Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)

1001 Ucapan Belasungkawa Islam, Katolik, Kristen: Sopan

8 min read

ucapan belasungkawa

Ucapan Belasungkawa adalah suatu bentuk empati dalam bentuk kalimat yang ditujukan kepada orang yang telah meninggal atau kepada pihak-pihak yang ditinggalkan.

Tak ada yang abadi di dunia ini, semua orang akan merasakan mati, mati akan menghampiri semua orang, bahkan diri sendiri yang tentunya atas kehendak Sang Kuasa.

Karenanya ucapan belasungkawa menjadi hal penting yang berperan sebagai upaya untuk menenangkan pihak-pihak yang tengah berduka, khususnya pihak keluarga.

Ucapan belasungkawa dapat kalian sampaikan secara langsung atau dalam bentuk tulisan. Contohnya kartu ucapan dan karangan bunga.

Melalui ucapan belasungkawa kalian dapat menyalurkan rasa kepedulian dimana hal itu mampu mengikis kesedihan pihak keluarga yang ditinggalkan.

Kata-kata yang terucap pun mampu menumbuhkan kembali hati yang tegar usai berisak tangis. Hingga mereka kembali sadar, kematian adalah takdir Tuhan yang tak terelakkan.

Pada kesempatan kali ini, Pintarnesia akan membagikan beberapa contoh ucapan berbelasungkawa untuk berbagai tema yang baik dan benar. Simak baik – baik ya!

Berikut ini tersedia beberapa contoh ucapan belasungkawa yang bisa kalian ucapkan kepada siapapun yang sedang ditimpa musibah atau merasa kehilangan.

Ucapan belasungkawa berikut terbagi dalam beberapa kategori yang bisa kalian pilih berdasarkan pihak yang membutuhkan ucapan tersebut. Yang tentunya bisa memotivasi, menguatkan, memberi semangat, bijak, dan sopan.

 

Ucapan Belasungkawa Islami

belasungkawa islami

Berikut beberapa ucapan belasungkawa yang bernuansa islami.

1. Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Turut berduka cita atas tiadanya saudara yang kami cintai. Semoga amal dan ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT.

Dan teruntuk keluarga yang ditinggalkan semoga senantiasa diberi ketabahan dalam menerima ketetapan-Nya sehingga tidak berselimutkan sedih yang berkepanjangan.

 

2. Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Selamat jalan saudaraku, Allah menyayangimu melebihi kami. Kau akan kami kenang dalam tenang, semoga kepergianmu membawa hikmah bagi kami semua.

 

3. Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Turut berbelasungkawa atas kepergian (Nama) yang sebesar-besarnya. semoga Allah SWT memberimu tempat yang terbaik di sisi-Nya. Serta segenap keluarga yang ditinggalkan dapat menerimanya dengan lapang dada.

 

4. Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Yang kekal hanyalah Allah SWT. Doa selalu kami panjatkan kepada (Nama) yang semasa hidupnya begitu baik. Namamu akan selalu bersemayam dalam hati.

 

5. Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Turut berduka cita atas meninggalnya saudara … semoga Allah mengampuni segala dosa dan dilapangkan kuburnya.

 

6. Sebuah kesedihan yang sedang kita rasakan merupakan sebuah tanda bahwa kita sangat mencintainya. Jangan risau, kini dia sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta. Perpisahan ini hanya sementara, kita akan bertemu kembali dengannya di surga Allah kelak.

 

7. Wahai sahabat terbaikku, meski usiamu masih muda, semangatmu masih membara, cita-citamu begitu tinggi, tetapi Allah lebih sayang kepadamu, Allah rindu denganmu. Selamat jalan sahabatku tersayang. Semoga engkau diberi tempat terbaik di surga-Nya.

 

 

Ucapan Belasungkawa Dan Duka Cita Agama Kristen & Katolik

belasungkawa kristen katolik

Berikut beberapa ucapan belasungkawa untuk yang beragama Kristen maupun Katolik.

1. Kita beriman akan darah Yesus seperti yang dicatat di 1 Tesalonika 4:14, ‘Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama – sama dengan Dia.

Maka, Kita bisa beriman, bahwa kita bisa bertemu dengan orang yang kita kasihi yang telah meninggal oleh karena Tuhan.

 

2. Di Mazmur 73:23, ‘Tetapi aku tetap di dekat-Mu; Engkau memegang tangan kananku.’ Percayalah seperti Sang Pemazmur bahwa ia akan senantiasa memegang mu erat-erat walau sekarang engkau sedang terpuruk. Aku ikut berduka cita untukmu.

 

3. Walaupun tubuhmu berselimutkan tanah, namun percayalah bahwa kebaikan yang engkau tanamkan semasih hidup, membuatmu terus bernafas dalam hati kami semua. Selamat jalan, saudara dan sahabatku. Selamat kembali berpulang ke rumah Bapa di surga.

 

4. Selamat jalan saudaraku. Doa kami mengiringi kepergianmu. Semoga kita akan bertemu dan berkumpul lagi di surga kelak.

 

5. Sebab, dirahimNya kini engkau akan tinggal. Kekal disana ada telaga yang menganak sungai. Di dalamnya engkau berenang. Yang airnya mengalir dari doa-doa dan tangisan orang yang kehilangan. tinggallah bersama Kristus dalam keabadian.

 

6. Jika Hari kemarin adalah hujan itu, maka hari esok Tuhan menjanjikan sebuah kebahagian di atas tanah yang dihujani-Nya. Percayalah, ayat di Filipi 4:13, ‘Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.’ Ada kekuatan dari Allah yang buat kita sanggup melewati semua ini.

 

 

Ucapan Belasungkawa Yang Baik

Berikut beberapa ucapan belasungkawa yang baik dan benar.

1. Tidak ada kata yang tepat selain turut berduka. Aku turut berduka atas apa yang menimpamu. Pahami bahwa semua ini adalah sebuah cobaan. Tidak ada cobaan yang diberikan kecuali di atas kemampuan hamba-Nya. Dan cobaan adalah bukti bahwa Allah masih memperhatikan dirimu.

 

2. Sebuah kematian bukanlah sebuah akhir dari kehidupan, namun makna dari sebuah kematian adalah datangnya sebuah kehidupan yang abadi. Usaplah air mata yang berlinang di pipi, hadang semua rasa sedih, dan lantunkan lah doa agar dia selalu bahagia di alam sana.

 

3. Aku turut berduka atas kehilangan yang Kamu alami. Kamu memang boleh bersedih. Tetapi, ingatlah kawan bahwa kematian adalah pelajaran dari Tuhan. Setiap orang sudah memiliki garis masing-masing. Belajarlah dari kehilangan ini di mana kita harus selalu berusaha mendekatkan diri pada-Nya.

 

4. Selamat jalan, mudah-mudahan engkau mendapatkan tempat terindah disisi-Nya, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Aamiin ya rabbal’alamin.

 

5. Innaa lillahi wainnaa ilahi rajiun. Selamat jalan sahabat, doa ini kupersembahkan untukmu : “Ya allah ampunilah dosa2 ku dan dosa-Nya. ya Allah sayangi aku dan sayangilah dia. ya allah, terangi dan luaskan kubur-Nya. Wahai yang maha belas-kasihan. Amiin.

 

6. Yang lalu biarlah berlalu, yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selama-lamanya. Semua ini adalah rencana baik Tuhan, dan kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati yang lapang.

 

 

Ucapan Belasungkawa Untuk Teman dan Sahabat

Berikut beberapa ucapan belasungkawa untuk teman dan sahabat yang pergi meninggalkan kita.

1. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un, Aku turut berduka cita wahai sahabatku. Allah tidak akan memberikan cobaan melampaui batas kemampuan hamba-Nya, semoga amal dan ibadah orang tuamu diterima disisi Allah swt. Dan semoga Allah swt selalu melindungimu dan memberikan ketabahan untukmu.

 

2. Inna lillahi wainna ilaihi roji’un, teman terbaikku, kepulanganmu menuju penciptamu begitu cepat. Kini kebersamaan kita yang pernah kita jalani hanyalah meninggalkan sebuah kenangan manis. Semoga seluruh amal perbuatanmu di terima oleh-Nya.

 

3. Menjadikanmu sahabatku adalah kekuasaan Tuhan, rencanaNya begitu hebat sebab telah mempertemukanmu denganku. Terimakasih sudah menjadikanku manusia hebat. Selamat jalan sahabat. Semoga kelak kita bertemu lagi dalam keadaan kekal dan bahagia di surga. Aamiin.

 

4. Wahai sahabat terbaikku. Meskipun usiamu masih muda, semangatmu masih membara, cita-citamu yang begitu tinggi. Tetapi, Allah SWT lebih sayang kepadamu, Allah rindu denganmu. Selamat Jalan sahabat, Semoga ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT, yakni Jannahnya. Amiin.

 

5. Inna Lillahi Wainna ilaihi Raji’un. Wahai sahabatku aku turut berduka cita, semoga amal ibadah orang tuamu diterima dan ditempatkan terbaik disisi Allah SWT. Percayalah kalau setiap cobaan pasti ada hikmahnya. Boleh kita bersedih tapi jangan sampai menghalangi orang tuamu ke jannah.

 

6. Temanku, kepulanganmu menuju sang pencipta sungguh terasa begitu cepat, kebersamaan yang telah kita lalui bersama, kini yang tinggal hanyalah kenangan. Mudah-mudahan segala amal ibadahmu diterima oleh-Nya. Aamiin.

 

7. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kepulanganmu begitu cepat kepada Sang Pencipta. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah.

 

 

Ucapan Turut Berduka Cita Berbahasa Inggris

belasungkawa dalam bahasa inggris

Berikut beberapa ucapan belasungkawa berbahasa Inggris beserta artinya.

1. I’m sorry to hear your grandma, may God always give fortitude to you and your family.

Artinya : saya turut menyesal mendangar kabar tentang nenekmu, semoga tuhan selalu memberikan ketabahan untukmu dan keluargamu.

 

2. I am sorry for your loss, but God always made the best way for His people. You will be stronger than before, and Your dad would be so happy to see from above.

Artinya: aku turut berduka atas kehilanganmu, namun Tuhan selalu membuat jalan terbaik untuk umatNya. Kamu akan jadi lebih kuat dari sebelumnya dan Ayahmu akan bahagia melihatnya dari surga.

 

3. I am sorry to hear that, please be sure that God always is with you and you will not alone because here we are.

Artinya : saya turut sedih mendengarnya. Percayalah bahwa Tuhan selalu bersamamu dan kamu tidak sendiri, karena kami ada disini.

 

4. We are sorry to hear that. May he get a beautiful place in Jannah.
Artinya : Kami turut berduka cita. Dan dia akan mendapatkan tempat terbaik di surga.

 

5. I am sorry for your loss, but God always made the best way for His people. You will be stronger than before, and Your dad would be so happy to see from above.

Artinya : aku turut berduka atas kehilanganmu, namun Tuhan selalu membuat jalan terbaik untuk umatNya. Kamu akan jadi lebih kuat dari sebelumnya dan Ayahmu akan bahagia melihatnya dari surga.

 

 

Ucapan Turut Berduka Cita Untuk Guru

Berikut beberapa ucapan belasungkawa untuk Guru tercinta yang telah pergi meninggalkan kita.

1. Dirimu takkan pernah terganti sampai kapanpun, pengabdianmu sebagai seorang guru sangat berarti. Nasihatmu selalu mengiringi langkah kami dan kemanapun aku melangkahkan kaki. Engkau sudah selayaknya cahaya yang selalu menerangi langkah kami di dalam kegelapan.

 

2. Terima kasih atas semua ilmu yang telah Anda berikan kepada kami selama ini. Kini kami ucapkan selamat jalan dan selamat tinggal, semoga amal kebaikanmu diterima oleh Allah SWT. Tidak ada kata-kata yang ada dalam hidup kami selain ilmu pengetahuan yang Anda berikan untuk kami.

 

3. Terima kasih atas seluruh ilmu yang telah kau limpahkan kepada kami, kuharap engkau selalu mengingat semua kenangan manis yang perna kita lalui bersama. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, kami menangis di hari kepergianmu. Hanya doa yang bisa kami panjatkan untukmu.

 

4. Terima kasih atas semua ilmu yang telah Anda limpahkan kepada kami, kuharap selalu mengingat semua kenangan yang indah yang kita buat bersama. Turut berduka cita yang sedalam-dalam, kami menangis di hari kepergianmu.

Hanya doa yang bisa kami panjatkan untukmu. Engkau sudah seperti lilin yang selalu menerangi jalan kami yang gelap, kami selalu berdoa Anda semoga seluruh usaha bijakmu selama ini akan menjadi iman yang berguna bagi bangsa dan negara.

 

5. Tiada banyak kata yang dapat kami ucapkan kepadamu selain ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada engkau guruku.

Terima kasih atas segala ilmu yang telah kalian berikan kepada kami selama ini. Kini kami ucapkan selamat jalan dan selamat tinggal, semoga amal kebaikanmu diterima oleh Allah SWT.

 

6. Assalamualaikum wr wb. Saya, mewakili siswa kelas XII AP 1 mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Bapak Dima, wali kelas XII AP 2. Semoga keluarga diberikan ketabahan, serta Allah menerima amal ibadah beliau. Aamiin.

 

Mungkin itu yang dapat Pintarnesia sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam mencari referensi terkait ucapan belasungkawa yang baik dan benar.

Semoga ucapan-ucapan diatas mampu mengobati lara dan memberi dukungan bagi pihak-pihak yang terkena musibah. Bila terdapat kesalahan kata mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Wiwit Febriandari Penyuka desain dan kreasi visual, selamat membaca artikel saya ya :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight