2+ Tulisan Arab Assalamu’alaikum dan Wa’alaikumsalam: Arti Lengkap

By

tulisan arab assalmualaikum

Tulisan Arab Assalamu’alaikum dan Wa’alaikumsalam –  memiliki arti yaitu Semoga keselamatan terlimpah untukmu. Kalimat tersebut adalah doa serta sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Yang memiliki makna bahwa apabila kita memberikan salam berarti kita mendoakan sesama muslim dengan kebaikan berupa keselamatan dunia dan akhirat serta Allah SWT akan senantiasa memberikan rahmat serta juga keberkahan bagi orang yang memberi salam dan menerima salam.

Salam juga bertujuan untuk mendekatkan persaudaraan antar sesama muslim. Kata salam biasanya diucapkan pada saat berjumpa dengan sesama muslim baik yang dikenal ataupun yang tidak dikenal, ketika memasuki rumah, masjid atau tempat-tempat lainnya.

Secara umum hukum untuk mengucapkan salam adalah sunnah namun bagi yang mendengarnya hukumnya adalah wajib untuk menjawab salam selama tidak ada udzur.

Terdapat hadis yang menjelaskan bahwa orang yang lebih mudah dianjurkan untuk memberikan salam kepada orang yang lebih tua serta memberikan salam pada saat lewat pada orang yang sedang duduk.

 

Arti Assalamu’alaikum dan Wa’alaikumsalam

Menurut dari kitab Al Adzkar karya Imam Nawawi ada tiga jenjang salam yang boleh untuk kita gunakan sebagai sapaan atau doa kita terhadap sesama muslim lainnya. Tiga Salam tersebut diantaranya adalah:

  1. Assalamu’alaikum, yang memiliki arti Semoga keselamatan terlimpah untukmu.
  2. Assalamu’alaikum Warahmatullah, yang memiliki arti Semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-Nya untukmu atau Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu.
  3. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang memiliki arti Semoga Allah melimpahkan keselamatan rahmat dan keberkahan untukmu atau Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu.

Serta jawaban dari salam tersebut adalah Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh yang memiliki arti dan Semoga keselamatan serta rahmat Allah dan keberkahan-Nya terlimpah juga pada kalian.

 

Apabila diterjemahkan menurut kata perkata maka Assalamu’alaikum memiliki arti seperti di bawah ini adalah:

Salam( السلام ) : Keselamatan

Alaikum( عليكم )  : ‘ala(علي) = untuk/atas kum=kalian

Wa(و) : Dan

Rahmatullah(رحمةالله )  : Rahmat Allah

Barakatuh(بركاته) : Keberlahan-Nya

 

 

Tulisan Arab Assalamu’alaikum

Bentuk dari tulisan assalamualaikum yang lengkap baik dari tulisan latin dan juga penggunakan tulisan Arab serta artinya dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Tulisan salam dengan menggunakan bahasa Indonesia / Latin adalah: Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
  2. Tulisan salam dengan menggunakan bahasa Arab adalah:  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
  3. Arti dari Assalamualaikum dalam bahasa Inggris adalah: May the peace, Mercy, and blessings of Allah be upon you.

 

 

Tulisan Arab Walaikumsallam

Untuk dapat mengetahui tentang tulisan arab walakumsallam atau ucapan balasan salam dalam islam, maka simak berikut ini mulai dari arab, latin, dan dalam bahasa inggris.

  1.  وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ (Wa ‘alaikum salam Wr. Wb)
  2.  وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ (Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.)
  3. Tulisan Walakumsallam Bahasa Inggris: Peace be upon you too atau and upon you too.

 

 

Makna Assalamualaikum

terdapat beberapa makna yang terkandung dalam Ucapan salam itu Assalamualaikum titik makna dari ucapan salam tersebut adalah:

1. Bentuk dari saling mencintai dan juga menghormati

Pada saat memberi kalimat salam memiliki arti bahwa kita sedang mendoakan orang lain untuk bisa memperoleh kebaikan dan juga keselamatan baik itu kebaikan di dunia maupun kebaikan di akhirat.

2. Semua makhluk bergantung kepada Allah SWT

Memiliki arti bahwa salam adalah merupakan bentuk keberserahan diri manusia kepada Allah yang Maha Kuasa atas segala hal yang terjadi pada alam semesta ini.

3. Memberikan rasa aman

Pada saat seseorang memberikan salam secara tidak langsung bahwa Sebenarnya dia telah memberikan janji agar kamu aman dari segala perlakuan negatifnya. Baik berupa fisik ataupun lisan dan juga menghormati harga diri serta hak hidup kamu.

 

Cara Pengucapan Salam dan Penulisan Salam

Dalam penulisan kata salam seringkali banyak orang keliru dalam menuliskan kata tersebut, Jika kita ingin mengucapkan salam melalui tulisan tentunya harus dituliskan dengan benar agar maknanya tidak menjadi berbeda. Di bawah ini adalah cara penulisan salam yang benar serta cara pengucapan salam yang benar.

1. Penulisan Salam yang Benar

Dalam hal ini banyak sekali orang yang salah dalam menuliskan kalimat salam. Tentu saja dalam penulisan kalimat salam yang paling benar yaitu menuliskan kalimat yang secara lengkap seperti Assalamualaikum /  Assalamu’alaikum Warahmatullahi / Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Pengucapan Salam

Cara mengucap salam tentunya mengacu pada tulisan Arab yaitu “Assalamu’alaikum.” dalam kalimat tersebut terdapat huruf “ASSalamu’Alaikum (huruf SS dan ‘A) harus “Sin” memiliki tasjiid dan terdapat huruf ain bukan alif pada kata setelah “mu”. Kata salam seharusnya diucapkan dengan benar dan jangan sampai diplesetkan karena akan memiliki makna serta arti yang berbeda.

 

Pendapat Mengenai Hukum Peringkasan Salam

Terdapat dua pendapat mengenai cara penulisan salam baik melalui pesan, tulisan tangan ataupun media lainnya. Larangan yang sering kita dengar untuk ringkasan kata salam yaitu kata salam yang diringkas menjadi Askum, ass, assalamu’alaikum wr wb dan nama lain sebagainya.

Pendapat yang pertama melarang adanya penggunaan kata tersebut salah satunya karena dinilai merubah makna dari salam. Selain karena itu beberapa kata tersebut apabila diartikan menjadi bahasa lain maka maknanya akan berubah.

Pendapat yang kedua tidak mempermasalahkan Apabila kata salam diringkas. Hanya saja sekedar tulisan bukan bacaan. Serta jika kita dapat memahaminya tidak akan merubah dari Makna tersebut. Seperti contohnya menulis tulisan assalamualaikum wr wb. Pembaca dari tulisan tersebut juga tidak mungkin membaca wr wb secara mentah. Dengan kata lain si pembaca juga paham maksud dari si penulis tersebut untuk mengungkapkan salam yang artinya “warahmatullahi wabarakatuh”.

Akan tetapi alangkah lebih baiknya apabila kita melengkapi ucapan tersebut meskipun hanya dalam bentuk teks atau tulisan lainnya. Karena bagaimanapun juga dalam kalimat salam juga memiliki makna yang tentunya akan berbeda apabila terdapat kata atau huruf yang salah.

 

Jika Non Muslim Mengucap Salam

Mayoritas para ulama bersepakat mengenai adanya larangan mengucapkan salam kepada orang non muslim. Adapun apabila mereka yang mengucapkan salam dengan “Assalamualaikum” terlebih dahulu kepada kita maka sebagaimana yang tertera di dalam sebuah hadis:

إِذَا سَلَّمَ عَلَيْكُمْ أَهْلُ الْكِتَابِ فَقُولُوا وَعَلَيْكُمْ

Artinya: “Jika seorang ahli kitab (Yahudi dan Nasrani) memberi salam pada kalian maka balaslah dengan ucapan “Wa’alaikum”.” (HR. Bukhari no. 6258 dan Muslim no. 2163)

 

Hadits-Hadits yang Berhubungan Dengan Salam

Dari Abdullah bin Amr bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam,

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ « تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Amalan Islam apa yang paling baik?” Kemudian beliau Shallallahu Alaihi Wasallam lalu menjawab “memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali”. (HR. Bukhori no. 6236)

 

Dari ‘Ammar bin Yasir, beliau mengatakan,

ثَلاَثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الإِيمَانَ الإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَبَذْلُ السَّلاَمِ لِلْعَالَمِ ، وَالإِنْفَاقُ مِنَ الإِقْتَارِ

Artinya : “Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya maka akan sempurna imannya: [1] Bersikap Adil kepada diri sendiri, [2] mengucapkan salam pada setiap orang dan [3] berinfak ketika kondisi pas-pasan.” (Diriwayatkan oleh Bukhari secara muallaq yaitu tanpa sanad. Syekh Al Albani dalam Al-Iman mengatakan bahwa hadits ini shohih)

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ
Artinya: “Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah Salam Di Antara Kalian.” (HR. Muslim no.54)
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,
يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِى ، وَالْمَاشِى عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ
Artinya: “Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam pada orang yang berjalan. Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk titik rombongan yang sedikit memberi salam kepada rombongan yang banyak.” (HR. Bukhori no. 6233 dan Muslim no. 2160)

 

Ucapan Bahasa Arab Lainnya

Terdapat juga beberapa ucapan bahasa Arab lainnya yang mungkin sering kita gunakan atau sering juga kita jumpai di sekeliling kita. Beberapa diantaranya mengandung makna doa dan pujian terhadap Allah SWT.  ucapan-ucapan tersebut antara lain:

  1.  Allahu Akbar artinya “Allah Maha Besar”.
  2. InsyaAllah artinya “Jika Allah berkehendak”.
  3. Subhanallah artinya “Maha suci Allah”.
  4. Alhamdulillah artinya ” Segala puji bagi Allah”.
  5. Barakallah artinya “Semoga Allah memberkahi”.
  6. Jazakallahu Khairan artinya “Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”.
  7. Jazzakumullahu khairan artinya “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan”.
  8. La haula wala quwwata illa Billah artinya “Tiada kekuatan atau kekuasaan melainkan dari Allah”.

 

Demikianlah penjelasan mengenai arti dari kalimat salam, hadits-hadits yang berkaitan dengan salam, serta Bagaimana apabila non muslim mengucap salam. Kalimat salam adalah Kalimat yang memiliki makna sebagai doa kepada kita, oleh karena itu janganlah mengucapkan salam untuk bermain-main apalagi sampai memelesetkan kata salam tersebut. Karena sawah merupakan doa kita kepada Allah SWT.

Salam adalah pengingat diri kita kepada Allah SWT serta wujud bentuk kasih sayang terhadap sesama kaum muslimin. Oleh karena itu Perbanyaklah memberi salam kepada sesama muslimin.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *