√ Pengertian Sholat: Syarat Wajib, Rukun dan Syarat Sah Sholat

Pengertian Sholat: Syarat Wajib, Rukun dan Syarat Sah Sholat

Pengertian Sholat: Syarat Wajib, Rukun dan Syarat Sah Sholat

Sebagai muslim kita hendaknya tau apa itu sholat, Pengertian Sholat adalah suatu ibadah yang berisi atau terdiri dari ucapan serta perbuatan yang berawalan takbir dan diakhiri oleh salam. Secara bahasa pengertian sholat adalah memanjatkan doa. Jadi pada dasarnya sholat adalah kegiatan ibadah yang berisi doa-doa. Dalam pelaksanaan ibadah sholat ini juga terdapat syarat sah atau ketentuan yang harus dilaksanakan supaya sholat yang telah dikerjakan adalah sah dimata agama.

Pengertian sholat menurut syara’ merupakan segala ucapan serta perbuatan-perbuatan tertentu, yang pada awalnya dimulai dari takbiratul kemudian pada akhirnya diakhiri dengan salam. Kemudian pada kesempatan kali ini di dalam artikel ini akan membahas tentang syarat wajib sholat, rukun sholat dan juga syarat sah sholat. Berikut adalah seluruh penjelasanya.

 

Pengertian Sholat

Pengertian Sholat adalah ibadah para pemeluk agama islam, sholat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad sebagai rosul yang di perintah langsung oleh Allah SWT. Umat muslim mendapatkan perintah untuk mengerjakan ibadah sholat ini dikarenakan menurut Surah Al-‘Ankabut, sholat dapat juga mencegah perbuatan yang keji dan mungkar.

 

Syarat Sah Sholat

Pengertian sholat adalah suatu ibadah, jadi pasti akan terdapat syarat-syarat dan ketentuan yang harus dipenuih agar ibadah sholat ini dibilang sah menurut agama. Jadi menjalankan suatu ibadah sholat harus dijalankan berdasarkan ilmu. Maksudnya, kamu harus benar-benar tau tentang syarat-syarat wajib sholat. Setiap individu muslim yang memenuhi syarat sah sholat harus atau wajib melaksanakan ibadah sholat. Kemudian syarat-syarat wajib sholat ialah meliputi  :

  1. Memeluk agama islam.
  2. Orang tersebut memiliki akal yang sehat.
  3. Orang tersebut sudah baligh atau dewasa.
  4. Sudah mengetahui tentang tata cara serta hukum sholat dengan baik dan benar.
  5. Orang tersebut bersih atau suci dari segala kotoran atau yang disebut dengan najis.
  6. Orang yang melakukan ibadah ini ialah orang yang sadar.

Setelah mengetahui pengertian sholat serta syarat wajib untuk sholat, kemudian kamu juga harus mengetahui syarat sah untuk melakukan ibadah sholat. Kemudian jika kamu adalah seorang muslim maka terdapat beberapa syarat sah sholat yang perlu kamu benar-benar pahami dan ketahui. berikut adalah syarat sah sholat :

  1. Seorang muslim harus bisa menutup auratnya.
  2. Seorang muslim harus mengetahui tata cara melakukan ibadah sholat.
  3. Waktu sudah menujukan waktu masuk sholat.
  4. Menghadap ke arah kiblat.
  5. Seorang muslim harus suci  dari hadist kecil maupun besar.

 

Rukun Sholat

Setelah memahami pengertian sholat, syarat wajib sholat serta syarat sah sholat kemudian yang harus kamu pahami selanjutnya adalah rukun sholat. Rukun Sholat adalah hal yang wajib dijalankan atau dilakukkan saat sholat dan harus tertib saat melakukanya. Berikut merupakan rukun sholat :

  1. Niat
  2. Berdiri jika mampu berdiri
  3. Kemudian membaca takbiratul ikhram
  4. Pada setiap rakaat wajib membaca surat al-fatihah
  5. Rukuk dilakukan dengan cara tuma’ninah
  6. Iqtidal yang dilakukan dengan tuma’ninah
  7. Sujud secara tuma’ninah
  8. Duduk diantara dua sujud yang dilakukan dengan tuma’ninah
  9. Lalu duduk tasyahud akhir
  10. Membaca shalawat nabi
  11. Membaca salam
  12. Hal itu dilakukan dengan cara yang tertib.

 

Kemudian sholat juga tidak hanya ada sholat wajib melainkan juga terdapat sholat sunnah. Sholat fardu atau yang biasa kita sebut sholat wajib dilakukan pada 5 waktu di satu hari setiap harinya dan wajib dikerjakan bagi muslim. Kemudian jika sholat itu ditinggalkan, maka orang itu akan mendapatkan dosa dan apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala yang diberikan dari Allah SWT. Kemudian Sholat juga harus dilakukan dengan khusyu’ dengan maksud agar sholat yang telah dikerjakan akan diterima oleh allah SWT.

Kemudian sholat sunnah adalah sholat yang lebih baik dikerjakan, karena jika mengerjakan sholat sunnah maka akan mendapatkan pahala dan kalaupun tidak melaksanakanya tidak akan mendapat dosa, maka lebih baik dikerjakan saja agar kita bisa menabung untuk membeli tiket masuk surga.

 

Orang yang Tidak Wajib Sholat

Terdapat beberapa orang yang tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat, Kemudian siapa sajakah orang yang tidak diwajibkan sholat itu? Berikut adalah orang yang tidak diwajibkan sholat:

Orang Kafir

Pengertian Sholat adalah suatu ibadah jadi secara otomatis orang kafir tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah sholat. Orang yang tidak wajib sholat seperti orang kafir artinya tidak ada tuntutan untuknya untuk melakukan sholat. Tetapi diakhirat kelak mereka akan disiksa disebabkan oleh kemungkinan yang membuat mereka memiliki kewajiban melakukan sholat apabila saja merek mau islam. Sebagaimana yang tertera pada Al-qur’an surat Al-Muddatstsir 32-43

مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ

Kemudian makna atau arti dari ayat tersebut adalah sebagai berikut :

“Apa yang menyebabkan kalian masuk neraka saqar ?Mereka berkata, ‘Kami (ketika di dunia) tidak pernah melaksanakan sholat.”

Maka dari itu yang harus dilakukan oleh orang-orang kafir adalah yang pertama masuk atau memeluk agama islam, lalu jika tanpa hal tersebut mereka masih tidak sah sholat. Namun apabila mereka sudah masuk islam mereka tidak wajib untuk meng-qodlo atau mengganti sholat sebelumnya. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang murtad apabila seorang murtad kembali masuk ke islam maka mereka sangat  diwajibkan untuk mengganti (meng-qodlo) sholat yang mereka tinggalkan saat mereka masih murtad.

 

Anak-anak

Anak-anak tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah sholat sampai mereka baligh atau dewasa. Meskipun seperti itu orang tua atau walinya wajib untuk mengajari sang anak untuk sholat dengan tata cara yang baik dan benar sehingga ketika anak sudah menginjak masa baligh mereka sudah mengetahui bagaimana cara untuk sholat dengan benar. Sebagaimana seperti yang tertera pada hadist Abu Dawud No.494 yang berbunyi :

مروا الصبي بالصلاة إذا بلغ سبع سنين وإذا بلغ عشراً فاضربوه عليها

Lalu untuk terjemahan atau makna yang terkandung didalam potongan ayat tersebut adalah:

“Perintahkan anak kalian sholat saat berumur 7 tahun, dan hukum mereka jika meninggalkan sholat saat berumur 10 tahun.”

 

Orang Gila

Orang dengan gangguan jiwa atau mental(gila) adalah orang yang tidak wajib sholat atau ibadah-ibadah wajib yang lainya. Sementara itu para ulama menyamakan orang-orang yang setengah gila dengan orang yang benar-benar gila. Hal ini juga telah disebutkan sebagaimana didalam kitab Al-Fiqhul wa Adillatuhu seperti yang ada dibawah ini :

المعتوه: هو من كان قليل الفهم، مختلط الكلام، فاسد التدبير لاضطراب عقله، سواء من أصل الخلقة، أو لمرض طارئ. فإن كان العته شديداً، والمعتوه غير مميز، فهو كالمجنون والصغير غير المميز، تكون تصرفاته كلها باطلة. وقد ألحقت كتب الفقهاء العته بالجنون

Artinya :

“Al-Mu’tawih adalah orang yang lemah pemahamannya, kata-katanya kacau, kontrol dirinya rusak karena akalnya kacau, baik dari sejak lahir atau karena sakit yang muncul kemudian. Jika dungunya parah, dan dia belum tamyiz, maka dia sama dengan orang gila dan anak kecil yang belum tamyiz, semua perbuatannya dinilai batal. Kitab-kitab fiqih menyamakan keduanya dengan gila.”

 

Ayan (Epilepsi)

Kemudian orang yang tidak wajib sholat selanjutnya adalah orang yang mengalami ayan atau gangguan pada saat aktivitas sel syaraf pada otak terdapat gangguan, yang memiliki akibat terjadinya kejang. Penyakit ini terjadi diakibatkan oleh kelainan genetik atau cidera pada otak yang dialami seperti stroke atau trauma. Hal inilah yang menyebabkan penderita tidak diwajibkan untuk melaksanakan sholat.

 

Orang Mabuk Secara Tidak Sengaja

Orang yang mabuk dengan tidak disengaja merupakan orang yang tidak wajib sholat dikarenakan ketidaksengajaan seperti mabok dalam perperjalanan. Namun apabila Mabuk secara disengaja, maka orang itu haruslah mengganti solat mereka pada saat mereka sedang mabuk tadi yang tertinggal setelah mereka sudah sadar.

 

Perempuan yang Haid dan Nifas

Haid atau yang biasa disebut menstruasi adalah rutinitas yang pasti akan dialami oleh setiap perempuan. Kemudian didalam islam perempuan yang sedang haid termasuk orang yang tidak wajib sholat. Terdapat beberapa pihak yang berpikir bahwa larangan itu disebabkan oleh wanita yang sedang haid adalah wanita yang dalam keadaan kotor. Namun dalam pandangan islam, wanita yang sedang haid tetaplah suci dan bersih seperti wanita pada umumnya, yang kotor dan najis adalah darah saat haid, oleh sebab itu orang yang sedang haid tidak perlu untuk dujauhi atau dihindari.

 

Demikianlah penjelasan tentang pengertian sholat, syarat wajib sholat, rukun dan syarat sholat. Serta dijelaskan pula orang-orang yang tidak wajib untuk melakukan ibadah sholat. Sholat merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia karena merupakan perintah dari Allah SWT dan apabila kita tidak melakukan perintah tersebut termasuklah kita kedalam orang-orang kafir. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi seputar sholat dan kalian paham tentang seluruh isinya serta membuat kalian tidak lagi salah atau tidak memahami sholat.



Doa Naik Kendaraan: Bacaan Arab, Arti dan Latin

Doa Naik Kendaraan: Bacaan Arab, Arti dan Latin

Sebagai muslim kita hendaknya tau apa itu sholat, Pengertian Sholat adalah suatu ibadah yang berisi atau terdiri dari ucapan serta perbuatan yang berawalan takbir dan diakhiri oleh salam. Secara bahasa pengertian sholat adalah memanjatkan doa. Jadi pada dasarnya sholat adalah kegiatan ibadah yang berisi doa-doa. Dalam pelaksanaan ibadah sholat ini juga terdapat syarat sah atau ketentuan yang harus dilaksanakan supaya sholat yang telah dikerjakan adalah sah dimata agama.

Pengertian sholat menurut syara’ merupakan segala ucapan serta perbuatan-perbuatan tertentu, yang pada awalnya dimulai dari takbiratul kemudian pada akhirnya diakhiri dengan salam. Kemudian pada kesempatan kali ini di dalam artikel ini akan membahas tentang syarat wajib sholat, rukun sholat dan juga syarat sah sholat. Berikut adalah seluruh penjelasanya.

 

Pengertian Sholat

Pengertian Sholat adalah ibadah para pemeluk agama islam, sholat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad sebagai rosul yang di perintah langsung oleh Allah SWT. Umat muslim mendapatkan perintah untuk mengerjakan ibadah sholat ini dikarenakan menurut Surah Al-‘Ankabut, sholat dapat juga mencegah perbuatan yang keji dan mungkar.

 

Syarat Sah Sholat

Pengertian sholat adalah suatu ibadah, jadi pasti akan terdapat syarat-syarat dan ketentuan yang harus dipenuih agar ibadah sholat ini dibilang sah menurut agama. Jadi menjalankan suatu ibadah sholat harus dijalankan berdasarkan ilmu. Maksudnya, kamu harus benar-benar tau tentang syarat-syarat wajib sholat. Setiap individu muslim yang memenuhi syarat sah sholat harus atau wajib melaksanakan ibadah sholat. Kemudian syarat-syarat wajib sholat ialah meliputi  :

  1. Memeluk agama islam.
  2. Orang tersebut memiliki akal yang sehat.
  3. Orang tersebut sudah baligh atau dewasa.
  4. Sudah mengetahui tentang tata cara serta hukum sholat dengan baik dan benar.
  5. Orang tersebut bersih atau suci dari segala kotoran atau yang disebut dengan najis.
  6. Orang yang melakukan ibadah ini ialah orang yang sadar.

Setelah mengetahui pengertian sholat serta syarat wajib untuk sholat, kemudian kamu juga harus mengetahui syarat sah untuk melakukan ibadah sholat. Kemudian jika kamu adalah seorang muslim maka terdapat beberapa syarat sah sholat yang perlu kamu benar-benar pahami dan ketahui. berikut adalah syarat sah sholat :

  1. Seorang muslim harus bisa menutup auratnya.
  2. Seorang muslim harus mengetahui tata cara melakukan ibadah sholat.
  3. Waktu sudah menujukan waktu masuk sholat.
  4. Menghadap ke arah kiblat.
  5. Seorang muslim harus suci  dari hadist kecil maupun besar.

 

Rukun Sholat

Setelah memahami pengertian sholat, syarat wajib sholat serta syarat sah sholat kemudian yang harus kamu pahami selanjutnya adalah rukun sholat. Rukun Sholat adalah hal yang wajib dijalankan atau dilakukkan saat sholat dan harus tertib saat melakukanya. Berikut merupakan rukun sholat :

  1. Niat
  2. Berdiri jika mampu berdiri
  3. Kemudian membaca takbiratul ikhram
  4. Pada setiap rakaat wajib membaca surat al-fatihah
  5. Rukuk dilakukan dengan cara tuma’ninah
  6. Iqtidal yang dilakukan dengan tuma’ninah
  7. Sujud secara tuma’ninah
  8. Duduk diantara dua sujud yang dilakukan dengan tuma’ninah
  9. Lalu duduk tasyahud akhir
  10. Membaca shalawat nabi
  11. Membaca salam
  12. Hal itu dilakukan dengan cara yang tertib.

 

Kemudian sholat juga tidak hanya ada sholat wajib melainkan juga terdapat sholat sunnah. Sholat fardu atau yang biasa kita sebut sholat wajib dilakukan pada 5 waktu di satu hari setiap harinya dan wajib dikerjakan bagi muslim. Kemudian jika sholat itu ditinggalkan, maka orang itu akan mendapatkan dosa dan apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala yang diberikan dari Allah SWT. Kemudian Sholat juga harus dilakukan dengan khusyu’ dengan maksud agar sholat yang telah dikerjakan akan diterima oleh allah SWT.

Kemudian sholat sunnah adalah sholat yang lebih baik dikerjakan, karena jika mengerjakan sholat sunnah maka akan mendapatkan pahala dan kalaupun tidak melaksanakanya tidak akan mendapat dosa, maka lebih baik dikerjakan saja agar kita bisa menabung untuk membeli tiket masuk surga.

 

Orang yang Tidak Wajib Sholat

Terdapat beberapa orang yang tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat, Kemudian siapa sajakah orang yang tidak diwajibkan sholat itu? Berikut adalah orang yang tidak diwajibkan sholat:

Orang Kafir

Pengertian Sholat adalah suatu ibadah jadi secara otomatis orang kafir tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah sholat. Orang yang tidak wajib sholat seperti orang kafir artinya tidak ada tuntutan untuknya untuk melakukan sholat. Tetapi diakhirat kelak mereka akan disiksa disebabkan oleh kemungkinan yang membuat mereka memiliki kewajiban melakukan sholat apabila saja merek mau islam. Sebagaimana yang tertera pada Al-qur’an surat Al-Muddatstsir 32-43

مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ

Kemudian makna atau arti dari ayat tersebut adalah sebagai berikut :

“Apa yang menyebabkan kalian masuk neraka saqar ?Mereka berkata, ‘Kami (ketika di dunia) tidak pernah melaksanakan sholat.”

Maka dari itu yang harus dilakukan oleh orang-orang kafir adalah yang pertama masuk atau memeluk agama islam, lalu jika tanpa hal tersebut mereka masih tidak sah sholat. Namun apabila mereka sudah masuk islam mereka tidak wajib untuk meng-qodlo atau mengganti sholat sebelumnya. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang murtad apabila seorang murtad kembali masuk ke islam maka mereka sangat  diwajibkan untuk mengganti (meng-qodlo) sholat yang mereka tinggalkan saat mereka masih murtad.

 

Anak-anak

Anak-anak tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah sholat sampai mereka baligh atau dewasa. Meskipun seperti itu orang tua atau walinya wajib untuk mengajari sang anak untuk sholat dengan tata cara yang baik dan benar sehingga ketika anak sudah menginjak masa baligh mereka sudah mengetahui bagaimana cara untuk sholat dengan benar. Sebagaimana seperti yang tertera pada hadist Abu Dawud No.494 yang berbunyi :

مروا الصبي بالصلاة إذا بلغ سبع سنين وإذا بلغ عشراً فاضربوه عليها

Lalu untuk terjemahan atau makna yang terkandung didalam potongan ayat tersebut adalah:

“Perintahkan anak kalian sholat saat berumur 7 tahun, dan hukum mereka jika meninggalkan sholat saat berumur 10 tahun.”

 

Orang Gila

Orang dengan gangguan jiwa atau mental(gila) adalah orang yang tidak wajib sholat atau ibadah-ibadah wajib yang lainya. Sementara itu para ulama menyamakan orang-orang yang setengah gila dengan orang yang benar-benar gila. Hal ini juga telah disebutkan sebagaimana didalam kitab Al-Fiqhul wa Adillatuhu seperti yang ada dibawah ini :

المعتوه: هو من كان قليل الفهم، مختلط الكلام، فاسد التدبير لاضطراب عقله، سواء من أصل الخلقة، أو لمرض طارئ. فإن كان العته شديداً، والمعتوه غير مميز، فهو كالمجنون والصغير غير المميز، تكون تصرفاته كلها باطلة. وقد ألحقت كتب الفقهاء العته بالجنون

Artinya :

“Al-Mu’tawih adalah orang yang lemah pemahamannya, kata-katanya kacau, kontrol dirinya rusak karena akalnya kacau, baik dari sejak lahir atau karena sakit yang muncul kemudian. Jika dungunya parah, dan dia belum tamyiz, maka dia sama dengan orang gila dan anak kecil yang belum tamyiz, semua perbuatannya dinilai batal. Kitab-kitab fiqih menyamakan keduanya dengan gila.”

 

Ayan (Epilepsi)

Kemudian orang yang tidak wajib sholat selanjutnya adalah orang yang mengalami ayan atau gangguan pada saat aktivitas sel syaraf pada otak terdapat gangguan, yang memiliki akibat terjadinya kejang. Penyakit ini terjadi diakibatkan oleh kelainan genetik atau cidera pada otak yang dialami seperti stroke atau trauma. Hal inilah yang menyebabkan penderita tidak diwajibkan untuk melaksanakan sholat.

 

Orang Mabuk Secara Tidak Sengaja

Orang yang mabuk dengan tidak disengaja merupakan orang yang tidak wajib sholat dikarenakan ketidaksengajaan seperti mabok dalam perperjalanan. Namun apabila Mabuk secara disengaja, maka orang itu haruslah mengganti solat mereka pada saat mereka sedang mabuk tadi yang tertinggal setelah mereka sudah sadar.

 

Perempuan yang Haid dan Nifas

Haid atau yang biasa disebut menstruasi adalah rutinitas yang pasti akan dialami oleh setiap perempuan. Kemudian didalam islam perempuan yang sedang haid termasuk orang yang tidak wajib sholat. Terdapat beberapa pihak yang berpikir bahwa larangan itu disebabkan oleh wanita yang sedang haid adalah wanita yang dalam keadaan kotor. Namun dalam pandangan islam, wanita yang sedang haid tetaplah suci dan bersih seperti wanita pada umumnya, yang kotor dan najis adalah darah saat haid, oleh sebab itu orang yang sedang haid tidak perlu untuk dujauhi atau dihindari.

 

Demikianlah penjelasan tentang pengertian sholat, syarat wajib sholat, rukun dan syarat sholat. Serta dijelaskan pula orang-orang yang tidak wajib untuk melakukan ibadah sholat. Sholat merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia karena merupakan perintah dari Allah SWT dan apabila kita tidak melakukan perintah tersebut termasuklah kita kedalam orang-orang kafir. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi seputar sholat dan kalian paham tentang seluruh isinya serta membuat kalian tidak lagi salah atau tidak memahami sholat.