Fanesh Penikmat senja dan pelajar smk jurusan rekayasa perangkan lunak, yang gemar menulis.

Teks Inspiratif: Pengertian, Ciri, Kaidah, Struktur dan Contoh

4 min read

teks inspiratif

Inspiratif adalah sekumpulan ide – ide kreatif yang dihasilkan dari belajar dan dari sekililing sekitar. Dalam KBBI inspiratif adalah sebagai ilham atau sesuatu yang dapat menggerakkan hati untuk menciptakan sebuah karya berupa musik, lagu, syair, dan masih banyak lagi.

Namun, ada juga orang mengungkapkan ide inspiratifnya ke sebuah cerita. Orang yang membuat cerita inspiratif biasanya orang yang tarafnya sudah bijak. Sebelumnya kita pernah bahas teks biografi, bisa berkaitan dengan pembahasan kali ini.

Orang bijak juga tak sembarang dalam membuat cerita, mereka harus berusaha keras dengan banyak tantangan. Bijak juga tak selamanya orang yang membuat cerita. Dalam hal ini bijak bisa berupa memberikan pertolongan mulai dari dalam bentuk kecil hingga pertolongan dalam bentuk besar.

 

Pengertian Teks Inspiratif

Teks Inspiratif adalah satu bentuk prosa yang berisi kisah seseorang dan dibuat dengan tujuan memberikan motivasi atau inspirasi. Pada dasarnya teks inspiratif memberikan sebuah semangat, motivasi, rasa percaya diri untuk para pembaca yang diharapkan memberikan rasa positif setelah membacanya.

Baca Juga: Contoh Jurnal.

 

 

Ciri – Ciri Teks Inspiratif

Teks inspiratif juga memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  1. Teks inspiratif memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada para pembaca.
  2. Teks inspiratif memiliki tema spesifik yang di kembangkan lagi menjadi cerita yang lebih menarik.
  3. Teks inspiratif memiliki struktur teks yang terdiri dari orientasi, komplikasi peristiwa, resolusi, komplikasi dan kode.
  4. Teks inspiratif bersifat naratif karena mereka menceritakan tentang seseorang atau sesuatu yang dapat menginspirasi bagi para pembaca.
  5. Teks inspiratif memiliki alur cerita tertentu sehingga pembaca dapat memahami cerita yang disajikan dan pesan yang terkandung di dalamnya.
  6. Teks Inspiratif pada umumnya menceritakan kisah kehidupan yang bisa menjadi panutan bagi pembacanya. Dalam teks inspiratif dapat berupa dalam kehidupan nyata atau fiksi yang memotivasi dan memiliki pandangan positif.

 

 

Kaidah Teks Inspiratif

Selain itu untuk memahami lebih dalam, kalian perlu mengetahui kaidah teks inspiratif. Teks inspiratif juga memiliki kaidah bahasa yang sebagai berikut :

 

Kata Keterangan Tempat, Tujuan, Waktu dan Cara

  • Kata keterangan tempat bisa berupa kata : di, ke dan dari.
  • Kata keterangan tujuan bisa berupa kata : untuk, supaya dan agar.
  • Kata keterangan waktu bisa berupa kata : pada, kemarin, besok, lusa dan lain – lain.
  • Kata keterangan cara bisa berupa kata : dengan dan secara.

 

Kata Hubung Intrakalimat dan Antar kalimat

Kata hubungan intra kalimat dan antar kalimat adalah konjungsi. Beriku contohnya :

  • Konjungsi pertentangan : walaupun, meskipun dan sekalipun.
  • Konjungsi konsekuensi : dengan demikian.
  • Konjungsi akibat : oleh karena itu dan oleh sebab itu.

 

Kata Majemuk Sementara dan Bertingkat

  • Kalimat majemuk sementara adalah kalimat majemuk yang terdiri atas beberapa kalimat yang setara. Contoh : Doni duduk dan minum teh hangat.
  • Kaliamat majemuk bertingkat adalah kalimat majemuk yang terdiri atas beberapa kalimat tunggal yang tidak setara. Contoh : Yassuo adalah feeder. Karena dia sadar bahwa seorang feeder, dia keluar permainan.

 

 

Struktur Teks Inspiratif

Untuk dapat memahami lebih lengkap kalian bisa menyimak struktur teks inspiratif, Berikut adalah struktur teks inspiratif yang terdiri dari lima bagian.

 

Orientasi

Orientasi adalah bagian perkenalan. Pada bagian ini memperkenalkan bagian awal dari cerita sebelum cerita berlangsung.

 

Insiden

Insiden adalah bagian yang menceritakan peristiwa atau kejadian yang dialami tokoh. Terdapat konflik pada bagian ini karena menuju suatu permasalahan yang diceritakan oleh tokoh.

 

Interpretasi

Interpretasi adalah bagian perenungan dari peristiwa yang dialami tokoh. Bagian ini juga dimana para tokoh merenungkan pada peristiwa yang dialaminya dan menceritakan kembali konflik sebelum menuju resolusi atau penyelesaian.

 

Resolusi

Resolusi merupakan tahap penyelesaian masalah. Peristiwa atau masalah yang dikembangkan pada bagaian rangkaian peristiwa dan komplikasi pada tahap resolusi.

 

Koda

Koda adalah bagian penutup dari sebuah cerita inspiratif. Dalam tahap ini disampaikan kesimpulan dan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut.

 

 

Contoh Teks Inspiratif

Untuk mengetahui lebih lengkap, kalian bisa menyimak contoh teks inspiratif sebagai berikut.

 

IBU

Diceritakan pada suatu hari seorang ibu melintasi angkringan nasi uduk sambil mendorong gerobak miliknya. Dia tidak hidup seorang diri melainkan bersama kedua anaknya yang berada di dalam gerobak. Sontak saja kondisi ini menyentuh seseorang untuk turut berbagi. Panggil saja namanya Armi, seseorang yang sedang makan nasi uduk di waktu pagi menjelang siang.

Melihat kondisi sang ibu dan kedua anaknya membuat Armi bergegas memanggil si ibu berkali-kali. Namun belum juga mendekati seruannya. Hingga akhirnya si ibu mendekat dengan air muka yang bingung. Tanpa pikir panjang Armi memesan 3 bungkus nasi uduk dan menyerahkan nasi tersebut pada si ibu. Berkali-kali si ibu mengucapkan terima kasih kepada Armi.

Sang ibu bercerita bahwa sang suami telah meninggal dan gerobak itulah peninggalan satu-satunya. Pekerjaannya kini hanya mencari sampah di dekat perumahan atau pinggir jalan raya. Kemudian menghibur kedua anaknya sembari terus berusaha bertahan hidup. Akan tetapi kondisi hidupnya kini sama sekali tidak dia sesali, sebab sang ibu selalu berusaha dan Tuhan ada bersamanya.

Tak ada di dunia ini yang mau hidup serba kesulitan. Namun di sanalah segala syukur dan pesan mesti digaungkan. Sebab Tuhan tidak pernah tidur dan selalu memberkahi setiap hambanya yang selalu bersyukur.

 

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang teks inspiratif, mulai dari pengertian, contoh, kaidah, struktur teks inspiratif. Jika ada pertanyaan bisa kirimkan di kolom komentar ya.

Fanesh Penikmat senja dan pelajar smk jurusan rekayasa perangkan lunak, yang gemar menulis.
DarkLight