√ 5 Contoh Karya Tulis Ilmiah Singkat, Baik dan Benar (Lengkap)

5 Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Baik dan Benar dalam Berbagai Topik

5 Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Baik dan Benar dalam Berbagai Topik

Karya ilmiah merupakan salah satu karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan-landasan serta metode-metode ilmiah. Umumnya karya ilmiah akan berisikan fakta, data, serta solusi mengenai suatu permasalahan yang sedang diangkat. Penulisan dari karya tulis ilmiah ditulis secara sistematis dan runtut. Beberapa jenis-jenis karya ilmiah:

  • Manual book
  • Modul
  • Kamus
  • Paper atau makalah.
  • Handbook
  • Diktat
  • Ensiklopedia
  • Laporan penelitian atau praktikum
  • Skripsi (S1)
  • Thesis (S2)
  • Disertasi (S3)
  • Textbook
  • Jurnal

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah

Lebih Jelas mengenai pengertian karya ilmiah kamu bisa mengunjungi artikel berikut ini pengertian karya tulis ilmiah. Nah, kali ini pintarnesia akan memaparkan contoh-contoh karya tulis ilmiah, berikut ini adalah beberapa contoh karya tulis ilmiah.

 

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan

 

Menjaga Kesehatan Jantung

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Organ Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting dan vital dalam tubuh kita. Maka dari itu banyak orang yang berusaha guna selalu menjaga kesehatan jantung. Namun, masih ada orang yang kurang peduli dengan kesehatan jantung. Hal itu terbukti dengan adanya banyak korban jiwa akibat penyakit – penyakit yang menyerang jantung, seperti serangan jantung. Maka dari itu penelitian mengenai menjaga kesehatan organ jantung sangat perlu dilakukan.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?

 

C. Tujuan Penelitian

Supaya mengetahui cara menjaga kesehatan jantung dengan baik dan benar.

 

BAB II

Pembahasan

 

Cara Menjaga Kesehatan Organ Jantung dengan Baik dan Benar

Berbagai penyakit yang menyerang langsung jantung memang saat ini masih menjadi masalah yang besar. Padahal ada beberapa cara yang mudah untuk menjaga kesehatan jantung. Setelah melakukan riset, para peneliti menemukan beberapa cara diantaranya.

  • Menghindari stress karena bisa memicu hormon adrenalin abnormal dan menyebabkan darah tinggi.
  • Menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri.
  • Mengatur pola makan yang sehat, kurangi jumlah lemak dan junkfood serta banyak makan sayur.
  • Olahraga secara teratur.

 

BAB III

Penutup

 

Kesimpulan

Menjaga organ jantung memang sangat penting dilakukan bagi manusia, supaya mendapatkan umur yang panjang. Supaya mendapatkan jantung yang sehat juga tidak memerlukan usaha yang terlalu susah dan sulit, serta bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menjaga kesehatan organ jantung diharapkan semakin sedikit korban yang jatuh akibat penyakit yang menyerang organ jantung.

 

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Bahaya Internet

 

Bahaya Internet

 

BAB I

Pendahuluan

 

A. Latar Belakang Masalah

Pada zaman modern ini, internet sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari. Memang internet sangat membantu dalam kehidupan manusia, contohnya saja untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. Akan tetapi internet juga membawa pengaruh atau hal-hal negatif yang bisa berdampak buruk. Untuk itu penelitian mengenai bahaya internet sangat penting untuk dilakukan.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana bahaya internet bagi manusia?

 

C. Tujuan Penelitian

Dapat menjelaskan bahaya internet bagi manusia

 

 

BAB II

Pembahasan

 

Bahaya Internet Bagi Manusia

Internet bagi semua orang nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok, namun tidak semua orang memanfaatkan internet dengan baik dan benar. Tak sedikit orang yang cenderung menyalahgunakan internet, sehingga berdampak buruk bagi dirinya maupun dampak buruk kepada lingkungan sekitar.

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan, terdapat beberapa bahaya dari penyalahgunaan internet, yaitu sebagai berikut:

  • Perilaku bullying melalui media sosial.
  • Maraknya kasus penipuan yang dilakukan melalui jalur internet.
  • Mudahnya mengakses konten pornografi yang bisa berakibat pada perilaku kejahatan seksual.
  • Maraknya kasus penculikan setelah berkenalan melalui media sosial.

 

BAB III

Penutup

 

Kesimpulan

Internet memang sangat membantu dalam kehidupan manusia, akan tetapi internet juga memiliki dampak negatif. Karena itu manusia harus sangat bijak dalam menggunakan internet, sehingga internet bisa digunakan secara baik dan benar.

 

 

Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah

 

Pemanfaatan Kembali Sampah

 

BAB I

Pendahuluan

 

A. Latar Belakang Masalah

Beberapa tahun belakangan ini sampah menjadi konsen besar dunia, karena permasalahan yang terus ditimbulkan dari sampah. Ada banyak sekali kerugian yang bisa disebabkan oleh sampah yang berdampak pada kesehatan manusia maupun lingkungan sekitar. Nampaknya masih banyak orang yang enggan melakukan daur ulang sampah, sehingga menyebabkan sampah terus menerus menumpuk. Karena itu penelitian tentang pemanfaatan kembali sampah sangat pentung untuk dilakukan.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana cara memanfaatkan kembali sampah?

 

C. Tujuan Penelitian

Bisa mengetahui cara pemanfaatan kembali sampah

 

BAB II

Pembahasan

Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat sebenarnya masih bisa digunakan atau di daur ulang lagi supaya tidak terlalu banyak sampah yang menumpuk. Daur ulang sampah pada dasarnya tidak memerlukan waktu yang lama, yang terpenting adalah kreatifitas dan ketekunan. Untuk sampah organik bisa diolah kembali menjadi pupuk. Sedangkan sampah kertas bisa didaur ulang dan bisa menjadi kertas yang baru lagi. Khusus untuk sampah plastik dan kaleng bisa dimanfaatkan lagi menjadi berbagai wadah.

 

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Sampah memang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia dan seringkali menimbulkan masalah yang tidak sedikit, akan tetapi masih ada solusi untuk hal itu. Ada banyak cara untuk memanfaatkan sampah bahkan kita bisa mengubahnya menjadi sumber penghasilan dan meraup keuntungan.

 

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup

 

Pencemaran dalam Lingkungan Hidup

 

BAB I

Pendahuluan

 

A. Latar Belakang

Lingkungan merupakan satu kesatuan antara abiotik dengan biotik, biotik merupakan kumpulan benda hidup. Sedangkan Abiotik merupakan kumpulan benda mati. Di dalam komponen abiotik adalah berupa air, udara, tanah, suhu, cahaya matahari dan lain sebagainya. Sedangkan komponen biotik bisa mencakup dekomposer (pengurai), konsumen, serta juga produsen. Komponen tersebut tidak bisa dipisahkan arena kaitannya sangat erat.

Lingkungan hidup bisa diartikan sangat beragam, menurut kamus ekologi, lingkungan hidup bisa juga dikatakan environment. Enviroment adalah kesatuan antara makhluk hidup atau biotik dengan abiotik yang ada di bumi. Secara keseluruhan bisa disimpulkan jika lingkungan hidup merupakan gabungan antara semua makhluk hidup dan juga faktor dan komponen yang berada di sekelilingnya. Keberhasilan lingkungan hidup sangat dipengaruhi oleh manusia, manusia merupakan makhluk berakal yang sudah diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dengan bentuk yang paling sempurna.

Oleh karena itu, keberhasilan dari lingkungan hidup sangat dipengaruhi oleh kelakuan manusia. Tingkah laku manusia saat ini telah melebihi batas wajar. Salah satunya adalah membuang sampah sembarangan, banyak tempat yang seharusnya bersih dari sampah malah menjadi timbunan sampah yang sangat banyak.

 

2. Rumusan Masalah

Jenis pencemaran dan bagaimana penejelasannya?

 

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui jenis-jenis pencemaran lingkungan hidup.

 

BAB II

Pembahasan

 

A. Jenis – Jenis Pencemaran

Pencemaran Udara, pencemaran udara tidak selalu dikarenakan oleh ulah manusia, pencemaran udara bisa juga disebabkan oleh kejadian alam. Contohnya saja gunung meletus, efek dari gunung meletus adalah membawa partikel-partikel loga, yang berbahaya bagi kehidupan. Akan tetapi, penyebab utama pencemaran udara yang ada di Indonesia terjadi akibat poluso kendaraan bermotor.

Pencemaran Air, air yang bersih adalah air yang tidak berwarna dan juga tidak berbau. Sehingga jika menemui aur yang berwarna, berbau, serta terdapat biota yang mati didalamnya, ait tersebut sudah tercemar.

Pencemaran Tanah, tanah bisa dikatakan tercemar jika tanah itu sudah tidak dapat lagi digunakan untuk kebutuhan manusia. Kebutuhan yang dimaksud disini adalah bercocok tanam, tanah yang gersang juga merupakan salah satu ciri tanah tersebut sudah tercemar. Ada beberapa penyebab dari tercemarnya tanah, yaitu adalah senyawa asam, pestisida berlebih, limbah industri, pupuk kimia, dan masih banyak lagi lainnya.

 

BAB III

Penutup

 

Kesimpulan

Pencemaran bisa dibagi menjadi 3 (tiga) yakni pencemaran tanah, pencemaran air, serta pencemaran udara. Setiap jenis pencemaran memiliki ciri tertentu dan penyebab – penyebab tertentu. Tapi penyebab jenis pencemaran satu dengan yang lainnya tidak jauh berbeda. Contohnya saja penggunaan pestisida yang berlebih. Untuk itu, manusia sebagai makhluk yang berakal dan paling sempurna di bumi wajib hukumnya untuk menjaga alam sekitar.

 

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Dolanan Tradisional

 

Dolanan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak – Anak

 

BAB I

Pendahuluan

 

A. Latar Belakang

Dolanan atau yang biasanya disebut dengan permainan memiliki karakteristik yang mempunyai dampak positif bagi perkembangan anak – anak. Untuk anak – anak bermain merupakan refleksi pembebasan jiwa dari keterikatan dengan aturan orang tua. Saat anak bermain, dia akan mengekspresikan kegembiraan hatinya, serta berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya. Sehingga anak – anak bisa belajar bersosialiisasi dan juga bisa bergaul dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

 

B. Rumusan Masalah

Apa pengertian dolanan tradisional?

 

BAB II

Pembahasan

 

A. Dolanan Tradisional

Kata “Dolanan” sendiri merupakan kata yang diambil dari Bahasa jawa, yang memiliki arti permainan atau juga mainan. Sedangkan kata tradisional merupakan cara berpikir serta juga tingkah laku yang sesuai dengan adat dan sudah ada sejak zaman dahulu.

 

BAB III

Penutup

 

Kesimpulan

Dolanan tradisional bukan hanya sekedar sebagai permainan yang akan memberikan dampak gembira bagi anak-anak. Akan tetapi, dolanan tradisional juga memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah melatih kecerdasan otak serta motorik anak dan juga bisa membentuk karakter pada anak. Anak-anak juga bisa meningkatkan jiwa sosial di dalam dirinya dan juga bisa berkomunikasi secara baik serta bekerjasama dengan teman sebayanya.

 

Nah, itulah contoh karya tulis ilmiah tentang Kesehatan, Pendidikan, Sampah. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan karya sastra ilmiah serta bisa menambah wawasan kita seputar karya sastra. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.



Rumus Limit Fungsi Matematika, Tak Hingga, serta Contoh Soalnya

Rumus Limit Fungsi Matematika, Tak Hingga, serta Contoh Soalnya

Karya ilmiah merupakan salah satu karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan-landasan serta metode-metode ilmiah. Umumnya karya ilmiah akan berisikan fakta, data, serta solusi mengenai suatu permasalahan yang sedang diangkat. Penulisan dari karya tulis ilmiah ditulis secara sistematis dan runtut. Beberapa jenis-jenis karya ilmiah:

  • Manual book
  • Modul
  • Kamus
  • Paper atau makalah.
  • Handbook
  • Diktat
  • Ensiklopedia
  • Laporan penelitian atau praktikum
  • Skripsi (S1)
  • Thesis (S2)
  • Disertasi (S3)
  • Textbook
  • Jurnal

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah

Lebih Jelas mengenai pengertian karya ilmiah kamu bisa mengunjungi artikel berikut ini pengertian karya tulis ilmiah. Nah, kali ini pintarnesia akan memaparkan contoh-contoh karya tulis ilmiah, berikut ini adalah beberapa contoh karya tulis ilmiah.

 

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan

 

Menjaga Kesehatan Jantung

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Organ Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting dan vital dalam tubuh kita. Maka dari itu banyak orang yang berusaha guna selalu menjaga kesehatan jantung. Namun, masih ada orang yang kurang peduli dengan kesehatan jantung. Hal itu terbukti dengan adanya banyak korban jiwa akibat penyakit – penyakit yang menyerang jantung, seperti serangan jantung. Maka dari itu penelitian mengenai menjaga kesehatan organ jantung sangat perlu dilakukan.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?

 

C. Tujuan Penelitian

Supaya mengetahui cara menjaga kesehatan jantung dengan baik dan benar.

 

BAB II

Pembahasan

 

Cara Menjaga Kesehatan Organ Jantung dengan Baik dan Benar

Berbagai penyakit yang menyerang langsung jantung memang saat ini masih menjadi masalah yang besar. Padahal ada beberapa cara yang mudah untuk menjaga kesehatan jantung. Setelah melakukan riset, para peneliti menemukan beberapa cara diantaranya.

  • Menghindari stress karena bisa memicu hormon adrenalin abnormal dan menyebabkan darah tinggi.
  • Menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri.
  • Mengatur pola makan yang sehat, kurangi jumlah lemak dan junkfood serta banyak makan sayur.
  • Olahraga secara teratur.

 

BAB III

Penutup

 

Kesimpulan

Menjaga organ jantung memang sangat penting dilakukan bagi manusia, supaya mendapatkan umur yang panjang. Supaya mendapatkan jantung yang sehat juga tidak memerlukan usaha yang terlalu susah dan sulit, serta bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menjaga kesehatan organ jantung diharapkan semakin sedikit korban yang jatuh akibat penyakit yang menyerang organ jantung.

 

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Bahaya Internet

 

Bahaya Internet

 

BAB I

Pendahuluan

 

A. Latar Belakang Masalah

Pada zaman modern ini, internet sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari. Memang internet sangat membantu dalam kehidupan manusia, contohnya saja untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. Akan tetapi internet juga membawa pengaruh atau hal-hal negatif yang bisa berdampak buruk. Untuk itu penelitian mengenai bahaya internet sangat penting untuk dilakukan.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana bahaya internet bagi manusia?

 

C. Tujuan Penelitian

Dapat menjelaskan bahaya internet bagi manusia

 

 

BAB II

Pembahasan

 

Bahaya Internet Bagi Manusia

Internet bagi semua orang nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok, namun tidak semua orang memanfaatkan internet dengan baik dan benar. Tak sedikit orang yang cenderung menyalahgunakan internet, sehingga berdampak buruk bagi dirinya maupun dampak buruk kepada lingkungan sekitar.

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan, terdapat beberapa bahaya dari penyalahgunaan internet, yaitu sebagai berikut:

  • Perilaku bullying melalui media sosial.
  • Maraknya kasus penipuan yang dilakukan melalui jalur internet.
  • Mudahnya mengakses konten pornografi yang bisa berakibat pada perilaku kejahatan seksual.
  • Maraknya kasus penculikan setelah berkenalan melalui media sosial.

 

BAB III

Penutup

 

Kesimpulan

Internet memang sangat membantu dalam kehidupan manusia, akan tetapi internet juga memiliki dampak negatif. Karena itu manusia harus sangat bijak dalam menggunakan internet, sehingga internet bisa digunakan secara baik dan benar.

 

 

Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah

 

Pemanfaatan Kembali Sampah

 

BAB I

Pendahuluan

 

A. Latar Belakang Masalah

Beberapa tahun belakangan ini sampah menjadi konsen besar dunia, karena permasalahan yang terus ditimbulkan dari sampah. Ada banyak sekali kerugian yang bisa disebabkan oleh sampah yang berdampak pada kesehatan manusia maupun lingkungan sekitar. Nampaknya masih banyak orang yang enggan melakukan daur ulang sampah, sehingga menyebabkan sampah terus menerus menumpuk. Karena itu penelitian tentang pemanfaatan kembali sampah sangat pentung untuk dilakukan.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana cara memanfaatkan kembali sampah?

 

C. Tujuan Penelitian

Bisa mengetahui cara pemanfaatan kembali sampah

 

BAB II

Pembahasan

Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat sebenarnya masih bisa digunakan atau di daur ulang lagi supaya tidak terlalu banyak sampah yang menumpuk. Daur ulang sampah pada dasarnya tidak memerlukan waktu yang lama, yang terpenting adalah kreatifitas dan ketekunan. Untuk sampah organik bisa diolah kembali menjadi pupuk. Sedangkan sampah kertas bisa didaur ulang dan bisa menjadi kertas yang baru lagi. Khusus untuk sampah plastik dan kaleng bisa dimanfaatkan lagi menjadi berbagai wadah.

 

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Sampah memang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia dan seringkali menimbulkan masalah yang tidak sedikit, akan tetapi masih ada solusi untuk hal itu. Ada banyak cara untuk memanfaatkan sampah bahkan kita bisa mengubahnya menjadi sumber penghasilan dan meraup keuntungan.

 

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup

 

Pencemaran dalam Lingkungan Hidup

 

BAB I

Pendahuluan

 

A. Latar Belakang

Lingkungan merupakan satu kesatuan antara abiotik dengan biotik, biotik merupakan kumpulan benda hidup. Sedangkan Abiotik merupakan kumpulan benda mati. Di dalam komponen abiotik adalah berupa air, udara, tanah, suhu, cahaya matahari dan lain sebagainya. Sedangkan komponen biotik bisa mencakup dekomposer (pengurai), konsumen, serta juga produsen. Komponen tersebut tidak bisa dipisahkan arena kaitannya sangat erat.

Lingkungan hidup bisa diartikan sangat beragam, menurut kamus ekologi, lingkungan hidup bisa juga dikatakan environment. Enviroment adalah kesatuan antara makhluk hidup atau biotik dengan abiotik yang ada di bumi. Secara keseluruhan bisa disimpulkan jika lingkungan hidup merupakan gabungan antara semua makhluk hidup dan juga faktor dan komponen yang berada di sekelilingnya. Keberhasilan lingkungan hidup sangat dipengaruhi oleh manusia, manusia merupakan makhluk berakal yang sudah diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dengan bentuk yang paling sempurna.

Oleh karena itu, keberhasilan dari lingkungan hidup sangat dipengaruhi oleh kelakuan manusia. Tingkah laku manusia saat ini telah melebihi batas wajar. Salah satunya adalah membuang sampah sembarangan, banyak tempat yang seharusnya bersih dari sampah malah menjadi timbunan sampah yang sangat banyak.

 

2. Rumusan Masalah

Jenis pencemaran dan bagaimana penejelasannya?

 

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui jenis-jenis pencemaran lingkungan hidup.

 

BAB II

Pembahasan

 

A. Jenis – Jenis Pencemaran

Pencemaran Udara, pencemaran udara tidak selalu dikarenakan oleh ulah manusia, pencemaran udara bisa juga disebabkan oleh kejadian alam. Contohnya saja gunung meletus, efek dari gunung meletus adalah membawa partikel-partikel loga, yang berbahaya bagi kehidupan. Akan tetapi, penyebab utama pencemaran udara yang ada di Indonesia terjadi akibat poluso kendaraan bermotor.

Pencemaran Air, air yang bersih adalah air yang tidak berwarna dan juga tidak berbau. Sehingga jika menemui aur yang berwarna, berbau, serta terdapat biota yang mati didalamnya, ait tersebut sudah tercemar.

Pencemaran Tanah, tanah bisa dikatakan tercemar jika tanah itu sudah tidak dapat lagi digunakan untuk kebutuhan manusia. Kebutuhan yang dimaksud disini adalah bercocok tanam, tanah yang gersang juga merupakan salah satu ciri tanah tersebut sudah tercemar. Ada beberapa penyebab dari tercemarnya tanah, yaitu adalah senyawa asam, pestisida berlebih, limbah industri, pupuk kimia, dan masih banyak lagi lainnya.

 

BAB III

Penutup

 

Kesimpulan

Pencemaran bisa dibagi menjadi 3 (tiga) yakni pencemaran tanah, pencemaran air, serta pencemaran udara. Setiap jenis pencemaran memiliki ciri tertentu dan penyebab – penyebab tertentu. Tapi penyebab jenis pencemaran satu dengan yang lainnya tidak jauh berbeda. Contohnya saja penggunaan pestisida yang berlebih. Untuk itu, manusia sebagai makhluk yang berakal dan paling sempurna di bumi wajib hukumnya untuk menjaga alam sekitar.

 

 

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Dolanan Tradisional

 

Dolanan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak – Anak

 

BAB I

Pendahuluan

 

A. Latar Belakang

Dolanan atau yang biasanya disebut dengan permainan memiliki karakteristik yang mempunyai dampak positif bagi perkembangan anak – anak. Untuk anak – anak bermain merupakan refleksi pembebasan jiwa dari keterikatan dengan aturan orang tua. Saat anak bermain, dia akan mengekspresikan kegembiraan hatinya, serta berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya. Sehingga anak – anak bisa belajar bersosialiisasi dan juga bisa bergaul dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

 

B. Rumusan Masalah

Apa pengertian dolanan tradisional?

 

BAB II

Pembahasan

 

A. Dolanan Tradisional

Kata “Dolanan” sendiri merupakan kata yang diambil dari Bahasa jawa, yang memiliki arti permainan atau juga mainan. Sedangkan kata tradisional merupakan cara berpikir serta juga tingkah laku yang sesuai dengan adat dan sudah ada sejak zaman dahulu.

 

BAB III

Penutup

 

Kesimpulan

Dolanan tradisional bukan hanya sekedar sebagai permainan yang akan memberikan dampak gembira bagi anak-anak. Akan tetapi, dolanan tradisional juga memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah melatih kecerdasan otak serta motorik anak dan juga bisa membentuk karakter pada anak. Anak-anak juga bisa meningkatkan jiwa sosial di dalam dirinya dan juga bisa berkomunikasi secara baik serta bekerjasama dengan teman sebayanya.

 

Nah, itulah contoh karya tulis ilmiah tentang Kesehatan, Pendidikan, Sampah. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan karya sastra ilmiah serta bisa menambah wawasan kita seputar karya sastra. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.