Valuta Asing: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Contoh, Sejarah

By

Valuta Asing

Valuta Asing – pembahasan yang satu ini merupakan pembahasan yang tentunya tidak asing lagi bagi dunia perekonomian. Valuta asing sangat berperan penting dalam dunia ekonomi dan juga pasar saham. Namun bagi orang awam tentang dunia perekonomian tentu kurang mengerti apa yang dimaksud dengan valuta asing. Bahkan mungkin beberapa dari mereka sama sekali belum pernah mendengar kalimat ini sebelumnya.

Sebelumnya kita membahas tentang motif ekonomi, Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini pintarnesia akan menyampaikan sedikit pembahasan mengenai valuta asing atau valas. Penjelasan pada artikel kali ini berupa pengertian, tujuan, fungsi, jenis, contoh, dan sejarah valuta asing.

 

Pengertian Valuta Asing

valuta asing

Pengertian valuta asing adalah mata uang yang digunakan di dalam dunia perdagangan internasional dan juga telah diterima oleh negara yang terlibat di dalam perdagangan dunia tersebut. Dengan kata lain valuta asing atau valas adalah jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang dari sebuah negara terhadap mata uang dari negara lain.

Misalnya seperti saat kita akan berlibur ke luar negeri atau ke negara lain maka kita melakukan transaksi dengan negara lain dengan menggunakan dollar. Dolar tersebutlah yang merupakan menjadi uang pengganti untuk dapat melakukan transaksi terhadap pembelian barang ataupun jasa. Valuta asing sendiri dapat ditukar dan juga dapat dibeli di berbagai perusahaan atau Bank yang mempunyai izin terhadap jual beli valuta asing.

Terdapat pula pendapat yang menyebutkan bahwa pengertian dari valuta asing merupakan bagian dari devisa. Devisa sendiri adalah semua kekayaan yang berasal dari sebuah negara lain atau di luar negeri yang lupa barang ataupun jasa atau dapatkah juga mata uang asing yang dapat digunakan sebagai alat transaksi luar negeri dan juga telah diterima dalam dunia internasional. Devisa yang berwujud mata uang asing inilah yang disebut sebagai valuta asing.

Harga dari valuta asing tentunya telah ditentukan melalui berbagai proses permintaan dan juga berbagai proses penawaran yang berlangsung di dalam sebuah mekanisme pasar atau besok juga dikenal dengan istilah kurs atau nilai tukar.

Pengertian pasar valuta asing adalah tempat yang dijadikan sebagai pertukaran uang dari berbagai macam jenis nilai mata uang yang berbeda.

Sedangkan pengertian kurs adalah harga dari mata uang asing itu sendiri yang sudah dinyatakan melalui mata uang yang telah berlaku di dalam sebuah negara.

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan.

 

 

Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli

Setelah kita mengetahui penjelasan tentang pengertian valuta asing secara umum, dapatkah pendapat atau gagasan yang disampaikan oleh para ahli tentang pengertian valuta asing. Berikut ini merupakan beberapa pendapat yang disampaikan menurut para ahli tentang valuta asing:

 

Hamdy Hadi (1997:15)

Pengertian valuta asing yang dijelaskan oleh Hamdy Hadi adalah sebuah mata uang asing yang digunakan sebagai alat pembayaran untuk dapat membiayai setiap melakukan transaksi Ekonomi keuangan internasional dan juga memiliki catatan kurs yang resmi yang ada di dalam Bank sentral.

 

Jose Rizal Joesoef

Pengertian valuta asing menurut para ahli yang selanjutnya dijelaskan oleh Jose Rizal Joesoef. menurut dirinya pengertian valuta asing adalah mata uang asing yang digunakan sebagai alat pembayaran saat berada di luar negeri.

 

Eng, Less dan Mauer

Eng, Less dan Mauer memberikan pendapatnya tentang pengertian valuta asing adalah sebuah mata uang asing yang berlaku sebagai client keuangan atau juga aset di dalam suatu perusahaan yang berbentuk mata uang asing.

 

Tujuan valuta asing

Berikut ini merupakan beberapa tujuan dari pemberlakuan bangsa asing atau yang biasa disebut dengan valas. Tujuan dari diberlakukannya valuta asing diantaranya adalah seperti dibawah ini:

  • Valuta asing dapat mempermudah dalam melakukan kegiatan belanja di luar negeri atau negara lain.
  • Dengan menggunakan valuta asing kita dapat mengirimkan uang uang ke negara lain dengan mudah ah.
  • Valuta asing dijadikan sebagai media untuk melakukan transaksi.
  • Dengan menggunakan valuta asing juga bisa untuk mendapatkan keuntungan.
  • Valuta asing juga di jadikan sebagai media untuk dapat mempertahankan daya beli.

 

 

Fungsi Valuta Asing

Berdasarkan dari penjelasan tentang pengertian peserta tujuan dari rotasi di atas maka kita dapat diketahui tentunya fungsi dari valuta asing itu sendiri.

Bahan utama yang dapat dijadikan sebagai garis besar tentang fungsi valuta asing berdasarkan penjelasan di atas yaitu sebagai alat transaksi dan juga sebagai perdagangan di luar negeri atau internasional.

Akan tetapi, fungsi valuta asing tidak hanya itu. Berikut ini terdapat beberapa fungsi lainnya dari valuta asing seperti dibawah ini:

 

1. Valuta asing sebagai alat pembayaran internasional

Berdasarkan dari penjelasan dan pengertian di atas bahwa valuta asing memiliki kegunaan yang sangat penting di dalam dunia perekonomian terutama dalam luar negeri atau internasional. Hal tersebut dikarenakan valuta asing merupakan alat transaksi atau alat pembayaran yang telah diakui oleh kedua belah pihak atau kedua negara yang berbeda secara sah.

 

2. Valuta asing sebagai alat tukar internasional

Fungsi dari laut asin tentunya dapat kita ketahui yaitu sebagai alat tukar barang ataupun jasa di dalam dunia perdagangan luar negeri atau internasional.

 

3. Valuta asing sebagai alat pengendali kurs

Di dalam sebuah negara kurs dapat sewaktu waktu berubah. Perubahan dalam hal ini dapat saja kurs lebih melemah atau kau dapat pula lebih menguat. Hal itu tergantung pada tingkat pengelolaan dari pengguna suatu valuta asing tertentu, pada suatu negara dapat mengendalikan nilai tukar mata uang dengan mudah ah melalui pengelolaan pemakaian.

 

4. Valuta asing sebagai alat memperlancar perdagangan internasional

Fantasi juga dapat dimanfaatkan bagi tiap-tiap negara yang ada di seluruh dunia dapat dengan mudah melaksanakan kegiatan transaksi atau jual beli tanpa harus mengalami kendala ataupun permasalahan terhadap penggunaan mata uang yang berbeda.

 

 

Jenis Valuta Asing

Valuta asing sendiri memiliki berbagai jenis yang berbeda. Jenis valuta asing dapat dibagi menjadi dua macam yang bertanya masing-masing dari jenis rotasi memiliki ciri atau karakteristik khusus. Jenis-jenis valuta asing di antaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Valuta asing fisik

Jenis valuta asing yang pertama adalah jenis valuta asing fisik. Valuta asing fisik adalah uang asing di mana pengertian sebenarnya dari uang tersebut adalah uang yang berupa harta, harta tersebut dapat berupa logam, batas negara ataupun kertas bank yang dapat digunakan di dalam dunia transaksi atau jual beli internasional.

 

2. Valuta Asing Non-Fisik

Kemudian untuk jenis valuta asing yang kedua adalah valuta asing non fisik. Pengertian valuta asing dalam fisik adalah mata uang asing yang berupa uang giral atau berbagai jenis surat yang yang berharga harga lainya.

Contoh dari valuta asing non fisik antara lain seperti: travelers, cheque, wesel, internasional money order, dan masih banyak lagi.

 

 

Jenis Valuta Asing Berdasarkan Bentuknya

valuta asing

Fauna asli juga dapat dibedakan berdasarkan dari segi bentuknya menjadi beberapa jenis. berikut ini merupakan beberapa jenis valuta asing atau valas berdasarkan dari segi bentuknya antara lain seperti dibawah ini:

1. Mata Uang Asing

Jenis flora berdasarkan dari bentuknya yang pertama adalah mata uang valuta asing. Untuk jenis mata uang asing misalnya yaitu seperti mata uang Euro Dollar, Dollar Amerika Serikat, mata uang Yen Jepang, mata uang Dollar Singapura dan masih banyak lagi lainya.

 

2. Surat-surat Wesel Luar Negeri

Untuk jenis mata uang berdasarkan bentuknya yang selanjutnya adalah surat surat wesel luar negeri. Dari surat kuasa dapat diketahui dengan cara seperti berikut seorang eksportir Indonesia menarik tas impor yang berasal dari negara lain.

 

3. Saldo Kredit

di dalam dunia perekonomian tentun kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya saldo kredit. Kartu kredit terdapat di dalam berbagai jenis bank devisa negara ataupun di luar negeri.

 

4. Hak-hak Penerimaan Pembayaran

Penerimaan pembayaran valuta asing merupakan minyak yang berasal dari sebuah negara memiliki bentuk yang beragam dengan tingkat likuiditas yang dapat dibilang cukup tinggi.

 

 

Pelaku Pasar Valuta Asing

valuta asing

1. Perorangan atau perusahaan

Lagu dasar akuntansi yang pertama adalah perorangan atau perusahaan. Yang di-hack swasta juga ikut terlibat dalam kegiatan transaksi atau jual beli di dalam dunia perdagangan valuta asing. Tujuan dari pelaku pasar valuta asing perorangan atau perusahaan tidak lain adalah pancarkan bisnisnya. Misalnya seperti investor, eksportir, importir dan lain sebagainya.

 

2. Arbitrator Dan Spekulan

Dalam hal ini pengertian arbitrator adalah yang ada di dalam sebuah perundingan yang dapat suatu kesepakatan untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menggunakan perbedaan harga. Sedangkan untuk spekulan artinya adalah orang yang menspekulasikan perubahan yang berasal dari nilai mata uang negara untuk bisa mendapatkan keuntungan perubahan ataupun fluktuasi harga umum.

Peranan dari arbitrator dan juga spekulan ini melakukan berbagai tindakan yang berdasarkan dari kemauanya sendiri dan bahkan seringkali mereka tidak mempunyai kewajiban untuk dapat melayani pembeli dan juga untuk dapat menjamin bagi keberlangsungan pasar.

 

3. Dealer (Market Marker)

Dealer atau market marker adalah pihak atau orang yang membuat aktivitas pasar mata uang menjadi semakin hidup. Tidak jarang peranan dari dealer yaitu untuk tempat menentukan tingkat dari persediaan jenis mata uang tertentu. Dealer mendapatkan keuntungan berdasarkan dari selisih harga jual dan juga harga beli valuta asing. Sedangkan yang berperan menjadi dealer dalam hal ini adalah Bank-bank yang ada di dunia.

 

4. Bank Sentral

Bank sentral adalah yang mempunyai peranan yaitu sebagai pengontrol dari pasar valuta asing. upaya yang dilakukan oleh bank sentral antara lain yaitu untuk dapat melakukan pengendalian terhadap mata uang, suku bunga dan juga inflansi. Untuk dapat melakukan pengendalian terhadap mata uang, suku bunga ataupun inflasi, Bank sentral dalam hal ini memanfaatkan adanya cadangan devisa.

 

5. Pemerintah

pemerintah sebagai pelaku pasar valuta asing yaitu memanfaatkan berbagai instrumen yang ada di dalam negara untuk dapat ikut turun tangan di dalam perdagangan valuta asing. Pemerintah melakukan hal tersebut untuk dapat memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya agar bisa mendapatkan keuntungan terhadap nasional berguna untuk membayar hutang luar negeri. Pendapatan pasar tersebut nantinya akan ditukarkan menjadi mata uang dari dalam negeri.

 

6. Pialang

Pelaku pasar valuta asing selanjutnya adalah merupakan pihak yang bertugas sebagai perantara di dalam pertemuan penawaran atau penjual di juga permintaan atau pembeli terhadap harga dari suatu jenis mata uang tertentu. Biasanya pialang juga memiliki akses komunikasi kepada dealer dan juga bank-bank yang ada di seluruh dunia.

 

 

Sejarah Valuta Asing

valuta asing

Telah kita tahu pastinya bahwa sebelum adanya mata uang, dalam melakukan kegiatan perekonomian masyarakat menggunakan tempat yang dijadikan sebagai alat transaksi. Akan tetapi, semakin majunya perkembangan zaman semakin lama buah kegiatan barter tersebut dijalankan. Dan kemudian lama-kelamaan semakin ditinggalkan.

Kemudian setelah itu muncullah logam mulia seperti emas dan perak dijadikan sebagai standar uang di dalam pasar. Dari penggunaan emas dan perak tersebut kemudian muncul uang di berbagai daerah.

Setelah Perang Dunia I berlangsung dan juga setelah diberi perekonomian dunia berlangsung pada tahun 1930-an, lagunya yang diinginkan oleh dunia adalah mencapai suatu stabilitas ekonomi yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Kemudian pada tahun 1944 muncul untuk sistem moneter internasional di terhadap nilai tukar tetap (fixed exchange rate) yang merupakan hasil persetujuan dari Konferensi Moneter Internasional “Breetton Woods Conference”. Ketetapan dari sistem pertukaran mata uang tetap atau “Fixed Exchange Rate System” antara lain adalah sebagai berikut:

  • Amerika menentukan nilai USH terhadap emas (USD 35/once)
  • Perubahan terhadap nilai tukar dari mata uang dalam USD tidak dapat melebihi dari 1% apabila memang sangat terpaksa melebihi 1%, maka terdapat batas maksimal yaitu 10%.
  • Masing-masing negara menentukan nilai tukarnya terhadap mata uang USD (Amerika).
  • Amerika menjual emas dengan harga tetap terhadap para pemegang resmi dari mata uang USD.

Kemudian setiap negara mulai memberlakukan kurs yang tetap dari mata uang masing-masing negara terhadap US. Mulai dari saat itulah video klip ekonomi di wilayah Eropa dan Amerika sudah mulai tumbuh dengan pesat. Setelah itu kemudian lahirlah pasar Euro Dollar dan juga Asia Currency Unit yang bertujuan untuk dapat mengimbangi peredaran dari Dollar Amerika yang jumlahnya semakin meningkat.

Sampai dengan 2 tahun berikutnya lembaga moneter internasional dan juga Bank Dunia dibentuk untuk dapat mengawasi sistem tersebut. Namun pada tahun 1960, Negara Amerika mulai mengalami penurunan terhadap bidang perekonomian. Sehingga kepercayaan dari negara lain USD juga sudah mulai menurun.

Dan kemudian pada akhirnya Presiden Amerika yang pada saat itu sedang mencoba tinggi yaitu Nixon, mengembangkan sistem nilai tukar terhadap USD pada tanggal 15 Agustus 1971. Dan kemudian Amerika memutuskan untuk menggunakan nilai tukar yang mengambang terhadap mata uang dari mereka (Floating Exchange Rate System). pada sistem tersebut nilai mata uang di SD tidaklah lagi ditentukan dengan jumlah tertentu. Akan tetapi dapat berubah-ubah berdasarkan dari mekanisme pasar.

Digunakannya sistem mata uang mengambang tersebutlah kemudian muncul pasar valuta asing dengan menggunakan fluktuasi harga untuk dapat memperoleh keuntungan. Gimana pada awalnya pasar valuta asing hanya digunakan untuk kepentingan individu ataupun perorangan, namun saat ini pasar valuta asing sudah mulai berkembang dengan cepat dan pesat.

 

Itulah penjelasan tentang valuta asing yang dapat pintarnesia sampaikan. Semoga penjelasan diatas dapat dijadikan sebagai bahan referensi belajar agar ilmu pengetahuan dan wawasan kita terhadap bidang perekonomian dunia semakin luas. Apabila terdapat kalimat atau penjelasan yang kurang tepat, mohon dimaklumi. Terimakasih.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *