Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Unsur Seni Rupa: Pengertian, Unsur-Unsur dan Contoh Unsur Seni Rupa

10 min read

unsur unsur seni rupa

Unsur Seni Rupa – Untuk perkembangan di dunia seni and saat ini memang sangatlah cepat.  kemudian seni juga semakin berkembang dan banyak mengalami perubahan dari masa ke masa waktu ke waktu. Ketika membicarakan soal seni pasti tidak akan ada batasnya. Seni merupakan wujud ekspresi dan imajinasi seseorang yang dituangkan ke dalam suatu karya yang memiliki keindahan tersendiri dan maknanya tersendiri.

Keindahan dari suatu karya seni dapat dinikmati oleh orang yang mengerti makna yang terkandung di dalam seni tersebut. Hal ini adalah berlaku kepada semua karya seni yang dapat dinikmati keindahannya secara kasat mata serta juga melalui indra peraba atau perasa. Suatu seni dapat dikatakan menjadi seni rupa bila memenuhi unsur-unsur seni rupa yang akan dijelaskan seperti di bawah ini:

 

Pengertian Unsur Seni Rupa

Pengertian unsur seni rupa adalah unsur-unsur yang membentuk kesatuan yang padu sehingga sebuah karya seni dapat dinikmati secara utuh.  adanya unsur-unsur pada karya seni membuat sebuah seni rupa dapat dilihat serta diamati dan dinikmati, diapresiasi oleh orang lain.

Terdapat beberapa macam unsur dalam seni rupa. Beberapa unsur seni rupa adalah titik, garis, bidang ruang bentuk warna tekstur serta gelap terang. Di bawah ini merupakan pengertian dan penjelasan dari unsur-unsur seni rupa tersebut.

 

Unsur Seni Rupa Titik

Titik adalah salah satu unsur dari seni rupa yang merupakan paling kecil. Unsur ini haruslah ada pada sebuah ah atau suatu karya seni rupa. Semua awal bentuk serta wujud dari suatu karya seni rupa berasal dari unsur yang terkecil ini yaitu titik. Unsur titik dapat menjadi perhatian jika terdiri dari beberapa titik atau memiliki warna yang unik serta berbeda dengan warna yang lainnya.

 

Unsur Seni Rupa Garis

Garis adalah suatu unsur karya seni rupa yang merupakan penggabungan dari sebuah titik. Garis dapat juga dikatakan sebagai goresan atau limit dari suatu benda, bidang, ruang, warna, tekstur, dan lain-lain. Unsur garis ini mempunyai bentuk yang memanjang serta dibuat dengan mengikuti suatu arah tertentu.

Ada beberapa macam jenis dari unsur bidang diantaranya yaitu panjang, pendek, tebal, tipis, horizontal, vertikal miring, lurus, serta berombak dan lain sebagainya. Setiap jenis unsur garis dapat memberikan sifat serta kesan yang berbeda-beda pada suatu karya seni rupa. Kesan yang diberikan oleh unsur garis ini yaitu megah, kuat, simple, agung, keras lentur dan kaku serta masih banyak lagi.

 

Unsur Seni Rupa Bidang

Bidang adalah unsur yang berupa pengembangan dari unsur garis. Garis-garis ini digabungkan sehingga membentuk suatu bidang titik Hal ini memiliki arti jika unsur bidang dibuat dengan mempertemukan ujung dari masing-masing garis atau bisa juga dengan membuat warna pada ujung garis tersebut titik bidang ini memberikan beberapa Sisi dari suatu karya seni rupa.

Kemudian bidang dibatasi dengan suatu kontur yang bisa disebut sebagai dimensi. Bidang merupakan unsur seni rupa dua dimensi yang terdiri atas dimensi lebar serta panjang yang disebut sebagai pipih. Lalu dalam dasarnya bidang dalam sebuah karya seni rupa terdiri atas segitiga, empat, lingkaran trapesium, oval dan lain sebagainya.

 

Unsur Seni Rupa Bentuk

Secara bahasa atau bentuk dikatakan sebagai bangun atau bentuk plastis form. Bentuk dalam suatu karya seni rupa terdiri dari beberapa benda yang polos serta dapat dilihat oleh mata yang biasa kita kenal dengan kotak bulat warna mental atau yang tidak beraturan. Sedangkan bentuk plastis atau form adalah bentuk yang dapat dilihat serta dirasakan karena memiliki nilai seperti lemari, meja, kursi, dan lain-lain.

Bentuk adalah unsur seni rupa yang berwujud tiga dimensi serta terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Bentuk juga salah satu unsur seni rupa yang dapat menghidupkan kesan pada suatu jenis karya seni rupa. Unsur seni rupa yang satu ini mampu memberikan sentuhan serta detail yang sempurna sehingga dapat menghasilkan suatu seni rupa yang begitu indah.

 

Unsur Seni Rupa Tekstur

Unsur seni rupa yang selanjutnya merupakan tekstur merupakan keadaan atau sifat yang terdapat pada suatu karya seni rupa tekstur ini dapat memberikan sifat atau kesan yang kasar halus mengkilap kusam, licin, berpori dan masih banyak lagi titik ini dapat kamu rasakan dengan penglihatan maupun rabaan. Dan secara umum tekstur dalam suatu karya seni rupa bisa dibedakan menjadi tekstur semu serta tekstur nyata titik kemudian yang dimaksud dengan tekstur semu merupakan tekstur yang memberikan kesan yang tidak sama antara indra penglihatan dan juga indra peraba.

 

Unsur Seni Rupa Kesatuan

Unsur seni rupa kesatuan adalah salah satu unsur dari seni rupa yang dapat menyatukan komposisi dari suatu karya seni rupa. Unsur seni rupa kesatuan ini dapat menghasilkan suatu bentuk karya seni rupa yang harmonis serta dinamis serta memiliki estetika yang tinggi. Unsur seni rupa kesatuan ini bisa didapatkan dari gabungan antara sejumlah unsur dalam sebuah karya seni rupa yang dipadukan dengan adanya gradasi, gelap-terang, garis, serta bentuk yang ada pada karya seni.

 

Unsur Seni Rupa Warna

Unsur seni rupa warna merupakan unsur yang sangat penting dan yang berperan menjadikan karya seni rupa agar terlihat semakin lebih indah dan menarik. Warna pada suatu karya seni rupa dibuat sesuai dengan tema yang merupakan pesan yang ingin disampaikan dari pembuat karya seni rupa tersebut. Warna ini juga dapat menghidupkan suasana pada seni rupa seperti keadaan sedih,  senang,  marah murung dan lain sebagainya:

 

1. Warna Primer

Warna primer merupakan unsur seni rupa dari warna yang disebut juga sebagai warna dasar atau warna pokok. Warna ini tidak dapat diperoleh dari campuran warna lain. Warna primer sendiri merupakan warna yang terdiri dari merah, kuning dan warna biru.

 

2. Warna Sekunder

Warna sekunder adalah warna unsur seni rupa yang bisa diperoleh dengan cara menggabungkan antara dua warna primer. Contoh dari warna sekunder adalah ah ke warna jingga yang merupakan perpaduan warna primer merah serta warna primer kuning. Lalu warna hijau yang merupakan perpaduan dari warna primer kuning dan biru. Serta warna ungu merupakan perpaduan dari warna primer merah dan juga warna primer biru.

 

3. Warna Tersier

Warna tersier adalah unsur seni rupa warna yang dihasilkan dari gabungan antara warna primer serta sekunder. Contoh warna tersier adalah kuning kehijauan yang merupakan gabungan antara warna primer kuning serta warna sekunder hijau.

 

4. Warna Komplementer

Warna komplementer adalah warna contrast Spectrum warna. Kemudian contoh dari warna komplementer merupakan warna ungu dengan warna kuning, warna merah dengan warna hijau dan lainnya.

 

5. Warna Analogus

Warna analogus adalah warna yang memiliki data berdekatan dengan lingkaran satuan warna. Contohnya adalah deretan warna merah menuju ke warna ungu, Selain itu warna hijau berdekatan dengan warna kuning dan lain sebagainya.

 

Unsur Seni Rupa Gelap Terang

Seni rupa adalah salah satu dari unsur-unsur seni rupa yang memiliki banyak sekali fungsi. Dalam karya seni rupa yang berbentuk 2 dimensi, unsur dari gelap terang ini dapat digunakan pada karya seni rupa tersebut. Gelap terang juga bisa memberikan kesan kedalaman atau ruang serta memberikan perbedaan kontras dalam seni rupa.

Unsur gelap terang ini dapat dijadikan suatu karya seni rupa agar terlihat semakin nyata. Dalam pembuatan gelap terang yang harus diperhatikan adalah intensitas cahaya suatu benda yang akan dijadikan objek sebagai seni rupa. Gelap terang dapat terjadi karena intensitas warna atau daya Pancar serta juga dapat terjadi karena adanya percampuran warna hitam serta juga putih.

 

Unsur Seni Rupa Ruang

Ruang yaitu unsur seni rupa yang bisa juga disebut dengan kedalaman. unsur seni rupa ruang adalah unsur yang memiliki dua sifat yaitu semu atau ilusi serta nyata. Sifat yang terdapat pada unsur seni rupa ruang ini dapat dirasakan oleh penikmat karya seni dan bergantung dari wujud dimensi pada karya seni rupa yang dibuat.

Dalam karya seni rupa 3 dimensi unsur ruang memiliki sifat mata karena unsur ini ini bisa dirasakan langsung oleh orang yang sedang menikmatinya. Sebaliknya, pada karya seni rupa dengan dua dimensi unsur ruang bersifat semu atau ilusi karena didapatkan dari gambar yang datar, menjorok,jauh, dekat, cembung, cekung, pipih, serta lain sebagainya.

Pada karya dengan dua dimensi, unsur ruang dapat dibuat dengan berbagai cara yaitu gambar gempal, perspektif warna, peralihan warna gelap-terang, gambar bidang bertindih, ukuran, gambar lengkung atau belok, serta penambahan bayang-bayang pada gambar.

 

Unsur Seni Rupa Keselarasan

Unsur seni rupa keselarasan adalah unsur pada suatu karya seni rupa yang menghubungkan kedekatan antara unsur warna serta juga unsur bentuk. Unsur seni rupa keselarasan juga dapat menghasilkan tampilan pada karya seni rupa agar menjadi lebih baik serta memiliki nilai estetika dan juga keindahan.

 

Unsur Seni Rupa Irama

Unsur seni rupa Irama atau dapat disebut juga dengan rhyme. Unsur seni rupa Irama adalah pengulangan atau lebih unsur yang terdapat pada karya seni rupa secara teratur dan juga terus-menerus. Kesan yang dapat diberikan oleh unsur irama dalam suatu karya seni rupa

Kemudian kesan yang diberikan dari unsur irama dalam karya seni rupa merupakan menghasilkan karya seni yang dibuat akan bergerak hingga dapat memberikan nilai estetika yang lebih baik dan lebih mengesankan.

Pengulangan dalam unsur seni rupa Irama pada karya seni rupa dapat berupa pengulangan bentuk, pengulangan garis, serta bisa juga dengan pengulangan warna. Apabila penggunaan bentuk diletakkan di tempat yang sama maka akan memberikan suatu kesan statis pada karya seni rupa. Seseorang yang membuat karya seni rupa haruslah pintar dalam melakukan pengulangan unsur-unsur agar dapat menghasilkan Irama yang harmonis.

 

Unsur Seni Rupa Penekanan

Unsur seni rupa penekanan adalah unsur  pada karya seni rupa yang memiliki dua unsur yang berlawanan.  Misalnya yaitu suatu karya seni rupa memiliki perbedaan dalam unsur bentuk ukuran serta warna. Unsur seni rupa penekanan ini dibuat Agar suatu karya seni rupa dapat memberikan kesan yang tidak monoton serta juga dapat menguatkan satu sama lain antar unsur-unsur yang ada.

 

Unsur Seni Rupa Proporsi

Unsur seni rupa komposisi adalah unsur yang dapat menentukan dasar keindahan dalam suatu karya seni rupa. Unsur seni rupa komposisi ini berhubungan dengan unsur-unsur seni rupa yang lain dan disusun secara teratur serta serasi. Dengan memperhatikan unsur komposisi pada pembuatan karya seni rupa maka akan tercipta suatu karya seni rupa yang sangat ekspresif serta juga dapat memberikan nilai estetika yang sangat tinggi.

 

Unsur Seni Rupa Keseimbangan

unsur seni rupa yang berikutnya adalah keseimbangan atau Balance merupakan unsur yang sangat berhubungan dengan berat ringannya suatu karya seni rupa.  Unsur keseimbangan ini bisa didapatkan dengan membuat karya seni rupa yang susunannya diatur sebaik mungkin sehingga menghasilkan suatu keteraturan serta keseimbangan pada setiap sisinya.

Unsur seni rupa yang bisa dibuat dengan cara formal atau simetris, asimetris atau informal, dan Radial.  Kemudian untuk macam-macam dari unsur seni rupa keseimbangan terdiri dari empat yaitu keseimbangan Sentral, keseimbangan diagonal, keseimbangan simetris dan keseimbangan asimetris.

 

Unsur Seni Rupa Aksentuasi

Unsur seni rupa aksentuasi adalah unsur  yang terdapat pada suatu karya seni rupa yang dipadukan dengan unsur-unsur lainnya seperti unsur garis, unsur bentuk, unsur warna serta lingkungan sekitar di mana objek tersebut berada. Unsur seni rupa aksentuasi dapat juga membuat suatu karya seni rupa menjadi lebih menonjol dari lingkungan lain.

 

Unsur Seni Rupa Imajinasi

Unsur seni rupa imajinasi adalah unsur yang diciptakan tidak jauh dari khayalan atau imajinasi sang penciptanya untuk menciptakan suatu karya seni rupa. Kemampuan khayalan atau imajinasi yang dihasilkan dari pencipta untuk membuat suatu karya seni rupa apa dapat menentukan hasil baik atau tidaknya suatu karya seni rupa tersebut. Semakin baik daya imajinasi atau khayalan dari si pencipta karya seni rupa maka akan semakin baik pula hasil dari karya seni rupanya.

 

Unsur Seni Rupa Perhatian

Unsur seni rupa perhatian atau center of Interest adalah unsur pada karya seni rupa yang sangat penting untuk membuat objek agar suatu karya seni rupa menjadi terlihat lebih menarik. Unsur seni rupa perhatian dibuat dengan usaha untuk menampilkan bagian tertentu dari suatu karya seni rupa supaya terlihat lebih menonjol dari bagian yang lain.

Pusat perhatian yang biasanya digunakan oleh pembuat karya seni rupa untuk menyampaikan pesan atau suatu inti pada karya seni rupa. Pusat perhatian atau center of Interest dapat dikatakan juga sebagai objek utama yang terdapat di antara objek-objek pendukung serta penunjang dalam suatu karya seni rupa.

 

Sekian dulu penjelasan tentang unsur-unsur seni rupa yang dapat saya sampaikan unsur-unsur di atas merupakan unsur yang harus ada dalam setiap pembuatan karya seni rupa. Unsur-unsur Seni rupa dapat menghasilkan suatu karya seni rupa yang membuatnya akan menjadi lebih baik dan memiliki nilai estetika yang lebih tinggi.

Karya seni rupa seluruh unsur-unsurnya tersebut menjadi berkualitas dan dapat dinikmati oleh orang yang ingin melihatnya atau hanya sekedar untuk menikmatinya saja. Semoga dengan membaca artikel ini kamu sudah dapat membedakan dan memantapkan bahwa unsur-unsur seni rupa sangatlah penting bagi suatu karya seni rupa jadi jangan salah lagi apabila membuat suatu karya seni perhatikan juga unsur-unsurnya.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight