dominan (kiri atau kanan) untuk melakukan tolakan.
  • Saat melakukan tumpuan, posisikan tubuh condong ke depan.
  • Lakukan tolakan kemudian angkat kedua lutut ke depan hingga tertekuk.
  • Ayunkan kedua tangan ke depan mengikuti gerak tubuh.

3. Teknik Melayang

Teknik Melayang Lompat Jauh

Saat sudah berhasil melakukan tolakan dan melompat, langkah selanjutnya adalah menjaga posisi tubuh saat melayang di udara. Kalian harus mampu menjaga kesimbangan tubuh sembari melakukan gerakan untuk menghasilkan jarak lompatan yang lebih jauh.

Berikut beberapa tips untuk melakukan gerakan melayang di udara :

  • Sesaat setelah melakukan tolakan, angkat kedua lutut hingga tertekuk.
  • Kemudian turunkan keduanya setelah melayang di udara.
  • Dorong pinggul ke arah depan dan busungkan dada dengan kedua tangan ke arah belakang.
  • Ketika tubuh sudah mulai turun, ayunkan kedua kaki dan tangan ke depan serta bungkukan posisi tubuh.
  • Mulai persiapkan kedua kaki untuk melakukan pendaratan.

4. Teknik Pendaratan

Teknik Pendaratan Lompat Jauh

Teknik dasar terakhir yang harus dipelajari adalah melakukan pendaratan. Kenapa hal ini begitu penting? Karena sebuah pendaratan harus betul-betul dilakukan dengan baik dan benar untuk menghindari terjadinya cidera.

Selain itu, teknik pendaratan juga akan mempengaruhi hasil jarak lompatan. Apabila seseorang tidak dapat melakukan pendaratan dengan baik dan justru jatuh ke arah belakang, hal tersebut akan sangat merugikan hasil jarak lompatan.

Berikut ini tips dasar untuk melakukan pendaratan yang baik dan benar :

  • Saat akan mendarat, usahakan untuk tetap fokus.
  • Arahkan kedua kaki sejajar ke depan dengan posisi tumit berhimpitan.
  • Saat tumit menyentuh tanah, usahakan cocok agak condong ke depan dengan lutut sedikit ditekuk,
  • Dorong pinggul ke depan agar tubuh tidak jatuh ke arah belakang.
  • Saat sudah berhasil mendarat, jangan pernah kembali melewati papan tolakan karena hal tersebut melanggar peraturan. Silahkan keluar dari sisi samping bak pasir.

Demikian pembahasan tentang teknik-teknik dasar dalam olahraga lompat jauh. Meski terlihat begitu sederhana, namun cabang atletik yang satu ini membutuhkan latihan yang keras dan rutin agar mampu menghasilkan lompatan dengan jarak yang jauh.


Danang Febriyandra Seorang yang suka dunia anime yang sangat akut, suka belajar hal baru.


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nasi Tumpeng
  2. Opor Ayam Kuning
  3. Dalgona Coffee
  4. Tongseng Sapi
  5. Rawon Daging Sapi
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *