Ukuran Lapangan Sepak Bola

By Danang Febriyandra -

Kita semua tentu sudah pernah melihat lapangan sepak bola dong, entah itu secara langsung ataupun lewat TV. Sebagai olahraga yang paling populer di dunia, tak heran jika sepak bola digemari oleh banyak orang.

Ia termasuk ke dalam permainan bola besar dengan 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk memasukan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin dalam waktu tertentu.

Dengan jumlah total 22 orang pemain, berapa sih ukuran luas dari lapangan sepak bola? Mungkin kalian pernah bertanya hal tersebut. Hal ini sangat penting untuk diketahui, terutama bagi kalian yang hobi sepak bola atau ingin menjadi pemain bola.

Karena sebagai olahraga yang telah mendunia, maka ada aturan resmi dari FIFA terkait ukuran lapangan sepak bola. Terutama untuk kancah profesional dimana semua aturan harus jelas untuk menjaga permainan tetap fair.

Bagian-Bagian Lapangan Sepak Bola

Sebelum membahas tentang luas dan ukurannya, mari cari tahu terlebih apa saja bagian-bagian dari lapangan sepak bola.

Bagian Lapangan Sepak Bola

1. Lingkaran Tengah Lapangan

Merupakan batas pemain saat akan dilakukan kick off. Dimana pemain harus berada pada areanya masing-masing di luar lingkaran tengah tersebut.

2. Area Kiper

Ini adalah wilayah dimana seorang kiper akan melakukan tendangan gawang setelah bola keluar. Di area tersebut seorang penjaga gawang juga tak boleh diganggu oleh lawan saat terjadi perebutan bola.

3. Kotak Pinalti

Kotak pinalti biasanya memiliki luas sekitar 40 x 16,5 meter. Di wilayah inilah seorang penjaga gawang diperbolehkan menyentuh bola dengan kedua tangannya. Sementara itu, apabila terjadi pelanggaran oleh pemain bertahan di area tersebut, maka akan dilakukan tendangan pinalti.

4. Titik Pinalti

Sebuah titik yang mana menjadi tempat pemain dalam melakukan tendangan pinalti. Jaraknya adalah sekitar 11 meter dari gawang.

5. Lengkungan Kotak Pinalti

Di luar kotak pinalti kita bisa melihat sebuah lengkungan. Fungsinya adalah sebagai batas para pemain lain ketika terjadi tendangan pinalti. Saat tendangan pinalti akan dilakukan, semua pemain kecuali wasit, penendang dan kiper harus berada di luar kotak pinalti dan garis lengkungan tersebut.

6. Garis Lengkung Pojok

Di setiap sudut lapangan akan ada garis melengkung dengan ukuran sekitar 1 meter. Fungsinya sebagai batas bola saat akan dilakukan tendangan sudut (corner shoot).

Baca Juga : Teknik Dasar Sepak Bola

Ukuran Resmi FIFA Tentang Luas Lapangan Sepak Bola

Dalam Law of the Game, FIFA sudah menuliskan aturan resmi terkait dengan ukuran lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola. Dimana sudah ada patokan jelas tentang luas lapangan, dibedakan menjadi 2 jenis yaitu tingkat nasional dan internasional.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola nasional

Lapangan untuk tingkat nasional memiliki panjang minimal 90 meter dan maksimal 120 meter. Sementara itu, untuk luasnya bisa mencapai 45 hingga 90 meter. Di bagian tengah akan ada sebuah lingkaran dengan radius sekitar 9,5 meter (diameter 19 meter).

Di depan masing-masing gawang ada sebuah kotak pinalti dengan panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter. Area dimana penjaga gawang boleh memegang bola dengan tangannya. Ketika terjadi tendangan pinalti, maka akan dilakukan dari titik pinalti 11 meter dari gawang.

Sementara itu, untuk ukuran gawang memiliki panjang 7,32 meter atau sekitar 8 yards. Untuk lebar atau tingginya adalah 2,44 meter atau sekitar 8 feet. Jadi rincian ukuran lapangan sepak bola nasional seperti berikut :

  • Panjang : 90 – 120 meter
  • Lebar : 45 – 90 meter
  • Lingkaran Tengah : 9,5 meter (radius/jari-jari)
  • Kotak Pinalti : 40 x 16,5 meter
  • Titik Pinalti : 11 meter
  • Panjang Gawang : 7,32 meter (8 yards)
  • Tinggi Gawang : 2,44 meter (8 kaki)

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Untuk tingkat pertandingan internasional, biasanya lapangan sepak bola yang digunakan akan sedikit lebih besar dari tingkat nasional. Untuk panjangnya sekitar 100 – 120 meter dengan lebar mencapai 45 – 90 meter.

Lingkaran tengah lapangan memikili radius (jari-jari) sekitar 9,15 meter. Aturan tentang besar kotak pinalti akan memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter. Dan untuk titik tendangan pinalti adalah 11 meter dari gawang.

Untuk gawang yang digunakan akan memiliki panjang sekitar 7,32 meter, diukur dari jarak antara tiang kanan dan kiri. Sementara itu untuk tingginya sekitar 2,44 meter diukur dari permukaan lapangan dan mistar atas gawang.

Berikut rincian luas lapangan sepak bola untuk tingkat internasional :

  • Panjang : 100 – 120 meter
  • Lebar : 45 – 90 meter
  • Lingkaran Tengah : 9,15 meter (radius/jari-jari)
  • Kotak Pinalti : 40,3 x 16,5 meter
  • Titik Pinalti : 11 meter
  • Panjang Gawang : 7,32 meter (8 yards)
  • Tinggi Gawang : 2,44 meter (8 kaki)

Demikian pembahasan tentang ukuran luas lapangan dalam olahraga sepak bola. Aturan diatas merupakan resmi ditetapkan oleh FIFA untuk menjaga standar permainan tetap fair dan adil. Apabila ada kritik, saran atau pertanyaan, silahkan berkomentar di bawah.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Seorang yang suka dunia anime yang sangat akut, suka belajar hal baru.

Artikel Terkait

Karate
Karate
Oleh Mexi
Lompat Jauh
Lompat Jauh
Oleh Mexi
21+ Peraturan Permainan Sepak Bola: Lengkap, Penjelasan
21+ Peraturan Permainan Sepak Bola: Lengkap, Penjelasan
Oleh Mexi
Pergaulan Bebas
Pergaulan Bebas
Oleh Mexi
Renang Gaya Dada
Renang Gaya Dada
Oleh Danang Febriyandra
Teknik Dasar Pencak Silat: Lengkap Gambar
Teknik Dasar Pencak Silat: Lengkap Gambar
Oleh Mexi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *