Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

20+ Tulisan Arab Bismillahirrahmanirrahim: Arti, Latin, Lengkap

6 min read

arti, keistimewaan basmallah

Tulisan Arab Bismillahirrahmanirrahim – Kalimat bismillah adalah salah satu kalimat yang sering digunakan sebagai pembuka atau awalan sebelum melakukan suatu kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat muslim.

Dalam bahasa Arab kalimat Bismillahirrahmanirrahim yaitu  بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم kata bismillah biasanya digunakan oleh masyarakat muslim sebagai awalan sebelum akan memulai salat.

Namun tidak hanya itu kalimat bismillah juga telah banyak digunakan oleh masyarakat muslim sebagai kalimat dari awal akan dimulainya suatu kegiatan atau pembuka.

Kalimat bismillah merupakan kalimat yang diamalkan sebagai dzikir serta kalimat tersebut memiliki Khazanah dan juga manfaat yang sangat luar biasa berpengaruh di dalam kehidupan sehari-hari apabila diamalkan dengan cara yang baik.

Oleh karena itu akan dijelaskan mengenai arti dari kalimat bismillah serta kandungan yang terdapat di dalam kalimat Bismillahirrahmanirrahim.

 

Arti Kalimat Bismillah

Kalimat bacaan Bismillahirrahmanirrahim tentunya memiliki makna yang mana kalimat tersebut merupakan Doa yang ditujukan kepada Allah SWT. Dan apabila kita membacanya terutama diamalkan dalam setiap kehidupan kita sehari-hari maka senantiasa kita akan dilindungi oleh Allah SWT.

Di bawah ini akan dijelaskan arti bismillah beserta bahasa Arab serta makna dan arti yang berhubungan dengan Bismillahirrahmanirrahim.

 

بسم الله الرحمن الرحيم

bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi

Artinya: ” Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha penyayang”

 

Di dalam Kitab Alquran terdapat 114 kalimat basmalah yang mana 113 di antaranya terdapat diawal setiap surat kecuali yang ada pada satu surat yaitu surat At-Taubah. Akan tetapi dalam surat An-Naml terdapat dua kata basmalah.

Yang pertama terdapat di awal surat dan yang kedua terdapat pada ayat 30 pada saat Allah SWT berfirman yang mengabadikan surat nabi Sulaiman as yang dikirim kepada Ratu Balqis surat tersebut memiliki arti

“Sesungguhnya surat itu dari Nabi Sulaiman dan sesungguhnya (isi) nya: ” Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”. (Q.S.An.l Naml: 30).”

 

 

Makna Kalimat Basmalah

Terdapat kalimat Basmalah tidak sembarang untuk diucapkan karena memiliki arti dan juga Makna yang berhubungan dengan sang Maha Pencipta dan apabila kita mengucap Nya maka secara tidak langsung kita telah mengingat kebesaran Allah SWT. Terdapat pula makna dari Basmalah itu yang dapat kita lihat dari dari kata perkata sebagai berikut:

  • “Bismi” artinya dengan nama
  • “Allah” artinya Allah
  • “Ar-Rahman”  yang Maha Luas klKasih sayang-Nya

Dari kalimat Basmalah di atas terkandung 3 nama Allah yang termasuk di dalam Asmaul Husna yaitu Allah ar-rahman dan ar-rahim.

Dalam ajaran islam Basmalah sangat penting untuk diucapkan pada setiap kali akan memulai semua macam pekerjaan atau segala aktivitas perbuatan, pekerjaan apa saja, mulai dari kegiatan atau hal-hal yang kecil sampai dengan melakukan kegiatan yang besar serta baik itu penting atau tidak Pentingnya kegiatan yang dilakukan.

Kita perlu dan harus untuk mengucapkan kalimat Bismillahirrahmanirrahim sebelum makan minum, sebelum berangkat sekolah, sebelum meninggalkan rumah, sebelum tidur, pada saat mau mandi, akan berwudhu dan berbagai aktivitas lainnya yang sering dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

 

 

Tulisan Arab dan Kalimat yang Sering Digunakan

Bismillahirrahmanirrahim

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Subhanallah

سُبْحَانَ اللّهُ

laa ilaaha illallah
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ

Allahu Akbar

اَللّهُ اَكْبَرُ

Inalillahi WA Inna ilaihi raaji’uun

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

Jazakallah

جَزَاكَ اللّهُ

Aamiin

آمِّينَ

 

Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin

اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

 

Muhammad

مُحَمَّد

Alhamdulillah

اَلْحَمْدُلِلّهِ

Astagfirullah

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ

InsyaAllah

اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Masya Allah

مَاشَآءَاللّهُ

Marhaban Ya Ramadan

مَرْحَبًا يَا رَمَضَان

Minal ‘aidin wal faidzin

‫  ‬ مِنَ العَائِدِيْنَ وَ الفَائِزِيْنَ

Taqabalallahu Minna wa minkum

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّ وَ مِنْكُمْ

Baca Juga: Doa Iftitah: Bacaan, Arab, Latin, Arti, Hukum dan Keutamaan.

 

Pentingnya Membaca Bismillah

Ayat pertama di dalam Alquran yaitu:

“bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang menciptakan. “(96: 1). pada perjanjian lama (Halangan: 18: 18)  kita mendapati isinya:

” Maka pada masa itu Allah SWT berfirman kepadaku, benarlah perkataan mereka itu. Bahwa aku akan menjadikan mereka itu Seorang nabi di antara segala saudara-saudaranya yang seperti engkau ya Musa, dan aku akan memberikan segala firmanku dalam mulutnya dan ia pun akan mengatakan segala yang Aku perintahkan akan dia.”

Kata bismillah atau Basmalah makna yang sangat dalam yang merupakan doa ditujukan kepada Allah SWT. Untuk mengerti arti dari kalimat bismillah tidak hanya sekedar arti dari kalimat tersebut namun juga makna dan juga terapan dalam kalimat tersebut di kehidupan sehari-hari.

Kalimat suci ini merefleksikan kandungan prinsip dari kebesaran Allah SWT serta keanekaragaman Yang Maha Esa, sebagaimana yang telah difirmankan oleh Allah SWT di dalam al-quran: ” Ya Tuhan tidaklah engkau menciptakan ini semua dengan sia-sia”.(03: 191).

Kata “bismillah” diturunkan oleh Allah SWT sebagai kalimat suci dalam bentuk teks surat melalui kitab suci Al-Quran gimana secara langsung dapat dipahami oleh pikiran manusia yang sehat karena kalimat “bismillah” yang suci itu sendiri memiliki realitas-realitas dasar dan juga perbuatan-perbuatan berbagai tangga bagi pendakian jiwa mulai dari tingkat yang bisa dilihat serta didengar menuju yang gaib yang merupakan keheningan di atas semua bunyi.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pentingnya untuk mengucapkan Basmalah saat setiap kali kita akan memulai kegiatan. Maka senantiasalah untuk membiasakan diri membaca dzikir atau mengucap kalimat Basmalah dalam segala kegiatan untuk kamu lainnya agar setiap kegiatan yang kita lakukan diridhoi oleh Allah SWT.

 

 

Keistimewaan Membaca Basmalah

arti, keistimewaan basmallah

Di dalam Islam sendiri terdapat keistimewaan bagi orang yang sering untuk membaca dzikir atau basmalah di kehidupan sehari-harinya yang mana telah dijelaskan di atas bahwa kalimat Basmalah merupakan kalimat doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT.

Dan tentunya memiliki keistimewaan bagi kita yang membacanya. Keistimewaan dari membaca basmalah adalah sebagai berikut.

 

1. Basmalah sebagai Pembuka Pintu Rezeki

Kalimat ucapan Basmalah yang kita ucapkan dalam setiap ingin melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan sehari-hari dapat menjadi pembuka Pintu Rezeki dan yang pasti akan bisa untuk mengantar kita supaya menjadi hamba yang diberi kemuliaan baik itu kemuliaan di dunia maupun kemuliaan di akhirat kelak nantinya.

 

2. Basmalah dapat Mencerdaskan Akal

Membaca basmalah dipercaya berkhasiat untuk menambah atau mempertajam kecerdasan akal manusia dan juga dapat untuk mempermudah saat ingin menghafal bacaan atau materi pelajaran yang diajarkan oleh guru atau dosen di sekolah.

Hal itu juga sangat penting dilakukan apabila kita ingin menghadapi ujian di sekolah dan kita meminta bantuan kepada Allah untuk diberi kemudahan dalam mengingat materi yang akan diujikan.

 

3. Basmalah Penghindar Gangguan dari Setan

Bacaan Basmalah yang sering kita ucapkan apabila akan melakukan segala aktivitas atau kegiatan tentunya dapat pula berhasiat untuk menghindari gangguan dari setan, terutama yang berada di tempat tinggal kita.

Karena berbagai kegiatan yang kita lakukan di kehidupan sehari-hari baik itu mulai dari hal yang kecil ataupun hal yang besar pastinya terdapat pula unsur adanya gangguan yang berasal dari setan guna untuk mempengaruhi kita ke dalam hal yang tidak baik.

Dengan mengucap kalimat Basmalah maka kita telah meminta bantuan kepada yang maha kuasa yaitu Allah SWT untuk selalu melindungi kita dalam segala hal kegiatan yang kita lakukan sehari-hari.

Serta apabila kita sering membacanya maka kalimat Basmalah akan menjadikan rumah serta diri kita aman dari segala macam gangguan yang berasal dari jin ataupun setan.

Baca Juga: Doa Qunut: Bacaan, Tata Cara, Manfaat, Arab, Latin dan Artinya.

 

4. Basmalah Dapat Menyembuhkan Penyakit

Selain dari ketiga manfaat di atas manfaat yang terakhir juga tidak kalah menakjubkan nya apabila kita sering mengucap kalimat Basmalah dalam kehidupan sehari-hari. Keistimewaan membaca basmalah yang terakhir yaitu berhasiat untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

Meskipun kita tidak secara sepenuhnya mengandalkan kalimat Basmalah dalam kesehatan kita itu juga perlu untuk memeriksakan diri ke dokter dan kalimat Basmalah juga perlu untuk diucapkan untuk berikhtiar meminta segala ampun dari Allah SWT. supaya penyakit yang kita alami diangkat oleh-Nya.

 

Demikian merupakan penjelasan mengenai arti bacaan Basmalah makna dari bacaan Basmalah serta keistimewaan kita apabila rajin untuk mengucapkan kalimat basmalah.

Penjelasan diatas mengingatkan kepada kita bahwa dengan melakukan hal sekecil apapun kita harus selalu mengingat sang Maha Pencipta semesta alam yang maha kuasa dengan paling tidak mengucap kalimat Bismillahirrahmanirrahim yang memiliki arti Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight