Teks Eksplanasi

By Hasif Priyambudi -

Di Sekolah dalam pelajar bahasa Indonesia kita pasti pernah mempelajari mengenai teks yang menggambarkan atau menjelaskan tentang peristiwa yang terjadi di muka bumi ini, Ya! teks yang dipelajari tersebut merupakan teks eksplanasi.

Nah di Pintarnesia kali ini juga akan membagikan materi tentang Teks Eksplanasi, di dalam artikel ini Pintar Nesia akan membagikan mengenai Struktur Teks Eksplanasi, Ciri Ciri, Kaidah, dan Contoh Teks Eksplanasi berikut pembahasannya di Pintarnesia.

Pengertian Teks Eksplanasi

teks eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi adalah suatu bacaan yang dapat berupa paragraf yang memuat mengenai informasi.

Informasi tersebut dapat berupa proses tentang bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi di dan dan apa yang membuat hal tersebut terjadi. Di dalam teks eksplanasi juga terdapat hubungan sebab akibat dan juga proses suatu kejadian.

Terjadinya suatu peristiwa yang ada di sekitar kita tentunya tidak hanya cukup diamati dan dirasakan saja, akan tetapi suatu peristiwa yang terjadi seharusnya dapat dijadikan sebagai pembelajaran agar kita dapat lebih baik lagi kedepannya dan tidak mengulang kejadian yang sama.

Tujuan dari dibuatnya teks eksplanasi Salah satunya yaitu untuk menjelaskan adanya sebab akibat yang dapat terjadi di dalam suatu peristiwa.

Baca Juga: Contoh Teks Berita.

Struktur Teks Eksplanasi

Di dalam teks eksplanasi ini terdiri dari 3 struktur pembangun yaitu dimulai dari Pernyataan Umum, kemudian ada Sebab Akibat, dan yang terakhir adalah Interpretasi berikut di bawah ini Pintarnesia berikan pembahasannya. Struktur teks eksplanasi :

1. Pernyataan Umum

Di bagian yang pertama ini berisi mengenai pernyataan secara umum tentang topik atau masalah yang akan di bahas pada teks eksplanasi yang dibuat tersebut.

2. Urutan Sebab Akibat

Setelah bagian pernyataan umum ada bagian urutan sebab akibat, di bagian urutan sebab akibat ini berisi tentang detail penjelasan mengenai proses terjadinya peristiwa yang di tuliskan dari awal hingga akhir.

3. Interpretasi

Dan bagian struktur yang terakhir adalah interpretasi, di bagian ini berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah di jelaskan dan di bahas pada teks eksplanasi tersebut.

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Agar kita lebih mudah untuk mengenali teks eksplanasi kita bisa melihat ciri ciri dari teks eksplanasi, berikut di bawah ini adalah beberapa ciri ciri teks eksplanasi :

  • Terdiri dari 3 Struktur yaitu pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
  • Teks eksplanasi ini bersifat informatif.
  • Bersifat faktual, di dalam teks eksplanasi ini seluruh isinya tidak boleh ada yang fiktif atau tidak nyata.
  • Terdapat informasi yang bersifat keilmuan atau ilmiah.

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi.

Kaidah Teks Eksplanasi

Dalam pembuatan teks eksplanasi agar lebih elok dan mudah dicerna oleh seluruh pemahaman pembaca, alangkah baiknya teks eksplanasi yang dibuat terdapat beberapa kaidah kaidah yang ada. Berikut di bawah ini adalah beberapa Kaidah Teks Eksplanasi :

  • Kalimat yang digunakan pasif.
  • Diusahakan istilah yang digunakan merupakan istilah ilmiah.
  • Terfokus pada hal yang bersifat umum pada manusia.
  • Banyak menggunakan kata material dan kata relasional.
  • Biasa menggunakan konjungsi kausal dan waktu.

Baca Juga: Teks Eksposisi.

Contoh Teks Eksplanasi

Agar kamu dapat lebih memahami penjelasan tentang struktur teks eksplanasi tidak lengkap rasanya jika tidak di berikan contoh teks eksplanasi. Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi beserta struktur teks eksplanasi.

Gunung Meletus

teks eksplanasi

Pernyataan Umum

Gunung meletus adalah fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia. Peristiwa tersebut dapat terjadi karena adanya endapan magma yang ada di dalam perut bumi bersama dengan gas panas yang disemburkan karena adanya kekuatan besar dari dalam. Letusan dari gunung berapi salah satu bencana alam yang akan berdampak kepada lingkungan alam di sekitarnya.

Di Indonesia sendiri terdapat gunung berapi yang masih sangat aktif dan dapat meletus kapan saja. Gunung berapi tersebut antara lain yaitu gunung Krakatau (Lampung), gunung Merapi (Jawa Tengah), gunung kerinci (Sumatera Barat) dan lain sebagainya.

Urutan Sebab Dan Akibat

Terjadinya gunung meletus karena adanya hubungan secara langsung antara lempeng bumi dengan gunung berapi, sehingga sebagian besar gunung berapi memiliki hubungan dengan zona kegempaan aktif, yang mana hal tersebut menjadikan adanya kenaikan suhu secara signifikan pada batas lempeng bumi sebelum terjadinya gempa. Adanya suhu yang tinggi tersebut lah yang dapat melelehkan batuan atau berbagai material menjadi cairan panas yang disebut dengan nama magma.

Material yang ada di dekatnya juga akan di instruksi oleh magma melalui rekahan rekahan yang mendekati permukaan bumi. Adanya magma dapat terbentuk karena suhu yang sangat panas yang ada di dalam perut bumi.

Dan kemudian gas-gas akan dikirimkan oleh material sehingga gas tersebut akan tercampur dengan magma. Magma dapat terbentuk pada kedalaman kurang lebih 60-160 km di bawah permukaan bumi. gas yang berada di bawah tekanan batuan keras nantinya akan menekan ke atas yang kemudian dapat terjadilah penyemburan magma dari dalam.

Interpretasi

Sampai saat ini, peristiwa gunung meletus menjadi salah satu hal yang paling ditakuti oleh masyarakat Indonesia. Karena letusan dari gunung berapi dapat Path menyebabkan terciptanya danau bahkan dapat pula sampai memecahkan suatu pulau.

KRIMINALITAS

Kriminalitas adalah sebuah tindakan kejahatan yang seseorang lakukan agar bisa mencapai tujuan tertentu. ‘Kriminal’ merupakan sebutan bagi seseorang yang melakukan tindakan kriminalitas. Kegiatan kriminalitas ini jenisnya cukup beragam, contohnya adalah pencurian, pembunuhan, penculikan, perampokan, dan hal sejenisnya.

Masalah ekonomi merupakan alasan umum bagi para seorang kriminal. Dimana mereka kesulitan untuk mendapatkan kerja dan juga kebutuhan yang tidak sebanding dengan pendapatan, dengan hal tersebut tentu saja bisa mendorong keinginan seseorang sehingga melakukan tindakan kriminalitas. Apalagi di Indonesia ini angka pengangguran yang cukup tinggi sehingga berbanding lurus dengan angka kriminalitas juga.

Untuk melindungi agar kita tidak melakukan hal kriminalitas, kita harus melakukan penanaman agama yang benar sejak dini. Sehingga dari sedini mungkin masyarakat terutama kalangan anak anak sudah bisa paham bahwa kriminalitas merupakan tindakan yang harus dihindari dan bertentangan dengan agama.

Selain bertentangan dengan agama, tindakan kriminalitas juga bertentangan dengan norma dan juga hukum yang ada di masyarakat. Orang yang melakukan kriminalitas selain mendapat dosa juga akan mendapatkan sanksi entah itu hukuman dari penegak ataupun sanksi sosial dari masyarakat.

Baik itulah artikel dari Pintarnesia kali ini mengenai materi Teks Eksplanasi mulai dari pengertian teks eksplanasi, struktur, kaidah sampai contoh teks eksplanasi, mudah bisa berguna dan bermanfaat untuk teman teman.

Hasif Priyambudi
Hasif Priyambudi
Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta, asli Banjarnegara dan disini saya menulis seputar konten umum pendidikan.

Artikel Terkait

Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Ajakan
Contoh Kalimat Ajakan
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Persuasif
Contoh Kalimat Persuasif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Oleh Hasif Priyambudi
Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi
Oleh Mochamad Alif Prayogo

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Rujak Buah
  2. Jus Jeruk
  3. Kue Balok
  4. Kue Lumpur
  5. Kue Pancong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *