25+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat: Lengkap 2020

By

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat – Apakah kamu tahu apa itu observasi? Observasi merupakan salah satu teknik di dalam sebuah penelitian untuk melakukan pengumpulan data. Setelah semua data hasil observasi terkumpul maka langsung dibuatlah sebuah teks laporan hasil observasi.

Tapi apakah kamu tahu apa itu teks laporan hasil observasi? Bagaimana cara membuat teks observasi? Dan apa tujuan dari dibuatnya teks observasi?

Nah, untuk mengetahuinya pada kesempatan kali ini Pintarnesia akan memberikan ulasan tentang 25+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat. Akan tetapi sebelum itu, akan lebih baik jika kita bahas lebih dahulu lebih dalam tentang teks laporan observasi agar kamu menjadi lebih paham. Jadi langsung saja kita simak ulasan di bawah ini.

 

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

pengertian teks laporan observasi

Teks laporan hasil observasi merupakan sebuah teks menjelaskan berbagai macam informasi, informasi yang terdapat di dalam teks laporan tersebut bisa berupa manusia, hewan, tanaman, fenomena alam dan juga fenomena sosial.

Di dalam sebuah teks laporan hasil observasi juga terdapat klarifikasi kelas dan juga subkelas sesuai dengan observasi yang telah dilakukan. tidak hanya itu, sebuah teks laporan hasil observasi juga harus sesuai dengan fakta yang ada dan dapat dipertanggung jawabkan.

 

 

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

tujuan teks laporan hasil observasi

Tujuan dari pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk memberikan sebuah informasi terhadap para pembacanya tentang hasil dari pengamatan atau penelitian secara sistematis dan juga objektif sesuai dengan fakta yang ada.

Tidak hanya itu, teks laporan hasil observasi juga masih memiliki tujuan yang lainnya, antara lain :

  • Untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada dalam bentuk hipotesis dan pengamatan.
  • Untuk mendapatkan sebuah teknik baru yang belum pernah di coba sebelumnya.
  • Untuk mendapatkan sebuah keputusan yang lebih efektif dalam menyelesaikan suatu masalah.
  • Untuk mengetahui perkembangan dari suatu masalah yang ada.
  • Untuk melakukan pengawasan dan juga perbaikan terhadap permasalahan yang ada.

Baca Juga : 10+ Contoh Teks Ulasan: Novel, Buku-buku, Cerpen, Film

 

 

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

fungsi teks laporan hasil observasi

Teks laporan hasil observasi juga memiliki beberapa fungsi, berikut ini adalah beberapa fungsi yang terdapat di dalam sebuah teks observasi :

  • Teks laporan hasil observasi dapat digunakan sebagai sebuah narasumber yang dapat dipercaya, karena sebuah teks laporan hasil observasi dibuat berdasarkan dengan fakta yang ada dan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Teks laporan hasil observasi dapat digunakan sebagai laporan pertanggung jawaban dari sebuah tugas ataupun kegiatan pengamatan.
  • Teks laporan hasil observasi dapat digunakan sebagai salah satu saran dalam melakukan pendokumentasian.
  • Teks laporan hasil observasi dapat digunakan sebagai sembuh keputusan dalam melakukan pemecahan masalah yang sedang dihadapi.

 

 

Ciri – Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

ciri teks laporan hasil observasi

Untuk membuat sebuah teks laporan hasil observasi tentunya tidak bisa secara sembarangan, melainkan semua kaidah-kaidah yang ada haruslah terpenuhi. Hal tersebut dilakukan agar sebuah teks laporan hasil observasi mendapatkan hasil yang dapat dipertanggung jawabkan.

Berikut ini adalah ciri-ciri atau kaidah-kaidah yang harus terpenuhi di dalam sebuah teks laporan hasil observasi :

 

1. Objektif

Maksud dari objektif yang satu ini adalah teks laporan hasil observasi harus dibuat sesuai dengan kenyataan atau sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan serta tidak dapat terpengaruhi oleh pandangan atau pendapat dari diri sendiri.

 

2. Universal

Sebuah teks laporan hasil observasi haruslah universal atau teks laporan hasil observasi haruslah bersifat imun dan tidak boleh terpengaruh maupun memihak kepada pihak-pihak tertentu.

 

3. Faktual

Teks laporan hasil observasi haruslah faktual atau harus dibuat berdasarkan dengan kenyataan yang ada di lapangan. Tujuannya adalah agar sebuah laporan hasil observasi dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

 

4. Sistematis

Sebuah laporan hasil observasi haruslah dibuat dengan teratur dan juga berurutan sesuai dengan ketentuan yang ada.

 

5. Objek yang di Observasi

Untuk membuat teks laporan hasil observasi, kamu harus dapat menentukan terlebih dahulu objek yang akan kamu lakukan observasi, baik itu fenomena alam, binatang, tumbuhan, dan lain-lain.

 

6. Tidak Terdapat Penutup Dari Penulis Laporan

Seorang penulis tidak diharuskan menuliskan bagian penutup pada bagian akhir laporan, karena sang penulis hanyalah bertindak sebagai seorang yang melaporkan objek sesuai dengan analisis dan juga pengamatan yang ia lakukan.

Baca Juga : 20+ Contoh Teks Negosiasi Singkat: Terbaru 2020

 

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Sesuai dengan kaidah atau ciri-ciri dari sebuah teks laporan hasil pengamatan, yakni harus dibuat secara sistematis atau harus dibuat dengan cara yang teratur dan juga berurutan sesuai dengan struktur yang ada. Berikut ini adalah struktur dari teks laporan hasil observasi beserta dengan penjelasannya :

 

1. Pernyataan Umum/ Klarifikasi

Pada bagian yang pertama pada teks laporan hasil observasi adalah pernyataan umum, yang mana di dalamnya berisikan informasi berupa definisi dari objek yang telah dilakukan pengamatan.

Jadi bisa dikatakan bahwa bagian ini merupakan sebuah pembuka yang berikan tentang pembahasan secara umum sebuah objek yang diamati secara umum.

Setelah itu, objek yang telah klarifikasi dan juga dijelaskan secara umum tersebut diklarifikasi atas perbedaan dan juga persamaannya, dan kemudian kriteria yang tela ditentukan tersebut dibedakan berdasarkan kelas, subkelas dan juga rincian yang lebih mendalam.

 

2. Aspek-Aspek yang Dilaporkan

Lalu pada bagian struktur yang selanjutnya berikan penjelasan yang lebih rinci dari objek yang telah dilakukan pengamatan. Tidak hanya itu, pada bagian yang satu ini juga berisikan penjelasan yang lebih detail mengenai penggolongan dari suatu objek hingga ke hal yang terkecil sekalipun.

Nah, setelah kamu sudah tahu lebih dalam tenang apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi, berikut ini adalah beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang dapat kamu jadikan juga sebagai bahan referensi atau bahan belajar kamu, sehingga kamu bisa menjadi lebih paham lagi tentang teks laporan hasil observasi.

 

 

Contoh Teks Laporan Observasi

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan observasi, antara lain.

 

1. Contoh Teks Laporan Observasi Kelapa

Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan inin.Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia, karena banyak manfaatnya maka tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun sekarang sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa dan lembaga. Pohon kelapa atau pohon nyiur banyak terdapat di bagian tepi pantai.

Berdasarkan penelitian yang ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan, karena buah ini dapat menetralkan racun didalam tubuh kita dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman.

Para dokter gigi juga meyakini bahwa kelapa bisa mencegah gigi berlubang. Sedangkan, batang pohonnya sangat bermanfaat untuk pembuatan janur, pembungkus ketupat dan masih banyak lagi.

 

2. Contoh Teks Laporan Observasi Bunga Anggrek Bulan

Anggrek Bulan atau Phalaenopsis ambilis adalah tanaman indah masuk dalam salah satu suku tumbuhan berbunga terbanyak yang juga ditetapkan sebagai puspa pesona Indonesia yang berasal dari Genus Phalaenopsis.

Anggrek Bulan merupakan jenis Anggrek Ochidaceae yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar. Anggrek Bulan berasal dari Asia Tenggara dan dapat ditemukan diseluruh dunia kecuali di Benua Antartika. Anggrek Bulan pertama ditemukan di Maluku, dan termasuk tumbuhan Epifit.

Anggrek Bulan banyak dimanfaatkan untuk tanaman hias karena keindahannya. Anggrek mudah dirawat dibandingkan dengan jenis bunga lain, seperti dahlia, melati, mawar, dan sebagainya. Anggrek Bulan salah satunya yang dapat hidup/tumbuh hanya dengan digantungkan, sehingga tidak banyak membutuhkan ruangan.

Cara budidaya Anggrek Bulan termasuk mudah, hanya dengan menyetek atau penyebaran biji. Media yang digunakan dapat berupa arang kayu, serabut kelapa, atau potongan batang pohon/genting/batu bata.

Baca Juga : 15+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan: Lengkap

 

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Beruang madu merupakan jenis beruang yang paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada di dunia. Beruang madu merupakan fauna khas Bengkulu sekaligus digunakan sebagai simbol provinsi tersebut.

Beruang madu ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 1,40 meter, tinggi punggungnya 70 cm dengan berat antara 50 – 65 kg. Karena hidupnya di pepohonan maka telapak kaki beruang madu tidak memiliki bulu sehingga ia dapat bergerak dengan kecepatan 48 km / jam dan mempunyai tenaga yang sangat kuat.

Beruang madu merupakan binatang mamalia, bulu beruang madu cenderung pendek dan berkilau. Di bawah lehernya terdapat tanda yang sangat unik berwarna oranye yang dipercaya menggambarkan matahari terbit.

Beruang madu merupakan salah satu binatang omnivora yang memakan apa saja di hutan. Mereka memakan aneka buah-buahan dan tanaman hutan hujan tropis. Termasuk juga tunas tanaman jenis palem. Mereka juga senang memakan serangga, madu, burung, dan binatang kecil lainnya.

Beruang madu telah di kategorikan sebagai binatang yang mudah diserang dan terancam punah. Hal ini disebabkan oleh perusakan habitat asli beruang madu. Ancaman terbesar bagi beruang madu adalah habitatnya telah hilang.

 

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Sampah merupakan material sisa yang tidak digunakan lagi setelah mengalami suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan baik itu oleh alam maupun oleh manusia.

Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11 ton perharinya. Sampah bisa dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah dapat dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik merupakan sampah yang bisa terurai oleh bakteri. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak dapat terurai.

Contoh sampah organik adalah sisa makanan seperti sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini bisa diolah sebagai pupuk atau kompos.

Contoh sampah anorganik adalah plastik, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik bisa di daur ulang atau bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Berdasarkan bentuknya, sampah bisa dibedakan menjadi sampah padat, sampah cair, sampah alam, sampah konsumsi, sampah manusia, dan sampah radio aktif.

Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat.Sampah pada bisa berupa sampah rumah tangga, sampah dapurm kebun dan yang lainnya.

Sampah cair adalah sampah yang berbentuk cair yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah. Pengertian limbah adalah sampah cair yang dihasilkan dari aktivitas industri.

Sampah alam merupakan daun kering yang berasal dari hutan kemudian terurai melalui proses alami.

Sampah manusia merupakan istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan dari manusia, seperti feses dan urin. Sampah ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang selalu meningkat. Limbah radio aktif merupakan sampah nuklir yang dihasilkan dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah radio aktif sangat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia karena dapat menghasilkan radiasi yang berdampak buruk bagi kesehatan makhluk hidup.

Oleh karena itu sampah nuklir disimpan di tempat-tempat yang sangat aman dan tidak sembarangan untuk digunakan. Untuk melakukan aktivitas tempat-tempat yang di tuju biasanya tempat bekas tambang garam atau dasar laut.

Baca Juga : 10+ Contoh Teks Ulasan: Novel, Buku-buku, Cerpen, Film

 

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan

Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah di serang oleh berbagai macam penyakit.

Kondisi kebersihan lingkungan di komplek perumahan sangat baik. Selokan selalu terpelihara dengan baik dan tidak tersumbat oleh sampah. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di setiap rumah warga.

Tempat pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga sangat terawat sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Petugas kebersihan selalu mengambil sampah setiap tiga kali sehari. Selain itu setiap satu bulan sekali masyarakat komplek perumahan selalu melakukan kerja bakti untuk membersihkan selokan dan rumput-rumput liat yang terdapat disekitar komplek tersebut.

Kebersihan lingkungan tidak sulit untuk diterapkan apabila kita selalu membudayakan pola hidup bersih dan sehat. Budaya hidup yang bersih dan sehat akan mendatangkan benyak manfaat bagi manusia khususnya untuk diri kita sendiri. Kita dapat menjalankan berbagai aktivitas hidup yang sehat dan produktif.

 

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Sekolah

Salah satu sekolah yang memiliki kondisi lingkungan sehat dan bersih karena sekolah ini memiliki 2 jenis lingkungan yaitu lingkungan hidup atau benda hidup yang disebut juga biotik dan lingkungan mati atau benda mati yang sering disebut dengan abiotik.

Lingkungan hidup di sekolah tersebut meliputi tanaman-tanaman hias dan pohon-pohon besar yang terawat dengan baik. Pohon-pohon besar tersebut berhasil menaungi lingkungan sekolah sehingga sekolah menjadi teduh dan sejuk, sedangkan untuk lingkungan mati atau benda mati terdiri dari gedung sekolah, peralatan sekolah, dan properti sekolah.

Lingkungan hidup disini dimulai dari halaman depan sekolah. Disana terdapat beberapa tanaman-tanaman hias yang indah dipandang. Kemudian ada juga taman yang dihias dengan beragam tanaman dan rerumputan. Tanaman-tanaman hias itu ada di berbagai tempat tersebar di lingkungan sekolah misalnya di depan ruang guru, di depan kelas, dan di ruang kepala sekolah.

Jenis-jenis tanaman hias yang terdapat di SMP Sukamulya ini beragam, diantaranya yaitu bunga bougenville, bunga mawar, bunga lili, bunga asoka, bunga anggrek, bunga kembang sepatu, bunga alamanda, bunga kemuning dan bunga amarilis. Semua bunga tersebut dirawat dengan baik sehingga tertata dengan cantik di halaman sekolah dan tempat lainnya di dalam sekolah.

Untuk beberapa jenis pohon besar yang ada di SMP Sukamulya tersebut diantaranya yaitu pohon bambu jepang yang berukuran kecil, pohon mangga, pohon beringin, beringin karet, pohon bambu kuning, pohon jeruk, pohon cemara, dan masih banyak lagi. Uniknya lagi, di halaman belakang pekarangan kelas terdapat bebarapa tanaman yaitu jagung dan singkong.

Hasil dari kebun tersebut biasanya digunakan untuk keperluan penelitian biologi dan dikonsumsi bersama oleh para siswa dan guru. Untuk lingkungan benda matinya terdapat gedung sekolah yang terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas siswa, ruang tata usaha, perpustakaan, UKS, aula, koperasi, kantin, kamar mandi dan gudang.

Sedangkan untuk peralatan yang terdapat di sekolah tersebut antaralain meja kursi para siswa, lemari buku, papan tulis, layar LCD proyektor, globe, alat-alat peraga untuk keperluan pelajaran biologi, dan lain-lain. Ada juga peralatan olah seperti bola sepak, bola basket beserta ringnya, bola voli, bola tenis, jaring bulu tangkis, jaring voli, dan masih banyak lagi.

Di bagian lapangan terdapat lapangan olahraga yang dapat digunakan untuk bermain voli, basket, sepak bola, lapangan upacara dan lapangan khusus untuk tempat parkir kendaraan para siswa dan guru. Demikianlah hasil observasi lingkungan di SMP Sukamulya Bandung yang terdiri dari lingkungan benda hidup dan lingkungan benda mati.

Supaya kedua jenis lingkungan tersebut dapat digunakan dengan baik maka diperlukan kesadaran seluruh warga sekolah untuk memelihara dan merawat lingkungannya agar tetap bersih, rapi dan juga asri.

 

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Bumi dan Bulan

Bulan merupakan satu-satunya satelit yang alami untuk bumi. Bulan menjadi satelit terbesar ke lima dalam tata surya. Bulan juga tidak selalu berada di belahan bumi yang sama karena bulan berputar mengelilingi porosnya yaitu bumi. Itulah sebabnya kita selalu melihat bulan di malam hari, dan cahaya yang dipancarkan bulan merupakan cahaya dari matahari.

Jarak antara bumi dan bulan sangat jauh yaitu sekitar 384.405 kilometer (tiga puluh kali diameter bumi), sedangkan diameter bulan yaitu 3474 kilometer. Bulan mengelilingi bumi setiap 27,4 hari, dan variasi periodik antara bumi, bulan dan matahari tersebut bertanggung jawab pada fase bulan yang selalu berulang sebanyak 29,5 hari.

Bulan yang ditarik oleh gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi karena gaya sentrifugal yang timbul dari bulan mengelilingi bumi. Kemudian besarnya gaya sentrifugal bulan sedikit lebih besar dari gaya gravitasi antara bumi dan bulan. Hal itulah yang menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan 3,8 sentimeter per tahunnya. Di bulan tidak tidak ada kehidupan sama sekali.

Baca Juga : 15+ Contoh Teks Narasi: Struktur, Ciri, Penjelasan

 

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Tahukah anda, Komodo adalah jenis hewan melata terbesar di Indonesia yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Komodo hidup di semak-semak belukar dan di sejumlah hutan yang ada di Indonesia. Komodo juga dianggap sebagai hewan melata terberat di Indonesia karena memiliki berat tubuh sekitar 100 kg atau lebih.

Komodo yang paling besar di Indonesia dan pernah diukur tinggi serta beratnya yaitu beratnya mencapai 166 kg dan panjangnya mencapai tiga meter, tetapi umumnya panjang dan berat binatang komodo ini hanya sekitar 2,5 meter dengan berat sekitar 91 kilogram. Namun, untuk beberapa jenis komodo memang ada yang mencapai panjang dan berat melebihi rata-rata.

Komodo memiliki jenis kulit yang bersisik, warnanya abu-abu, bentuk moncongnya lancip, bagian tungkai lengannya kuat, dan memiliki ekor yang berotot. Untuk mendeteksi keberadaan mangsanya yaitu bangkai binatang, komodo menggunakan indera penciumannya yang cukup kuat. Walaupun jaraknya beberapa meter di depan namun ia sudah dapat menciumnya.

Selain itu, komodo juga bisa memangsa binatang melata lainnya seperti jenis-jenis binatang mamalia yang berukuran besar. Hampir di semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi sehingga bagian giginya tidak terlihat. Uniknya, saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah karena hal itu menjadi media yang ideal untuk berkembangnya bakteri yang berbahaya.

Bakteri yang hidup di dalam mulut komodo tersebut, akan menyebabkan darah korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi. Namun sayangnya, binatang melata ini terancam punah.

Hal ini disebabkan oleh para pemburu binatang yang tidak bertanggung jawab sehingga habitatnya menjadi rusak.

 

Jadi itulah sedikit penjelasan beserta dengan contoh dari teks laporan hasil observasi. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan juga dapat membantu kamu dalam menyelesaikan tugas sekolah.


Hasif Priyambudi Aku tidak bisa mendengarmu spongebob, disini gelap


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *