Fanesh Penikmat senja dan pelajar smk jurusan rekayasa perangkan lunak, yang gemar menulis.

Web Browser: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Manfaat

5 min read

pengertian web browser

Di zaman yang serba digital ini rasanya tidak seru bahkan merasa seperti tidak punya nyawa jika tidak terhubung dengan internet. Layaknya nyawa nomor dua, internet itu juga luas loh.

Bahkan dengan internet dapat memberi banyak info dan manfaat, yaitu dengan hanya browsing, download dan masih banyak lagi. Dan kalian juga harus pandai – pandai menggali ilmu agar tidak terjerumus ke dalam hal negatif dari berbagai media.

Web Browser juga bermacam – macam dan tidak asing ditelinga kita seperti Chrome, Mozila Firefox, Opera Mini, Internet Explorer dan masih banyak lagi. Dari Web Browser tersebut mempunyai ciri khas masing – masing dan mempunyai karakteristik unik dari desain, kecepatan yang disajikan, sampai fitur – fiturnya.

 

Pengertian Web Browser

Web Browser adalah software untuk mencari, menjelajahi dan mengambil informasi yang kita inginkan yang terdapat dari berbagai sumber situs dari internet.

Web browser juga dapat menerjemahkan halaman situs web yang dikirip dalam bentuk HTTP/HTTPS (Hypertext Transfer Protocol/Secure) atau dalam bentuk FTP (File Transfer Protokol) untuk dapat di tampilkan dalam bentuk user interface yang mudah di gunakan.

 

 

Fungsi Web Browser

fungsi web browser

Seseorang sering kali menggunakan Web Browser untuk melakukan setiap akifitasnya dan untuk mempercepat pekerjaan. Ada pula fungsi Web Browser yang diantarnya sebagai berikut :

 

1. Untuk Menampilkan Atau Membuka Halaman Web

Pada fungsi ini setiap orang yang mengakses halaman web dapat diarahkan langsung ke halaman web yang di ingikan dengan cara menulis keterangan , contoh “Cara membuat kue dengan mudah”. Dan langsung akan menampilkan halaman web yang sangat banyak.

 

2. Mendukung Penyimpan Data Secara Online

Fungsi ini sangat membantu kalian, jika ingin mempunyai data namun ingin dilihat secara offline, yaitu dengan cara mendownload data tersebut. Tidak hanya data saja namun juga bisa berupa video, musik, dokumen, sampai file – file yang berukuran besar dan langsung tersimpan ke dalam komputer anda.

Atau dapat upload ke penyedia penyimpanan data online yang ada di internet, contohnya google drive, onedrive, dropbox dan lainya.

Baca Juga: Penyedia Layanan Penyimpanan Online.

 

3. Memastikan Keamanan Terhadap Website

Karena pada bagian ini sering sekali kita mengeklik website yang kita inginkan malah bisa diarahkan ke konten – konten yang kurang wajar bahkan bisa mendownload virus – virus kepada komputer kita dan mengakibatkan kerusakan software.

Maka dari itu website sendiri mempunyai sistem keamanan dengan cara verifikasi untuk menjaga dari robot atau bot, semacam mesin penggerak untuk merusak sistem pada komputer kita.

 

4. Mendukung Mesin Pencarian

Ada berbagai macam search engine atau mesin pencarian, berguna untuk membantu kalian dalam mencari apa yang dibutuhkan. Layaknya daftar buku pada perpustakaan, yang dapat membantu kalian menemukan buku yang di butuhkan. Dengan adanya browser dan sudah terpasang juga tool search engine secara default.

 

5. Komunikasi Dengan Orang Lain

Dengan adanya browser dapat membantu kalian dalam berkomunikasi dengan orang lain melalui internet, contohnya ketika kita chatting dengan pengguna facebook, whatsapp, telegram dan lainya lewat browser.

Maka akan sangat membantu sekali dan memudahkan komunikasi serta bisa bertukar video atau gambar jika diperlukan.

 

6. Mengumpulkan Data dan Mengubahnya

Umumnya website terdri dari berbagai macam kode, gambar, teks, video dan lainya. Maka browser akan mengumpulkan dan mengubahnya menjadi halaman yang bisa di baca dan di pahami oleh manusia.

 

 

Cara Kerja Web Browser

Penjelasan cara kerja web browser sendiri dengan kita mengunduh aplikasi Web Browser yang tersedia dari berbagai sumber dan kalian bisa mengaksesnya melalui gadget, laptop dan komputer.

Setelah mengunduh Web Browser maka perlu diinstal dan juga sudah terinstal maka kalian hanya menuliskan halaman web yang kalian inginkan, jika sudah maka akan muncul berbagai macam halaman web yang kalian tuliskan tadi.

Beranekaragam web yang ada di dunia ini maka kalian juga akan mendapatkan informasi secara efisien dan mudah.

 

 

Contoh Web Browser

Setelah kita mempelajari cara kerjanya dan penjelasan lainya. Maka kita perlu juga mengetahui contoh web browser dan fitur-fiturnya.

 

1. Google Chrome

Web Browser ini tidak asing di telinga kita karena 60% orang di dunia sudah menggunakan Web Browser ini sendiri. Google Chrome juga menggunakan fitur yang mudah dipahami dan paling sering digunakan. Google Chrome sendiri adalah perusahaan internet terbesar di dunia. Google Chrome juga didukung oleh CSS 2.2, HTML 5, Javascript, mode private dan multi tab.

 

2. Opera Mini

Selain Google Chrome, banyak juga orang yang menggunakan Web Browser ini karena lebih lancar dalam mengakses dunia maya. Ada juga kelebihan dari Opera Mini, yaitu dapat beroperasi lebih cepat 72% dari Google Chrome, juga lebih cepat 64% dari UC Browser. Maka tak jarang orang menggunakan Opera Mini karena penggunaan datanya 90% lebih hemat dan sangat efisien.

 

3. Safari

Jika kalian pengguna Apple maka tidak asing juga dengan Web Browser yang satu ini. Apple inc sebagai perusahaan terbesar Android juga mengeluarkan Web Browser yang satu ini khusus untuk produk mereka yang berbasis iOS dan Mac Os.

Selain cukup populer, Safari juga memiliki keunggulan bila kalian menggunakan Web Browser ini, karena didukung dengan kehadiran Nitro Engine pada sistem Safari versi terbaru menjadikan Web Browser ini lebih cepat dalam mengolah data dan pengelolaan aplikasi Java yang terdapat pada suatu halaman web juga lebih cepat.

 

4. Mozila Firefox

Siapa yang tidak tahu dengan Web Browser yang satu ini, karena Mozila Firefox menempati urutan kedua sebagai Web Browser paling sering dikunjungi. Sifatnya juga terbuka karena memiliki fitur add on yang sangat bervariasi dimana para pengembang dari seluruh dunia juga turut mengembangkannya.

Mozila Firefox juga memiliki size yang terkecil hanya 4,7 Mb (installer), maka tak jarang dari seluruh dunia lebih mengunduh Web Browser ini.

 

5. Internet Explorer

Web Browser ini sangat melekat dengan Microsoft, karena setiap anda membeli Laptop atau Komputer berbasis Windows maka akan melihat Web Browser yang satu ini.

Meski sejak 2015 resmi berhenti beroperasi tapi faktanya banyak orang yang menggunakan Web Browser ini walaupun tak ada pembaharuan  frameworks terbaru, namun Internet Explorer masih normal dan aman dipakai.

 

 

Manfaat Web Browser

Jika kalian perhatikan Web Browser sangat melekat dengan era digital ini. Terlebih dunia ini terus berkembang dan lebih mudah untuk mencari informasi secara efisien dan mudah. Berikut beberapa manfaat dari Web Browser :

  1. Web Browser membantu kita untuk mengakses informasi yang bermanfaat mengenai pendidikan bahkan non pendidikan sekalipun. Karena pada dasarnya belajar itu tidak hanya dibuku melaikan di Internet juga bisa.
  2. Web Browser dapat membantu kita untuk mengakses informasi dari sebuah media yang berupa foto, video, blog sampai situs – situs yang tersedia di Web Browser.
  3. Web Browser juga bisa digunakan untuk mengakses media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest dan masih banyak lagi.
  4. Web Browser dapat juga untuk mengunduh file – file penting untuk kita sediakan dikala offline bahkan online sekalipun. Karena pada dasarnya Web Browser menyediakan fitur untuk mengunduh.
  5. Web Browser memiliki sistem verifikasi yang aman bila kalian memasukan sebuah email maupun hal – hal penting lainya.

 

Kurang lebih seperti itu penjelasa yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat artikel tentang pengertian web browser, fungsi dan cara kerjanya. Jika dirasa bermanfaat bisa share dan terimakasih telah berkunjung.

Fanesh Penikmat senja dan pelajar smk jurusan rekayasa perangkan lunak, yang gemar menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight