Teks Persuasi

Dalam kehidupan sehari-hari tentu setiap manusia pernah melakukan komunikasi dalam melakukan berbagai aktivitas. Komunikasi yang dijalankan memiliki banyak sekali tujuan yang berbeda-beda.

Salah satu tujuan dari adanya komunikasi adalah untuk dapat menyampaikan sesuatu hal dan memengaruhi lawan bicara kita dalam bentuk lisan atau tulisan.

Bentuk dari tuturan yang atau karangan yang disampaikan agar dapat untuk mempengaruhi orang lain tersebutlah yang dimaksud dengan teks persuasi. Teks persuasi merupakan teks yang bertujuan untuk dapat membuktikan suatu pendapat.

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai teks persuasi yang menjelaskan tentang pergertian teks persuasi, struktur teks persuasi, contoh, ciri-ciri, dan jenis teks persuasi.

  1. Pengertian Teks Persuasi
  2. Struktur Teks Persuasi
    1. 1. Pengenalan Isu
    2. 2. Rangkaian Argumen
    3. 3. Pernyataan Ajakan
    4. 4. Penegasan Kembali
  3. Ciri - Ciri Teks Persuasi
  4. Jenis - Jenis Teks Persuasi
    1. 1. Persuasi Politik
    2. 2. Persuasi Advertensi
    3. 3. Persuasi Pendidikan
    4. 4. Persuasi Propaganda
  5. Contoh Teks Persuasi
    1. 1. Contoh Paragraf Persuasi Tentang Lingkungan (Pengolahan Limbah Rumah Tangga)

Pengertian Teks Persuasi

Pengertian Persuasi

Istilah persuasi berasal dari bahasa Inggris yaitu kata “persuation”. Arti dari kata “persuation” sendiri merupakan kata turunan yang berasal dari kata to persuade yang artinya adalah meyakinkan atau membujuk.

Pengertian teks persuasi adalah suatu teks yang yang berisikan mengenai kumpulan dari paragraf tentang ajakan atau bujukan untuk dapat mempengaruhi para pembaca.

Tujuan dari para penulis untuk membuat suatu teks persuasi yaitu untuk dapat meyakinkan para pembaca supaya terpengaruh oleh teks yang dibacanya. Seorang penulis yang menulis suatu teks persuasi berharap agar si pembaca dapat melakukan apa yang diperintahkan di dalam teks persuasi.

Secara umum pengertian dari teks persuasi adalah bacaan atau suatu suatu teks yang mempunyai sifat untuk dapat bujuk atau mengajak agar para pembaca dapat melakukan dan mengikuti apa yang ada di dalam suatu teks persuasi.

Sama halnya dengan teks negosiasi, teks persuasi juga menggunakan bukti atau fakta. Hanya saja di dalam suatu teks persuasi fakta yang digunakan tidaklah sepenuhnya, bahkan untuk dapat meyakinkan para pembaca teks persuasi dapat dimanipulasi oleh si penulis.

Baca Juga : Struktur Teks Negosiasi Lengkap

Struktur Teks Persuasi

Pengertian Persuasi

Berbicara mengenai teks persuasi, terdapat setidaknya struktur teks persuasi yang harus ada di dalam suatu teks persuasi agar teks ini dapat disusun secara benar.

Struktur tersebut antara lain yaitu pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai struktur teks persuasif sebagai berikut.

1. Pengenalan Isu

Struktur teks persuasi yang pertama yang ada di dalam teks persuasi adalah pengenalan isu. Pada struktur teks persuasi bagian pengenalan isu berisikan mengenai kalimat awal atau pengantar di dalam suatu teks yang bertujuan untuk dapat mengenalkan isu atau suatu permasalahan yang menjadi inti yang akan dibahas dalam suatu teks persuasi tersebut.

2. Rangkaian Argumen

Pada struktur teks persuasi urutan kedua adalah rangkaian argumen. Pada bagian ini rangkaian argumen berisikan mengenai pendapat yang disampaikan oleh si penulis teks persuasi tentang suatu isu yang telah dikemukakan sebelumnya.

Pada bagian rangkaian penulis juga teks persuasi menjelaskan mengenai suatu fakta yang mendukung argumen yang ada.

3. Pernyataan Ajakan

Pada struktur persuasi urutan ke tiga yaitu terdapat pernyataan ajakan. Pada bagian pernyataan ajakan di dalam suatu teks persuasi memiliki sifat yang membujuk atau mempengaruhi para pembaca agar dapat melakukan sesuatu yang diinginkan oleh si penulis teks persuasi.

Pernyataan yang disampaikan oleh penulis teks persuasi dapat berupa ajakan yang tersirat ataupun tersurat pada suatu teks persuasif.

4. Penegasan Kembali

Struktur teks persuasi yang terakhir adalah penegasan kembali. Pada bagian penegasan kembali suatu teks persuasi memiliki tujuan itu untuk dapat memperkuat suatu pernyataan yang telah disampaikan pada pembahasan sebelumnya.

Ciri – Ciri Teks Persuasi

pengertian teks persuasi

Di dalam suatu teks persuasi terdapat ciri-ciri yang membedakan antara jenis teks yang satu dengan yang jenis teks lainya. Teks persuasi mempunyai ciri atau karakter khusus yang dapat membedakan teks ini dengan teks yang lainya.

Hal yang paling umum dan yang paling sering dikenal dari teks persuasi adalah didalam kalimat ini terdapat kalimat bujukan, dan dapat mempengaruhiatau dapat pula peringatan.

Berikut ini terdapat beberapa ciri atau karakter khusus yang dimiliki oleh teks persuasi yang membedakan jenis teks ini dengan teks yang lainya.

  • Di dalam suatu teks persuasi terdapat kalimat yang sifatnya membujuk atau mempengaruhi para pembaca untuk dapat mengikuti apa yang diingikan oleh si penulis.
  • Isi dari suatu teks persuasi yaitu berisikan mengenai kalimat yang meyakinkan para pembaca untuk dapat mempercayai si penulis teks persuasi.
  • Teks persuasi juga disusun oleh kalimat yang di dalamnya berisikan juga tentang suatu alasan yang disertai dengan fakta.
  • Di dalam suatu teks persuasi biasanya tidak di sajikan konflik masalah. Hal tersebut supaya para pembaca tidak kehilangan rasa percaya kepada penulis.
  • Banyak disertai dengan kalimat ajakan yang terdapat di dalam suatu teks persuasi. Misalnya seperti lakukanlah, ayo, mari dan lain sebagainya.

Baca Juga : Struktur Teks Anekdot Lengkap

Jenis – Jenis Teks Persuasi

jenis teks persuasi

Suatu teks persuasi dapat dibagi menjadi 4 jenis, keempat jenis tersebut antara lain yaitu persuasi politik, persuasi advertensi, persuasi pendidikan, persuasi propaganda. Berikut ini merupakan penjelasan dari jenis-jenis teks persuasi.

1. Persuasi Politik

Jenis teks persuasi politik adalah karangan teks persuasi yang digunakan dan berhubungan dengan bidang politik, misalnya seperti berbagai kalimat atau bacaan yang terdapat di dalam teks persuasi untuk membujuk agar bergabung ke dalam suatu partai, atau dapat pula untuk mengajak para pembaca agar berpartisipasi di dalam bidang politik.

2. Persuasi Advertensi

Jenis teks persuasi advertensi adalah karangan teks persuasi yang banyak digunakan di dalam bidang periklanan atau promosi. Tujuan dari dibuatnya suatu teks persuasi advertensi untuk dapat mempengaruhi calon konsumen agar membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan oleh penulis teks persuasi.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks Tanggapan Kritis

3. Persuasi Pendidikan

Jenis teks persuasi pendidikan adalah suatu karangan teks persuasi yang biasanya digunakan di dalam bidang pendidikan. Biasanya di dalam jenis kalimat ini penulis akan menyampaikan pesan-pesan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau pendidikan.

4. Persuasi Propaganda

Jenis teks persuasi propanganda adalah suatu teks persuasi yang berisikan mengenai kalimat untuk dapat bujuk dan mempengaruhi para pembaca agar mempercayai sesuatu yang dikatakan oleh penulis.

Ciri-ciri dari teks persuasi propaganda yaitu memiliki keinginan yang kuat agar para pembaca dapat percaya dengan apa yang dikatakan oleh penulis. Suatu teks yang berisikan mengenai karangan propaganda biasanya terdapat di dalam media cetak seperti misalnya ajalah, surat kabar, pamflet dan lain sebagainya.

Contoh Teks Persuasi

Untuk dapat lebih memahami segala hal yang berhubungan dengan teks persuasi maka di berikan pula contoh teks persuasi yang disusun oleh struktur teks persuasi dan sesuai dengan ciri-ciri dari teks persuasi. Berikut ini merupakan contoh teks persuasi.

1. Contoh Paragraf Persuasi Tentang Lingkungan (Pengolahan Limbah Rumah Tangga)

Pengertian persuasi

Salah satu alasan mengapa lingkungan di sekitar kita bisa tercemar adanya masih banyaknya limbah rumah tangga yang sering kali dibuang begitu saja di sembarang tempat.

Jumlah limbah rumah tangga yang jumlahnya selalu bertambah setiap hari juga merupakan masalah serius yang seharusnya dipecahkan bersama cara penanggulangannya. Tentunya hal ini membutuhkan kesadaran dari setiap individu mengenai kebersihan dan menjaga lingkungan.

Limbah itu sendiri bisa berasal dari mana saja, aktivitas yang kita lakukan setiap hari pasti menghasilkan limbah rumah tangga yang ternyata dampaknya buruk untuk lingkungan karena bisa terjadi pencemaran.

Macam-macam limbah rumah tangga yang mengganggu diantaranya yaitu sisa air sabun, sampo, deterjen, sisa-sisa makanan, atau sisa sayuran yang telah diolah, dan lain sebagainya.

Bukan itu saja barang-barang bekas seperti kardus atau alat-alat elektronik yang sudah rusak atau sudah tidak terpakai juga bisa menjadi beberapa macam limbah rumah tangga. Maka jika barang-barang tersebut dibuang dengan sembarangan maka bertambah lagi pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga ini.

Setidaknya terdapat 2 cara untuk menanggulangi limbah rumah tangga ini yaitu dengan cara memakai barang-barang yang ramah lingkungan misalnya dengan mendaur ulang sebagian limbah rumah tangga yang kita hasilkan. Cara yang pertama ini dikhususkan untuk beberapa limbah rumah tangga seperti sabun mandi, sampo, deterjen, sabun cuci piring, dan lain-lain.

Karena jenis limbah rumah tangga itulah yang memiliki zat kimia yang berbahaya yang dapat mencemari lingkungan maka agar pencemaran lingkungan bisa kita cegah maka kita bisa beralih ke sabun mandi yang lebih ramah lingkungan misalnya.

Kemudian cara yang berikutnya yang bisa kita lakukan dalam mencegah pencemaran lingkungan adalah dengan mendaur ulang beberapa jenis limbah rumah tangga seperti sisa-sisa sayuran atau alat elektronik yang sudah tidak terpakai.

Sisa-sisa sayuran tersebut bisa kita olah kembali menjadi pupuk kompos yang berguna untuk pertumbuhan tanaman di pekarangan rumah kita. Kemudian alat elektronik yang sudah tak terpakai tadi bisa anda daur ulang kembali dengan mengolahnya kembali menjadi barang-barang yang lebih berguna.

Cara-cara yang telah disebutkan tadi akan membantu kita dalam mencegah pencemaran lingkungan serta meminimalisir jumlah limbah rumah tangga di lingkungan kita. Maka kita pun akan lebih bijak dalam menggunakan segala jenis barang di rumah tangga agar hasil limbah tersebut nantinya tidak merusak lingkungan.

Baca Juga : Struktur Teks Eksplanasi Lengkap

Itulah penjelasan yang pintarnesia kali ini sampaikan mengenai teks persuasi, semoga apa yang telah disampaikan diatas dapat digunakan sebagai pencerah ataupun pengaruh pemikiran kamu supaya lebih tahu tentang bahasan yang meliputi pengertian teks persuasi, struktur teks persuasi, ciri-ciri teks persuasi. Apabila terdapat kalimat atau penjelasan yang kurang tepat, mohon dimaafkan.

Originally posted 2020-07-08 12:30:37.