Teks Iklan

By Arwina Nur Dyah Utami -

Teks Iklan – Siapa di antara kita semua yang belum pernah melihat suatu iklan? Tentunya hampir semua di antara kita pernah melihat iklan. Iklan iklan merupakan suatu media yang bertujuan agar kita dapat tertarik untuk dapat membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh iklan tersebut.

Untuk dapat menarik perhatian dari para konsumen maka suatu iklan harus memiliki suatu kalimat atau teks iklan yang yang baik dan mudah dimengerti oleh konsumen.

Teks iklan yang menarik akan dapat dengan mudah memberikan perhatian yang lebih dari konsumen kepada iklan yang diberikan tersebut. Lalu apa sebenarnya teks iklan itu? Dan mengapa apa teks iklan sangat penting di dalam suatu iklan kan? jawaban tersebut akan kamu ketahui dengan menyimak uraian berikut ini.

Dalam setiap iklan yang diberikan yang tertuju kepada para konsumen tentunya terdapat suatu teks iklan yang yang dapat digunakan sebagai salah satu daya tarik agar konsumen mau untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

 

Pengertian Teks Iklan

iklan

Pengertian teks iklan adalah teks berupa media komunikasi yang efektif untuk dapat menyampaikan informasi kepada para audiens atau target iklan, tujuannya antara lain yaitu untuk dapat mempengaruhi, mengingatkan, memberikan informasi, mempromosikan, membujuk dan merayu kepada para target audience untuk mengikuti apa yang diinginkan oleh suatu iklan.

Pengertian lain dari teks iklan adalah suatu media promosi yang efektif untuk dapat memasarkan produk kepada para konsumen karena dengan menggunakan teks iklan memiliki daya jangkau yang luas dan masif.

Tujuan digunakannya teks iklan dalam suatu iklan yaitu untuk dapat memperkenalkan suatu produk baik itu barang ataupun jasa kepada masyarakat. Teks iklan yang digunakan haruslah unik agar dapat menarik perhatian bagi masyarakat untuk dapat mengenal, membeli, mengonsumsi atau menggunakan produk yang dipromosikan.

Iklan sendiri dapat disampaikan melalui media cetak seperti koran atau majalah. Sedangkan menurut iklan yang disampaikan melalui media elektronik seperti iklan yang berada di internet, televisi, radio dan lain sebagainya.

Selain itu kita juga dapat mencoba iklan dalam bentuk poster, brosur, dan spanduk. tujuan dari dibuatnya iklan tidak lain yaitu untuk dapat menarik perhatian dari masyarakat sehingga teks iklan bersifat persuasif.

 

 

Struktur Teks Iklan

teks iklan

Untuk dapat membuat sebuah iklan yang menarik maka kamu perlu menggunakan teks iklan dengan rincian atau struktur yang baik pula. Terdapat beberapa struktur atau susunan dalam pembuatan teks iklan seperti berikut ini:

 

1. Judul

Sebuah iklan tentunya akan lebih jelas jika diberikan judul yang sesuai dengan sesuatu yang ingin di promosikan atau diiklankan.

Judul dari teks iklan terletak pada bagian paling atas, agar dapat dilihat pertama kali oleh orang, pada umumnya judul merupakan kejelasan yang digunakan oleh pembuat iklan untuk memberikan informasi melalui judul. Akan tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul pada teks iklan yang mereka buat.

 

2. Nama Barang atau Jasa

Struktur atau susunan yang ke 2 dalam pembuatan teks iklan yaitu mencantumkan nama barang atau jasa yang ingin di promosikan kepada khalayak umum.

Masyarakat yang ingin membeli suatu barang atau jasa tentunya harus tahu dan mengerti barang atau jasa apakah yang sedang dipromosikan kan di dalam iklan tersebut. Nama barang atau jasa yang ditawarkan juga dapat dijadikan sebagai identitas agar masyarakat dapat lebih mudah menghafal dan mengetahui nama produk atau jasa dari suatu iklan.

 

3. Deskripsi

Deskripsi pada teks iklan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dapat menarik perhatian dari para konsumen. Pada bagian deskripsi barang atau jasa akan dijelaskan dan dituliskan dengan kalimat semenarik mungkin untuk dapat menarik perhatian dari masyarakat.

Selain menggunakan kalimat yang menarik pada bagian deskripsi juga dituliskan mengenai cara mendapatkan barang atau jasa yang ditawarkan dengan mencantumkan alamat atau nomor telepon yang dapat dihubungi.

 

 

Fungsi Teks Iklan

Seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya suatu iklan dibuat bertujuan untuk dapat menarik perhatian dari para konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan dengan menggunakan teks iklan atau kalimat yang semenarik mungkin. Selain itu terdapat pula beberapa fungsi dibuatnya sebuah iklan antara lain sebagai berikut:

  • Iklan dapat dijadikan sebagai pengingat bagi masyarakat agar selalu menggunakan produk yang ada di dalam iklan tersebut.
  • Iklan berfungsi si untuk dapat memberikan informasi terkait dengan berbagai produk baru yang ingin ditawarkan.
  • Fungsi iklan yang lainnya juga dapat dijadikan sebagai upaya ya untuk mendekatkan atau mengarahkan konsumen untuk dapat membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

 

 

Contoh Teks Iklan

Pada kesempatan kali ini pintarnesia juga akan memberikan contoh teks iklan yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi dan menambah pengetahuan kamu.

Suatu teks iklan batunya harus ditulis dengan menggunakan kalimat atau bahasa yang dapat menarik perhatian dari masyarakat untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini merupakan contoh teks iklan yaitu:

 

Contoh teks iklan Makanan

Chitato

Saat semua lagi ngumpul, menang atau kalah kita bareng, kita bangga sama-sama. Terimakasih untuk semua yang udah kita lewati dan teruslah jadi inspirasi kami berinovasi menciptakan rasa dan pengalaman yang akan selalu dinanti. Chitato Life Is Never Flat!

 

Contoh Teks Iklan Minuman

Pocari Sweat

Kehilangan ion saat berkeringat dapat membuatmu cepat lelah, keringat kita terdiri dari ion dan air. Pocari Sweat cepat kembalikan ionmu. Go ion Pocari Sweat.

 

Contoh Teks Iklan Jasa

Gojek

Ini kisah para cendikiawan, anak bangsa yang berkarya dengan kecerdikan segala perkara dapat dituntaskan. Mereka menantang aturan klasik kuah mie bakso kompak satu plastik dan bukan demi eksistensi, namun rana lebih untuk memperkaya gallery selfie.

Terus melangkah dengan ruang gerak yang minimal melampaui batas dengan penuh akal. Jadilah cerdikiawan dan raih ragam solusi untuk setiap situasi. Layaknya aplikasi karya anak bangsa. Pasti ada jalan dengan Gojek.

 

 

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Dalam membuat teks iklan terdapat beberapa aturan terkait dalam bahasa yang digunakan dan hal-hal lainnya tentang iklan yang akan di promosikan. Berikut ini terdapat aturan atau kaidah kebahasaan dalam membuat teks iklan:

 

1. Menggunakan Slogan

Suatu teks iklan tentunya harus dapat mudah diingat dan menarik perhatian bagi para masyarakat untuk dapat membeli barang atau jasa yang dipromosikan di dalam sebuah iklan. Salah satu hal yang dapat membuat produk atau jasa tersebut mudah dimengerti oleh masyarakat yaitu dengan menggunakan slogan.

Slogan adalah kalimat yang mudah diingat, yang memiliki sifat menarik dan mencolok. Pada umumnya kalimat slogan perubahan susunan kata tertentu yang memberikan penjelasan secara singkat mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan barang atau jasa agar dapat lebih mudah untuk diingat oleh masyarakat.

Contoh slogan:

  1.  Jauhi narkoba sebelum dunia menjauhimu
  2. Nikmatnya sesaat, Nyeselnya sampai akhirat

 

2. Menggunakan Kalimat Persuasif

Agar sebuah iklan dapat menarik maka di dalam teks iklan digunakan kalimat persuasif yang bertujuan untuk dapat meyakinkan serta membujuk para pembaca atau masyarakat untuk dapat menerima pendapat yang dituliskan oleh penulis mengenai sesuatu. Kalimat persuasif dituliskan dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih yakin untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Contoh kalimat persuasif:

  • Ayob rajin belajar agar menjadi insan yang pintar!
  • Ayo menabung untuk masa depan yang beruntung!

 

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama

Di dalam suatu iklan, teks ikaln dibuat dengan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal atau jamak. Contoh kata tunggal misalnya seperti saya, aku, kami yang merupakan kata ganti dari instansi pembuat iklan.

 

 

Ciri-Ciri Teks Iklan

Suatu teks iklan yang ada di dalam iklan untuk dapat mempromosikan produk atau jasa tentunya memiliki ciri-ciri atau karakteristik khusus yang dimiliki oleh teks iklan tersebut. Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri teks iklan yang baik antara lain yaitu:

  • Fokus terhadap pembahasan tentang barang atau jasa yang ingin mempromosikan atau ditawarkan.
  • Memiliki sasaran yang jelas dan tepat dengan menentukan target konsumen. Penentuan target tersebut haruslah terdapat paket utama dan target kedua untuk menentukan penetapan media untuk pasang iklan yang bergantung kepada target dari konsumen melalui kualitas, harga, distribusi atau jangkauan pemasaran.
  • Itu yang disajikan dengan menggunakan konsep yang semenarik mungkin, karena menarik atau tidaknya suatu barang atau jasa yang dipromosikan akan dapat mempengaruhi pembaca atau audience merasa yakin untuk membeli barang atau jasa tersebut.
  • Iklan yang disajikan harus memiliki daya tarik tersendiri agar para konsumen yang menjadi sasaran atau target dari iklan dapat memperhatikan isi dari iklan dan mau membeli barang atau jasa yang dipromosikan. Daya tarik dapat disajikan dengan menggunakan kalimat yang unik dan menarik serta menggunakan layout atau tampilan yang menarik pula.
  • Memilih slogan dengan menggunakan kata-kata yang padat, singkat dan jelas. Kalimat slogan tersebut berisikan mengenai gambaran terhadap headline agar para konsumen dapat membaca iklan secara lebih detail.

Ikaln yang baik juga memiliki beberapa unsur komunikasi antara lain yaitu seperti dibawah ini:

  • Iklan berisikan mengenai headline yang yang berupa kalimat singkat padat dan jelas dan tidak lebih dari 10 kata. dari headline tersebut diharapkan para konsumen dapat langsung mendapatkan banyak informasi tentang barang atau jasa yang dipromosikan.
  • Pengirim sebuah iklan adalah produsen atau yang biasa dalam dunia periklanan diwakili oleh biro iklan.
  • Iklan disajikan melalui media komunikasi seperti melalui media elektronik (radio, televisi, internet), media cetak ( majalah, koran) atau berbagai jenis media promosi yang lainnya.
  • Penerima iklan konsumen yang menjadi sasaran dari penjualan barang atau jasa.

 

 

Syarat Teks Iklan

jika ingin membuat sebuah iklan yang baik dan menarik maka kamu harus memenuhi syarat-syarat pembuatan teks iklan seperti berikut:

Berdasarkan isinya, teks iklan harus:

  • Haruslah bersifat objektif dan jujur
  • Memuat kalimat yang singkat, padat dan jelas serta mudah dipahami
  • Tidak menyinggung perasaan orang lain
  • Menarik perhatian orang banyak

Berdasarkan bahasa, iklan harus:

  • Menggunakan kalimat yang tepat dan menarik perhatian serta sopan
  • Kalimat atau kata yang diungkapkan bersifat memikat perhatian dari masyarakat.
  • Menggunakan bahasa yang menonjolkan informasi yang penting
  • Suatu teks iklan harus menuju tepat pada sasaran

 

Itulah penjelasan kali ini tentang teks iklan. Semoga pembahasan yang ada di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan kalimat atau penjelasan, mohon maaf. Terimakasih.

Arwina Nur Dyah Utami
Arwina Nur Dyah Utami
Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Artikel Terkait

Jenis-Jenis Paragraf
Jenis-Jenis Paragraf
Oleh Mexi Prizkia
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Contoh Kalimat Efektif & Tidak Efektif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Ajakan
Contoh Kalimat Ajakan
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Kata Kerja Transitif & Intransitif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kalimat Persuasif
Contoh Kalimat Persuasif
Oleh Arwina Nur Dyah Utami
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku
Oleh Hasif Priyambudi

Baca Lainya Tastynesia:
  1. Ayam Geprek Crispy
  2. Nasi Goreng Merah
  3. Nasi Goreng Padang
  4. Nasi Goreng Pattaya
  5. Nasi Goreng Hongkong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *