2+ Tulisan Arab Alhamdulillah: Latin, Arti, Lengkap Gambar

By

tulisa alhamdulillah

Tulisan Arab alhamdulillah – kalimat Alhamdulillah merupakan kalimat yang mengungkapkan rasa syukur kita terhadap segala sesuatu yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita sebagai hamba-Nya. Fan kita sebagai makhluk ciptaan tuhan yang hidupnya masih bergantung atas segala kehendak-Nya, alangkah lebih baiknya jika kita selalu mengucapkan syukur kepada Allah SWT.

Ucapan rasa syukur kita dengan membaca tulisan Arab alhamdulillah merupakan salah satu hal kecil yang menjadi bukti dan pengakuan kita terhadap kebesaran dan kemuliaan Allah SWT yang telah memberikan segala sesuatu yang kita butuhkan di dalam hidup di dunia.

Meskipun begitu tulisan Arab alhamdulillah belum tentu diketahui oleh banyak orang, bahkan seseorang yang mengucapkannya pun belum tentu bisa menulis tulisan Arab alhamdulillah. Sebagian besar orang mungkin hanya sering melafalkan zikir Alhamdulillah. Namun mereka belum tentu tahu bagaimana cara cara menulis tulisan Arab alhamdulillah yang benar dalam bahasa Arab.

Penting bagi kita untuk mengetahui makna dan cara penulisan Arab alhamdulillah yang benar. jangan sampai di dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengucapkan kalimat tersebut, namun kita tidak mengetahui maksud dan makna yang terkandung dalam kalimat yang kita ucapkan.

Oleh karena itu, pintarnesia akan menjelaskan dan memberikan contoh tulisannya dan Arab alhamdulillah beserta artinya, supaya kamu tidak keliru lagi dalam menuliskan kalimat ini dengan menggunakan bahasa Arab. Karena penulisan yang salah maka akan mengubah makna yang terkandung di dalamnya.

 

Tulisan Arab Alhamdulillah

tulisan alhamdulillah

Tulisan Arab alhamdulillah adalah tulisan atau kalimat yang biasa diucapkan oleh sebagian orang sebagai bentuk rasa syukur terhadap segala pemberian dari Allah SWT yang telah memberikan segala kemudahan dalam menjalankan kehidupan di dunia. Meskipun tulisan Arab alhamdulillah terdengar biasa, akan tetapi dibalik itu mempunyai kandungan dan makna yang luar biasa.

Kalimat Alhamdulillah diketahui telah disebutkan sebanyak 22 kali di dalam kitab suci Al-Qur’an, beberapa diantaranya terdapat di dalam Surat Al Fatihah/1:1, An’am/6:45 dan Al Yunus/10:10.

Berikut ini terdapat 2 jenis tulisan Arab alhamdulillah yang disertai dengan arti atau kandungan yang terdapat di dalam tulisan Arab alhamdulillah.

 

Tulisan Arab Alhamdulillah

Tulisan Arab alhamdulillah mempunyai makna yaitu “segala puji bagi Allah”. Dan apabila kalimat tersebut dibagi menjadi tiga suku maka mempunyai arti sebagai berikut:

Alhamdulillahi (اَلْحَمْدُلِلّهِ)

Artinya: “Segala puji bagi Allah”

Apabila kalimat tersebut dipisah dan menjadi tiga suku kata terdiri dari kata seperti berikut ini:

الحمد : puji

ل : untuk

الله : Allah kita

 

Tulisan Arab Alhamdulillahi Robbil Alamin

Terdapat pula tulisan Arab alhamdulillahi Robbil Alamin yang mempunya makna inti yang sama dengan tulisan Arab alhamdulillah. Akan tetapi terdapat perbedaan dalam penulisannya dan mempunyai makna yang sedikit lebih panjang dibandingkan dengan tulisan Arab alhamdulillah. Berikut ini adalah tulisan Arab alhamdulillahi Robbil Alamin beserta dengan artinya

Alhamdulillahi Robbil `Alamin (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ)

Artinya : Segala puji bagi Allah Ta’ala Pemelihara seluruh alam.

 

Arti Tulisan Arab Alhamdulillah

Arti dari tulisan Arab alhamdulillah selain sebagai kalimat tahmid yang mengungkapkan rasa syukur kita terhadap segala kebesaran yang dimiliki oleh Allah SWT, terdapatlah arti atau makna yang dimiliki oleh kalimat Alhamdulillah.

Kalimat Alhamdulillah yang merupakan kalimat tahmid merupakan doa yang utama dan doa yang paling baik untuk dilafalkan oleh setiap umat Islam sebagai kalimat dzikir untuk selalu mengingatkan kita atas kebesaran dan keagungan Allah SWT. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap segala nikmat dan anugerah Allah yang telah diberikan kepada para hamba-Nya.

Kalimat tahmid yaitu kalimat Alhamdulillah mempunyai keutamaan sebagai kalimat yang memiliki makna luar biasa dan sebagai sarana supaya semua doa yang kita panjatkan dapat diridhoi oleh Allah dan insya Allah dikabulkan oleh Allah SWT. Dengan membaca kalimat Alhamdulillah sama halnya dengan kita mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah dan tidak kufur terhadap nikmat.

Seperti yang terdapat di dalam Quran Surat Ibrahim ayat 7:

Artinya : “Barang siapa bersyukur atas nikmat-Ku maka akan Ku tambah kan nikmat baginya. Dan barang siapa kufur terhadap nikmat-Ku, sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”

Dalam ayat tersebut Allah subhanahu Wa ta’ala menjelaskan bahwa Kita sebagai manusia makhluk ciptaan Tuhan selaku umat-Nya harus senantiasa mengucapkan syukur saya Allah akan menambahkan nikmat kepada orang yang telah bersyukur. Dan sebaliknya Allah akan memberikan azab kepada orang-orang yang sombong dan tidak pernah bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Salah satu bentuk rasa syukur umat Islam kepada Allah SWT yaitu dengan cara mengucapkan kalimat tahmid Alhamdulillah yang di masukkan ke dalam dzikir paling tidak dibaca pada saat setelah melaksanakan sholat. Selain mengungkapkan rasa syukur kita terhadap Allah SWT kita juga diwajibkan untuk menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan supaya kita senantiasa termasuk orang-orang yang dicintai Allah SWT.

 

Keutamaan Lafadz Alhamdulillah

tulisan alhamdulillah

Tentunya setiap bacaan atau lafadz mempunyai arti dan makna baik. Seperti halnya dengan tulisan Arab Alhamdulillah juga tentunya mempunyai makna dan arti yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kita terhadap segala kebesaran yang dimiliki oleh Allah SWT dan diberikan kepada para hambanya.

Selain itu kalimat ini selain itu apabila kita membaca tulisan Arab ini cara Istiqomah dan mengamalkannya nya mempunyai keutamaan. Karena kalimat ini tidak dijadikan hanya sebagai ucapan rasa syukur kita terhadap Allah SWT, namun juga mempunyai makna dan fungsi yang lain yang dapat membawa kita pada kezuhudan.

Berikut ini merupakan keutamaan Alhamdulillah apabila dibaca dengan Istiqomah dan mengamalkannya secara tepat.

 

Kalimat Ampunan Dosa

Jika sebagai manusia yang penuh dengan dosa dan salah selalu ada jalan untuk bertaubat dan dibukakan pintu yang sebesar-besarnya untuk memaafkan orang-orang yang penuh dosa. Dan apabila kita berniat untuk bertaubat maka hendaklah kamu membaca dzikir yang terdiri dari kalimat tasbih,

Tahmid dan kalimat takbir. Apabila kita emang bersungguh-sungguh untuk bertaubat dan membaca ketiga dzikir tersebut secara Istiqomah, maka insya Allah dosa yang selama kita berbuat dunia akan diampuni oleh Allah SWT meskipun dosa yang dimiliki oleh hamba-Nya sebesar buih di lautan.

Akan tetapi kita juga tetap harus menjalankan kewajiban kita sebagai hamba yang taat dengan menjalankan seluruh perintah agama dan menjauhi larangan-Nya.

Jabir bin Abdullah pernah berkata: “saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “sebaik-baiknya bacaan dzikir adalah: Laa Ilaaha Illallaah (Tiada Tuhan selain Allah). Dan sebaik-baiknya yang ke dua adalah: Alhamdulillah (segala puji bagi Allah)” (HR. Tarmizi)

 

Doa yang Paling Utama

Selalu mengingat Allah SWT satunya dengan mengucapkan kalimat Alhamdulillah dan menjadikan tulisan Arab Alhamdulillah tersebut sebagai doa yang mudah diucapkan namun mempunyai keutamaan yang besar.

Tulisan Arab alhamdulillah apabila dilafadzkan sebagai doa, maka kalimat ini termasuk ke dalam kalimat yang utama supaya permohonan kita atau keinginan kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Telah diketahui bahwa sebaik-baiknya doa adalah suatu lafadz doa yang mengucapkan kalimat Tahmid untuk mengungkapkan rasa bersyukur manusia terhadap segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

 

Bacaan Ketika Bersin

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan benci orang yang menguap. Maka Apabila ada orang yang bersin, maka hendaknya mengucapkan kalimat Alhamdulillah selanjutnya muslim yang mendengar juga mendoakannya.”

 

Bacaan Dzikir Setelah Sholat

Sebagai makhluk Tuhan kita diberi kewajiban untuk selalu taat beribadah dan menjalankan segala perintahnya, hal utama yang wajib dikerjakan oleh umat muslim adalah melaksanakan salat. Setelah selesai melaksanakan salat maka dianjurkan bagi para umat Islam untuk membaca dzikir. Dzikir yang diucapkan salah satunya adalah kalimat tahmid itu kalimat Alhamdulillah.

Kalimat Alhamdulillah mempunyai makna atau arti merupakan bentuk pujian terhadap Allah atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua sebagai hamba-Nya, dan sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap app kebesaran yang dimiliki oleh Allah SWT.

 

Doa Setelah Selesai Makan

makan merupakan kebutuhan sehari-hari yang sangat penting dan menunjang keberlangsungan hidup sebagai makhluk hidup.

Makan merupakan salah satu Rizki yang kita bisa kita dapatkan atas kebesaran dan kemuliaan Allah SWT yang telah memberikan kita rezeki untuk bisa merasakan makan. Karena masih terdapat banyak orang-orang yang ingin makan namun mereka atau tidak bisa mendapatkan makanan.

Oleh karena itu kalimat Alhamdulillah merupakan doa yang sebaiknya kita ucapkan apabila kita telah selesai makan. Hal tersebut bertujuan supaya apa yang telah kita konsumsi menjadi sesuatu yang baik dan menghindarkan diri kita dari berbagai hal yang buruk.

“Sesungguhnya Allah benar-benar pergi itu terhadap hamba-Nya yang apabila makan dan minum kemudian memuji Allah atas nikmat makan dan minum” (HR Muslim)

 

Doa Ketika Telah Menyelesaikan Pekerjaan

Setiap perbuatan agar selalu diridhoi oleh Allah tentunya kita hendaklah mengucapkan kalimat syukur, dan sama halnya dengan melakukan pekerjaan maka dalam mengucapkan kalimat syukur salah satunya dengan lafadz Alhamdulillah.

Setiap pekerjaan yang telah selesai kita kerjakan dan apabila kita mengucapkan kalimat syukur dengan membaca alhamdulillah maka hal tersebut sama artinya dengan kita memohon kepada Allah SWT supaya selalu menjaga pekerjaan kita supaya selalu berada pada jalan yang benar dan merupakan pekerjaan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

 

Doa Pembuka Dalam Khutbah

Dalam khutbah biasanya Khotib yang akan memberikan khutbahnya sebagian besar dari mereka mengucapkan kalimat Alhamdulillah sebelum memulai khotbah, Kalimat tahmid Alhamdulillah merupakan kalimat yang di baca paling awal sebelum membaca kalimat yang lain.

 

Doa Pembuka Dalam Khotbah Akad Nikah

Akad nikah merupakan salah satu cara yang harus dan merupakan salah satu hal yang paling penting di dalam kehidupan manusia sebelum mengucapkan akad nikah adalah mengucapkan khutbah dan sebelum khutbah nikah dibacakan biasanya Kalimat pertama yang diucapkan dalam khutbah tersebut adalah lafadz Alhamdulillah, kalimat Alhamdulillah merupakan doa supaya pengantin nantinya menjadi keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah tetap menjadi keluarga yang selalu dilindungi oleh Allah SWT.

 

Tidak kita sangka bahwa ucapan yang terlihat sepele tersebut mempunyai berjuta makna dan manfaat apabila diucapkan atau dilafalkan dalam keadaan hati yang ikhlas. Semoga kita senantiasa mengucapkan an-nahl imat Alhamdulillah dalam melakukan kan setelah melakukan aktivitas sebagai bentuk rasa syukur kita atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita.

Demikian yang dapat dijelaskan tentang tulisan Arab alhamdulillah dan anne-marie serta keutamaan melakukan kalimat Alhamdulillah. Semoga artikel ini tidak hanya dibaca namun juga diamalkan isinya. Terima kasih.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *