10+ Contoh Teks Cerita Sejarah: Struktur + Singkat

By

contoh cerita sejarah

Teks Cerita Sejarah – Seperti yang telah kita tahu bahwa teks cerita sejarah yaitu termasuk teks yang berfungsi untuk menjelaskan atau menceritakan kembali tentang kejadian yang merupakan fakta yang telah terjadi pada masa lalu yang menjadi latar belakang dari terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah. Untuk lebih memahami secara lebih jelas lagi mengenai teks cerita sejarah maka simak uraian di bawah ini.

 

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan dan juga menceritakan mengenai fakta serta kejadian yang telah terjadi pada masa lalu serta memiliki nilai-nilai sejarah. atau dapat dikatakan pula bahwa pengertian dari teks cerita sejarah adalah teks yang berdasarkan dari catatan-catatan suatu peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau dan kemudian dikembangkan dengan berdasarkan dari bukti-bukti yang ditemukan yang kemudian nantinya akan menjadi teks kenyataan sejarah.

 

 

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri teks cerita sejarah, antara lain.

  1. Terdapat pula ciri-ciri dari teks cerita sejarah antara lain adalah sebagai berikut:
  2. Bentuk cerita kata dari teks cerita sejarah yaitu recount
  3. Memiliki struktur teks orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi.
  4. Isi teks yang disajikan merupakan fakta.
  5. Dalam teks cerita sejarah tersebut sering terdapat konjungsi temporal.
  6. Disajikan berdasarkan dari urutan peristiwa atau secara kronologis.

 

 

Struktur Teks Cerita Sejarah

Dalam teks cerita sejarah memiliki 3 unsur yang harus ada. Dan ketiga unsur tersebut antara lain adalah sebagai berikut yaitu:

 

1. Orientasi

Pada bagian ini berisikan tentang pengenalan serta pembukaan dari suatu teks cerita sejarah. Biasanya teks cerita sejarah ini berisikan tentang penjelasan singkat berdasarkan dari suatu peristiwa pada masa lampau yang diceritakan.

 

2. Urutan Peristiwa

Pada bagian ini biasanya suatu teks cerita sejarah berisikan tentang kejadian peristiwa yang disampaikan secara berurutan atau diceritakan dari waktu awal kejadian sampai pada akhir kejadian suatu cerita. Pada bagian ini merupakan bagian yang penting dari teks cerita sejarah yang dituliskan secara lebih rinci dan mendetail sehingga para pembaca akan lebih memahami hal-hal yang sebenarnya terjadi pada masa lalu.

 

3. Reorientasi

Dasi adalah bagian terakhir dari suatu teks cerita sejarah. Biasanya pada bagian ini teks cerita sejarah berisikan tentang komentar pribadi yang berasal dari si penulis itu sendiri tentang suatu peristiwa yang ditulisnya. Akan tetapi terdapat juga beberapa teks cerita sejarah yang tidak menambahkan penutup seperti ini.

 

Contoh Teks Cerita Sejarah

Untuk dapat lebih memahami lagi secara mendalam teks cerita sejarah maka simaklah beberapa contoh dari teks cerita sejarah singkat berikut ini.

 

1. Teks Cerita Sejarah Tsunami Aceh

Orientasi

Peristiwa yang sangat menyedihkan yang terjadi di di bumi serambi Mekkah Aceh. Merupakan gempa bumi dan juga tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 tepatnya pada hari Minggu pagi, tanggal 26 Desember. Terdapat kurang lebih 500.000 nyawa yang melayang dalam sekejap yang ada di seluruh tepian dunia yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia.

Di daerah Aceh merupakan korban jiwa yang terbesar di dunia dan terdapat pula ribbon mayat yang tidak dapat ditemukan serta ribuan mayat pula yang dikuburkan secara massal.

Urutan Peristiwa

Gempa yang terjadi di di Aceh tepatnya yaitu pukul 7:58:53 WIB. Pusat gempa yang terletak pada bujur 3.316° N 95.854° E yaitu kurang lebih 160 KM sebelah barat Aceh sedalam 10 km. Gempa yang terjadi di Aceh tersebut memiliki kekuatan 9,3 Menurut skala Richter berdasarkan dari kekuatan tersebut gempa bumi ini adalah gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir yang menghantam wilayah Aceh, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.

Kepanikan ini terjadi dalam durasi yang tercatat paling lama dalam sejarah kegempaan bumi, yaitu sekitar 500-600 detik (sekitar 10 menit). Beberapa pakar gempa mengatakan menganalogikan kekuatan gempa ini, mampu membuat seluruh bola Bumi bergetar dengan amplitude getaran diatas 1 (satu) cm. Gempa yang berpusat di tengah samudera Indonesia ini, juga memicu beberapa gempa bumi diberbagai tempat didunia.

Gempa yang mengakibatkan tsunami menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.

Kekuatan gempa pada awalnya dilaporkan mencapai magnitude 9.0. Pada Februari 2005 dilaporkan gempa berkekuatan magnitude 9.3. Meskipun Pacific Tsunami Warning Center telah menyetujui angka tersebut. Namun, United States Geological Survey menetapkan magnitude 9.2. atau bila menggunakan satuan seismik momen (Mw) sebesar 9.3.

Kecepatan rupture diperkirakan sebesar 2.5km/detik ke arah antara utara – barat laut dengan panjang antara 1200 hingga 1300 km. Menurut Koordinator Bantuan Darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Jan Egeland, jumlah korban tewas akibat badai tsunami di 13 negara (hingga minggu 2/1/2005) mencapai 127.672 orang.

Di Indonesia, gempa dan tsunami menelan lebih dari 126.000 korban jiwa. Puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh di ujung Sumatera. Di Banda Aceh, sekitar 50% dari semua bangunan rusak terkena tsunami. Tetapi, kebanyakan korban disebabkan oleh tsunami yang menghantam pantai barat Aceh.

Pemerintahan daerah Aceh lumpuh total, saat terjadi gempa bumi dan Tsunami Aceh, kebetulan di Jakarta sendiri sedang di adakan acara Halal Bi Halal masyarakat Aceh pasca menyambut lebaran Idul Fitri. Gempa Bumi yang terjadi pada jam 08:00 WIB dengan 9 Skala Richter Pada tanggal 26 Desember 2004, gempa Bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh.

Tepat jam 09:00 WIB satu persatu masyarakat Aceh yang hadir di Istora Jakarta panik karena hubungan telepon seluler ke Aceh putus total, mata mereka pada berkaca-kaca.

Reorientasi

Peristiwa ini adalah salah satu peristiwa yang cukup mengenaskan dan merupakan peristiwa yang paling banyak memakan korban yang pernah ada dan terjadi di Indonesia. Semoga kejadian ini tidak akan terjadi lagi di negeri yang tercinta kita ini.

 

 

2. Teks Cerita Sejarah Internet

Orientasi

internet adalah salah satu jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika serikat yaitu pada tahun 1969, proyek ARPA yang dinamakan ARPANET (Advance Research Project Agency Network), yang mana kemudian mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer yang berbasis UNIX, kita dapat melakukan komunikasi dengan jarak yang tidak terhingga dengan melalui sebuah saluran telepon dan juga media yang lainnya.

Proyek ARPANET (advanced research Project agency network) merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan juga seberapa besar informasi yang dapat dipindahkan, dan kemudian akhirnya semua standar yang sudah mereka tentukan menjadi cikal bakal dalam pembangunan protokol baru PT saat ini dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Urutan Peristiwa

Pertama kali ARPANET hanya dapat menghubungkan 4 situs yaitu university of California, Santa Barbara, Stanford Research Institute, university of Utah, yang mana mereka membentuk satu jaringan terpadu yaitu pada tahun 1969, dan ARPANET mulai dikenalkan pada bulan Oktober tahun 1972.

kemudian tidak lama setelah itu proyek ini langsung berkembang pesat di seluruh lapisan daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung di dalamnya, hal tersebut membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh karena itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” yang digunakan untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru namun lebih kecil untuk keperluan non militer misalnya seperti beberapa universitas.

Gabungan dari kedua jaringan tersebut akhirnya dikenal dengan DARPA internet, yang kemudian disederhanakan lagi menjadi internet.

Reorientasi

Pada saat ini internet telah menjadi hal yang yang sangat penting bagi kehidupan manusia dari semua kalangan, misalnya seperti bagi seseorang yang melakukan pendidikan. yang mana Dengan adanya internet maka mereka dapat mendapatkan informasi yang tidak ada di perpustakaan sekolah.

Baca Juga : 15+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan: Lengkap

 

3. Teks Cerita Sejarah Instagram

Orientasi

Instagram adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membagikan foto yang akan memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, menerapkan filter digital, dan dapat membagikan ke berbagai layanan jejaring sosial, terutama memiliki Instagram sendiri. Secara bahasa kata “insta” diambil dari kata “instan”.

Sama halnya dengan kamera Polaroid yang pada saat itu dikenal dengan sebutan “foto instan” dan untuk kata “gram” yang mau diambil dari kata “telegram” yang cara kerjanya itu untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Urutan Peristiwa

Perusahaan Burbn, Inc. berdiri sejak tahun 2010, perusahaan teknologi startup dimana hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam tersebut. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML 5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja

Kemudian setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat suatu ide yang bagus, dan kemudian pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn. Akan tetapi di dalamnya masih terdapat beberapa hal yang belum sempurna.

Dimana pada versi Bubn yang telah final, aplikasi yang telah dapat digunakan yaitu iPhone gimana isinya terlalu banyak disertai dengan fitur-fitur canggihnya.

Sweater Kevin systrom dan juga Mike Krieger untuk dapat mengurangi fitur-fitur yang ada, dengan memulai lagi dari awal. Namun akhirnya mereka hanya dapat memfokuskan pada bagian foto, komentar dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto yang telah di upload atau dibagikan. Jangan begitulah kemudian akhirnya terciptalah Instagram.

Pada tanggal 9 April tahun 2012, diumumkan jika Instagram akan segera diambil alih oleh Facebook dengan nilai yaitu hampir $1 Milyar di mana dalam bentuk tunai dan juga saham.

Reorientasi

Sekarang ini berbagai kalangan mulai dari anak muda sampai dengan orang tua memiliki akun Instagram dikarenakan semakin populernya aplikasi ini.

 

4. Teks Cerita Sejarah R.A Kartini

Orientasi

Raden Ajeng Kartini atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Ibu Kartini. dia adalah salah satu keturunan keluarga yang terpandang yang lahir pada tanggal 21 April Tahun 1879. Dan keluarganya yang mewariskan sesuatu hal yaitu pendidikan.

RA Kartini pernah duduk di bangku sekolah dasar sampai ia tamat sekolah dasar. Gerakan yang tidak pernah puas akan ilmu pengetahuan yang didapatnya dan membuat beliau ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Akan tetapi keinginan tersebut bertentangan dengan pendapat dari ayahnya untuk dapat melanjutkan pendidikan. Mengetahui sikap dari ayahnya yang menentang melanjutkan pendidikan RA Kartini, kemudian dia sedih dan tidak bisa untuk mengubah keputusan dari ayahnya.

Urutan Peristiwa

Ada yang berasal dari keluarganya yaitu seorang gadis atau wanita yang belum menikah maka belum diperbolehkan untuk keluar rumah atau juga disebut dengan dipingit. Waktu luangnya apakah RA Kartini membaca buku ilmu pengetahuan yang ia miliki.

Beliau memang kemarin untuk membaca buku atau kutu buku dan menjadi kesehariannya saat ia memiliki banyak waktu luang. Bahkan dia tidak takut untuk bertanya kepada ayahnya bila dia tidak mengerti atau kurang paham.

Kartini mempunyai teman yang banyak yang berada di Belanda dan sering berkomunikasi dengan. Bahkan pernha meminta kepada Mr.J.H. Abendanon untuk memberikan dirinya beasiswa agar dapat bersekolah di Belanda. Meskipun begitu RA Kartini tidak pernah berhenti untuk memiliki cita-cita dan karena suaminya pula mendukung cita-citanya.

Dengan kekuatan dan juga kelebihannya dimiliki oleh RA Kartini maka beliau dan suaminya mendirikan sekolah wanita yang berada di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Cirebon dan Malang. Tokoh tersebut diberi nama dengan sekolah Kartini. Pada tanggal 17 September tahun 1904 Kartini meninggal dunia saat melahirkan anak pertama dan anak satu-satunya yaitu pada usia 25 tahun.

Kemudian kisah dari RA Kartini menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah Jawa. Kemudian kisah RA Kartini dikumpulkan oleh Abendanon dengan judul “Door Duistemis Tot Licht” atau yang kita kenal dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. pokoknya itu telah menginspirasi banyak wanita di Indonesia tidak hanya pada masa itu tetapi juga sampai sekarang.

Reorientasi

Kita tidak boleh untuk melupakan jasa dari RA Kartini meskipun beliau telah tiada kita harus tetap mengenang jasa dan meniru sifat yang pantang menyerah terhadap masalah apapun yang dihadapinya. Karena setiap masalah tentunya terdapat jalan keluar.

 

5. Teks Cerita Sejarah Indonesia

Orientasi

Diawali dari pecahnya “perang Asia Timur Raya” dan Amerika yang menyatakan perang kepada Jepang. Karena serbuan dari tentara Jepang pusat pertahanan Amerika serikat ” Pearl Harbour” pada tanggal 8 Desember tahun 1941.

Tentara Jepang dengan angkatan udara dan angkatan lautnya semakin agresif mendarat di wilayah indocina, Filipina, Malaya dan Indonesia. Pemerintah Hindia-Belanda ikut sekutu menyatakan perang terhadap Jepang. Tujuan Jepang untuk mendarat di Indonesia yaitu agar dapat melumpuhkan pasukan Belanda.

Pertama kali Jepang mendarat di Tarakan kemudian dilanjutkan ke daerah Balikpapan, Manado, Ambon, Makasar, Pontianak dan Palembang. Kan daerah Jawa pun juga dikuasai olehnya, pada tanggal 1942, Jepang kemudian mendarat di Banten, Indramayu dan Rembang.

Wilayah yang dikuasai Batavia semakin memasak dengan Batavia tanggal 5 Maret tahun 1942, dan kemudian semakin bertambah pula ke daerah Surakarta, Cikampek, Semarang dan Surabaya. akhirnya Belanda kemudian terdesak dengan adanya penyerangan yang dilakukan oleh Jepang dan berakhir dengan Hindia Belanda menyatakan “menyerah tanpa syarat”

Urutan Peristiwa

Masyarakat Indonesia pada awalnya menyambut dengan ramah kedatangan dari militer Jepang. Dapat terlihat dari perlakuan sikap kooperatif dari tokoh-tokoh nasional kita seperti Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta. Pemerintah Jepang kemudian mulai merangkul rakyat dengan adanya pembentukan organisasi masyarakat, maksud dari hanya untuk kepentingan dari Jepang pada Perang Dunia II.

Organisasi itu antara lain adalah Pusat Tenaga rakyat (PUTERA), Jawa hokokai, Fujinkai, Keibodan, Heiho, MIAI, dan pembentukan BPUPKI. BPUPKI (Badan Penyelidikan Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan RI) yang dibentuk pada tahun 1943 di bawah pemerintahan perdana menteri Tojo. Menteri Tojo yang bertugas untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang penting serta perlu bagi pembentukan pemerintah Indonesia.

Perkembangan yang selanjutnya yaitu BPUPKI dibubarkan dan digantikan dengan nama tokoh perjuangan kita. Dari BPUPKI menjadi PPPKI yang dikenal dengan Docuritsu Junbi Inkai, dengan nama ini terkesan bahwa PPPKI bukan bentukan dari Jepang. tetapi hasil dari kesepakatan dan perjuangan dari para tokoh kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa penting yaitu pertemuan antara Soekarno, M. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat dengan Jenderal Terauchi Dalat menyampaikan. bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia yang meliputi wilayah bekas Hindia Belanda pada saat pasukan Jepang mulai melemah. Kekalahan yang didapatkan oleh Jepang dan Amerika semakin kuat dan ditambahnya menarik pasukan pasukannya yang ada di Eropa.

Tentara Amerika kemudian menghentikan serangan Jepang pada Mei tahun 1942 di pertempuran laut Koral dan pada tahun 1942 pertempuran Midway. Jepang semakin melemah karena Amerika yang terus mengamuk. Yaitu pada 6 Agustus tahun 1945 AS dijatuhkannya bom atom pertama kalinya di daerah Hiroshima.

Dan tidak puas juga 3 hari kemudian pada tanggal 9 Agustus bom atom kedua dijatuhkan kembali yaitu di kota Nagasaki. Pusat kota pemerintahan Jepang akhirnya rata dengan tanah.

Kemudian akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus tahun 1945. Kapan penyerahan itu dilakukan di kapal Missouri pada tanggal 2 September pada tahun 1945 oleh kaisar Hirohito ( Jepang) dan jenderal Douglas Mc Arthur (Sekutu).

Orientasi

Berita kekalahan jepang terhadap sekutu tidak dapat disembunyikan lagi. Dengan perjanjian dari Post Dam Jepang menyerah kekuasaannya kepada sekutu dan otomatis di Indonesia kekosongan kekuasaan. kemudian kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga : 10+ Contoh Teks Ulasan: Novel, Buku-buku, Cerpen, Film

 

7. Teks Cerita Sejarah Bandung Lautan Api

Orientasi

Pada Maret tahun 1946, dalam kurun waktu 7 jam, sekitar 200.000 penduduk negara sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, kemudian meninggalkan kota menuju pegunungan di Selatan. Setelah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, Indonesia belum sepenuhnya merdeka. kemerdekaan itu harus dicapai dengan sedikit demi sedikit yaitu melalui perjuangan rakyat yang rela mengorbankan segalanya.

Urutan Peristiwa

Ultimatum tersebut supaya Tentara Republik Indonesia (TRI) segera meninggalkan kota dan rakyat, kemudian melahirkan politik “bumihangus”. Rakyat tidak rela apabila Kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka kemudian mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung tersebut, diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) dihadapan seluruh kekuatan perjuangan, pada saat 24 Maret tahun 1946.

Kolonel A.H Nasution selaku komandan Divisi memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Bandung. Pada hari itu juga rombongan besar penduduk Bandung mengalir untuk meninggalkan sebuah kota. Bandung sengaja dibakar oleh tentara Republik Indonesia dan juga rakyat yang bertujuan untuk agar sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Banyak asap hitam yang mengepul membubung tinggi di udara.

Seluruh listrik mati, dengan begitu Inggris mulai menyerang sehingga terjadilah sebuah pertempuran yang sengit. Pertempuran yang paling menegangkan, di mana terdapat pabrik mesin milik sekutu. Tentara Republik Indonesia termasuk untuk menghancurkan gudang tersebut.

Untuk itu diutuslah pemuda yang bernama Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda tersebut berhasil untuk meledakkan gudang tersebut dengan granat tangan. Gudang besar itu akhirnya meledak dan terbakar di dalamnya. Sejak pada saat itu, kurang lebih pada pukul 24.00 Bandung Selatan sudah kosong atas penduduk dan tentara Republik Indonesia. Namun Abi masih mampu membakar kotak John Bandung berubah menjadi lautan api.

Pembumihangusan tersebut adalah sebuah langkah yang tepat, karena kekuatan dari TRI serta rakyat tidak akan sanggup untuk melawan pihak musuh yang memiliki kekuatan lebih besar. Kemudian selanjutnya TRI bersama dengan rakyat melakukan sebuah perlawanan secara gerilya dari luar kota Bandung.

Reorientasi

Peristiwa Bandung Lautan Api tersebut, muncul pertama kali dari seorang wartawan yang bernama Atje Bastaman, dimana ia menyaksikan sebuah pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik pada sekitar Pamaungpeuk, Garut. dari puncak yang melihat Bandung yang merah dari Cicadas sampai dengan Cimindi.

 

8. Teks Cerita Sejarah Gempa Sumatera Barat

Orientasi

Pada tanggal 30 September tahun 2015 yaitu pada pukul 17:16:09 WIB seluruh wilayah Sumatera Barat merasakan adanya goncangan yang berasal dari gempa bumi yang begitu kuat, kunjungan tersebut disebabkan oleh gempa bumi dan bahkan dapat dirasakan oleh beberapa kota-kota di Sumatera yang lainnya, bahkan sampai ke negara tetangga seperti Singapura, Thailand, Malaysia serta di Jakarta dengan intensitas III MMI.

Gempa bumi yang terjadi dengan kekuatan sebesar 7.9 skala Richter dengan kedalaman 71 km dan pusat gempa pada 0.84 LS – 99.65 BT ini kurang lebih sekitar 57 km barat daya Pariaman, Sumatera Barat. Akibat dari gempa ini maka semua wilayah di Sumatera Barat mengalami porak-poranda khususnya pada wilayah pantai barat Sumatera Barat.

Urutan Peristiwa

Berdasarkan dari hasil peta guncangan (shakemap) yang diakibatkan oleh gempa bumi pada tanggal 30 September tahun 2009, maka intensitas kunjungan gempa yang sangat kuat yaitu terjadi di Pariaman, Agam, Padang dengan intensitas VIII MMI.

Berdasarkan dari skala Modified Mercalli Intensity negara dengan skala dengan ukuran kerusakan akibat dari gempa bumi berdasarkan pengamatan efek gempa bumi terhadap manusia, struktur bangunan, lingkungan pada suatu tempat tertentu maka intensitas pada skala VIII MMI ini akan dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan yang tidak kuat.

Kerusakan ringan pada bangunan-bangunan dengan konstruksi yang kuat, retak-retak pada bangunan yang kuat, dinding dapat terlepas dari kerangka rumah, sedangkan kota-kota di Sumatera Barat lainnya dengan intensitas VI-VII MMI antara lain di Bukit Tinggi, Padang Panjang,Pasaman, Pasaman Barat, Batu Sangkar, Solok, Solok selatan, dan Pesisir Selatan.

Gempa bumi tersebut telah menyebabkan sedikitnya 1100 orang meninggal, 2180 orang luka-luka dan 2650 bangunan rumah rusak berat/ringan termasuk gedung-gedung kantor, sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, pasar, jalan, jembatan dengan kerusakan paling parah sepanjang pantai Barat Sumatera Barat juga telah menyebabkan jaringan listrik dan komunikasi terputus.

Sebagian besar korban disebabkan karena tertimpa reruntuhan bangunan dikarenakan kontruksi bangunan yang tidak aman,akibat gempa juga terjadi eksodus besar-besaran warga yang tinggal disekitar pantai ke tempat lain karena adanya isu akan datangnya gelombang tsunami.

Wilayah barat pulau Sumatera merupakan salah satu kawasan yang terletak pada pinggiran lempeng aktif dunia hal ini dapat dilihat pada tingginya. Kejadian gempa bumi di wilayah ini karena wilayah ini adalah daerah pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dengan lempeng tektonik Eurasia.

Sumber gempa di wilayah ini tidak hanya bersumber dari pertemuan lempeng tektonik tersebut tetapi juga dikarenakan adanya sesar Mentawai (Mentawai Fault System) dan sesar Sumatera (Sumatera Fault System). Dengan adanya 3 (tiga) sumber gempa bumi tersebut menambah kompleknya tektonik wilayah Sumatera dan menyebabkan wilayah Sumatera merupakan daerah yang rawan terhadap Gempa bumi.

Berdasarkan katalog gempa bumi merusak BMKG, ke-tiga sumber gempa bumi di Sumatera tersebut, baik gempa bumi yang terjadi di Subduksi, sesar Mentawai dan sesar Sumatera telah menyebabkan kerusakan bangunan dan juga korban jiwa, yaitu dimulai pada tahun 1926 gempa bumi terjadi disekitar danau Singkarak yang menyebabkan 354 orang meninggal dunia.

Kejadian gempabumi selanjutnya berturut-turut terjadi pada tahun 1977, 1979, 1993, 1994, 1995, 1998, 2004, 2005, 2007, 2008, 2009 dan 2010. Beberapa gempa bumi tersebut disamping menyebabkan kerusakan bangunan juga menimbulkan tsunami.

Reorientasi

Kini setelah 6 tahun berlalu kejadian itu masih teringat pada sebagian besar masyarakat Sumatera Barat karena disamping diantaranya menjadi korban reruntuhan bangunan yang disebabkan oleh gempa bumi juga sebagian dari mereka kehilangan keluarga dan harta bendanya dan mereka juga masih trauma dengan kejadian gempa bumi 30 September 2009.

Mengingat wilayah Sumatera merupakan wilayah yang rawan terjadinya gempa bumi dimana gempa bumi juga mempunyai return periode kejadiannya maka dengan melihat kembali sejarah kejadian gempa bumi dimasa lalu dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya pemahaman tentang gempa bumi.

Mengetahui daerah-daerah rawan gempa bumi respon atau tindakan sebelum,sesaat dan setelah terjadinya gempa bumi haruslah dipahami dan yang penting adalah sosialisasi yang menerus kepada masyarakat tentang ancaman bahaya gempa bumi serta sosialisasi dari pemerintah pusat daerah dan juga lembaga swadaya masyarakat tentang pentingnya kontruksi rumah aman gempa pada daerah rawan gempa.

Sedangkan masyarakat yang tinggal didaerah pantai disamping memahami hal tersebut diatas juga mengetahui jalur-jalur evakuasi yang sudah ada disetiap wilayah perkampungan, juga meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melakukan evakuasi sesegera mungkin sesaat setelah merasakan guncangan gempa bumi yang kuat untuk menjauh dari pantai mencari tempat-tempat yang tinggi.

 

9. Teks Cerita Sejarah Kota Banyuwangi

Orientasi

Banyuwangi adalah salah satu kota yang berada di pulau Jawa dan letaknya berada pada timur pulau Jawa yang berbatasan dengan selat Bali. Kota Banyuwangi memiliki banyak sekali keindahan yang luar biasa. di sebelah barat kota Banyuwangi terbentang luas pegunungan yang indah yang bertengger seperti benteng pelindung bagi kota Banyuwangi.

Sedangkan pada sisi Utara, timur sampai dengan Selatan membentang garis pantai yang indah yang menjadi tujuan dari para wisatawan mancanegara. salah satu pemasukan pada kota Banyuwangi yaitu terletak pada sektor pariwisata, sektor pertanian dan juga sektor perikanan.

Banyuwangi sebagai kota paling murah di Jawa Timur, maka kota ini menjadi salah satu kota yang masih terjaga keasriannya. Hamparan sawah masih luas dan dapat ditemukan dengan mudah pada kota Banyuwangi. hasil perikanan pembangunan modern seperti gedung-gedung tinggi dan juga pusat perbelanjaan tidak terlalu diutamakan sehingga pada kota Banyuwangi masih terjaga keasliannya.

Urutan Peristiwa

Kota ini tak hanya memiliki segudang keindahan alam yang menggoda namun juga memiliki ribuan kisah mistis yang bisa membuat bulu kuduk siapa saja merinding. Hal ini tak lepas dari sejarah berdirinya Kota ini. Nama Kota Banyuwangi sendiri berasal dari dua kata yakni Banyu yang berarti Air dan Wangi yang artinya Wangi. Jika digabung maka akan menjadi Air yang wangi.

Kisah Banyuwangi bermula dari kisah Raden Banterang yang memiliki istri cantik nan jelita bernama Surati. Setelah resmi menikah, Surati baru mengetahui jika kerajaan yang dimpimpin oleh Ayahnya diserang oleh kerajaan milik Raden Banterang sehingga membuat Ayah Surati meninggal dan Rupaksa, yang merupakan kakak Surati menjadi gelandangan.

Tak terima dengan nasibnya, Rupaksa menghasit Surati untuk membunuh Raden Banterang. Namun karena cinta dan kasihnya pada suaminya, Surati menolak keinginan kakaknya tersebut.

Singkat cerita, karena sakit hati akhirnya Rupaksa melakukan siasat dan memfitnah Surati di depan Raden Banterang dan mengaku merupakan pria selingkuhan dari Surati.

Merasa terkhianati, Raden Banterang pun murka dan mengusir Surati, karena Surati merasa benar maka dirinya memberikan pembelaan. Surati tidak terima jika ketulusan cintanya tidak dipercayai oleh suaminya sendiri, maka Surati membuat perjanjian pada Raden Banterang, apabila dirinya terjun ke sungai dan darahnya berbau wangi maka dirinya tidak bersalah tapi jika darahnya berbau anyir dan busuk maka dirinya memang bersalah.

Pada saat itu Surati langsung terjun ke sungai dan alangkah terkejutnya Raden Banterang, melihat apa yang Surati katakan benar adanya. Jika istrinya itu tidak pernah berkhianat sebab saat darah Surati mengeluarkan aroma wangi yang semerbak.

Penyesalan pun, tidak ada gunanya lagi kini. Raden Banterang hanya menangis sedih melihat istri yang begitu setia telah tiada. Sejak saat itu lah, lokasi tempat Surati meninggal dan kerajaan tersebut, diberi nama Banyuwangi.

Reorientasi

Dari kisah di atas maka bisa diambil kesimpulan jika amarah hanya akan menghancurkan dan tidak lah baik jika kita lebih percaya pada orang lain daripada orang terdekat kita sendiri seperti keluarga dan pasangan kita.

Baca Juga : 25+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat: Lengkap 2020

 

10. Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur

Orientasi

Candi Borobudur adalah candi peninggalan dari agama Buddha yang terbesar di dunia. Bangunan candi ini dibangun pada masa raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra sekitar pada tahun 824 Masehi.

Urutan Peristiwa

Monumen Buddha ini memiliki luas yaitu 123 x 123 m² dengan sebanyak 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Candi Borobudur memiliki arsitektur peta yang menggambarkan kekentalan dari gaya arsitektur yang berasal dari India.

UNESCO telah mengakui dan memakai kemegahan dari arsitektur Candi Borobudur sebagai salah satu momen Budha terbesar di Indonesia dan juga di dunia.

dalam menyelesaikan pembangunan Candi Borobudur ini membutuhkan waktu sekitar 75 tahun. Di bawah komando dari arsitek Gunadarma dengan 60.000 m³ batuan vulkanik yang diambil di Sungai Elo dan Progo yang letaknya itu sekitar 2 km sebelah timur candi.

Pada saat Candi Borobudur dibangun, sistem metrik belum dikenal dan satuan panjang yang digunakan untuk membuat Candi ini adalah tala yang dihitung  dengan cara merentangkan ibu jari dan juga jari tengah atau pengukur panjang rambut dari dahi sampai dengan dasar dagu.

Reorientasi

Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan, sejarawan J.G. de Casparis memperkirakan pendiri Candi Borobudur adalah Raja Mataram Kuno dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga, ia membangun candi ini sekiar tahun 824 M. Candi ini baru dapat diselesaikan pada masa Ratu Pramudawardhani yaitu putrinya.

 

Demikian artikel yang dapat disampaikan mengenai contoh cerita teks sejarah. Semoga contoh-contohnya diberikan pada artikel ini dapat manfaat bagi kamu dan dapat pula untuk menambah referensi pengetahuan kamu. Sekian dan terima kasih.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *