10+ Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat: Terbaru 2020

By

contoh kata pengantar makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah – Dalam membuat sebuah karya ilmiah tentunya kamu diharuskan untuk menulis karya tersebut dengan urutan yang terperinci dan berisikan pula halaman kata pengantar, daftar isi, isi, dan terakhir yaitu penutup.

Serta semua karya ilmiah diharuskan agar memiliki halaman kata pengantar, yang  memiliki isi berupa ucapan-ucapan dari sang penulis atas keberhasilannya yang telah menyelesaikan tesis, skripsi bahkan makalah penelitian.

Di dalam sebuah karya tulis adanya kata pengantar sangatlah penting, hal itu dikarenakan kata pengantar dalam karya tulis berguna untuk memberikan penghormatan kepada para pembaca dari karya tersebut.

Dalam membuat kata pengantar harus menggunakan kalimat yang efektif, yang bertujuan untuk supaya pembaca dapat lebih mudah memahami isi dari kata pengantar.

 

Pengertian Makalah

Makalah adalah karya tulis yang memiliki kandungan dari pemikiran berdasarkan suatu topik atau au masalah tertentu yang ditulis dengan cara sistematis dan selaras dengan disertai adanya analisis yang logis dan juga objektif.

Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang memiliki sifat atau au ciri ilmiah yang objektif, yang berdasarkan fakta, secara sistematis, dan tidak memihak serta logis. Makalah itu ditulis untuk dapat disajikan di dalam forum ilmiah atau tugas yang terstruktur.

 

 

Manfaat Makalah

Makalah tentunya dibuat karena memiliki tujuan tertentu dan memiliki manfaat antara lain sebagai berikut.

 

1. Belajar Memahami Masalah dan Mencari Solusi

Pada saat sedang menulis makalah,  tentunya kamu dituntut untuk dapat menjelaskan topik permasalahan yang diangkat dalam makalah tersebut.

Penjelasan tersebut haruslah disusun secara runtut dan juga logis sehingga para pembaca lebih mudah memahami masalah apa yang sedang kamu angkat. Kemudian setelah itu, pada saat menulis makalah, kamu harus memecahkan topik permasalahan tersebut.

Urutan pemecahan masalah itu pastinya melatih kamu untuk dapat mencari solusi si dari suatu permasalahan tersebut.

Juga bisa nganterin dampaknya dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kamu dihadapkan pada suatu persoalan.

Isinya kamu dapat menemukan pokok permasalahannya dan dapat mencari solusi untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah stres untuk dapat menghadapi suatu masalah dan mampu menghadapinya.

 

2. Menerapkan Ilmu yang Telah Dipelajari

Selama bersekolah tentunya kamu mendapatkan banyak ilmu dari guru. Akan tetapi terkadang kamu bingung untuk dapat menerapkan ilmu tersebut. solusinya dengan penulis makalah Agama dapat berlatih untuk bisa menerapkan ilmu yang kamu miliki selama ini dalam bentuk tulisan.

Kamu dapat menerapkan beberapa teori yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata. Selain itu, kamu juga dapat melihat sendiri bagaimana penerapan teori itu sesuai atau tidak terhadap suatu permasalahan yang ada.

Dengan melihat sendiri penerapan dari ilmu tersebut, apakah kamu akan lebih mudah untuk dapat memahami dan tidak akan lupa akan ilmu yang telah kamu dapatkan dari guru di sekolah.

Dan yang pasti pada saat ujian nasional berlangsung kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan mudah.

 

3. Belajar Untuk Berpikir Sistematis

Makalah harus ditulis dengan cara yang sistematis dengan menggunakan alur logika. Selain itu, tiap bagian dari makalah tersebut haruslah memiliki kesinambungan satu dengan yang lainnya.

Dengan menulis makalah, tentunya dapat membuat kamu belajar untuk bisa menata pemikiran dan memilah hal apa saja yang harus ditulis dan tidak.

Melakukan hal tersebut tentunya memiliki dampak pada cara berpikir kamu. Kata pengantar terbiasa menulis makalah maka akan membuat kamu dapat lebih berpikir secara sistematis, logis dan juga terstruktur.

Dari ketiga hal tersebut mungkin kiranya sulit untuk dilakukan oleh mereka yang tidak terbiasa menulis makalah atau karya ilmiah.

Manfaat dari map untuk berpikir secara sistematis adalah dapat mempelajari hal-hal yang baru dan ilmu yang biasanya dianggap sulit. Kamu akan lebih mudah untuk menerapkan apa saja yang kamu baca dan menuangkan dalam karya tulis.

Baca Juga : Pengertian Makalah.

 

4. Mengasah Kemampuan Dalam Menulis

Manfaat yang paling dapat kamu rasakan dengan terbiasa menulis Makalah adalah bisa mengasah kemampuan menulis kamu. Karena, untuk dapat menulis sebuah makalah kamu diharuskan untuk mengendapkan berbagai ilmu pengetahuan yang kamu miliki atas sebuah topik permasalahan.

Kemudian setelah itu, barulah kamu mulai proses menulis yang bagi orang awam sulit untuk dapat dilakukan. Apabila kamu telah terbiasa menulis makalah, maka kamu akan mudah untuk dapat merangkai kata dan menyusunnya secara sistematis dan logis.

Pada saat kamu mendapat tugas menulis lainnya, seperti menulis artikel, essay dan lain sebagainya. Kamu akan lebih mudah untuk dapat mengerjakannya.

Hal itu disebabkan karena untuk kamu telah terbiasa untuk memproses sumber informasi dan menterjemahkannya dalam kata kata dan kalimat. Dengan begitu, kamu kan lebih mudah menulis berbagai macam hal.

Adapun, menulis makalah kamu juga akan membuat pembendaharaan kata mu menjadi semakin banyak. Hal itu dapat, dikerjakan karena kamu sering membaca buku dan sumber referensi yang lainnya Pada saat menyusun sebuah makalah.

Perbendaharaan kata yang banyak akan semakin memudahkan kamu dalam menulis berbagai macam bentuk tulisan dan membuat tulisan kamu lebih hidup.

 

5. Semakin Semakin Banyak Tahu

Menyusun makalah bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu kamu harus banyak membaca buku referensi, membacakan topik permasalahan, menyelaraskan analisis, dan lain sebagainya. berbagai proses permintaan membuat kamu menjadi orang yang banyak tahu.

Kamu jadi banyak tahu kamu juga kan peka terhadap perkembangan informasi yang ada di sekitar kamu. Hal tersebut karena dalam pembuatan makalah ada kalanya kamu harus membaca referensi yang bidang yang berhubungan dengan konflik permasalahan. Jadi kamu akan menjadi pribadi yang tau terhadap informasi.

 

6. Menjadi Lebih Kritis Memasukan Usaha Melihat Suatu Benda

Untuk dapat menyelesaikan permasalahan dalam suatu makalah, penulis atau kelompok yang dibuatnya harus berpikir secara kritis. Kredit dapat menemukan topik permasalahan yang harus dilakukan dalam beberapa perspektif.

Kamu tidak bisa menyelesaikan tapi tersebut hanya dari satu perspektif saja. Melakukan hal tersebut sebagaimana kandungan makalah tidak ada gunanya.

Terbiasa dalam melakukan hal tersebut kamu menjadi orang yang berpikir kritis. Kamu akan mudah untuk melihat suatu persoalan dalam banyak perspektif. Kemampuan itu akan membantu dalam hal pelajaran di kelas.

Untuk dapat menyelesaikan soal-soal pada saat ujian, melatih diri kamu untuk dapat bisa mengembangkan diri, dan mengerjakan sesuatu hal dengan lebih cepat dan lain sebagainya.

 

 

Jenis Jenis Makalah

Berikut ini adalah jenis – jenis makalah, antara lain.

  1. Makalah Deduktif, adalah makalah yang ditulis berdasarkan kajian yang teoritis (pustaka yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas)
  2. Makalah Induktif, buatlah makalah yang disusun berdasarkan data empiris, hal tersebut didapatkan dari lapangan yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.
  3. Makalah Campuran, YouTube makalah yang ditulis berdasarkan dari kajian teoritis yang digabung dengan menggunakan data empiris yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.

Baca Juga : Contoh Teks Ulasan.

 

 

Ciri Ciri Makalah

Berikut ini yang terdapat pula ciri-ciri dari makalah, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Memperlihatkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari beragam suku yang telah digunakan.
  • jelaskan kemampuan untuk dapat memberikan informasi pada suatu kesatuan sintesis yang lengkap.
  • Animasi pemahaman mahasiswa tentang masalah yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prinsip, teori, atau prosedur yang berkaitan dengan bidang perkuliahan.

 

 

Struktur Penulisan Makalah

Setelah kamu mengetahui pengertian makalah, ciri-ciri makalah, jenis-jenis makalah. Dan yang paling penting dalam pembuatan makalah yaitu struktur penulisan makalah. Tahapan atau pembuatan makalah antara lain adalah:

 

1. Gambar atau Bagian Sampul Makalah: Terdiri dari judul, logo, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota dan tahun hal tersebut dibuat.

2. Kata Pengantar: diawali dari kalimat pujian kepada Allah SWT, ucapan terima kasih, dan biasanya terdapat pula harapan dari penulis, teks kritik.

3. Daftar Isi: Berisi poin-poin yang terdapat dalam makalah beserta nomor halaman

4. BAB I Pendahuluan: secara umum membuat mengenai gambaran umum tentang makalah, masalah yang akan dibahas, latar belakang. Struktur di bawah ini antara lain yaitu:

  • Latar Belakang: Menggunakan kaidah segitiga artinya yaitu pembahasan umum pembahasan khusus.
  • Rumusan Masalah: Berisi rumusan apa Yang kamu bahas dalam makalah.
  • Maksud Maksud dan Tujuan: Berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.

5. BAB II Pembahasan: permasalahan akan dibahas secara tuntas. Bagian ini adalah bagian yg paling penting dalam makalah. Harus dipaparkan berdasarkan fakta untuk dapat memperkuat tulisan, kata kajian referensi dari berbagai penulis untuk mendukung gagasan yang diangkat.

6. BAB III Penutup: Berisi kesimpulan yang berasal dari pembahasan.

7. Daftar Pustaka: berisi daftar referensi rujukan yang diambil. Dapat berubah buku, jurnal skripsi data dari internet dan sebagainya. kamu harus memperhatikan kaidah dan juga aturan dalam penulisan daftar pustaka.

8. Lampiran: Dalam penulisan makalah lampiran tidak diharuskan ada.

Baca Juga : Contoh Teks Laporan Hasil Observasi.

 

 

Kriteria Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Beberapa hal yang cantik dalam pembuatan kata pengantar yang baik dan benar sebuah karya tulis ilmiah atau makalah antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Penjelasan adanya tugas tentang penulisan karya ilmiah.
  3. Penjelasan mengenai tugas apa yang dikerjakan di dalamnya.
  4. Penjelasan terhadap pelaksanaan penulisan karya ilmiah.
  5. Penjelasan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari seseorang, sekelompok orang, atau organisasi.
  6. mengucapkan rasa terima kasih kepada seseorang yang telah memberikan dukungan serta bantuan dalam mengerjakan suatu karya tulis ilmiah tersebut dan makalah tersebut.
  7. Ucapan terima kasih kepada seseorang, atau lembaga yang membantu dalam pembuatan karya tulis ilmiah.
  8. Penyebutan nama kota, tanggal bulan tahun dan nama lengkap dari penulis, tanpa ditambah tanda tangan.
  9. Harapan penulis terhadap karya ilmiah.
  10. Manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan juga saran yang diberikan.

 

 

Contoh Kata Pengantar Makalah

Supaya kamu dapat lebih memahami kata pengantar dalam makalah, maka kali ini akan di berikan pula contoh kata pengantar dalam makalah yang antara lain adalah sebagai berikut.

 

1. Contoh Kata Pengantar Makalah “Pengenalan Internet”

Kata Pengantar

Saya berikan kepada Allah Subhanahu ta’ala yang telah memberikan banyak nikmat dan hidayahnya sehingga saya sendiri dapat menyelesaikan makalah yang memiliki judul “Pengenalan Internet Secara Efektif Kepada Masyarakat Desa” dengan benar tanpa ada halangan yang berarti sedikit pun.

Makalah ini telah saya selesaikan dengan maksimal, berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Dan, Oleh karena itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mampu berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.

Makalah ini telah saya selesaikan dengan maksimal, berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Dan Oleh karena itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mampu berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.

Dan, dengan cara ini saya berharap bisa membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melewati pembangunan internet di desa-desa kecil.
Tuliskanlah yang dapat saya sampaikan semoga Makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan serta Memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Banjarnegara, 17 Desember 2019

 

Penulis

 

2. Contoh Kata Pengantar Makalah “Cara Membuat Kata Pengantar”

Kata Pengantar

Segala puja dan puji hanya bagi Allah subhanahu wa ta’ala yang maha pengasih lagi maha penyayang. Karena limpahan karunia serta nikmatnya saya dapat menyelesaikan makalah yang memiliki judul “Cara Membuat Kata Pengantar yang Benar” dengan tanpa halangan suatu apapun. Penyusunan masalah ini dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran bahasa Indonesia.

Pada saat proses penyusunannya tidak lepas dari bantuan arahan serta masukan dari berbagai pihak. Dan oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala partisipasi dalam menyelesaikan makalah yang saya buat ini.

Walaupun sudah banyak dibantu saya sebagai penulis menyadari bahwa masih banyak sekali kekurangan serta kekeliruan yang ada di dalam makalah ini. Baik dalam kesalahan penulisan makalah, dari segi tanda baca, tata bahasa ataupun isi. Dikarenakan hal itu penulis Sangat terbuka menerima segala kritik serta saran positif dari pembaca.

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan. Semoga makalah yang telah saya buat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum dan saya sendiri khususnya.

Yogyakarta, 28 Oktober 2019

 

Penulis

 

3. Contoh Kata Pengantar Makalah “Peran Sejarah Membangkitkan Semangat Belajar”

Kata Pengantar

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang sehingga membuat penulis dapat menyusun makalah yang berjudul “Peran Sejarah Dalam Membangkitkan Semangat Belajar” dengan sebaik-baiknya tanpa suatu halangan apapun yang berarti.

Ada juga tujuan dari penulisan makalah ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran anak bangsa dalam mempelajari sejarah di Indonesia. Dan sehingga mereka Mampu melanjutkan cita-cita para pahlawan pendiri bangsa yang telah gugur.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, memfasilitasi, memberi masukan, dan juga mendukung penulisan makalah ini yang sehingga membuat makalah ini selesai tepat pada waktu yang telah ditentukan. Semoga apa yang telah diperbuat dapat dibalas oleh Allah subhanahu wa ta’ala dengan ganjaran yang berlimpah.

Akan tetapi, walaupun penulis telah menyusun makalah ini dengan secara maksimal tidak ada menutup kemungkinan bahwa masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari Pembaca sekalian.

Dan pada akhirnya saya berharap Makalah ini dapat menambah ilmu masyarakat pada umumnya.

Bandung, 22 Agustus 2019

 

Penulis.

 

4. Contoh Kata Pengantar Makalah “Hasil Riset Kandungan Zat Besi Susu Bubuk”

Kata Pengantar

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan banyak nikmat sehingga kami dapat menyusun laporan praktikum Kimia Analitik ini dengan sangat amat baik. Laporan yang satu ini berisi tentang uraian hasil riset mengenai kandungan zat besi yang ada pada susu bubuk.

Laporan yang satu ini sudah kami susun secara tepat, cepat dan dengan bantuan serta dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu saya sebagai penulis menyampaikan terima kasih atas segala waktu tenaga dan pikiran yang telah diberikan.

Kemudian di dalam penyusunan laporan ini kami menyadari bahwa hasil laporan praktikum ini jauh dari kata sempurna sehingga kami telah ku menyesal saat melakukan kritik serta saran yang membangun dari Pembaca sekalian.

Akhir kata semoga laporan praktikum ini dapat memberikan manfaat untuk kami khususnya dan masyarakat Indonesia.

Semarang, 12 Juli 2019

Penyusun

 

5. Contoh Kata Pengantar Makalah “Laporan Study Tour”

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah mampu pergantian siang dan malam dengan sempurna yang hingga kami dapat melaksanakan study tour dengan alamat tanpa ada halangan yang berarti. Shalawat serta salam kami serahkan kepada Tuhan dan Terbaik Cinta Baginda Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang telah memperjuangkan Islam sehingga bisa sampai kepada kita pada zaman ini.

Laporan kegiatan study tour yang berjudul” laporan study tour secara komprehensif” ini berisi mengenai seluruh rangkaian kegiatan part tadi tidur di di Yogyakarta selama 3 hari. Penyusunan laporan ini bertujuan supaya bapak atau ibu guru dapat mengetahui serta menilai dan juga memberi tanggapan atas kegiatan kami tersebut.

Kemudian terlaksananya penyusunan laporan ini juga tidak lepas dari bimbingan serta arahan dari beberapa pihak yang bersangkutan. Dan karena hal tersebut kami mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu dengan tenaga, pikiran, ide dan bahkan materi.

Penjelasan bagaimana saya juga dapat menyadari apabila laporan ini jauh dari kata sempurna dan karena itu kami mengharapkan kesedihan bapak atau ibu guru dan Pembaca sekalian untuk memberikan kritik serta saran yang membangun.

Dan di akhir kata semoga laporan ini dapat menambah wawasan baru bagi para pembaca sekalian.

Banjar, 17 Agustus 2019

 

Penyusun

 

 

Contoh Kata Pengantar Makalah

Berikut ini adalah beberapa contoh kata pengantar makalah

 

1. Contoh Kata Pengantar Makalah 1

Berikut ini adalah contoh kata pengantar makalah yang pertama.

contoh kata pengantar

 

2. Contoh Kata Pengantar Makalah 2

Berikut ini adalah contoh kata pengantar makalah yang kedua.

contoh kata pengantar

 

3. Contoh Kata Pengantar Makalah 3

Berikut ini adalah contoh kata pengantar makalah yang ke tiga.

contoh kata pengantar

 

4. Contoh Kata Pengantar Makalah 4

Berikut ini adalah contoh kata pengantar makalah yang ke empat

contoh kata pengantar

 

5. Contoh Kata Pengantar Makalah 5

Berikut ini adalah contoh kata pengantar makalah yang ke lima.

contoh kata pengantar

contoh kata pengantar

contoh pengantar makalah

 

Demikianlah beberapa contoh serta penjelasan tentang kata pengantar yang sering digunakan kamu juga dapat memulai dari salah satu contoh tersebut pilihlah kata pengantar yang cocok dengan kegunaan kamu saat ini. Selamat mencoba.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Opor Ayam Kuning
  2. Dalgona Coffee
  3. Tongseng Sapi
  4. Rawon Daging Sapi
  5. Rendang Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *