10+ Komponen Kebugaran Jasmani: Macam, Contoh Latihan

By

komponen kebugaran jasmani

Kebugaran Jasmani – Dalam melakukan setiap olahraga sangat berpengaruh pada kondisi tubuh. Seperti halnya apabila kamu jarang melakukan olahraga maka stamina kamu akan menurun dan kamu akan menjadi mudah sakit.

Untuk menghindari hal itu terjadi tentunya pola hidup sehat dan teratur menjadi faktor terpenting salah satunya dengan cara melakukan olahraga secara rutin. Olahraga dapat menjadi salah satu pilihan atau solusi yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Melakukan olahraga salah satunya dengan berbagai komponen kebugaran jasmani berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.

Maka dari itu lakukanlah pola hidup sehat dan berolahragalah secara teratur agar kehidupan sehari-hari anda dapat dilakukan dengan lebih leluasa tanpa rasa lelah yang berlebihan.

Baca Juga: Pengertian Kebugaran Jasmani.

Tentunya akan ada perbedaan yang signifikan pada kondisi tubuh anda apabila berolahraga secara teratur dengan yang jarang melakukan olahraga dan pola hidup yang tidak teratur.  Sehingga diperlukan nya menjaga kebugaran jasmani setiap orang.

Jenis Komponen kebugaran Jasmani

Dalam melakukan kegiatan olahraga tentunya kamu harus mengetahui komponen-komponen yang terdapat dalam kebugaran jasmani.

Kebugaran jasmani tentunya sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh anda agar tetap sehat. Sebenarnya Ada dua jenis komponen kebugaran jasmani:

  1. Komponen Kebugaran Jasmani Terkait Kesehatan
  2. Komponen Kebugaran Jasmani Terkait Keterampilan

Unsur Komponen Kebugaran Jasmani

Ada beberapa unsur-unsur komponen penyusun kebugaran jasmani, berikut ini adalah unsurnya.

  1. Kekuatan (Streght)
  2. Daya tahan (Endurance)
  3. Daya Otot (Muscular Power)
  4. Kecepatan (Speed)
  5. Daya lentur (Flexibility)
  6. Kelincahan (Agility)
  7. Koordinasi (Coordination)
  8. Keseimbangan (Balance)
  9. Ketepatan (Accuracy)
  10. Reaksi (Reaction)

Nah agar dapat memahami lebih dalam, kalian bisa menyimak dibawah ini penjelasan lengkapnya.

Komponen Kebugaran Jasmani

Selain itu, dengan melakukan kebugaran jasmani kamu juga dapat meningkatkan kemampuan khususnya kemampuan fisik. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa unsur komponen kebugaran jasmani yang perlu kamu ketahui:

1. Kekuatan (Streght)

Kekuatan pada komponen kebugaran jasmani adalah daya tahan otot apabila digunakan untuk menahan serta mengangkat beban. Kekuatan otot ini terdiri dari otot lengan serta kaki.

Untuk meningkatkan kekuatan otot otot pada lengan serta kaki perlu dilakukannya latihan dengan cara angkat beban berat secara terus-menerus atau berkelanjutan. Selain itu kamu juga dapat melakukan beberapa aktivitas seperti di bawah ini:

  • Push up, bergunaberguna untuk menambah kekuatan otot pada lengan.
  • Sit up, berguna untuk mengecilkan perut sehingga otot pada perut anda semakin kuat.
  • Back up, berguna untuk meningkatkan otot perut agar semakin kuat.
  •  Squat-jump, berguna untuk melatih otot pada tungkai serta otot pada perut.

2. Kecepatan (Speed)

Kecepatan adalah kemampuannya seseorang dalam mengerjakan suatu kegiatan yang sejarah kontinyu atau terus-menerus dalam waktu yang relatif singkat.

Untuk dapat melatih komponen kebugaran jasmani kecepatan kamu bisa melakukan berbagai kegiatan salah satunya yaitu seperti lari 100 meter atau lari 200 meter.

3. Daya Tahan (Endurance)

Komponen kebugaran jasmani yang selanjutnya yaitu daya tahan. Daya tahan adalah suatu kemampuan seseorang dengan melibatkan kesehatan jantung koma paru-paru koma dan sistem pernapasan serta peredaran darah yang efektif dan efisien untuk bekerja secara terus menerus.

Dengan adanya daya tahan dapat memperlihatkan kondisi seperti fisik pada tubuh anda. Untuk melatih daya tahan kamu bisa melakukan olahraga seperti contohnya lari 2 km koma dan juga lari selama 12 menit serta masih banyak lagi.

4.  Kelincahan (Agility)

Kelincahan merupakan salah satu komponen kebugaran jasmani yang dapat kamu gunakan pada serangkaian kegiatan olahraga yang kamu lakukan. Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk berpindah posisi pada waktu yang sangat cepat.

Latihan yang dapat kamu lakukan untuk melatih kelincahan pada tubuh adalah dengan berpindah dari kiri ke kanan secara cepat seperti sedang bermain bulutangkis.

5.  Keseimbangan (Balance)

Komponen kebugaran jasmani yang selanjutnya adalah keseimbangan yang merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan dengan posisi yang seimbang serta baik dan benar. Salah satu cara untuk melatih komponen kebugaran jasmani yang satu ini adalah dengan melakukan senam.

Selain itu kamu juga dapat melakukan latihan dengan berjalan diatas balok dengan posisi jalan dengan tumpuan satu kaki dengan konsentrasi penuh agar tubuhmu tetap seimbang.

6.Ketepatan (Accuracy)

Komponen kebugaran jasmani yang lainnya yaitu ketepatan. Ketepatan adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan tubuh dengan adanya sasaran dan harus dilakukan secara tepat.

Latihan ketepatan  dapat kamu lakukan dengan cara misalnya bermain basket dan memasukkan bola ke atas ring, serta bermain sepak bola yaitu dengan cara memasukkan bola kedalam gawang atau mencetak gol.

Kegiatan itu dapat dijadikan latihan kamu dalam meningkatkan kemampuan ketepatan untuk menjaga kebugaran jasmani.

7. Kelenturan (Flexibility)

Kemudian komponen selanjutnya merupakan kelenturan. Kelenturan ini merupakan kemampuan penguluran tubuh yang lincah secara efektif serta efisien dan adanya kelenturan ini maka akan berpengaruh kepada ketepatan serta kecepatan dalam melakukan sesuatu di dalam bidang olahraga maupun bidang lainnya yang sedang dilakukan oleh orang itu.

8. Koordinasi (Coordination)

Komponen kebugaran jasmani yang selanjutnya adalah koordinasi yang merupakan kegiatan yang mengintegrasikan gerakan yang berbeda dan tubuh kamu bisa melakukan hal itu dengan benar serta tempat.

Latihan yang dilakukan untuk melatih koordinasi ialah memantulkan bola ke lantai dan tangan kanan harus menangkap begitu seterusnya dengan pergantian tangan kanan dan kiri.

9. Daya Otot (Muscular Power)

Gaya otot adalah kemampuan dari seseorang yang menggunakan kekuatan maksimal untuk menggunakan otot ototnya yang melakukan aktivitas dalam jangka waktu yang singkat untuk melatih daya otot kamu bisa menggunakan beberapa pilihan olahraga seperti ini:

  • Vertical jump dan front jump untuk melatih daya ledak otot tungkai.
  • Side jump untuk melatih kekuatan otot yang terdapat di tungkai.

10. Reaksi (Reaction)

Reaksi adalah  suatu kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan atau tindakan yang menanggapi hal yang telah dirangsang oleh indra. Untuk melatih reaksi kamu dapat melakukan latihan olahraga dengan cara tangkap bola.

Dengan melatih reaksi kamu akan mengalami peningkatan perasaan terhadap reaksi yang akan kamu rasakan saat kamu sedang melakukan kegiatan kebugaran jasmani.

Contoh Latihan Kebugaran Jasmani

Kemudian adapun contoh-contoh dari latihan kebugaran jasmani yang kamu perlu ketahui tentang beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani kamu, dan berikut merupakan beberapa contoh latihan kebugaran jasmani:

  • Push up, dilakukan untuk menambah kekuatan otot lengan yang menjadikan otot lengan kita meningkatkan bertambah kuat
  • Angkat beban, dilakukan untuk meningkatkan otot lengan sehingga kekuatan dapat ditingkatkan dan menjadikan tubuh anda semakin sehat
  • Sit up, dilakukan untuk mengecilkan perut agar dapat membuat otot perut semakin kuat
  • Back up, dilakukan untuk meningkatkan otot perut untuk menjadikannya semakin lebih kuat
  • Lari sprint, dilakukan untuk melatih kelincahan serta percepatan anda dalam mengoptimalkan daya tahan tubuh pada saat anda berlari.

Nah setelah membaca berita mempelajari beberapa komponen komponen kebugaran jasmani beserta contoh latihan. Semoga kamu dapat mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari akan menjadi jauh lebih sehat dari sebelumnya.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *