Teks Ceramah: Pengertian, Tujuan, Ciri, Kaidah, Unsur

By

pengertian ceramah

Pidato merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan pada saat terdapat acara tertentu salah satunya ceramah, mungkin jika kalian mendengar kata ceramah kalian pasti akan mengkaitkan dengan pengajian atau hal-hal berbau keagaamaan lainnya.

Ceramah merupakan pidato yang sampaikan pada saat diadakannya kegiatan tertentu khususnya yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ceramah ini, simak uraian dibawah.

 

Pengertian Ceramah

pengertian ceramah

Ceramah adalah kegiatan menyampaikan atau menyiarkan pesan dengan tujuan untuk memberi nasehat ataupun petunjuk secara lisan kepada pendengarnya di depan khalayak umum, pada umumnya ceramah ini berisi tentang ajaran-ajaran agama termasuk kisah tertentu yang masih berhubungan dengan keagamaan.

 

1. Pengertian Ceramah Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Berdasarkan KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia ceramah merupakan salah satu cara belajar mengajar yang menekankan pada pemberitahuan satu arah dari seorang pengajar kepada para pelajar.

 

2. Pengertian Ceramah Menurut Dimyati Dkk

Berdasakan pendapat yang disampaikan oleh Dimyati Dkk ceramah merupakan sebuah bentuk interaksi belajar mengajar yang dilakukan melalui penuturan dan penjelasan secara lisan oleh seorang guru terhadap sekelompok anak didiknya.

Fakta bahwa ceramah itu sangat dipengaruhi oleh kepribadian dan kemampuan guru yang didapatkan dari pengalaman-pengalaman hidupnya serta bakat yang dimiliki dan penguasaan materi.

Seorang guru atau penceramah harus memiliki keterampilan yang baik dalam mengemas sebuah informasi dalam sebuah ceramah lisan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Kualitas ceramah ini dipengaruhi oleh gaya bahasa, penampilan suara, prosedur, kelancaran, dan sebagainya yang membuat para audiens lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan.

 

3. Pengertian Ceramah Menurut M. Basyiruddin Usman

Bedasarkan pendapat yang disampaikan oleh M. Basyiruddin Usman ceramah merupakan sebuah teknik penyampaian pesan dalam pelajaran yang sudah lazim disampaikan oleh seorang guru di sekolah. Ceramah diartikan sebagai sebuah cara penyampaian dan penjelasan bahan secara lisan oleh seorang guru bila mana diperlukan.

 

4. Pengertian Ceramah Menurut Muhibbin Syah

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Muhibbin Syah ceramah merupakan satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi. Selain itu, ceramah juga sangat efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan daya paham siswa.

 

5. Pengertian Ceramah Sumantri M. Dkk

Berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Sumantri M. Dkk ceramah merupakan penyajian pelajaran oleh seorang penceramah dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada orang yang mendengarkannya.

Ceramah merupakan suatu metode yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh para pengajar atau guru di sekolah.Hal ini menunjukkan bahwa dalam ceramah ini mudah digunakan dan efektif dalam menyampaikan informasi.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Kalimat Persuasif dalam Ceramah

 

 

Tujuan Ceramah

Ceramah yang disampaikan pada kegiatan tertentu memiliki beberapa tujuan antara lain sebagai berikut.

  1. Informatif atau Instruktif : merupakan tujuan ceramah untuk memberikan informasi kepada pendengar mengenai hal tertentu agar pendengar dapat mengerti dan memahami informasi yang telah diberikan.
  2. Persuasif : merupakan tujuan ceramah untuk mengajak dan mempengaruhi pendengar supaya menjalankan hal tertentu yang bersifat membawa kearah yang lebih baik.
  3. Argumentatif : merupakan tujuan ceramah untuk meyakinkan pendengar mengenai hal tertentu yang telah disampaikan sehingga pendengar dapat lebih percaya terhadap hal yang telah disampaikan.
  4. Deskriptif : merupakan tujuan ceramah untuk memberi gambaran mengenai suatu keadaan hal tertentu agar para pendengar dapat membayangkan informasi umum mengenai hal yang disampaikan.
  5. Rekreatif : merupakan tujuan ceramah untuk menghibur dan pendengar gembira sehingga para penggemar tidak bosan dan merasa puas.
  6. Naratif : merupakan tujuan ceramah untuk menceritakan hal tertentu yang berhubungan dengan topik ceramah kepada para pendengar.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks Ceramah

 

 

Ciri – Ciri Ceramah

ciri - ciri ceramah

Meskipun termasuk kedalam kategori pidato namun ceramah memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis ceramah lain antara lain sebagai berikut.

  • Pembicara atau orang yang menyampaikan ceramah merupakan seseorang yang ahli atau berpengalaman terhadap bidang atau hal tertentu.
  • Ceramah harus memiliki struktur yang lengkap mulai dari pendahuluan, isi dan penutup.
  • Isi atau topik ceramah harus sesuai dengan kegiatan yang diadakan.
  • Ceramah yang disampaikan harus objektif, jelas dan benar.
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami, baik dan benar sesuai kaidah bahasa.
  • Usahakan agar topik ceramah tidak akan menimbulkan pertentangan dalam masyarakat.

 

 

Kaidah Kebahasaan Dalam Ceramah

kaidah kebahasaan ceramah

Karena berisi informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat luas maka ceramah memiliki kaidah kebahasaan yang perlu diperhatikan anatar lain sebagai berikut

  • Kalimat yang digunakan dalam ceramah menggunakan kalimat tunggal atau simpleks dan majemuk atau kompleks.
  • Mencantumkan kata kerja mental dalam ceramah seperti kata memprihatinkan.
  • Gunakan kalimat dengan kata-kata yang memiliki hubungan argumentatif atau sebab akibat hal satu dengan hal lainnya.
  • Gunakan kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak, deklaratif dan imperatif.
  • Mencantumkan kata istilah yang berhubungan dengan topik ceramah.
  • Menggunakan kata sapaan orang kedua atau ketiga sesuai dengan adat, budaya dan bahasa pada derah tersebut namun tetap sopan santun sesuai dengan situasi dan kondisi.

 

 

Unsur – Unsur Ceramah

ciri - ciri ceramah

Unsur-unsur dalam ceramah terbagi menjadi tiga hal antara lain sebagai berikut.

 

1. Penceramah

Pernceramah merupakan orang yang paling penting dalam sebuah kegiatan ceramah karena merupakan seseorang yang menyampaikan informasi dalam kegiatan tersebut. Penceramah yang dipilih haruslah seseorang yang berilmu atau berpengalaman terhadap suatu bidang tertentu terutama topik yang akan disampaikan.

 

2. Pendengar

Pendengar juga merupakan hal yang penting karena tanpa adanya pendengar maka penceramah akan berbicara sendiri. Pendengar merupakan orang yang menerima nasehat, petunjuk ataupun ajakan dari penceramah dari segalan kalangan masyarakat.

 

3. Materi

Materi merupakan topik yang akan disampaikan pada saat kegiatan ceramah, biasanya materi dalam ceramah berisi ajaran-ajaran tertentu dari suatu agama dengan susunan yang sistematis dan sesuai kaidah kebahasaan agar pendengar lebih mudah memahami.

Ceramah yang baik merupakan ceramah yang dapat membuat pendengarnya termotivasi, terdorong dan tergugah agar melaksanakan nasehat baik yang disampaikan dalam ceramah.

 

4. Metode Ceramah

Metode ceramah merupakan cara yang digunakan oleh penceramah pada saat menyampaikan materi. Metode ceramah ini terbagi menjadi empat jenis yaitu.

  1. Impromptu : metode ceramah tanpa persiapan, biasanya metode ini digunakan pada kegiatan tertentu yang bersifat mendadak atau tidak memiliki banyak waktu, namun ada juga penceramah yang sengaja melakukan metode ini karena telah terbiasa.
  2. Menghafal : metode ceramah dengan mempersiapkan materi kemudian mencatatnya dan menghafalnya.
  3. Membaca Naskah : metode ceramah dengan mempersiapkan materi lalu membawanya ke panggung dalam bentuk naskah materi lengkap.
  4. Ekstemporan : metode ceramah yang hanya menuliskan pokok-pokok pikiran materi sebagai catatan pengingat lalu membawanya pada saat ceramah dalam bentuk catatan kecil saja dan dugunakan sesekali jika lupa materi.

 

5. Media Ceramah

Media ceramah merupakan alat dan tempat yang digunakan pada saat ceramah, pada saat ini ceramah tidak hanya dilakukan di tempat ibadah saja namun juga dapat melalui media televisi, radio dan internet.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Pidato Tentang Pendidikan

 

Nah sekarang kalian sudah paham kan apa saja ceramah itu, memang hampir sama dengan jenis pidato lainnya namun terdapat beberapa hal yang membedakannya salah satu yang paling mudah diingat adalah materi yang disampaikan lebih khusus pada ajaran agama.

Demikian sedikit informasi mengenai Teks Ceramah: Pengertian, Tujuan, Ciri, Kaidah, Unsur. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Termakasih.

Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Opor Ayam Kuning
  2. Dalgona Coffee
  3. Tongseng Sapi
  4. Rawon Daging Sapi
  5. Rendang Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *