Teks Eksposisi

By Hasif Priyambudi -

Pelajaran bahasa indonesia merupakan pelajaran wajib ketika kita berada di bangku dari sd sampai sma atau smk sederajat. Ada beberapa kasus dan berbagai teknik, untuk memecahkan suatu masalah. Salah satunya adalah teks eksposisi dalam sebuah

Pintarnesia sebelumnya pernah membahas teks eksplanasi, nah kali ini kita akan membagikan artikel mengenai Teks Eksposisi, dari mulai Pengertian, Ciri, Jenis, Hingga Struktur Teks Eksposisi lohhh! baik langsung saja simak artikel di bawah ini dengan baik baik ya kawan.

Pengertian Teks Eksposisi

Untuk mengetahui lebih dalam apa itu teks eksposisi, ada baiknya kamu mengetahui pengertian teks eksposisi sebagai berikut.

Teks eksposisi adalah sebuah teks atau tulisan yang dibuat dengan tujuan untuk memberi usulan pendapat pribadi tentang suatu topik atau masalah yang ada, dimana di dalamnya terdapat argumen argumen untuk menegaskan dan mendukung pendapat yang dibuat tersebut.

Struktur Teks Eksposisi

struktur teks ekposisi

Struktur teks ekposisi umumnya terdiri dari 4 (empat) bagian utama, di antaranya adalah pembukaan, isi, argumentasi, dan penegasan ulang. Nah, berikut ini adalah masing – masing penjelasannya.

1. Pembukaan

Struktur Teks Eksposisi yang pertama adalah sebuah pembukaan atau yang dikenal dengan orientasi. Nah, pada bagian ini kita bisa melihat pandangan awal yang ditulis oleh si penulis tentang sebuah permasalahan dan rangkaian yang begitu relevan.

2. Tesis/Isi

Struktur yang kedua adalah Tesis, Tesis adalah sebuah isi dari teks ekposisi yang berisi tentang kumpulan pendapat orang lain, dimana orang tersebut dianggap lebih ahli mengenai suatu permasalahan dan pokok bahasan yang sedang dibahas dalam teks ekposisi tersebut.

Guna mengidentifikasi struktur teks ekposisi ini sangat mudah, kita bisa mengidentifikasi tesis dengan memperhatikan pemilihan katanya. Contohnya saja adalah berdasarkan penuturan dan lain sebagainya.

3. Argumentasi

Struktur Teks Eksposisi yang ketiga adalah Argumentasi, Argumentasi adalah struktur teks eksposisi yang memuat mengenai bukti-bukti relevan yang mendukung tesis atau pun isi dari teks eksposisi tersebut. Umumnya argumentasi akan mengandung sebuah fakta yang sangat relevan, dimana berkaitan dengan pokok bahasan yang disinggung dalam teks tersebut.

Contohnya saja adalah Tanggal, latar, Narasumber dan penggunaan angka yang umumnya bersifat nyata atau konkrit.

4. Penegasan Ulang

Struktur yang ke empat adalah penegasan ulang, penegasan ulang memuat sebuah kesimpulan yang meliputi pembukaan, tesis hingga argumentasi yang disampaikan oleh penulis, serta tentunya disampaikan dengan bahasa yang berbeda atau lebih singkat.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi.

Jenis Teks Eksposisi

Dalam sebuah teks eksposisi dibagi menjadi tujuh jenis teks eksposisi dan ketujuh jenis tersebut memiliki perbedaan dan fungsinya masing-masing.

  • Teks Eksposisi Proses, teks eksposisi proses ini merupakan sebuah teks eksposisi yang di dalamnya berisi mengenai penjelasan untuk melakukan suatu hal atau membuat sesuatu.
  • Teks Eksposisi Analisis, teks eksposisi analisis ini merupakan jenis teks eksposisi yang di dalam teksnya berisi mengenai proses pemisahan suatu gagasan utama menjadi masalah ke dalam sub sub bagian yang lebih spesifik, yang selanjutnya dilakukan pengembangan berlanjut secara runtut.
  • Teks Eksposisi Pertentangan, teks eksposisi pertentangan merupakan teks eksposisi yang berisi sesuai namanya yaitu pertentangan antara obyek yang satu dengan obyek yang lain, teks eksposisi pertentangan ini biasanya menggunakan konjungsi seperti : Akan Tetapi, Sebaliknya, Namun. Dan konjungsi pertentangan yang lainnya.
  • Teks Eksposisi Definisi, Teks eksposisi yang mungkin paling sering di temui adalah teks eksposisi definisi dimana teks ini biasanya berisi mengenai penjelasan dari suatu obyek atau hal lainnya.
  • Teks Eksposisi Perbandingan, Teks eksposisi ini biasanya difungsikan untuk menjelaskan ide pokok suatu kalimat utama dengan menggunakan cara perbandingan (membandingkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lain).
  • Teks Eksposisi Berita, teks eksposisi berita ini berisi mengenai informasi dari suatu peristiwa atau kejadian yang ada, teks ini bisa kita temui di surat kabar.
  • Teks Eksposisi Ilustrasi, seperti namanya ‘Teks Eksposisi Ilustrasi’ teks eksposisi ini merupakan teks eksposisi yang dibuat untuk tujuan menggambarkan sesuatu dengan sesuatu yang lain secara sederhana yang didalamnya terdapat kesamaan atau kemiripan sifat.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

kaidah kebahasaan teks ekposisi

Nah, selain memiliki ciri – ciri umum, teks ekposisi juga mempunyai kaidah kebahasaan atau unsur kebahasaan, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Menggunakan Konjungsi

Kaidah yang pertama adalah menggunakan konjungsi, konjungsi atau kata hubung sering digunakan dalam teks ekposisi untuk memperkuat sebuah argumentasi pada teks ekposisi.

2. Menggunakan Kata Leksikal

Kaidah yang kedua adalah Kata Leksikal, menggunakan kata leksikal tertentu yang mengacu pada kamus, atau kata yang mengacu pada sebuah benda, baik itu abstrak atau pun nyata.

Dimana pada kalimat berkedudukan sebagai subjek, serta dilihat dari bentuk dan maknanyaada yang berbentuk sebuah nomina dasar atau pun nomina turunan. Contoh dari nomina dasar seperti: gambar, rumah, meja, pisau, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Pronomina

Kaidah yang ketiga adalah menggunakan Pronomina, maksudnya adalah jenis kata yang menggantikan frasanomina atau pun nomina.

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi.

Ciri Ciri Teks Eksposisi

Adapun untuk mengetahui apakah itu teks eksposisi atau bukan, kamu dapat mengetahui ciri-ciri teks eksposisi sebagai berikut.

  • Memiliki sifat yang informatif.
  • Bersifat akurat mengenai hal yang disampaikan.
  • Umumnya berisi 5W+1H atau dalam bahasa Indonesia yaitu Apa, Dimana, Siapa, Mengapa, Kapan, Bagaimana.
  • Bahasa yang digunakan bersifat lugas dan tidak berbelit belit.
  • Tidak memaksakan kehendak si penulis kepada seseorang yang membaca teks eksposisi tersebut.

Contoh Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi

Dalam menentukan sebuah teks eksposisi, agar tidak bingung. Maka kami akan memberikan contoh teks eksposisi dengan baik dan benar, sebagai berikut ya teman.

Bagian Teks Eksposisi Tesis :

Sudah biasa ketika ada masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan, mulai dari kalangan mudah hingga orang yang sudah berumur. Apabila kita sedang ada di lingkungan terbuka masih saja sering terlihat ada sampah yang berserakan apalagi ditempat yang telah dilaksanakan suatu acara. Padalah sangat jelas sekarang ini sudah memasuki musim hujan dan sering terjadi banjir.

Bagian Teks Eksposisi Argumen :

Tidak sedikit orang yang harus merasakan dampak dari membuang sampah sembarang terlebih dahulu hingga mereka mau membuang sampah di tempatnya. Jadi sosialisasi mengenai bahaya buang sampah sembarangan kurang penting.

Bagian Teks Eksposisi Penegasan Ulang atau Reiterasi :

Orang akan memiliki kesadaran diri yang lebih kuat apabila mereka sudah terkena dampaknya, misalnya saja terkena dampak banjir yang di sebabkan karena aliran sungai macet yang di sebabkan tersumbat oleh sampah.

Nahh seperti itulah kawan mengenai artikel dari Pintarnesia yang pertama ini mengenai Teks Eksposisi. Mudah mudahan dapat bermanfaat dan menambah ilmu saya dan kawan kawan semuanya ya, selalu semangat dan rajin belajar ya.

Hasif Priyambudi
Hasif Priyambudi
Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta, asli Banjarnegara dan disini saya menulis seputar konten umum pendidikan.

Artikel Terkait

Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Ajakan
Contoh Kalimat Ajakan
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Persuasif
Contoh Kalimat Persuasif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Oleh Hasif Priyambudi
Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Tape Singkong
  2. Singkong Goreng
  3. Jus Mangga
  4. Es Teler
  5. Es Buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *