Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Hewan Mamalia: Pengertian, Ciri, Klasifikasi, Contoh

6 min read

kumpulan hewan mamalia

Dalam kehidupan kita sehari-hari pemuaian kita sering menjumpai banyak hewan yang berasal dari berbagai jenis. Salah satu jenis hewan yang paling sering dijumpai adalah hewan mamalia. Misalnya seperti sapi, kambing, kucing dan lain sebagainya yang paling sering kita jumpai di dalam kehidupan lingkungan sekitar.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang hewan mamalia mulai dari pengertian, ciri-ciri, klasifikasi contoh hewan mamalia. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak uraian di bawah ini.

 

Pengertian Hewan Mamalia

kumpulan hewan mamalia

Pengertian mamalia sendiri merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa latin yaitu “Mammae” artinya adalah menyusui. Jadi setiap jenis  hewan yang menyusui disebut sebagai hewan mamalia. Hewan mamanya dapat menyusui anaknya karena mempunyai kelenjar susu bagi yang betina menghasilkan kelenjar susu untuk dijadikan sebagai sumber makanan bagi anak-anaknya.

Ciri-ciri dari hewan mamalia yaitu memiliki tubuh yang ditutupi oleh rambut dan bertulang belakang atau hewan vertebrata serta berdarah panas.

Hewan mamalia merupakan jenis hewan kelas tertinggi di dalam kasta hewan. Hal tersebut dikarenakan hewan mamalia dapat hidup terbagi menjadi beberapa tipe habitat yang ada di seluruh wilayah bumi, mulai dari kutub, dari dasar laut, dari hutan yang lebat sampai gurun pasir juga terdapat jenis hewan mamalia.

Sebagian besar mamalia memiliki keturunan dengan cara melahirkan, akan tetapi terdapat beberapa mamalia yang yang memiliki keturunan dengan cara bertelur atau tergolong ke dalam jenis monotremata. Untuk jenis hewan monotremata tidak mempunyai puting susu yang berguna untuk menyusui anaknya, akan tetapi mempunyai kelenjar susu, sehingga hewan monotremata masih termasuk ke dalam jenis hewan mamalia.

Hewan mamalia dapat mencapai hingga angka 5.009 genus yang tersebar ke dalam 425 keluarga dan mencapai angka 46 ordo berdasarkan dari klasifikasi ilmiahnya. Kerusakan dari jenis massa serta berat tubuh mamalia dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu mamalia kecil dan mamalia besar. Untuk mamalia kecil berat tubuhnya berkisar antara 2 gr – 5 kg. Dan untuk jenis mamalia besar berat tubuhnya berkisar antara 5kg lebih.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Hewan Ovovivipar

 

 

Ciri-Ciri Hewan Mamalia

mamalia

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa hewan aman ya mempunyai ciri-ciri yaitu dapat menyusui anaknya dan mempunyai kelenjar susu. Di bawah ini merupakan ciri-ciri lain yang dimiliki oleh jenis hewan mamalia. Ciri-ciri hewan mamalia antara lain adalah sebagai berikut.

  • Memiliki kelenjar susu (Glandula Mammae)
  • Memiliki rambut atau bulu yang menutupi hampir seluruh tubuhnya
  • Memiliki tulang belakang (Vertebata)
  • Memiliki anggota gerak sebagai alat bantu berjalan, berenang dan aktivitas yang lainnya
  • Memiliki gigi seri atau gigi geraham dan gigi taring
  • Hewan mamalia memiliki kuku dan cakar pada bagian jari untuk dapat menangkap makanan atau memanjat
  • Alat pernapasan bagi hewan mamalia adalah paru-paru
  • Tempat perkembangbiakan embrio dari hewan mamalia ada di dalam rahim (Uterus)
  • Hewan mamalia dapat berkembang biak dengan cara melahirkan (Vivipar) secara internal
  • Hewan mamalia termasuk homoikoterm atau jenis hewan yang berdarah panas sehingga dapat mat dan mempunyai sistem peredaran darah yang tertutup
  • Hewan mamalia memiliki jantung yang terdiri dari 4 ruas yaitu 2 serambi dan 2 bilik.

Baca Juga : Penjelasan Hewan Omnivora Lengkap

 

 

Klasifikasi Hewan Mamalia

Agar dapat untuk memudahkan klasifikasi mamalia menggunakan pembagian berdasarkan ordo. Klasifikasi mamalia berdasarkan ordo dapat terbagi menjadi beberapa ordo. Berikut ini merupakan penjelasan klasifikasi hewan mamalia.

 

1. Ordo Insectivora

Hewan mamalia golongan Ordo insectivora adalah hal yang menjadikan serangga sebagai makanan utamanya. Mamalia ordo insectivora juga dapat pula memakan biji-bijian atau cacing. Ciri-ciri dari hewan mamalia ordo insectivora yaitu mempunyai mata yang tertutup, memiliki cakar yang besar serta memiliki bagian depan telapak kaki yang lebih besar. Beberapa contoh mamalia dengan golongan ordo insectivora adalah tapir dan tikus tanah.

 

2. Ordo Demoptera

Mamalia ordo dermaptera adalah mamalia yang mempunyai ciri-ciri terdapat parasut berbulu (petagium) akan tetapi bukan sayap. Parasut yang dimiliki oleh mamalia ordo dermaptera berasal dari kulit atau membran yang terhubung antara keempat kakinya.

Pada umumnya hewan mamalia ordo dermaptera adalah hewan herbivora yang memakan buah-buahan dan dedaunan. Contoh hewan yang tergolong sebagai mamalia ordo demografi adalah tupai terbang, monyet terbang dan beberapa jenis serangga.

 

3. Ordo Marsupialia

Golongan hewan mamalia ordo marsupialia adalah mamalia yang mempunyai ciri khusus yaitu terdapat kantung pada bagian perutnya. Gantung yang ada di perutnya tersebut memiliki fungsi untuk dapat membawa bayi bayi mereka dan menyusuinya. Untuk contoh jenis hewan golongan mamalia ordo marsupialia adalah koala, kangguru, dan kuskus. Untuk hewan koala sendiri memiliki kantong Yang yang terdapat kelenjar susu untuk menyusui bayinya sekaligus sebagai tempat membawa bayinya.

 

4. Ordo Primata

Hewan mamalia golongan ordo primata merupakan jenis hewan omnivora, karnivora ataupun herbivora. Selain itu golongan mamalia ordo primata juga memiliki ciri utama yang merupakan ciri pokok dari mamalia ordo primata adalah mempunyai bentuk jari yang lebih besar dan panjang. Fungsi dari ciri-ciri tersebut yaitu untuk memudahkan memanjat dan mengambil makanan. Contoh dari jenis mamalia ordo primata adalah monyet, orang utan, gorila dan kera.

 

5. Ordo Chiroptera

Mamalia ordo chiroptera mempunyai ciri fisik yang pada umumnya hampir sama dengan mamalia ordo homoptera. Kesamaan di antara keduanya yaitu sama-sama mempunyai selaput membran yang terhubung antara kaki depan dan kaki belakang. Hanya saja untuk golongan mamalia ordo chiroptera mempunyai ciri lain yaitu ukuran kaki bagian depan pada mamalia ordo chiroptera memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kaki bagian belakang. Untuk contoh mamalia golongan ordo chiroptera adalah kelelawar.

 

6. Ordo Cetacea

Golongan mamalia ordo cetacea yang hidup pada habitat atau lingkungan yang berair seperti lautan. Untuk golongan mamalia ordo cetacea contohnya adalah paus dan lumba-lumba. Meskipun mamalia laut tidy menyusui anaknya dikarenakan mamalia laut tidak mempunyai kelenjar susu, akan tetapi tetap dikategorikan ke dalam mamalia dikarenakan memenuhi ciri-ciri sebagai hewan mamalia.

 

7. Ordo Carnivora

Golongan mamalia ordo carnivora merupakan golongan yang terdiri dari hewan yang memakan daging. Ciri khusus yang dimiliki oleh golongan mamalia ordo carnivora adalah memiliki taring yang tajam jam yang berguna untuk mengunyah daging serta mencabik dan mencakar mangsanya. Contoh hewan yang termasuk kedalam golongan mamalia ordo carnivora adalah harimau, anjing, singa, beruang dan lain sebagainya.

 

8. Ordo Lagomorpha

Golongan mamalia ordo lagomorpha adalah pemakan tumbuh-tumbuhan buah-buahan daun-daunan. Contoh hewan golongan mamalia ordo lagomorpha adalah kelinci (Oryctologus cuniculus).

 

9. Ordo Rodentia

Golongan mamalia ordo rodentia ada hewan mamalia yang tidak mempunyai taring sehingga mereka biasa hidup sebagai hewan pengerat. Golongan hewan ini memiliki ciri-ciri yaitu mempunyai gigi seri yang tebal dan besar serta dapat hidup di segala habitat. Contoh dari golongan mamalia ordo rodentia adalah tikus, tupai, marmut, landak, dan lain sebagainya.

 

10. Ordo Artiodactyla

Mamalia ordo artiodactyla adalah mamalia yang memiliki jumlah jari kaki yang genap. Contoh – contoh hewan yang termasuk ke dalam jenis ini adalah kijang, kambing, sapi, banteng, jerapah dan unta.

 

11. Ordo Proboscidea

Ordo proboscidea merupakan ordo mamalia jenis gajah yang meliputi seluruh dari spesies gajah di dunia.

 

12. Ordo Perissodactyla

Golongan mamalia ordo peeissodactyla adalah golongan mamalia yang mempunyai ciri-ciri jumlah jari kaki yang ganjil. Contoh hewan mamalia golongan ini yaitu keledai, kuda dan tapir.

 

13. Monotremata

Monotremata adalah golongan mamalia yang bertelur. Contoh hewan golongan ini adalah platypus, meskipun secara umum platypus merupakan golongan hewan yang bertelur akan tetapi mereka menyusui anaknya.

Baca Juga : Hewan Vertebrata Lengkap

 

 

Klasifikasi Ilmiah Mamalia

Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah mamalia yang disajikan dalam table.

Klasifikasi Ilmiah Mamalia
Nama IlmiahMammalia
KerajaanAnimalia
Klasifikasi Lebih TinggiMammaliaformes
Tingkatan TaksonKelas

 

 

Contoh Hewan Mamalia

mamalia

Untuk dapat lebih memahami penjelasan mengenai hewan mamalia, maka diberikan pula contoh hewan mamalia yang dikelompokkan berdasarkan habitat atau lingkungan hidupnya agar dapat lebih mudah untuk dipahami. Berikut ini merupakan contoh hewan mamalia:

  • Daratan: kuda, kelinci kanguru landak tikus kerbau gajah harimau kambing sapi dan yang lainnya.
  • Lautan: paus dan lumba-lumba.
  • Sungai dan danau: platypus
  • Gurun: mamalia yang berada di gurun soalnya itu seperti unta
  • Kutub: hewan mamalia yang habitatnya ada di kutub adalah beruang kutub dan anjing laut
  • Gunung: hewan yang habitatnya berada di gunung misalnya seperti kijang dan kambing gunung.

 

Itulah penjelasan tentang hewan mamalia secara lengkap. Secara sadar atau tidak sadar bumi kita ini menyediakan kekayaan alam yang sangat luar biasa.

Bahkan untuk jenis hewan saja terdapat banyak sekali. Oleh karena itu sebagai manusia sudah sepatutnya jika kita menjaga dan melindungi kekayaan alam kita salah satu cara yang paling sederhana yaitu dimulai dengan adanya pengetahuan yang kita miliki tentang alam. Semoga apa yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight