7+ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan: Tabel + Fungsi

By

sel tumbuhan dan sel hewan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Sel Hewan mempunyai ukuran yang lebih kecil, serta bentuknya tidak tetap. Organel yang dimiliki adalah sentrosom dan lisosom. Otganel yang tidak dimiliki oleh sel hewan adalah dinding sel, vakuola. dan plastid (kloroplas).

Sedangkan sel tumbuhan ukurannya lebih besar, serta memiliki bentuk yang tetap. Organel yang dimiliki sel tumbuhan meliputi plastid (kloroplas), vakuola, dan dinding sel. Sedangkan organel yang tidak dimiliki sel tumbuhan adalah sentrosom dan lisosom.

Nah, itulah perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Jika kamu ingin benar – benar mengerti mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Jika kita perhatikan, tumbuhan dan hewan mempunyai perbedaan yang jelas. Jika tumbuhan tidak bisa bergerak secara aktif seperti hewan, gerakan tumbuhan cenderung pasif, hal tersebut dikarenakan leh bentuk sel tumbuhan yang kaku. Terus, kenapa bentuk sel tumbuhan kaku? Hal tersebut karena tumbuhan mempunyai dinding sel yang keras, hal tersebut yang membuat sel tumbuhan bersifat kaku sehingga tidak bisa bergerak secara aktif.

Berbeda dengan sel hewan, sel hewan tidak mempunyai dinding sel sehingga bersifat fleksibel serta bentuknya yang bisa berubah – ubah. Selain dikarenakan dinding sel. masih banyak perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Perhatikan gambar dibawah ini,

Perbedaan Sel hewan dan sel tumbuhan

 

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Dari gambar di atas kamu bisa mendapatkan beberapa perbedaan, jika kamu mendapatkan beberapa perbedaan kamu bisa menulisnya di kolom komentar. Menurut gambar di atas ada beberapa referensi otentik, aantara lain.

 

Sel Hewan

Berikut ini adalah sel hewan, antara lain.

  • Ukuran sel hewan lebih kecil dari sel tumbuhan
  • Tidak memiliki plastid (kloroplas)
  • Tidak memiliki dinding sel
  • Memiliki lisosom
  • Memiliki sentrosom
  • Mempunyai bentuk tidak tetap
  • Tidak Mempunyai vakuola (walaupun ada juga yang mempunyai vakuola tapi ukurannya kecil).

 

Sel Tumbuhan

Berikut ini adalah sel tumbuhan, antara lain.

  • Mempunyai bentuk tetap
  • Mempunyai vakuola ukuran besar serta umumnya berjumlah banyak
  • Tidak mempunyai lisosom
  • Tidak mempunyai sentrosom
  • Umumnya mempunyai plastid (kloroplas)
  • Ukuran sel tumbuhan lebih besar dibandingkan dengan sel hewan
  • Mempunyai dinding sel serta membran sel

Jika belum atau masih kurang paham, silahkan amati tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan supaya kamu lebih mengerti.

 

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Berikut ini adalah tabel perbedaannya, antara lain.

NoPembedaSel HewanSel Tumbuhan
1UkuranLebih kecilLebih besar
2LisosomAdaTidak ada
3PlastidaTidak adaAda berupa kloroplas
4Dinding selTidak adaAda
5SentrosomAdaTidak ada
6BentukTidak tetapTetap
7VakuolaTidak ada (atau ukurannya kecil)Ada dan besar

Baca Juga :Contoh Tumbuhan Dikotil.

 

 

Penjelasan Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca penjelasan di bawah tentang perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan, antara lain.

 

1. Bentuk & Ukuran

Sel tumbuhan umumnya mempunyai ukuran lebih besar serta berbentuk persegi panjang, sedangkan sel hewan  umumnya berbentuk bulat.

 

2. Lisosom

Sel hewan mempunyai organel lisosom dalam sitoplasma-nya, Lisosom mengandung sejumlah enzim yang membantu dalam pencernaan intra seluler atau bisa pemecahan zat dalam sel hewan. Sel tumbuhan tidak mempunyai lisosom.

 

3. Kloroplas & Plastida

Sel tumbuhan mempunyai plastida yang di dalamnya ada kloroplas, Kloroplas itulah yang menjadikan tumbuhan bisa membuat makanan sendiri. Klroplas atau zat hijau yang ada pada daun ini memiliki fungsi sebagai tempat fotosintesis. Sel hewan tidak mempunyau kloroplas, oleh karena itu hewan memerlukan makanan, sehingga disebut sebagai organisme heterotrof.

 

4. Dinding Sel

Sel tumbuhan mempunyai dinding sel sera membran plasma. DInding sel pada tumbuhan memiliki fungsi mempertahankan bentuk sel serta memberikan perlindungan terhadap sel. Dinding sel ini terdiri dari hemiselulosa dan selulosa.

Lain halnya dengan sel hewan yang tidak mempunyai dinding sel tapi mempunyai membran plasma, membran plasma berfungsi sebagai batas luar sel hewan.

 

5. Sentriol

Sentriol merupakan organel yang tidak ditemukan dalam sel tumbuhan. Sedangkan pada sel hewan, sentriol membantu pergerakan kromosom selama proses pembelahan sel.

 

6. Vakuola

Sebagian besar sel tumbuhan mempunyai organel vakuola serta berukaran besar. Vakuola mengandung zat sisa, air, cadangan makanan serta zat terlarut yang lainnya. Oleh karena itu fungsi organel ini disebut sebagai gudang sel.

 

Sebenarnya selain 6 perbedaan tersebut, ada satu perbedaan lagi, yakni asam aminonya. Dimana dalam sel tumbuhan semua jenis asam amino akan disintesis, sedangkan pada sel hewan hanya bisa mensintesis beberapa jenis asam amino saja.

Nah, itulah penjelasan mengenai Perbedaan Sel hewan dan sel tumbuhan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas, dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.


Hasif Priyambudi Aku tidak bisa mendengarmu spongebob, disini gelap


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *