Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan teks laporan hasil observasi kan? Nah, khusus pada artikel kali ini pinternesia akan membahas tentang contoh teks laporan hasil observasi hewan.

Jika kalian belum tahu apa itu teks observasi, sebaiknya baca dulu tentang teks observasi di website pintarnesia. Supaya lebih memahami apa itu teks lho baik pada tumbuhan atau hewan.

  1. Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
    1. 1. Pernyataan Umum
    2. 2. Deskripsi Bagian
    3. 3. Deskripsi Manfaat
    4. 4. Simpulan
  2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan
    1. 1. Contoh Teks LHO Kucing
    2. 2. Contoh Teks LHO Kupu-Kupu
    3. 3. Contoh Teks LHO Kuda
    4. 4. Contoh Teks LHO Kelinci
    5. 5. Contoh Teks LHO Kambing
    6. 6. Contoh Teks LHO Ayam
    7. 7. Contoh Teks LHO Sapi
    8. 8. Contoh Teks LHO Burung Merpati
    9. 9. Contoh Teks LHO Buaya
    10. 10. Contoh Teks LHO Ikan

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Mari kita ingat sedikit tentang struktur penyusun Teks Laporan Hasil Observasi (LHO), yaitu terbagi menjadi tiga kelompok.

1. Pernyataan Umum

berisi keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum ini berisi informasi yang umum seperti nama, asal usul, kelas, informasi mengenai hal yang dilaporkan).

2. Deskripsi Bagian

Berisi rincian hal-hal yang dilaporkan. Apabila bintang maka bisa berupa ciri fisiknya, habitat, makanan, perilaku, dan sebagainya. Sedangkan tumbuhan bisa berupa ciri fisik seperti buah, akar, bunga, atau bagian tumbuhan yang lain.

Kadang di bagian ini juga dijelaskan manfaat dan nutrisinya. Jika yang dilaporkan adalah sebuah objek, maka bagian ini berisi klasifikasi objek tersebut dari berbagai segi dan juga deskripsi manfaat objek tersebut dan sifat-sifat khususnya.

3. Deskripsi Manfaat

Pada bagian struktur ini, pembangun teks laporan hasil observasi ini mengenai manfaat atau kegunaan objek yang telah di observasi.

4. Simpulan

Pada bagian ini berisi ringkasan umum hal yang telah dilaporkan. Bisa berisi ringkasan dan kesimpulan yang diperoleh.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

Berikut adalah contoh teks observasi hewan sehingga kalian bisa memilih contoh mana yang paling kalian sukai. Langsung saja berikut adalah contoh teks hasil observasi hewan.

1. Contoh Teks LHO Kucing

Contoh Laporan Hasil Observasi Kucing

Pernyataan umum:

Kucing merupakan hewan mamalia yang berasal dari keluarga felidae. Kucing ini termasuk golongan karnivora, yaitu hewan yang memakan daging.

Kucing dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu kucing besar dan kucing rumahan. Kucing besar contohnya adalah singa, harimau, cheetah, dan sebagainya.

Sedangkan yang termasuk kucing rumahan adalah kucing amrican wirehair, sokoke,  dan sebagainya.

Aspek yang dlaporkan:

Kucing rumahan dapat mencapai berat sampai dengan 16 kg, dengan panjang 60 cm, dan tinggi 45 cm. Kucing jenis ini juga memiliki taring yang tajam dan cakar yang dapat ditarik dan dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan. Penglihatan kucing sangatlah tajam.

Kucing rumahan termasuk hewan yang penyendiri dimana mereka masing-masing memiliki daerahnya sendiri. Jika ada kucing asing yang masuk ke daerahnya biasanya akan terjadi perkelahian singkat.

Kucing yang tengah berkelahi biasanya akan menegakkan rambut bulu reka dan melengkungkan tubuhnya supaya terlihat lebih besar.

Serangan kucing biasanya berupa gigitan, cakaran, dan tamparan. Jantan yang aktif umumnya akan sering terlibat dalam sebuah perkelahian.

Kucing peliharaan biasanya tidak berbahaya untuk manusia karena tubuhnya yang kecil. Namun tidak menutup kemungkinan kucing ini dapat menularkan penyakit yang berbahaya.

Penyakit yang bisa ditularkan diantaranya adalah rabies karena gigitan kucing dan gangguan pernapasan karena bulu kucing tersebut.

2. Contoh Teks LHO Kupu-Kupu

Contoh teks Laporan Observasi Kupu-Kupu

Pernyataan umum:

Kupu-kupu merupakan hewan yang termasuk kedalam kingdomg Animalia, tepatnya masuk dalam filmu Arthropoda. Arthropoda merupakan filum yang anggotanya adalah hewan yang kakinya berbuku-buku atau beruas-ruas.

Kupu-kupu adalah hewan yang cukup beruntung karena masuk dalam jenis filum yang merupakan sebuah filum terbesar dalam jumlah ataupun daerah distribusinya.

Arthropoda dapat dikelompokan menjadi 4 jenis, yaitu Arachnida, Insecta, Myrrapoda dan Crustacea. Kupu-kupu ini termasuk dalam kelas Insecta.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Kupu-kupu adalah hewan insecta yang memiliki sayap. Sayap kupu-kupu terkenal dengan keindahannya dengan berbagai motif yang sangat beragam. Sayap kupu-kupu termasuk dalam jenis sayap yang bersisik.

Tidak sedikit orang yang kagum dengan keunikan sayap yang dimiliki oleh kupu-kupu, karena itulah ada banyak orang yang juga mengawetkan kupu-kupu ini dengan tujuan koleksi semata.

Sayap kupu-kupu juga dapat membantu kita dalam membedakan jenis-jenis kupu-kupu yang ada.

Dalam perkembangan kupu-kupu menuju dewasa, Pterygota akan mengalami proses metamorfosis. Metamorfosis yang terjadi pada pterygota dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Holometabola dan Hemimetabola.

Hemimetabola adalah serangga yang mengalami metamorfosis yang tidak sempurna. Sedangkan Holometabola adalah serangga yang mengalami metamorfosis sempurna.

Kupu-kupu termasuk dalam kategori Holometabola karena mereka mengalami metamorfosis sempurna. Dimulai dari ulat kemudian berubah menjadi kupu-kupu dengan tahapan berikut: telur, ulat (larva), pupa, imago.

Kupu-kupu juga berperan penting dalam ekosistem yang mana kupu-kupu ini membantu tumbuhan dalam melakukan penyerbukan. Bukan cuma itu saja bahkan kupu-kupu Bomix Mori juga dapat menghasilkan benang sutra.

3. Contoh Teks LHO Kuda

Contoh Teks LHO Kuda

Pernyataan umum:

Kuda adalah salah satu jenis mamalia yang sudah banyak menolong manusia dalam melakukan pekerjaan selama ribuan tahun ini.

Tenaga yang dimiliki kuda ini banyak dimanfaatkan manusia untuk mengangkat barang dan bepergian jauh. Bahkan sekarang ini banyak olahraga yang melibatkan kuda dalam pelaksanaannya, contohnya adalah pacuan kuda.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Kuda adalah 1 dari 10 spesies mamalia modern dari genus equus.

Kuda juga merupakan hewan peliharaan yang penting baik itu secara historis maupun ekonomis, dan sudah memegang peranan yang sangat penting dalam pengangkutan orang maupun barang selama ribuan tahun.

Kuda dapat dinaiki oleh manusia dengan memakai sadel, selain itu juga dapat digunakan untuk menarik sesuatu seperti kendaraan yang beroda atau bisa juga untuk membajak.

Di beberapa daerah, kuda dipakai digunakan sebagai sumber makanan. Meskipun peternakan kuda sudah ada sejak 4500 SM, namun bukti-bukti penggunaan kuda untuk kepentingan manusia baru ditemukan 2000 SM.

Kuda-kuda ringan seperti Quarter Hoise, Morgan, Paint, Arab, dan Thoroughbread beratnya dapat mencapai 590 kg.

Sedangkan kuda yang berat atau kuda beban, contohnya seperti Percheron, Draft,Shire, dan Clydesdale beratnya bisa mencapai 907 kg.

Baca Juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi.

4. Contoh Teks LHO Kelinci

contoh teks lho kelinci

Pernyataan umum:

Kelinci adalah hewan mamalia yang berasal dari famili Leporidae yang dapat ditemukan di berbagai tempat di dunia.

Dulu kelinci ini merupakan hewan liar yang hidupnya di Afrika sampai darat Eropa. Dalam perkembangannya kelinci ini diklasifikasikan kedalam ordo Lagomorpha.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Ordo ini dibagi menjadi dua 2 keluarga, yaitu Leporidae (termasuk dalam jenis kelinci dan terwelu) dan Ochtonidae (termasuk dalam jenis pika yang pintar bersiul).

Secara umum, kelinci dapat dibagi menjadi dua yaitu kelinci peliharaan dan kelinci bebas. Kelinci bebas diantaranya adalah kelinci liar / oryctolagus cuniculus dan terwelu / lepus curpaeums.

Jika dilihat dari jenis bulunya kelinci terdiri dari kelinci dengan bulu yang pendek dan kelinci dengan bulu panjang dengan warna yang kekuningan.

Pada saat musim dingin tiba, warna kekuningan akan berubah menjadi kelabu.

Berdasarkan rasnya, kelinci dibagi menjadi beberapa jenis yaitu Himalayan, English Spot, Lyon, Anggora, American Chinchilla, Dutch dan sebagainya.

Khusus untuk ras Lyon sebenarnya hasil dari persilangan antara ras Angora dengan jenis ras lainnya.

Namun di kalangan peternak kelinci hias, hasil dari persilangan itu disebut dengan Lyon atau Angora jadi-jadian.

Kelinci ini memiliki banyak sekali kegunaan mulai dari dagingnya yang lezat dan empuk. Selain empuk dan rendah kolesterol, menurut para ahli dagingnya juga dapat dijadikan obat dan dimasak dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah sate kelinci.

Daging kelinci ini diyakini dapat digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan atau meringankan penyakit liver, asma, asam urat, dan infeksi tenggorokan.

Selain itu daging kelinci juga mengandung sebuah zat yang disebut kitotefini. Senyawa ini jika digabungkan dengan senyawa lain seperti lemak omega 3 dan 9 dikatakan bisa menyembuhkan asma.

5. Contoh Teks LHO Kambing

Contoh Teks LHO Kambing

Pernyataan umum:

Kambing adalah seekor binatang pemamah yang baik dengan ukuran sedang. Kambing ternak adalah sub spesies dari kambing liar yang tersebar di Asia Barat Daya dan Eropa. Kambing jantan dan betina mempunyai dua tanduk, ukuran tanduk kambing jantang lebih besar dibanding betina.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Biasanya kambing mempunyai janggut, ekor yang agak keras, dahi yang cembung, dan kebanyakan rambutnya kasar lurus.

Panjang tubuh dari kambing liar (tidak termasuk ekor) bisa mencapai 1,4 meter, sedangkan ekornya bisa mencapai 15 cm. Bobot dari kambing betina adalah 55-55 kg, sedangkan untuk kambing jantan dapat mencapai 120 kg.

Kambing liar ini tersebar mulai dari Spanyol ke arah timur sampai di India, kemudian dari India ke utara sampai di Siberia dan Mongolia. Habitat yang disukai kambing ini adalah pegunungan yang berbatu.

Kambing sudah mulai dibudidayakan sejak 8000-9000 tahun yang lalu. Di habitat aslinya, kambing berkelompok dengan 5 – 20 ekor. Dalam pencarian makannya, kelompok kambing akan dipimpin oleh betina yang paling tua.

Sedangkan kambing jantang di sini berperan untuk menjaga keamanan dari kawanannya. Waktu aktif dalam mencari makan adalah siang dan malam hari. Makanan utama kambing adalah dedaunan dan rumput-rumputan.

6. Contoh Teks LHO Ayam

contoh

Pernyataan umum:

Ayam merupakan jenis hewan unggas yang biasanya dipelihara oleh orang-orang untuk dijadikan hewan ternak dan diambil daging serta telurnya untuk lauk sehari-hari. Jenis ayam dibagi menjadi dua jenis yaitu ayam petelur dan ayam pedaging.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Ayam mempunyai jalu di kakinya, jengger, dan bulu yang warnanya bervariasi. Ada yang berwarna cokelat, hitam kemerahan, hitam, dan sebagainya. Ayam ini mempunyai kaki dengan tiga jari dan satu jari berada di belakang. Ayam biasanya berkokok di pagi dan sore hari.

Daging ayam memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Selan itu telur ayam juga berguna untuk kalian yang sedang ingin diet.

7. Contoh Teks LHO Sapi

Contoh Teks LHO Sapi

Pernyataan umum:

Sapi adalah hewan ternak yang menghasilkan susu dan bisa diambil dagingnya, sapi mempunyai tanduk, berkuku gelap, berbulu tipis, bertubuh besar, berkaki empat, dan merupakan hewan mamalia dan herbivora yang memiliki kelenjar susu.

Berdasarkan ada atau tidaknya kelenjar susu sapi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sapi potong dan sapi perah.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk diambil susunya, sapi perah yang dapat dipelihara adalah sapi perah peranakan. Sapi peranakan ini bisa menghasilkan sampai dengan 25 liter/hari susu namun normalnya antara 12-20 liter per harinya.

Sapi perankan mempunyai bulu yang berwarna putih dan belang hitam serta ada segitiga putih di bagian kepalanya.

Sedangkan sapi potong adalah sapi yang dipelihara untuk diambil dagingnya. Ciri-ciri sapi potong adalah bertubuh besar, bentuknya balok atau segi empat, laju pertumbuhan cepat, kualitas daging bagus, tidak terserang penyakit.

Sapi mempunyai banyak sekali kegunaan, mulai dari susunya yang dapat dijual atau diolah menjadi minuman / makanan dengan protein kalsium yang bagus untuk manusia. Daging sapi juga bisa digunakan untuk makanan yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

8. Contoh Teks LHO Burung Merpati

Contoh Teks LHO Burung Merpati

Pernyataan umum:

Burung merpati atau burung dara adalah salah satu hewan yang hidup di berbagai belahan dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika. Burung merpati hidup berdampingan dengan manusia sebagai hewan peliharaan.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Burung merpati termasuk burung berukuran sedang. Ukuran panjang burung ini antara 20 cm hingga 30 cm dan berat antara 700 gram hingga 900 gram. Merpati adalah burung berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh ramping pendek.

Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain coklat, putih, hitam, atau perpaduan dari beberapa warna tersebut. Makanan burung ini adalah biji-bijian seperti, jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya. Merpati merupakan binatang pemakan biji-bijian.

Burung merpati biasanya tinggal di dalam sarang berbetuk balok dengan lubang persegi sebagai pintunya. Pada habitat alamnya merpati membangun sangkarnya dari ranting dan sisa-sisa lainnya, yang ditempatkan di pepohonan, birai, atau tanah, tergantung spesiesnya. Sarang burung merpati sering di sebut pagupon. Pagupon biasanya ditempel di dinding rumah pemilik burung merpati.

Deskripsi Manfaat

Burung merpati dapat digunakan dalam perlombaan atau kontes kecantikan burung merpati. Perlombaan merpati yang sering dijumpai adalah belapan. Balapan biasanya dilakukan untuk dengan cara menerbangkan dari jarak jauh secara bersamaan. Merpati yang sampai terlebih dahulu di tempat perlombaan sebagai pemenang.

Merpati sering diapakai sebagai lambang perdamaian oleh manusia dan sering digambarkan sedang memegang daun zaitun, menurut catatan dahulu merpati pernah dipakai untuk mengirim surat dengan mengikatkan surat di kakinya.

Populasi burung merpati di Indonesia sangatlah besar, namun kebanyakan burung merpati di Indonesia adalah peliharaan. Keberadaan burung merpati liar sangatlah sedikit, mungkin hal ini karena berkurangnya habitat merpati karena pesatnya pembangunan.

9. Contoh Teks LHO Buaya

Contoh Teks LHO Buaya

Pernyataan umum:

Buaya adalah hewan pemakan daging (karnivora).Dan banyak jenis-jenis buaya yaitu , buaya Kalimantan, buaya siam, buaya irian, buaya sahul, buaya muara, dan buaya senyulong.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Buaya kalimantan adalah buaya yang mirip dengan buaya muara. Lantaran itu, buaya kalimantan ini statusnya masih menjadi perdebatan para ahli. Dan buaya ini hanya bisa di temukan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Buaya Siam adalah buaya yang relatip kecil ukurannya dengan panjangnya maksimal empat meter dan panjang umumnya dua sampai tiga meter. Dan buaya siam ini dapat di jumpai di Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja. Dan di indonesia buaya ini hanya terdapat di daerah jawa dan kalimantan.

Deskripsi Manfaat

Manfaat Hewan karnivora ini adalah untuk menambah ekosistem dan untuk menambah koleksi hewan, dan juga kulit nya bisa digunakan untuk membuat tas, jaket,dompet, dan sepatu.

10. Contoh Teks LHO Ikan

Contoh Teks LHO Ikan

Pernyataan umum:

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (beradarah dingin) yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia secara taksonomi.

Ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan, biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang, ikan bertulang rawan, ikan bertulang keras.

Sampai saat ini, ikan pada umumnya dikonsumsi langsung. Ikan dapat diolah menjadi ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplang, baso ikan dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman dan pakan ikan.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Berikut adalah unit-unit yang mencakup semua vertebrata yang bisa disebut sebagai ikan.

  • Kelas Theladonti
  • Kelas Anaspida
  • Clephalaspidormorphi
  • Hyperoartia
  • Petromyzontidae
  • Kelas Galeaspida
  • Kelas Osteostraci

Deskripsi Manfaat

Kandungan ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Contoh Teks LHO Tumbuhan.

Jika ada kesalahan dan penjelasan yang kurang tepat tentang contoh teks laporan hasil observasi hewan di atas mohon koreksi di komentar. Terima kasih, semoga contoh dan penjelasan di atas bermanfaat bagi kalian.