25+ Contoh Teks Eksplanasi: Struktur, Ciri dan Kaidah

33 min read

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi – Teks Eksplanasi mungkin masih terdengar asing karena materi ini merupakan materi baru yang terdapat pada pembelajaran dengan kurikulum 2013 sehingga mungkin masih banyak yang belum mengerti apa itu teks eksplanasi. Bagi kalian yang belum tahu apa itu teks eksplanasi simak penjelasannya dibawah ini.

 

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan mengenai proses tahapan atau sebab akibat terjadinya suatu fenomena atau peristiwa mengenai mengapa dan bagaimana peristiwa tersebut berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah dan budaya.

Jenis teks ini umumnya ditemukan dalam buku-buku sains, geografi dan sejarah karena memang erat kaitannya dengan kehidupa. Ada juga sumber lain yang mengatakan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang informasi mengenai proses terjadinya suatu kejadian dalam kehidupan manusia baik yang berhubungan langsung dengan manusia maupun kehidupannya.

Eksplanasi berasal dari kata bahasa Inggris “explanation” yang berarti penjelasan jika dilihat dari asal katanya, sudah jelas teks eksplanasi merupakan teks yang berisi penjelasan mengenai hubungan sebab akibat bagaimana sebuah fenomena atau peristiwa dapat terjadi.

Salah seorang ahli bernama Restuti menyampaikan pendapatnya, menurutnya teks eksplanasi dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena baik sosial maupun fenomena alam.

Kemudian ahli lain juga membuka suara mengenai teks eksplanasi ini, menurut Mahsun terdapat beberapa bagian dalam teks eksplanasi yaitu, pernyataan umum, penjelas, dan interpretasi.

Berdasarkan pendapat ahli tersebut teks eksplanasi dapat dikembangkan dengan struktur yang lebih jelas dan didalam perkembangannya, teks eksplanasi disusun berdasarkan fenomena sosial, budaya, dan yang lainnya. Dengan banyaknya informasi yang ada tentang teks eksplanasi ini menimbulkan beberapa pelajar kebingungan karena kesulitan untuk membedakan teks mana yang termasuk dalam teks eksplanasi dan yang bukan.

 

 

Struktur Teks Eksplanasi

Agar lebih mudah dalam penyusunan dan penyampaiannya setiap teks memiliki strukturnya masing-masing, berikut ini merupakan struktur teks eksplanasi.

 

Pernyataan Umum

Struktur yang pertama adalah pernyataan umum, biasanya bagian ini akan berisi penjelasan singkat mengenai sebuah topik dan proses yang terjadi pada sebuah peristiwa yang ada.

 

Sebab Akibat

Pada bagian struktur sebab akibat biasanya disajikan sebuah tahapan mengenai sebuah peristiwa, bagian berisi sebab akibat ini akan di susun secara tahap demi tahap dan berurutan dari awal hingga akhir peristiwa.

 

Interpretasi

Struktur interpretasi merupakan bagian yang memberikan pernyataan mengenai topik atau peristiwa yang sudah di jelaskan dalam teks, interpretasi ini juga dapat di sebut sebagai kesimpulan dari teks eksplanasi.

 

 

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Selain mengetahui pengertian teks eksplanasi kita juga harus mengetahui ciri-ciri dari teks eksplanasi. Ciri-ciri teks eksplanasi yang penting diketahui diantaranya

1. Informasi Dalam Teks Merupakan Peristiwa Yang Nyata

Ciri-ciri yang jelas ada dalam teks eksplanasi yaitu informasi yang disajikan dalam teks berupa peristiwa nyata. Informasi yang terdapat didalam teks eksplanasi ini biasanya didukung dengan adanya bukti fakta terkait peristiwa tersebut.

Penulis biasanya akan memberikan informasi dari fenomena dalam teks, kemudian memberi keterangan pada bagian penjelasan. Bagian penjelasan inilah yang nantinya dijadikan sebagai bukti bahwa fenomena yang diangkat dalam teks tersebut memang benar terjadi sehingga dapat pula memberikan gambaran sebab akibat kepada para pembacanya.

 

2. Adanya Unsur Ilmu Pengetahuan Dalam Teks

Ciri selanjutnya adalah adanya unsur penambah wawasan atau ilmu pengetahuan dalam teks. Teks eksplanasi berkaitan erat dengan peristiwa nyata, sehingga penulis harus mencantumkan dasar ilmu yang pasti untuk menjelaskan terjadinya peristiwa. Ilmu pengetahuan alam memiliki kemungkinan terbesar untuk dijadikan teks eksplanasi, karena dalam ilmu pengetahuan alam terdapat banyak kata ilmiah yang perlu dijelaskan agar lebih mudah dipelajari.

Mengkaji ilmu psikolodi dan ilmu ekonomi juga sering dilakukan untuk memperdalam fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan manusia. Biasanya dalam teks eksplanasi kata-kata yang sulit dipahami akan diberi penjelasan lebih lanjut agar pembaca lebih memahami apa yang dibaca dan dapat mencerna informasi yang ada.

 

3. Teks Informatif Namun Tidak mempengaruhi pembaca

Ciri-ciri yang selanjutnya yaitu teks yang bersifat informatif namun tidak mempengaruhi pembaca dengan artian penulis dapat mencantumkan penjelasan mengenai sebab terjadinya sebuah fenomena dalam teks eksplanasi namun penulis tidak boleh mempengaruhi apalagi mengajak pembaca untuk ikut menghakimi sesuatu.

Sehingga kesimpulannya penulis memberikan informasi dengan catatan pembaca dapat menyimpulkan sendiri apa yang telah mereka baca itu positif atau negatif dan perlu ditiru atau tidak.

 

4. Menggunakan Kata Yang Digunakan Untuk Mengurutkan Kejadian

Ciri yang terakhir yaitu menggunakan kata yang digunakan untuk mengurutkan kejadian contohnya menggunakan kata kemudian, selanjutnya, setelah itu, lalu, dan lain sebagainya dimana kata-kata tersebut merupakan kata yang biasa digunakan dengan fungsi untuk mengurutkan kejadian dan informasi sebab akibat yang terdapat dalam teks.

Manusia dapat dijadikan subjek dalam teks berupa berita. Jika dalam teks eksplanasi sendiri, menjadikan manusia sebagai subjek sangat jarang apalagi jika topik yang dibahas mengenai kejadian alam.

 

 

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi digunakan untuk memilih kata dan membantu dalam menyusun kalimat didalamnya agar lebih efektif sehingga memudahkan pembaca memahami isinya. Dibawah ini terdapat kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi antara lain.

 

1. Kalimat Pasif

Kalimat pasif dapat ditandai pada kata-kata yang menggunakan awalan di, ter dan kata ganti pada predikatnya.

Misalnya terjerat, dimakan, terjatuh, ditangkap, dan masih banyak yang lainnya. Kalimat pasif pada teks eksplanasi digunakan untuk meminimalisir penggunaan subjek manusia yang dapat mengalihkan perhatian pembaca kepada peristiwa yang ada. Selain itu kalimat pasif juga berfungsi untuk menegaskan bahwa suatu peristiwa terjadi secara alamiah tanpa dibuat-buat.

 

2. Konjungsi Kausal dan Waktu

Konjungsi adalah kata hubung dan kausal adalah sebab, sehingga dapat diartikan konjungsi kausal merupakan kata penghubung yang digunakan untuk mengungkapkan sebab akibat. Karena, jadi, sehingga, jika, demikian dan masih banyak yang lainnya merupakan contoh kata-kata yang termasuk dalam konjungsi kausal.

Sedangkan konjungsi waktu adalah kata hubung yang sudah jelas berkaitan dengan waktu. Selagi, sebelum, setelah, ketika, hingga dan masih banyak yang lainnya merupakan contoh kata-kata yang termasuk dalam konjungsi waktu. Konjungsi kausal dan waktu ini sama-sama dapat digunakan secara bergantian dan dapat disesuaikan penggunaannya dalam teks eksplanasi.

3. Terdapat Istilah Ilmiah

Dalam teks eksplanasi sering terdapat istilah ilmiah, hal ini bertujuan untuk menyisipkan informasi pada teks eksplanasi terkait fenomena yang terjadi berdasarkan ilmu pengetahuan yang pasti.

Istilah ilmiah berbahasa asing juga tidak dilarang penggunaannya dalam teks eksplanasi, namun lebih baik jika istilah ilmiah menggunakan dalam bahasa Indonesia agar pembaca dapat lebih memahami informasi yang ada karena merupakan bahasa kita sendiri.

Karena bukan tidak mungkin teks eksplanasi tersebut dibaca oleh orang yang bukan ahli dalam topik yang disajikan sehingga kemungkinan besar pembaca itu akan kurang memahami konteks kalimatnya.

Seperti contoh istilah ilmiah spesies tumbuhan tertentu dalam biologi kemungkinan besar hanya dipahami oleh orang-orang yang mempelajari bidang biologi saja padahal bisa saja pembaca bukan merupakan ahli biologi, hal ini membuat penyampaian informasi tidak efektif.

 

4. Informatif

Dalam teks eksplanasi sangat penting untuk membuat teks menjadi informatif, hal ini dikarenakan teks eksplansi merupakan teks yang berisi penjelasan sehingga teks ini harus berfungsi sebagaimana mestinya dengan memberikan informasi maksimal berdasarkan ilmu pengetahuan yang pasti agar informasi yang disajikan dapat berguna dan menambah wawasan pembacanya.

Jika teks eksplanasi bersifat informatif maka pembaca akan mendapat wawasan mengenai hal baru yang akan menambah pengetahuannya.

 

 

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah beberapa contoh teks eksplanasi, antara lain.

 

#1. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial Kemiskinan

Kemiskinan adalah tingkat masyarakat dengan pendapatan yang rendah. Dengan pendapatan yang rendah masyarakat tidak mempu untuk mencukupi kebutuhan pokok seperti makan, minum, pakaian, tempat berlindung, dan pendidikan.

Biasaya masyarakat miskin cenderung bertempat tinggal dibantaran kali, bawah jembatan, dan tempat-tempat yang justru bukan tempat layak mendirikan bangunan. Terkadang justru mereka membangun tempat tinggal di atas tanah milik negara.

Kemiskinan tidak hnaya menjadi fenomena yang terjadi di Indonesia, tetapi juga menjadi fenomena yang terjadi hampir di seluruh dunia. Banyak negara berkembang yang juga memiliki permasalah yang sama tentang kemiskinan seperti negara Indonesia.

Banyak faktor terjadinya kemiskinan atau seseorang menjadi miskin. Faktor keterbatasan alat kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Selain itu, seperti bangkrut, musibah, prilaku pribadi, perbudakan, dan struktur sosial. Faktor perilaku dan struktur sosial yang lebih banyak mendominasi terjadi kemiskinan secara menglobal.

Perilaku manusia yang konsumtif, mementingkan gengsi daripada kebutuhan, dan penggunaan keuangan yang tidak sesuai dengan pemasukan yang diterima. Jumlah keluarga juga dapat mempengaruhi jika pemasukan tidak sebanding dengan kebutuhan untuk semua keluarga. Faktor struktur sosial lebih mengarah pada turun temurun kemiskinan itu sendiri.

Orangtua yang miskin akan besar kemungkinan untuk tidak dapat membiayai pendidikan anak-anak mereka sehingga anak-anak mereka pun akan sulit menjamah pendidikan. Dengan demikian, generasi kebodohan dan kemiskinan akan mudah saja menjadi turun kegenerasi dalam keluara miskin.

Faktor gengsi adalah faktor yang juga termasuk ke dalam faktor perilaku pribadi. Masyarakat lebih cenderung mementingkan keinginan daripada kebutuhan pokok.

Rokok, Hp, pakaian bermerk, dan jalan-jalan merupakan contoh kesenangan sesaat yang dapat menghabiskan uang yang didapat selama bekerja. Sehingga, uang yang masuk tidak akan cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, banyak juga yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk menanggulangi fenomena kemiskinan ini. Mulai dari pemerintah menaikan upah minimum pekerja, menyediakan lapangan kerja yang sesuai, memberikan pendidikan gratis, menyediakan tempat tinggal dengan harga terjangkau, dan secara pribadi masyarkat diminta untuk dapat berperilaku sewajarnya.

Tidak menghambur-hamburkan uang, mencari pekerjaan yang sesuai, menghilangkan sedikit gengsi dengan menabung, dan bantuan dari masyarakat sekitar. Kerja sama antara penduduk kalangan sedang atau menengah dan kalangan ekonomi atas terhadap masyarakat kalangan bawah sangatlah penting.

Saling mengingatkan, membantu, tetapi juga masyarakat dengan ekonomi rendah tidak lah boleh hanya brpangku tangan saja menerima smeua bantuan yang diberikan.

Seharusnya, kemiskinan tidak perlu menjadi fenomena yang besar di Indonesia maupun dunia. Jika, kita secara pribadi mau menerima dan mensyukuri apa yang kita miliki tanpa membandingkan dan ada perasaan isi di dalamnya.

Selain itu, adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sekitar tentang penanggulangan atau memberantas kemiskinan, diharapkan negara kita akan terbebas dari fenomena kemiskinan yang makin lama semakin bertambah.

#2 Contoh Teks Eksplanasi Banjir Bandang

Pernyataan Umum

Banjir bandang adalah bencana banjir dengan debit air yang datang dengan besar secara tiba – tiba, mengalir dengan sangat deras dan juga bisa menghanyutkan benda – benda besar yang dilewatinya. Banjir bandang ini juga sering di sebut dengan air bah. Banjir ini dapat mengakibatkan berbagai macam masalah, mulai dari masalah sosial hingga masalah ekonomi, merusak berbagai macam fasilitas umum ataupun sarana dan prasarana yang di lewatinya.

Selain itu, aliran air banjir yang sangat deras yang membawa berbagai material dari hulu, dapat menyebabkan rumah warga menjadi hancur di hantamnya.

 

Runtutan Sebab Akibat

Penyebab utama dari bencana banjir bandang ini yaitu karena terjadinya proses orografi. Proses tersebut terjadi karena adanya hujan orografis. Hujan orografis ini merupakan hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air dan bergerak secara horizontal. Kemudian angin  tersebut akan naik menuju pegunungan.

Suhu udara dingin yang ada di pegunungan tersebut akan menyebabkan kondensasi dan pada akhirnya akan terjadi hujan di sekitar pegunungan. Karena curah hujan yang deras, maka pada akhirnya mengakibatkan banjir bandang yang terjadi di daerah sepanjang aliran sungai.

Selain itu, penyebab banjir bandang lainnya yaitu karena terbentuknya bendungan alami yang di sebabkan oleh longsoran tanah pada lereng – lereng di sepanjang aliran sungai. Bendungan alami tersebut ada umumnya terbentuk karena hasil longsoran berupa batu, tanah, dan kayu hasil dari penambangan liar di sepanjang lerang aliran sungai.

Bendungan alami yang terbentuk karena longsor ini akan menyebabkan air hujan dan air sungai yang turun dari lereng akan tertampung dan terbentuk danau atau tampungan air dalam jumlah yang besar. Semakin lama air yang terbendung tersebut akan semakin bertambah banyak dan ketika bendungan alami tersebut sudah tidak kuat lagi menahan jumlah air tersebut, maka bendungan tersebut akan jebol.

Jebolnya bendungan alami tersebut akan mengakibatkan tumpahnya air yang sangat banyak dan mengalir melalui lembah dan airan sungai lama sehingga akan terjadi banjir bandang yang akan menghantam semua benda yang di lewatinya.

Selain itu, banjir bandang juga dapat di sebabkan karena jebolnya bendungan atau waduk. Hujan dengan intensitas yang lebat dan turun secara terus menerus dalam waktu yang lama maka dapat mengakibatkan penambahan debit air pada waduk atau bendungan. Jika jumlah air melebihi kapasitas bendungan atau waduk maka akan menyebabkan tanggul tidak dapat menahan debit air yang di tampung.

Aliran air dengan jumlah yang besar ini juga dapat menggenangi daerah – daerah yang berada di sekitar waduk. Terutama untuk daerah – daerah yang yang mempunyai ketinggian lebih rendah dari waduk atau bendungan tersebut.

 

Interpretasi

Terjadinya banjir bandang tidak dapat di anggap karena disebabkan oleh persoalan tunggal saja, namun juga di akibatkan oleh beberapa faktor yang secara berkaitan dapat mengundang terjadinya banjir bandang. Pihak – pihak yang berkaitan baik dari pemerintah maupun masyarakat harus bersatu padu dalam menanggulangi banjir supaya dampak negatif dari bencana alam banjir bandang ini dapat di minimalisir.

#3. Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Pernyataan Umum

Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya akan aneka ragam budaya. Salah satu budaya yang ada di Indonesia adalah wayang. Wayang merupakan sebuah pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang. Bentuk serta jenis wayang yang ada di Indonesia juga sangat beragam tergantung dari daerah pembuat wayang masing – masing.

Jika kita bandingkan antara wayang jawa dengan wayang Bali tentu saja akan sangat berbeda. Selain terkenal di pulau jawa, wayang juga terkenal di pulai lain seperti Sumatra dan daerah sekitarnya. Sebagai warga negara Indonesia tentu kita harus bangga karena wayang telah di nobatkan sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 atau dengan kata lain wayang telah di akui sebagai produk kebudayaan yang berharga.

 

Runtutan Penjelasan Sebab Akibat

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali versi wayang baik berdasarkan bentuk ataupun berdasarkan jalan cerita. Berdasarkan bentuknya wayang dapat di bedakan menjadi wayang kulit, wayang golek, wayang boneka, wayang orang (di peragakan oleh manusia, dan lain sebagainya. Sedangkan berdasarkan jalan ceritanya wayang di bedakan menjadi 2 jenis yaitu Mahabarata dan Ramayana.

Latar belakang di buatnya wayang ini yaitu pada saat agama Hindu mulai masuk ke Indonesia. Agar masyarakat Indonesia mau menerima mereka, maka para penyebar agama Hindu pada saat itu berupaya untuk menyesuaikan dengan budaya daerah setempat. Karena hal tersebut, maka pertunjukan wayang di pilih untuk menjembatani antara agama Hindu dengan kehidupan sosial masyarakat setempat.

Selanjutnya pada saat agama Islam mulai masuk ke Indonesia, pembuatan wayang di buat dari kulit sapi. Dan pada saat itulah wayang menjadi wujud penyesuaian agama Islam dengan masyarakat setempat. Dengan adanya akulturasi, maka wayang terus berkembang tidak hanya sampai itu saja. Pada tahun 1960, terdapat sebuah gerakan penyebaran agama Katholik di Indonesia oleh para misionaris khatolik.

Kemudian mereka mengembangkan jalan cerita pada wayang, nama cerita wayang hasil pengembangan tersebut yaitu wayang Wahyu yang mana penamaan dan juga sumber jalan ceritanya di ambil dari kitab agama umat Katholik. Dan pada saat ini wayang sudah menjadi hiburan masyarakat. Terkadang acara kurang lengkap apabila tidak ada pertunjukan wayang di dalamnya.

 

Interpretasi

Wayang ini sebenarnya mengandung filosofi yang sangat bermakna kebaikan dan sebagai media untuk mengajak dalam kebaikan pula. Bahkan di setiap bagian wayang, masing – masing bagian mengandung makda dan juga arti. Harapan di adakannya pertunjukan wayang yaitu untuk menyampaikan pesan dan moral kebaikan yang di tunjukan untuk para penontonnya. Sebagai generasi penerus bangsa, tentu saja kita harus melestarikan kebudayaan wayang yang dapat di jadikan sebagai media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran khususnya di sekolah – sekolah.

#4. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Metamorfosis merupakan peristiwa dimana hewan berubah menjadi bentuk dewasa. Fenomena ini terjadi pada sebagian besar serangga, amfibi, crustacea, mollusca, echinodermata, dan lain-lain. Perubahan bentuk ini tidak selalu melibatkan perubahan bentuk yang ekstrim atau perubahan habitat.

Terdapat dua jenis metamorfosis, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis sempurna atau holometabola terjadi pada serangga seperti kupu-kupu. Binatang ini menetas dari telur, menjadi ulat atau larva. Ulat menghabiskan masa hidupnya untuk makan daun, kemudian merubah dirinya menjadi pupa atau kepompong.

Kepompong adalah semacam selimut yang menyelubungi ulat selama beberapa hari. Setelah perubahan dalam kepompong sempurna, kupu-kupu akan keluar sari dalam pupa dan meregangkan sayap sehingga ia bisa terbang. Perubahan bentuk ulat menjadi kupu-kupu termasuk dalam metamorfosis sempurna karena terjadi perubahan bentuk yang disertai dengan hancurnya tubuh larva dan menyisakan beberapa sel.

Sel- sel tersebut kemudian tumbuh kembali menjadi kupu-kupu yang kemudian muncul keluar dari pupa. Metamorfosis sempurna tidak hanya terjadi pada kupu-kupu. Lalat rumah dan kepik juga melalui fase pupa dan melewati tahapan metamorfosis sempurna.

Metamorfosis tidak sempurna merupakan proses perubahan bentuk hewan yang tidak melewati fase pupa. Pada proses metamorfosis ini, hewan tidak mengalami banyak perubahan. Biasanya perubahan terjadi pada ukuran, tumbuhnya organ tertentu seperti sayap, serta pergantian kulit yang juga disebut instar.

Hewan yang mengalami proses metamorfosis tidak sempurna antara lain, belalang, serta kecoa. Belalang menetas dari telur, kemudian menjadi larva / nimfa, dan tumbuh semakin besar menjadi belalang dewasa yang disebut pula imago.Perubahan belalang dari nimfa ke imago tidak mengubah habitat atau makanan belalang. Ia tetap tinggal di pepohonan, memakan daun, serta bernafas dengan trakea. Selain serangga, metamorfosis juga terjadi pada amfibi.

Katak yang termasuk amfibi, melalui proses metamorfosis yang mengubah bentuk dari telur hingga katak dewasa. Katak betina dewasa, meninggalkan telur-telurnya di air. Setelah sepuluh hari, telur tersebut akan menetas dan mengeluarkan berudu.Berudu berbentuk seperti ikan kecil dan habitat di bawah permukaan air. Setelah 2 hari menetas, berudu akan menumbuhkan insang yang berfungsi untuk bernafas dalam air. Tahap ini berlangsung selama 3 minggu.

Setelah 3 minggu, insang akan tertutup kulit dengan sendirinya. Saat berumur 8 minggu, kaki belakang berudu mulai tumbuh, diikuti dengan kaki depan. Saat kaki depan dan belakang tumbuh, bentuk berudu akan menyerupai katak berekor.

Ekor ini akan memendek dan tidak berfungsi sebagai penggerak di bawah air. Lambat laun katak akan bernapas dengan paru-paru dan dapat hidup di luar perairan. Metamorfosis ini berakhir saat katak sudah dapat hidup di daratan dan berbentuk katak dewasa dengan 4 kaki.

Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa metamorfosis terjadi pada serangga, amfibi, dan beberapa jenis hewan lain. Perubahan secara fisik ini berlangsung sejak hewan tersebut menetas hingga menjadi dewasa. Metamorfosis pada serangga ada dua macam yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Metamorfosis sempurna melalui tahap pupa yang menghancurkan sebagian besar sel tubuh, kemudian membentuk sel baru dengan bentuk berbeda. Sedangkan metamorfosis tidak sempurna tidak melewati fase pupa, namun hanya melalui perubahan bentuk, ukuran, pergantian kulit dan penambahan organ.

Baca Juga : 120+ Contoh Kalimat Persuasif Dalam Ceramah, Iklan, Teks Negosiasi

#5. Contoh Teks Eksplanasi Demam Berdarah

Pernyataan Umum

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang sering menimbulkan korban jiwa dan masih menjadi salah satu masalah yang serius di negara subtropis dan tropis seperti negara Indonesia. Meskipun penyakit demam berdarah ini dapat di sembuhkan, namun tidak sedikit penderita penyakit demam berdarah ini meregang nyawa karena terlambat di tangani oleh pihak medias.

Di negara Indonesia sendiri penyebaran penyakit demam berdarah ini tergolong cukup tinggi. Bahkan negara Indonesia merupakan negara nomor dua di dunia setelah negara Brazil yang mempunyai kasus demam berdarah terbanyak dengan jumlah rata – rata korban jiwa meninggal mencapai 700 jiwa per tahunnya.

 

Runtutan Sebab Akibat

Demam berdarah dengue atau yang lebih sering di sebut dengan DBD ini adalah sebuah penyakit komplikasi dari demam dengue yang di sebabkan oleh virus yang sama yang di tularkan dengan perantara yang sama yaitu nyamuk, namun tidak semua nyamuk menularkan virus ini. Karena virus ini hanya akan di tularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Meskipun demikian, masyarakat sudah terlanjur mengenal satu istilah untuk dua jenis penyakit tersebut dengan dama demam berdarah. Untuk penyakit demam dengue sebenarnya masih dapat di sembuhkan dengan cara yang cukup mudah tanpa menggunakan obat khusus yaitu dengan cara istirahat total, perbanyak minum air putih, makan – makanan sehat, dan minum paracetamol dan acetaminophen.

Lain halnya dengan penyakit demam berdarah dengue yang sering kita sebut dengan penyakit demam berdarah. Penyakit tersebut membutuhkan perawatan yang serius, karena virus dengue sudah mulai menyebar dan melumpuhkan sistem imunitas tubuh dan sudah merusak pembuluh darah dan kelenjar getah bening.

Sehingga nantinya penderita akan mengalami demam tinggi di sertai dengan muntah darah, sesak nafas, keluar darah dari hidung dan gusi, pusing, pembengkakan organ hati, dan nyeri pada anggota tubuh terutama pada perut.

 

Interpretasi

Lebih baik kita mencegah daripada mengobati di mulai dari membersihkan saluran lingkungan rumah, mengubur barang bekas yang menampung air, menguras bak mandi dan toilet, menutup penampungan air, memasang strimin anti nyamuk di semua ventilasi rumah, tidak membiarkan pintu rumah atau pintu jendela terbuka terutama pada saat sore dan malam hari, dan masih banyak lainnya.

#6. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pendidikan

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

 

Tesis

Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Dimana, kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini, namun tetap berjalan sebagimana mestinya.

 

Argumentasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, yang biasa disingkat dengan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional).

Syarat keterjangkauan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013. Kemendikbud juga menerangkan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach.

Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara pembelajaran dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia selaku pengelola alam sekitar. Khususnya mengacu pada pembelajaran yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beranggapan, bahwa Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan. Sebab selama ini, peserta didik banyak dibebani hafalan, yang justru dirasa kurang meningkatkan kreativitas. Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap peserta didik dibentuk agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Selain itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri bangsa Indonesia dan berkualitas.

 

Penegasan Ulang

Namun, ternyata banyak juga masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dianggap sangat mendadak dan di paksakan. Bahkan, ada yang beranggapan kurikulum ini kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Meskipun, mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, tetapi tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik akan semakin berkurang karena mata pelajaran tersebut tidak dipelajari secara utuh, namun secara terpisah-pisah sehingga akan membuat peserta didik menjadi bingung.

Di atas segalanya, harus kita akui bahwa dalam setiap perubahan tentunya memiliki sisi positif dan negatif, serta tidak semua orang suka akan perubahan. Kita berharap dengan perubahan berlakunya kurikulum 2013 ini akan dihasilkan generasi Indonesia menjadi lebih maju, kreatif, inovatif, produktif,dan berkualitas.

 

#7. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang sering kita jumpai. Peristiwa alam ini terjadi apabila bulan beroposisi dengan matahari. Namun, oposisi bulan dengan matahari tidak akan selamanya menghasilkan peristiwa gerhana bulan. Mengapa? Sebab kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°.

Akan ada saat dimana terjadi perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, yang kemudian akan menyebabkan munculnya dua titik yang juga dikenal dengan istilah node. Nah, gerhana bulan akan terjadi apabila bulan beroposisi dengan titik nude tersebut. Dibutuhkan sekitar 29,53 hari sampai bulan bergerak dari satu titik ke titik oposisi lainnya.

Faktanya, ketika terjadi gerhana bulan, sebenarnya terkadang penampakan bulan masih dapat terlihat. Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang masih tersisa, berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer bumi. Sinar matahari yang dibelokkan itu tentu memiliki spektrum cahaya kemerahan, yang merupakan alasan mengapa saat peristiwa gerhana bulan, tampilan bulan akan terlihat lebih gelap, biasanya berwarna merah gelap, jingga atau bahkan coklat.

Untuk mengamati gerhana bulan, dapat Anda lakukan dengan mata telanjang tanpa adanya bahaya sedikit pun. Pada saat terjadi gerhana bulan, umat Islam yang melihat dan mengamati peristiwa gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana (salat khusuf).

Ketika bayangan bumi menutupi sebagai atau seluruh penampang bulan, maka pada saat itulah akan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi menempati posisi di antara matahari dan bulan, dan berada pada satu garis lurus yang sama, yang kemudian membuat sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena dihalangi oleh posisi bumi saat itu.

Baca Juga : Teks Cerita Sejarah: Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis dan Kaidah

 

#8. Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Proses Pembuatan Tahu

Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso.

Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti “kedelai yang difermentasi”. Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han.

Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia. Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Ada pula mengenai sejarah tahu kuning. Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat.

Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya tahu Sumedang dan tahu Kediri. Aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, perkedel tahu, kerupuk tahu, dan lain-lain.

Secara Garis Besar Proses Pembuatan Tahudapat saya jabarkan sebagai berikut :

  • Plih kedelai yang bersih dan besar ukurannya, kemudian cuci sampai bersih.
  • Rendam kedelai dalam air bersih selama 8 jam, Usahakan seluruh kedelai tenggelam. Dalam proses perendaman ini kedelai akan mengembang.
  • Bersihkan kembali kedelai dengan cara dicuci berkali kali. Usahakan kedelai ini sebersih mungkin untuk menghindari kedelai cepat masam.
  • Hancurkan kedelai dengan cara ditumbuk dan secara perlahan tambahkan air sedikit-demi sedikit sehingga kedelainya berbentuk bubur.
  • Masak bubur kedelai dengan hati-hati pada suhu 70-80 derajat (biasanya ditandai dengan gelembung kecil yang muncul pada kedelai yang dimasak). Ingat untuk menjaga agar kedelai jangan sampai mengental.
  • Saring bubur kedelai tersebut bersama batu tahu atau asam cukup, sambil diaduk secara perlahan. Proses ini akan menghasilkan endapan tahu (gumpalan).
  • Endapan itu kemudian siap untuk di press dan di cetak sesuai ukuran dan keinginan anda
  • Taruh di dalam cetakan, kemudian taruh pemberat yang berfungsi untuk menekan ampas supaya kandungan airnya benar-benar habis.
  • Keluarkan tahu dari cetakan, potong sesuai selera, dan siap dikonsumsi.

Sekian postingan tentang Proses Pembuatan Tahu, semoga menambah info bagi kita sehingga mampu mendorong timbulnya ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar pengganguran di negeri kita berkurang dan ekonomi keluarga kita meningkat.

Postingan yang saya jabarkan mungkin saja secara detail kurang lengkap, saran saya bagi yang ingin serius berusaha ada baiknya bertanya kepada penyuluh TTG yang ada didaerah saudara atau membeli buku Membuat Tahu yang dilengkapi gambar sehingga pada prakteknya tidak salah dan merugikan baik untuk pribadi (modal dan waktu) maupun bagi lingkungan.

 

#9. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Mengenai Musik Dangdut

Dangdut merupakan salah satu musik asli Indonesia, yang dinikmati oleh segala usia. Musik ini berkembang sejak zaman orde lama hingga saat ini. Jenis musik dangdut seringkali dikombinasikan dengan jenis musik lain sehingga lagu dangdut kian bervariasi.

Ciri utama lagu dangdut adalah adanya seruling bambu dan kendang. Selain itu, penyanyi dangdut harus dapat menguasai teknik cengkok yang hampir serupa dengan cengkok melayu. Musik dangdut berkembang hampir di seluruh pelosok nusantara, namun sayangnya masih ada beberapa pertunjukan dangdut yang tidak mengutamakan seni dari musik tersebut, dan justru menonjolkan si penyanyi yang berpakaian minim dengan tarian yang berlebihan.

Masalahnya, musik dangdut yang salah arah ini dapat dengan mudah ditonton oleh masyarakat baik secara langsung maupun di dunia maya. Seringkali ditemui pula, anak-anak menonton pertunjukan ini dengan leluasa. Tontonan ini akan memberikan dampak negatif pada psikologi anak, dan akan merusak citra dangdut itu sendiri.

Jika dangdut yang tidak sesuai dengan tujuan awal penciptaan musik tersebut terus berkembang ke arah negatif, lambat laun dangdut akan kehilangan jati diri. Musik yang bertujuan awal menyatukan negara menjadi musik yang sarat dengan unsur negatif yang menjual penampilan penyanyi.

Kini, para musisi dangdut papan atas sedang berusaha membenahi citra dangdut yang sempat rusak. Penampilan penyanyi dangdut saat ini lebih berkelas dan modern. Goyangan yang tak perlu juga dihindari, terutama saat siaran di televisi nasional.Bagaimanapun dangdut adalah jati diri bangsa. Bagaimana dangdut berkembang, maka seperti itulah gambaran pribadi bangsa karena sejatinya apa yang dipertontonkan oleh artis adalah sesuai dengan permintaan pasar.

#10. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Fotosintesis

Fotosintesis merupakan proses pembentukan zat makanan pada tumbuhan. Hasil dari fotosintesis adalah karbohidrat atau zat gula dan oksigen. Bahan untuk melakukan fotosintesis adalah zat hara, karbondioksida, cahaya matahari, serta zat hijau daun atau biasa disebut klorofil.

Organisme yang melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanannya disebut fotoautotrof. Karena tumbuhan tidak bergerak secara aktif, bahan-bahan untuk melakukan fotosintesis ditangkap oleh seluruh bagian tanaman seperti akar, batang, dan daun tanaman.

Zat hara yang berasal dari tanah diserap oleh akar tumbuhan dan diantarkan ke daun melalui jaringan dalam tumbuhan. Cahaya matahari ditangkap oleh klorofil yang ada pada daun. Sedangkan karbondioksida diambil dari udara melalui permukaan daun dan batang tumbuhan.

Proses fotosintesis terjadi dalam dua tahapan yaitu reaksi terang dan reaksi gelap atau siklus Calvin. Reaksi terang terjadi pada siang hari saat masih ada cahaya matahari. Reaksi ini bertugas untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi oksigen.

Kemudian siklus Calvin akan mengubah karbondioksida menjadi gula yang disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan.Reaksi terang dan gelap juga berada di tempat berbeda. Reaksi terang berada pada grana, sedangkan reaksi gelap terjadi di stroma. Kedua siklus fotosintesis ini terjadi pada organisme autotrof sebagai mekanisme pertahanan hidup.

Tumbuhan yang melakukan proses ini bukan hanya yang berada di darat saja. Tumbuhan alga yang hidup di air juga melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan. Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa fotosintesis terjadi pada tumbuhan yang termasuk dalam fotoautotrof. Bahan utama terjadinya fotosintesis adalah zat hara, air, karbondioksida, serta cahaya matahari.

Terdapat reaksi teran dan gelap dalam fotosintesis. Tumbuhan hanya akan melakukan reaksi terang ketika jumlah cahaya cukup, jika cahaya kurang maka proses alamiah ini akan terhenti.Inilah sebab mengapa pada siang hari berteduh di bawah pohon akan terasa sangat menyegarkan.

Karena semakin banyak cahaya, maka jumlah oksigen yang dihasilkan tumbuhan akan semakin banyak. Terlebih jika ada manusia yang berada di dekat pohon. Manusia menghasilkan karbondioksida dari pembuangan proses pernapasan. Sedangkan pohon akan menangkap karbondioksida untuk bahan bakar fotosintesis.

Contoh-contoh teks eksplanasi di atas telah menjelaskan bahwa banyak jenis topik yang bisa digunakan sebagai bahan penulisan teks eksplanasi. Mulai dari fenomena alam, sosial hingga budaya. Penulis dapat menggali informasi mengenai topik yang akan disusun dalam teks agar pembaca mendapatkan manfaat lebih besar.

Selain memperhatikan sumber informasi yang valid, gaya penulisan juga perlu diperhatikan. Contoh teks eksplanasi yang tepat, tidak akan mempengaruhi pembaca untuk mempercayai dan tidak ada unsur ajakan membenci atau segala bentuk persuasi yang lain.

Hindari kata-kata ajakan seperti mari, ayo, yuk, marilah, dan lain-lain. Jika ingin menggunakan kata kerja, maka gunakan awalan yang bersifat pasif, misalnya di, ter, serta di-an. Dengan mengikuti gaya bahasa dengan kalimat pasif, maka penyusunan contoh teks eksplanasi akan lebih efektif.

Teks eksplanasi perlu diajarkan pada anak-anak usia sekolah. Agar pada masa yang akan datang mereka dapat menyusun teks yang berguna untuk pembaca. Semakin banyak informasi yang disebarkan melalui teks eksplanasi, maka akan lebih mudah bagi masyarakat untuk mengakses ilmu baru setiap harinya.

#11. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

 

Pernyataan Umum

Gerhana bulan adalah salah satu peristiwa alam yang sangat di tunggu – tunggu oleh banyak orang. Misalnya saja di Jawa pada masa lalu, gerhana bulan di jadikan sebagai salah satu momen dimana masyarakat desa berkumpul dan menabuh kentongan secara bersama – sama sebagai salah satu ritual tolak bala. Karena pada saat itu fenomena gerhana bulan di anggap karena raksasa menelan bulan.

Dengan begitu untuk menggagalkan raksasa tersebut, maka semua manusia membuat suara riuh di bumi, salah satunya dengan cara menabuh kentongan secara bersama – sama. Namun seiring perkembangan jaman yang semakin maju dan modern, ritual tradisi yang menganggap bahwa gerhana bulan sebagai momen dimana bulan akan di telan oleh raksasa kini telah punah.

Karena penyebab dari terjadinya gerhana bulan sudah di ketahui, yaitu pada saat bumi menutup cahaya matahari yang sampai ke bulan, sehingga bulan tidak lagi bercahaya atau memantulkan cahaya dari matahari. Gerhana bulan dapat terjadi karena posisi matahari bumi dan bulan berada dalam satu garis yang lurus.

 

Runtutan Sebab Akibat

Sebagaimana yang terjadi pada gerhana matahari, pada gerhana bulan sebenarnya bulan masih dapat terlihat , karena sinar matahari akan di belokkan oleh atmosfer bumi ke permukaan bulan ini berwarna merah. Sehingga pada saat terjadi gerhana bulan, maka bulan masih dapat terlihat dan masih nampak namun dengan warna yang suram, jingga, merah tembaga, maupun cokelat.

Momen tersebutlah yang di nantikan oleh banyak orang karena bulan akan memiliki warna yang berbeda dari sebelumnya. Berbeda dengan gerhana matahari, gerhana bulan dapat kita lihat secara langsung tanpa menggunakan alat bantu apapun dan pastinya aman sebagaimana pada saat kita melihat bulan pada hari – hari biasa.

Hal tersebut dapat kita akukan karena pada dasarnya bulan tidak mempunyai cahaya, melainkan hanya memantulkan cahaya sinar matahari saja, sehingga radiasi dari sinar matahari telah hilang dan intensitas cahaya bulan tidak sekuat cahaya matahari. Selain itu, berdasarkan jenisnya, gerhana bulan di bedakan menjadi tiga yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, gerhana bulan penumbra.

 

Interpretasi

Warna cahaya yang sangat cantik pada saat terjadi gerhana bulan menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan bisa membuat banyak orang rela untuk bepergian ke suatu daerah hanya untuk melihat terjadinya fenomena gerhana bulan dengan jelas baik untuk proses penelitian ataupun hanya sekedar untuk menikmati suasana yang langka tersebut.

Meskipun demikian, namun fenomena gerhana bulan untuk sebagian masyarakat masih di anggap sebagai sebuah hal yang sakral. Oleh karena itu sebagai manusia yang memiliki agama dan tuhan, sebaiknya kita berdoa ketika terjadi peristiwa gerhana bulan.

#12. Contoh Teks Eksplanasi Petir

Pernyataan Umum

Petir adalah salah satu fenomena alam yang banyak di takuti oleh semua orang meskipun jarang memakan korban jiwa. Petir atau yang juga di kenal dengan istilah kilat atau halilintar tidak termasuk ke dalam bencana alam. Karena meskipun petir mempunyai kekuatan yang sangat besar dengan daya hancur yang tinggi. Namun, petir pada saat ini bukan lagi hal yang perlu kita khawatirkan, karena petir dapat di tanggulangi dengan penangkal petir.

Namun pada masa lalu fenomena petir ini masih menjadi salah satu hal yang menakutkan terutama untuk daerah – daerah yang lapang yang karang di tumbuhi pepohonan. Petir dapat menghancurkan batu yang besar dan dan menghanguskan pepohonan hanya dengan sekali sambar saja. Sehingga pada saat itu manusia sangat takut akan datangnya petir.

 

Runtutan Sebab Akibat

Pada umumnya petir ini akan muncul pada saat terjadi hujan atau mendung gelap yang di tandai oleh munculnya kilat terlebih dahulu kemudian disusul dengan suara yang menggelegar atau bahkan seperti suara ledakan. Cahaya atau kilat pada petir akan muncul terlebih dahulu daripada bunyinya, karena cahaya akan merambat lebih cepat di bandingkan dengan bunyi.

Setelah kilat atau cahaya petir muncul, maka beberapa detik kemudian akan di susul dengan sura gemuruh dan terkadang setelah kilat tersebut muncul, akan tampak sekejap terdapat bunyi ledakan. Hal tersebut menandakan bahwa jarak petir dengan keberadaan kita sangat dekat.

Pada saat terjadi mendung, maka awan akan mempunyai muatan listrik positif dan negatif. Muatan positif pada awan akan berkumpul dengan muatan positif lainnya di satu sisi awan baik di bawah ataupun di atas awan, dan sisi sebaliknya terkumpul muatan negatif. Jika awan tersebut bermuatan listrik positif dan degatif, maka bumi merupakan unsur yang netral dan menjadi tempat untuk mengalirkan elektron jika awan kelebihan muatan negatif.

Syarat mutlaknya yaitu harus terdapat perbedaan potensial antara langit dan bumi. Terjadinya petir yaitu karena terdapat perbedaan potensial antara awan dengan benda lainnya seperti bumi, awan lain, dan semua benda yang ada di permukaan muka bumi. Media yang digunakan dalam proses pengaliran elektron ini yaitu udara.

Sebenarnya udara bukanlah media yang dapat menghantarkan listrik, namun pada saat terjadi hujan daya isolator pada udara akan menurun sehingga pada akhirnya dapat menjadi media elektron untuk turun ke bumi.

Suara ledakan saat terjadi petir dapat terjadi pada saat elektron memecah daya isolator dari udara yang bercampur dengan air hujan.Hanya energi listrik dengan kekuatan yang sangat besar saja yang mampu mengalir melalui udara pada saat terjadi hujan, sehingga dengan kata lain petir ini merupakan sumber listrik jutaan volt.

 

Interpretasi

Petir ini dapat kita tanggulangi dengan alat penangkal petir. Alat penangkal petir ini merupakan rangkaian jalur yang berfungsi untuk jalan elektron menuju permukaan bumi tanpa merusak benda yang di lewatinya misalnya atap rumah, pohon, tiang, dan ain sebagainya. Petir ini akan mencari benda yang paling tinggi untuk di jadikan sebagai rambatan menuju permukaan bumi. Tanpa adanya alat penangkal petir ini, maka benda yang tersambar oleh petir akan hancur terbakar.

Terdapat tiga bagian utama yang ada pada alat penangkal petir yaitu batang penangkal petir (batang tembaga berujung runcing), kabel konduktor (kabel kawat tembaga yang menghubungkan batang penangkal petir dengan bumi), dan tempat pembumian (lubang di dalam tanah untuk menahan kabel konduktor.

#13. Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Pelangi atau dalam bahasa Inggris di sebut dengan Rainbow merupakan sebuah kejadian optik atau meteorologi dengan wujud cahaya yang mempunyai berbagai macam warna paralel datu dengan lainnya di langit atau media lainnya. Pada saat terjadi hujan ringan di sertai sinar matahari yang masih bersinar, maka nantinya di langit akan terlihat sebuah pelangi yang bercahaya. Selain itu, kita juga dapat melihat pelagi di sekitar air terjun.

 

Runtutan Sebab Akibat

Terjadinya pelangi di langit bisa terjadi melalui empat siklus, di antaranya yaitu pembiasan sinar matahari. Terciptanya sebuah pelangi di sebabkan oleh pembiasan sinar atau cahaya matahari yang kemudian di belokkan menuju ke arah lain dari satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air yang terdapat di atmosfer.

Selanjutnya tetesan air tersebut akan di lewati oleh sinar matahari. Pada saat tetesan air tersebut di lewati oleh cahaya matahari, maka cahaya tersebut akan di biaskan sehingga akan tercipta sebuah warna – warna yang sangat indah yang terpisah secara sendiri – sendiri. Pembelokan cahaya tersebut akan di belokkan ke sudut yang berbeda – beda sehingga akan menghasilkan warna – warna yang memukau pada pelangi.

Warna ungu dalam pelangi adalah warna yang pertama kali di belokkan, sementara warna merah merupakan warna terakhir yang di belokkan. Selanjutnya di susul oleh warna – warna pelangi lainnya seperti warna kuning, jingga, hijau, biru, dan nila. Dari kejadian tersebut, maka kita dapat mengamati warna – warna pelangi dengan lengkap di karenakan terdapat geometri optik pada saat proses penguraian warna.

 

Interpretasi

Pada saat terjadi hujan ringan di sertai dengan munculnya sinar matahari, maka kita dapat melihat fenomena pelangi, namun harus dari arah yang berlawanan dari kita. Posisi kita harus berada di antara tetesan air dan matahari dimana posisi matahari berada di belakang kita dan pusat busur pelangi dan mata kita harus dalam satu garis yang lurus.

#14. Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Pernyataan Umum

Tanah longsor merupakan salah satu peristiwa bencana alam yang terjadi karena pergerakan tanah atau masa buatan. Selan itu,tanah longsor juga dapat di katakan sebagai fenomena amblasnya tanah atau bebatuan dari ketinggian. Tanah longsor ini dapat terjadi karena di sebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pemicu dan faktor pendorong. Faktor pemicu ini merupakan penyebab material bergerak, sedangkan faktor pendorong merupakan penyebab kondisi material.

 

Runtutan Sebab Akibat

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa daerah yang sering terjadi bencana tanah longsor, terutama untuk daerah – daerah yang sedikit pepohonan. Selain faktor alam seperti halnya gempa bumi atau curah hujan yang tinggi, ulah tangan manusia juga dapat menjadi penyebab terjadinya tanah longsor. Biasanya tanah longsor ini sering terjadi pada saat berlangsungnya musim hujan.

Pada saat hujan reda, maka air yang ada di dalam tanah akan mengalami penguapan. Penguapan tanah tersebut akan mengakibatkan struktur tanah menjadi berongga dan ketika hujan turun kembali, maka air hujan akan masuk ke dasar lereng dan akan membuat gerakan lateral sehingga dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor..

 

Interpretasi

Dengan demikian maka alangkah lebih baiknya sebagai masyarakat agar selalu waspada pada saat musim hujan sedang terjadi. Terdapat beberapa cara untuk menanggulangi atau mencegah terjadinya bencana tanah longsor ini. Salah satu caranya yaitu kita dapat menanam yang memiliki struktur akar yang kuat dan rapat untuk mengikat tanah supaya tidak terjadi longsor.

Seperti halnya bencana alam lainnya, bencana tanah longsor juga di anggap sebagai bencana alam yang dapat menimbulkan banyak kerugian bahkan korban jiwa. Selain dapat menimbulkan banyak korban jiwa, bencana tanah longsor juga bisa memberikan dampak kerugian material bagi para penduduk sekitar yang rumahnya terkena tanah longsor.

Oleh karena itu, pada saat musim hujan terjadi, maka hendaklah kita selalu waspada dan menjauhi daerah – daerah yang rawan terjadi bencana tanah longsor, dan lebih baik untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman jika curah hujan yang terjadi cukup tinggi.

 

Demikian sedikit informasi mengenai teks eksplanasi beserta contoh teks eksplanasi semoga dapat membantu anda lebih memahami mengenai jenis teks yang satu ini. semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih.

Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.
Baca Lainya PantaiNesia:
  1. Pantai Legian
  2. Pantai Srau
  3. Pantai Watu Karung
  4. Pantai Watu Bale
  5. Pantai Teleng Ria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight