Fanesh Penikmat senja dan pelajar smk jurusan rekayasa perangkan lunak, yang gemar menulis.

Struktur Teks Biografi: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Ciri

3 min read

struktur teks biografi

Teks ini biasa menceritakan pengalaman tokoh lebih tepatnya biografi. Teks biografi pada dasarnya adalah teks yang bertujuan untuk menceritakan kisah seseorang, biasanya orang yang berpengaruh, tokoh publik, politikus, artis, pengusaha dan lainya. Bahkan tak jarang diangkat dalam sebuah film karena kisah hidupnya yang menarik.

Begitu juga teks biografi yang mengangkat tentang hidup orang yang penuh dengan lika – liku disetiap kisahnya. Dimana para penulis tertarik untuk menceritakan kembali kisah hidup seseorang. Layaknya pahlawan, tokoh masyarakat disuatu daerah dan sebagainya.

 

Pengertian Teks Biografi

pengertian teks biografi

Teks biografi adalah teks menceritakan kembali kisah seseorang yang menurut para penulis itu unik dari segi permasalahan, setiap jalan hidupnya atau bahkan sifat baik dan diambil hikmah atau sifat positif dari tokoh tersebut. Biasanya teks biografi bertujuan untuk menceritakan kisah hidup seseorang yang berpengaruh di suatu daerah atau dari kalangan masyarakat yang dianggap istimewa.

 

 

Jenis – Jenis Teks Biografi

Teks biografi juga memiliki 4 jenis, yaitu berdasarkan permasalahan yang dibahas, berdasarkan sisi penulis, berdasarkan sisi penerbit dan berdasakan isinya. Berikut penjelasanya :

 

1. Berdasarkan Permasalahan Yang Dibahas

Berdasarkan sisi ini membahas tentang berdasarkan jurnalistik, biografi poltik dan biografi intelektual. Masing – masing akan dibahas sebagai berikut.

Berdasarkan Jurnalistik

Berdasarkan jurnalisitik adalah yang didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh tersebut dan ditulis sebagai bahan pendukung cerita. Biasanya sang penulis mengajukan berbagai pertanyaan dari segi masalah hingga detail kisah hidupnya.

Berdasarkan Biografi Politik

Berdasarkan biografi politik adalah menceritakan tokoh suatu negara yang dilihat dari sudut pandang politik yang didapatkan dari berbagai kumpulan riset. Namun biografi jenis ini biasanya tidak lepas dari kepentingan penulis atau tokoh yang meminta untuk menuliskan kisah hidupnya.

Berdasarkan Biografi Intelektual

Berdasarkan biografi intelektual tidak ada bedanya dengan biografi politik yang membedai yaitu didapatkan dari berbagai riset namun gaya penulisan menggunakan bahasa ilmiah.

 

2. Berdasarkan Sisi Penulis

Biografi adalah teks menceritakan kembali kisah seseorang yang menurut para penulis itu unik dari segi permasalahan, setiap jalan hidupnya atau bahkan sifat baik dan diambil hikmah atau sifat positif dari tokoh tersebut.

Autografi adalah teks yang menceritakan kisanya sendiri dan ditulis oleh diri sendiri.

 

3. Berdasarkan Sisi Penerbit

Buku pribadi, ditulis secara pribadi atau kisah tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan semua biaya mulai dari produksi, percetakan, pemasaran menggunakan dana pribadi. Bertujuan untuk saat dipasarkan bisa menambah lakunya buku dan mendapatkan perhatian dari berbagai publik.

Buku subsidi, penulisan tokoh yang mendapat biaya dari sponsor. Namun sistem ini sulit untuk dijual karena harga yang terlalu tinggi dan sulit dijangkau bagi kalangan biasa.

 

4. Berdasarkan Isi

Dapat diambil dari perjalanan hidup, yang dimana setiap perjalanan hidup tokoh diangkat secara lengkap yang diambil dari kesan dan sifat positif oleh tokoh tersebut.

Dapat diambil dari perjalanan karir, yang dimana setiap perjalanan karir tokoh berawal dari banyaknya kegagalan hingga mencapai titik sukses.

 

 

Tujuan Teks Biografi

contoh resensi buku

Teks biografi bertujuan untuk menceritakan kisah tokoh yang istimewa guna dapat diambil sifat positifnya dan untuk menjadi panutan saat diterbitkan ke sebuah buku. Biasanya dari tokoh tersebut kita mendapat begitu semangat, motivasi, bangkit dari kegagalan dan hal lainya.

 

 

Struktur Teks Biografi

Teks biografi mempunyai 3 struktur yaitu orientasi, permasalahan atau peristiwa dan reorientasi yang akan di jelasakan sebagai berikut :

 

1. Orientasi

Bagian ini berisi tentang pengenalan suatu tokoh dari gambaran awal tentang tokoh tersebut dalam teks biografi. Orientasi bertujuan memperkenalkan sang tokoh sebelum memulai permasalahan atau peristiwa.

 

2. Permasalahan atau Peristiwa

Bagian ini berisi tentang permasalah yang dihadapi tokoh. Bisa berisi tentang yang dialami tokoh mulai dari pengenalan masalah, penyelesaian masalah dan kesan – kesan lain yang dialami oleh tokoh tersebut.

 

3. Reorentasi

Bagian ini berisi tentang berisi tentang padangan penulis kepada sang tokoh yang diceritakan dan bagian ini bersifat opsional semata atau boleh dituliskan bahkan tidak dituliskan. Juga reorientasi bisa memberikan kesimpulan dari sang penulis kepada tokoh yang diceritakan.

 

 

Ciri – Ciri Teks Biografi

Ada beberapa hal mengenai ciri – ciri teks biografi, ciri – ciri tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Teks biografi berisi tentang fakta yang dialami oleh tokoh dan ditulis oleh sang penulis. Jadi, teks biografi bukan cerita fiksi belaka dan pada teks biografi tidak boleh melebih – lebih terhadap tokoh yang ditulis.
  2. Harus ditulis menggunakan bahasa yang jelas, lugas, serta tidak terlalu banyak menggunakan ungkapan atau pun majas. Dimana menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh para pembaca agar setiap pembaca maksud dengan isi cerita dari tokoh tersebut.
  3. Memiliki struktur yang jelas dan berbeda dengan teks fiksi yang membebaskan strukturnya. Teks biografi juga harus menggunakan alur yang jelas agar para pembaca lebih mudah untuk membaca cerita tersebut.

 

Nah kurang lebih itu penjelasan tentang Teks Biografi. Semoga dapat memberikan manfaat dan dapat membantu kalian yang telah membaca. Jangan lupa untuk terus mensupport Pintarnesia agar senantiasa memberikan info – info terupdate yang dapat membantu kalian. Sekian dan terima kasih.

Fanesh Penikmat senja dan pelajar smk jurusan rekayasa perangkan lunak, yang gemar menulis.
DarkLight