10+ Contoh Biografi Lengkap: Struktur, Jenis

By

contoh teks biografi

Biografi adalah suatu cerita yang menceritakan perjalanan hidup yang dialami oleh seseorang. Atau meringkas cerita hidup dari seseorang. Biografi berisikan mengenai pengalaman atau daftar riwayat hidup dari seseorang yang biasanya dituangkan ke dalam beberapa kalimat atau paragraf yang dapat juga dijadikan menjadi sebuah buku.

Contoh teks biografi biasanya menunjukkan mengenai kehidupan dari masa hidupnya atau sejak lahir sampai saat ini. Secara umum teks biografi dituliskan oleh orang lain dan menceritakan orang lain pula. Agar kamu dapat mengetahui lebih jelas tentang contoh biografi, maka simak uraian di bawah ini.

 

Pengertian Biografi

contoh biografi

Kata biografi sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “Biogeaphia” yang terdiri dari dua makna yaitu “bio” yang artinya adalah hidup dan kata “graphien” yang artinya adalah menulis. Jadi dapat kita simpulkan bahwa arti dari biografi adalah tulisan yang berisikan tentang hidup. Biografi juga merupakan tulisan mengenai riwayat hidup dari seorang.

Biografi berisikan mengenai kisah atau cerita dari seseorang dalam menjalani kehidupannya. Hal yang diceritakan dapat berupa kekurangan, kelebihan atau masalah dan lain sebagainya yang dapat dijadikan sebagai teladan bagi orang banyak. Biografi juga dapat ditulis untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain.

 

 

Struktur Biografi

Contoh penulisan biografi terdapat struktur atau urutan dan tatanan agar dapat menjadi suatu teks biografi yang baik. Berikut ini merupakan struktur teks biografi yang terdiri dari orientasi, bagian peristiwa dan masalah, serta reorientasi.

 

1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian pertama atau awal dalam pembuatan suatu biografi. Pada bagian orientasi suatu teks biografi berisikan mengenai gambaran awal dari tokoh yang banyak diceritakan.

 

2. Peristiwa dan Masalah

Pada pada bagian peristiwa dan masalah suatu teks biografi berisikan mengenai penjelasan dari suatu cerita yang berdasarkan dari seseorang yang baik itu pemecahan masalah, panggil sayang kamu peristiwa yang menyenangkan, dan kesedihan serta menegakkan. Yang berdasarkan dari keseluruhan cerita tersebut kemudian terdapat tahapan tes seseorang tersebut menuju kesuksesan.

 

3. Reorientasi

Reorientasi merupakan struktur atau bagian tahapan terakhir pada teks biografi. Pada biografi bagian reorientasi berisikan mengenai pandangan atau sudut pandang dari si penulis kepada tokoh atau seseorang yang diceritakan dalam biografi tersebut. Reorientasi ini bersifat opsional semata, sehingga pada bagian reorientasi dapat ditulis oleh si penulis atau pun tidak.

Baca Juga : Teks Inspiratif Lengkap

 

 

Jenis – Jenis Biografi

jenis jenis biografi

Salah kita ketahui pengertian dari biografi dan struktur penyusun dari teks biografi yang telah dijelaskan di atas, selanjutnya perlu kamu ketahui terdapat beberapa jenis teks biografi yang dapat dibedakan dan dikelompokkan berdasarkan jenis-jenisnya.

1. Biografi Berdasarkan Sisi Penulis

Berikut ini  adalah beberapa jenis biografi berdasarkan sisi penulis, antara lain.

a. Autobiografi

Autobiografi adalah jenis teks riwayat hidup atau menceritakan tentang kehidupan yang dialami oleh seseorang semasa hidupnya dan ditulis oleh tokoh yang bersangkutan sendiri.

 

b. Biografi

Kemudian selanjutnya jenis teks biografi dimana teks ini berisikan mengenai riwayat hidup atau cerita seseorang semasa hidupnya dalam mengarungi kehidupannya, hal yang diceritakan dapat berupa kelebihan, kekurangan atau masalah. Di dalam teks biografi yang membedakan dengan autobiografi adalah penulisannya yang dituliskan oleh orang lain.

 

2. Biografi Berdasarkan Isi Penulisan

Berikut ini adalah jenis biografi berdasarkan isi penulisan, antara lain.

a. Authorized Biography

Authorized Biography merupakan contoh biografi dimana perusahaan telah mendapatkan isi atau pengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan mengenai cerita semasa hidupnya di dalam teks biografi yang dibuatnya.

b. Unauthorized Biography

Dalam penulisan unauthorized biography penulisan di dalam biografi tersebut tanpa adanya izin pengetahuan dari tokoh atau orang yang akan di ceritakan kisah hidupnya. Pada umumnya dalam penulisan unauthorized biography dapat terjadi karena dapat saja tokoh atau orang yang diceritakan tersebut telah wafat.

 

3. Biografi Berdasarkan Isinya

Berikut ini adalah beberapa jenis biografi berdasarkan isinya, antara lain.

a. Biografi Perjalanan Hidup

Biografi perjalanan hidup berisikan mengenai perjalanan hidup secara lengkap dari seorang tokoh ataupun yang lainnya dan dapat pula diambil dari bagian-bagian tertentu yang dianggap dapat memiliki atau terkandung pesan tertentu.

b. Biografi Perjalanan Karir

Biografi perjalanan karir berisikan mengenai perjalanan karir seorang tokoh atau yang lainya, yang dimulai dari awal sampai dengan jenjang karir yang telah dilakukan sampai saat ini. Biografi perjalanan karir dapat juga mengisahkan mengenai kesuksesan yang telah dicapai dari seseorang atau tokoh yang diceritakan.

Baca Juga : Struktur Teks Anekdot Lengkap

 

4. Berdasarkan Persoalan

Berikut ini adalah jenis biografi berdasarkan persoalan, antara lain.

a. Biografi Politik

Biografi politik adalah geografi yang menceritakan cerita dari seorang tokoh dalam bidang politik atau tokoh yang berhubungan dengan negara. Jenis biografi ini dituliskan berdasarkan dari kumpulan bahan-bahan atau informasi berdasarkan dari data yang didapat aau riset yang ada.

Akan tetapi, geografi politik pada umumnya tidak terlepas kepentingan atau syarat yang harus dipenuhi untuk dapat menulis biografi politik tersebut.

b. Biografi Intelektual

Biografi intelektual pada umumnya hampir sama dengan jenis biografi politik. Bersama dari kedua jenis biografi tersebut terdapat pada kumpulan bahan yang didapatkan dari data yang ada berdasarkan riset. Akan tetapi pada biografi intelektual, gaya bahasa yang digunakan dalam jenis biografi ini dalam bentuk gaya bahasa ilmiah.

Biografi Jurnalistik

Biografi jurnalistik ditulis atau dibuat berdasarkan dari hasil wawancara terhadap tokoh atau orang yang nantinya akan dibuatkan biografi. Hasil dari wawancara tersebut dijadikan sebagai bahan rujukan untuk dapat mendukung data atau informasi mengenai tokoh atau orang yang diceritakan.

 

5. Berdasarkan Penerbit

Berikut ini adalah beberapa jenis biografi berdasarkan penerbitnya, antara lain.

 

a. Buku Sendiri

Suatu biografi yang diterbitkan oleh buku sendiri merupakan biografi yang menceritakan tokoh atau seseorang yang dijadikan suatu buku atau sebuah buku oleh  peneebit sendiri atau penulis dengan biaya produksi yang berasal dari penulisan dan percetakan serta pemasaran yang ditanggung sendiri oleh penulis.

Tujuan dari ditulisnya biografi dengan penerbit buku sendiri agar aku dijual di pasaran atau bahkan untuk mendapatkan perhatian publik.

b. Buku Subsidi

Dalam penulisan biografi dengan penerbit buku subsidi biaya produksi ditanggung oleh yang bekerjasama dengansi penulis biografi. Secara umum biografi jenis ini apabila aku maka harga jualnya pun sangat tinggi dan bahkan kurang terjangkau.

 

 

Ciri – Ciri Biografi

Sebelum diberikan contoh biografi terlebih dahulu kita membahas lebih jauh dan mendetail tentang biografi. Terdapat ciri-ciri yang dimiliki oleh suatu teks biografi, ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Satu teks biografi berisikan mengenai informasi yang aktual atau berdasarkan dari fakta yang berupa pengalaman hidup atau perjuangan hidup dari tokoh atau seseorang yang diceritakan atau dipaparkan oleh si penulis.
  • Di dalam biografi terdapat beberapa struktur atau susunan seperti orientasi, peristiwa damn masalah serta reorientasi.
  • Seperti penjelasan diatas bahwa biografi berisikan mengenai segela sesuatu yang bersifat fakta dan berisikan mengenai pengalaman hidup dari tokoh untuk dapat memecahkan masalah yang kemudian masalah tersebut dapat terselesaikan dan dapat sukses serta disajikan sebagai teladan.
  • Hak yang harus diperhatikan dalam teks biografi selanjutnya antara lain adalah sebagai berikut: judul, cerita yang menarik, berisikan sesuatu yang memotivasi, menceritakan tentang seorang tokoh yang menarik.

Baca Juga : Struktur Teks Eksplanasi Lengkap

 

 

Contoh Biografi

Berikut ini merupakan pendapat beberapa contoh biografi yang akan dipaparkan dan dijelaskan dalam artikel kali ini.

 

1. Contoh Biografi BJ Habibie

contoh biografi

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal dengan BJ Habibie merupakan Presiden Ketiga RI. Darah asli Sulawesi Selatan mengalir dalam dirinya, ia lahir di Kota Pare-Pare pada 25 Juni 1936. Semasa SMA, beliau mengenyam pendidikan di SMAK Dago di Kota Bandung tahun 1954.

Setelah menamatkan pendidikan atasnya, ia mengambil perkuliahan di ITB. Namun, tidak berselang beberapa bulan, beliau memutuskan untuk bersekolah di Jerman mengikuti jejak teman-temannya. Ia melanjutkan pendidikan perguruan tinggi dengan biaya pribadi berasal dari ibunya R.A.Tuti Puspowardoyo.

Saat pemerintahan dibawah kepemimpinan Ir. Soekarno yang sedang gencar mendanai pemuda cerdas Indonesia. Saat itu para pemuda/i yang cerdas dikirimkan ke luar negeri untuk menimba ilmu. BJ Habibie termasuk dalam rombongan kedua dari banyak pelajar SMA yang mendapat beasiswa pendidikan di luar negeri.

Beliau mengambil jurusan Teknik Penerbangan dengan kekhususan ilmu konstruksi pesawat terbang. pendidikan perkuliahan yang ditempuh beliau bukan sekedar kursus singkat tetapi sekolah dan kerja praktek. Sejak awal masuk perkuliahan, beliau sudah tertarik untuk membuat pesawat terbang komersial untuk Indonesia. Hal tersebut menjadi ide dari Ir. Soekarno, sehingga lahirlah perusahaan strategis.

Dahulu telah lahir PT PAL dan IPTN. Saat ia tinggal di Jerman, beliau membulatkan tekad untuk belajar sungguh-sungguh. Beliau berjanji dalam dirinya tidak akan menyia-nyiakan pengorbanan sang ibu yang membiayai kehidupan sehari-harinya. Beberapa tahun berlalu hingga pada tahun 1955 mahasiswa yang sekolah di sana mendapat beasiswa penuh.

Bagi BJ Habibie, saat liburan bukan menjadi kesempatan untuk bersantai. Melainkan beliau harus bekerja mencari uang untuk membeli buku dan mengikuti ujian. Setelah liburan usai, BJ Habibie lantas tidak pernah meninggalkan kegiatan belajarnya. Pada tahun 1960, beliau berhasil meraih gelar Diploma Ing, dari Technische Hochschule.

Dengan nilai sangat memuaskan diatas rata-rata 9,5 dan predikat cumlaude. Gelar insinyur yang ia dapatkan membulatkan tekad Habibie untuk memasukkan lamaran kerja di Firma Talbot. Firma tersebut merupakan salah satu industri kereta api besar di Jerman.

Haus akan ilmu pengetahuan lantas BJ Habibie melanjutkan studi di Hochschule Die Facultaet Fure Maschinenwesen. Beliau berhasil mendapatkan gelar doktor dari universitas tersebut. Pada tahun 1962, BJ Habibi berhasil mempersunting tambatan hatinya yaitu Hasri Ainun Habibie. Setelah menikah beliau memboyong sang istri ke Jerman. Kehidupan di Jerman tidak berjalan dengan mudah.

Ia harus melangkahkan kaki cepat untuk berangkat ke tempat kerja demi menghemat biaya. Malam harinya digunakan beliau untuk belajar. Hidupnya yang penuh perjuangan saat awal pernikahan tidak menghentikan semangat beliau belajar. Hingga akhirnya beliau dan istri juga anak-anaknya pulang ke Indonesia dan diamanahkan menjadi Presiden RI Ketiga.

 

2. Contoh Biografi R.A Kartini

contoh biografi

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat merupakan nama lengkap RA Kartini. Ia lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Raden mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan seorang bupati Jepara. Kartini adalah keturunan ningrat. Hal ini bisa dilihat dari silsilah keluarganya.

Kartini adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A Ngasirah yang merupakan putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono yang merupakan seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak sampai Hamengkubuwana VI.

Sudah banyak yang mengupas mengenai pahlawan wanita berpengaruh di Indonesia bahkan dunia yang satu ini. Ibu kita kartini memang menjadi salah satu tokoh pahlawan wanita yang fenomenal di tanah Jawa tepatnya berasal dari Jawa Tengah. Banyak penulis menuturkan biografi RA Kartini dan menceritakan perjalanan hidupnya yang menginspirasi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Sitisoemandari Soeroto dalam bukunya yang berjudul ‘Kartini : Sebuah Biografi’. Dalam buku ini diterangkan tentang silsilah keluarga Kartini, sisi kehidupan yang menjadi saksi perjuangan melalui tulisannya yang sarat akan kritik penyetaraan gender, nasionalisme yang mengunggah sampai ke negeri Belanda.

Kumpulan tulisan kepada sahabat – sahabat penanya di Belanda atau surat – surat yang pernah ia buat dirangkum Armijn Pane dalam sebuah buku yang berjudul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ yang juga menjadi salah satu tema yang pernah ia tuliskan.

Keturunan Kartini saat ini masih ada yang masih hidup dengan silsilah keluarga Kartini. Perjalanan hidup Kartini sampai dengan kontroversi gelarnya yang membuat Indonesia pernah geger pada waktu itu memang masih menjadi tanda tanya dan membuat banyak orang masih tertarik dan ingin tahu terus bagaimana biografi RA Kartini sebagai pahlawan wanita Indonesia.

Karena itu film – film Kartini sampai saat ini masih memiliki cerita – cerita baru dari babak profil dan biografi RA Kartini.

 

3. Contoh Biografi Ahmad Yani

contoh biografi

Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani lahir di Purworejo, Jawa Tengah, 19 Juni 1922 dan meninggal di Lubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965 pada umur 43 tahun. Ia adalah komandan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, dan dibunuh oleh anggota Gerakan 30 September saat mencoba untuk menculik dia dari rumahnya.

Setelah Kemerdekaan Yani bergabung dengan tentara republik yang masih muda dan berjuang melawan Belanda. Selama bulan-bulan pertama setelah Deklarasi Kemerdekaan, Yani membentuk batalion dengan dirinya sebagai Komandan dan memimpin kepada kemenangan melawan Inggris di Magelang.

Yani kemudian berhasil mempertahankan Magelang melawan Belanda ketika ia mencoba untuk mengambil alih kota, mendapat julukan ‘Juru selamat Magelang’.

Sorot lain yang menonjol karier Yani selama periode ini adalah serangkaian serangan gerilya yang diluncurkan pada awal 1949 untuk mengalihkan perhatian Belanda sementara Letnan Kolonel Soeharto dipersiapkan untuk Serangan Umum 1 Maret yang diarahkan pada Yogyakarta.

 

4. Contoh Biografi Imam Bonjol

contoh biografi

Tuanku Imam Bonjol lahir di Bonjol, Pasaman, Sumatra Barat, Indonesia, 1772 dan wafat dalam pengasingan dan dimakamkan di Lotta, Pineleng, Minahasa, 6 November 1864 adalah salah seorang ulama, pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda dalam peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803-1838. Tuanku Imam Bonjol diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan SK Presiden RI Nomor 087/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.

Nama asli dari Tuanku Imam Bonjol adalah Muhammad Shahab, yang lahir di Bonjol pada 1 Januari 1772. Dia merupakan putra dari pasangan Bayanuddin Shahab (ayah) dan Hamatun (ibu). Ayahnya, Khatib Bayanuddin Shahab, merupakan seorang alim ulama yang berasal dari Sungai Rimbang, Suliki, Lima Puluh Kota.

Sebagai ulama dan pemimpin masyarakat setempat, Muhammad Shahab memperoleh beberapa gelar, yaitu Peto Syarif, Malin Basa, dan Tuanku Imam. Tuanku nan Renceh dari Kamang, Agam sebagai salah seorang pemimpin dari Harimau nan Salapan adalah yang menunjuknya sebagai Imam (pemimpin) bagi kaum Padri di Bonjol. Ia akhirnya lebih dikenal dengan sebutan Tuanku Imam Bonjol.

Baca Juga : Teks Persuasi Lengkap

 

5. Contoh Biografi Ki Hajar Dewantara

contoh biografi

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hadjar Dewantara atau Ki Hajar Dewantara, lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889 dan meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun, selanjutnya disingkat sebagai ‘Soewardi’ atau ‘KHD’.

Ia adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

 

6. Contoh Biografi I Gusti Ngurah Rai

contoh biografi

Brigadir Jenderal TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai (lahir di Desa Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali, Hindia Belanda, 30 Januari 1917 dan meninggal di Marga, Tabanan, Bali, Indonesia, 20 November 1946 pada umur 29 tahun) adalah seorang pahlawan Indonesia dari Kabupaten Badung, Bali.

Ngurah Rai memiliki pasukan yang bernama pasukan ‘Ciung Wanara’ yang melakukan pertempuran terakhir yang dikenal dengan nama Puputan Margarana. (Puputan, dalam bahasa bali, berarti ‘habis-habisan’, sedangkan Margarana berarti ‘Pertempuran di Marga’, Marga adalah sebuah desa ibu kota kecamatan di pelosok Kabupaten Tabanan, Bali) Di tempat puputan tersebut lalu didirikan Taman Pujaan Bangsa Margarana.

 

7. Contoh Biografi Oto Iskandar di Nata

contoh biografi

Raden Otto Iskandardinata lahir di Bandung, Jawa Barat, 31 Maret 1897 dan meninggal di Mauk, Tangerang, Banten, 20 Desember 1945 pada umur 48 tahun. Ia adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Ia mendapat nama julukan si Jalak Harupat.

Dalam kegiatan pergerakannya pada masa sebelum kemerdekaan, Otto pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Bandung pada periode 1921-1924, serta sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Pekalongan tahun 1924. Ketika itu, ia menjadi anggota Gemeenteraad (‘Dewan Kota’) Pekalongan mewakili Budi Utomo.

Oto juga aktif pada organisasi budaya Sunda bernama Paguyuban Pasundan. Ia menjadi Sekretaris Pengurus Besar tahun 1928, dan menjadi ketuanya pada periode 1929-1942. Organisasi tersebut bergerak dalam bidang pendidikan, sosial-budaya, politik, ekonomi, kepemudaan, dan pemberdayaan perempuan

 

Demikian yang dapat kali ini pintarnesia sampaikan tentang contoh biografi secara lengkap mulai dari pengertian, struktur, jenis, dan ciri-ciri. Semoga penjelasan diatas dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan menambah ilmu pengetahuan. Jika terdapat penjelasan atau kalimat yang kurang tepat mohon dimaklumi.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Opor Ayam Kuning
  2. Dalgona Coffee
  3. Tongseng Sapi
  4. Rawon Daging Sapi
  5. Rendang Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *