Rumus Luas Persegi

Persegi adalah salah satu dari jenis bangun datar yang memiliki dimensi dua. Bangun datar yang satu ini terbentuk dari 4 rusuk yang memiliki ukuran panjang sama, selain itu persegi memiliki empat buah titik sudut yang semuanya merupakan sudut siku – siku.

Di kesempatan kali ini Pintarnesia akan berbagi kepada teman – teman pembaca mengenai bangun persegi tersebut. Artikel kali ini berisi rumus luas persegi, cara menghitung luas persegi, contoh soal dan penyelesaiannya secara lengkap. Baca pembahasannya di bawah ini dengan seksama ya!

Baca Juga: Rumus Luas Persegi Panjang.

  1. Rumus Luas Persegi
    1. Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 1
    2. Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 2
    3. Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 3
    4. Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 4
    5. Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 5
    6. Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 6

Rumus Luas Persegi

Rumus Luas Persegi = S x S = S²

Untuk menghitung luas dari suatu bangun datar persegi, kalian cukup tinggal mengalikan antara nilai dari sisi dan sisinya yang dimiliki bangun tersebut. Ini merupakan salah satu bangun datar yang cara perhitungannya sangat mudah.

Berikut di bawah ini ada beberapa soal untuk menghitung luas dari bangun persegi dan jawabannya.

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 1

Sebuah bingkai foto yang memiliki bentuk persegi mempunyai panjang sisinya 50 cm, hitunglah berapa luas dari bingkai foto tersebut!

Diketahui : Sisi = 50 cm

Ditanyakan : L ? (L = S² = S x S)

Dijawab, luas bingkai foto = S² = S x S = 50 x 50 = 2500 cm² = 25 m². Jadi luas dari bingkai foto yang mempunyai bentuk persegi dengan panjang sisi 50 cm adalah seluas 2500 cm² atau 25 m².

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 2

Ada sebuah balok kayu yang memiliki bentuk persegi dengan ukuran sisi 25 cm. Silakan kalian cari berapa luas dari balok kayu tersebut!

Diketahui : S = 25 cm

Ditanya : L ? (L = S² = S x S)

Dijawab : Luas balok kayu = S x S = 25 cm x 25 cm = 625 cm². Jadi luas dari balok kayu dengan bentuk persegi yang mempunyai panjang sisi 25 cm adalah seluas 625 cm² atau 6,25 m².

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 3

Hitunglah berapa luas dari buku yang memiliki bentuk persegi dimana pada ukuran sisinya adalah 20 cm!

Diketahui : S = 20 cm

Ditanya : L ? (L = S² = S x S)

Dijawab : Luas buku = S x S = 20 cm x 20 cm = 400 cm². Jadi luas dari buku berbentuk persegi yang memiliki panjang sisi 20 cm adalah seluas 400 cm² atau 4 m².

Baca Juga : Rumus Persegi

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 4

Putra memiliki mainan puzzle dengan bentuk persegi yang mempunyai panjang sisi 50 cm, berapakah luas dari mainan putra tersebut?

Diketahui : S = 50 cm

Ditanya : L ? (L = S² = S x S)

Dijawab : Luas mainan = S x S = 50 cm x 50 cm = 2500 cm². Jadi luas dari mainan puzzle milik putra yang berbentuk persegi dengan panjang sisi 50 cm adalah seluas 2500 cm² atau 2,5 m².

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 5

Ada sebuah taman bermain yang memiliki bentuk persegi dan memiliki sisi 12 m. Berapakah luas dari lapangan tersebut?

Diketahui : S = 12 m

Ditanya : L ? (L = S² = S x S)

Dijawab : Luas taman bermain = S x S = 12 m x 12 m = 144 m². Jadi luas dari taman bermain yang berbentuk persegi dan memiliki panjang sisi 12 m adalah seluas 144 m².

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi 6

Hitunglah luas dari bangun persegi yang memiliki keliling 20 m!

Diketahui : K = 20 m, karena keliling persegi adalah S + S + S + S atau S x 4, jadi sisi dari persegi yang memiliki keliling 20 m adalah 20 / 4 = 5 m. Jadi S = 5

Ditanya : L ? (L = S² = S x S)

Dijawab : Luas persegi = S x S = 5 m x 5 m = 25 m². Jadi luas dari bangun persegi yang memiliki panjang sisi 5 m adalah seluas 25 m².

Baik itulah artikel dari Mastekno materi matematika yang berisi tentang rumus luas persegi, bagaimana cara menghitung luas persegi, contoh soal mencari luas persegi dan jawabannya.

Mudah – mudahan artikel tersebut bisa membantu teman – teman yang sedang mempelajari pelajaran matematika materi persegi. Jika dirasa ada yang kurang boleh teman – teman tuliskan di kolom komentar yang ada di bawah. Terimakasih telah berkunjung di Pintarnesia.