√ Sejarah Sepak Bola: Peraturan, Teknik Permainan Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola: Peraturan, Teknik Permainan Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola: Peraturan, Teknik Permainan Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola – Salah satu cabang olahraga dengan bola ini sangat populer, Sepak Bola merupakan permainan cabang olahraga internasional yang beranggotakan 11 (sebelas) pemain inti dan juga terdiri dari beberapa pemain cadangan. Dalam bahasa inggris, permainan atau olahraga ini disebut dengan Football atau Soccer, cara bermain olahraga yang satu ini bisa dibilang sangat simpel.

Nah, pada kesempatan kali  ini pintarnesia akan memaparkan dan menjelaskan mengenai permainan atau olahraga sepak bola, mulai dari sejarah, peraturan,s serta teknik bermain sepak bola. Sebelum kita membahas lebih dalam, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu sejarah sepak bola di dunia ini. Berikut ini adalah sejarah sepak bola secara singkat

 

Sejarah Sepak Bola

Sejarah permainan ini bermula sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi di Tiongkok. Pada masa Dinasti Han, masyarakat menggiring bola kulit menuju ke jaring kecil. Permainan ini juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. DI negara Italia, permainan ini sudah sangat populer dengan cara menendang dan membawa bola, permainan ini dikenal mulai abad ke-16 yang mulai digemari warga sekitar.

Sepak bola modern mulai berkembang di negara Inggris dengan menetapkan peraturan – peraturan dasar, sehingga membuat permainan ini semakin digemari oleh berbagai kalangan. Tapi pada beberapa kompetisi sepak bola yang ada, permainan ini malah menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan, sehingga Raja Edward III memberikan keputusan untuk melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja james I dari Scotlandia juga mendukung keputusan Raja Edward III mengenai larangan untuk memainkan permainana sepak bola.

Pada tahun 1815, terjadi perkembangan yang sangat signifikan, sehingga menyebabkan permainan sepak bola menjadi lebih terkenal di lingkungan sekolah –  sekolah. Sepak bola modern lahir di Freemasons Tavern pada tahun 1863 saat beberapa klub dan 11 (sebelas) sekolah berkumpul untuk merumuskan aturan dasar dalam permainan ini. Disamping merumuskan aturan dasar permainan sepak bola, perkembangan besar pun terjadi, yakni pemisahan olahraga Rugby dengan olahraga sepak bola.

Pada tahun 1869, larangan membawa bola dengan tangan mulai digunakan atau diterapkan dalam permainan sepak bola. Selama tahun 1800 – an, olahraga ini dibawa oleh para pedagang, pelaut, serta tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Sedangkan pda tahun 1904, FIFA selaku asosiasi tertinggi sepak bola dunia mulai dibentuk pada awal tahun 1900 an, berbagai kompetisi dimainkan di berbagai negara yang ada di dunia. Olahraga ini digemari sejak abad ke-16.

Baca Juga: Pengertian Sepak Bola.

 

Sejarah Permainan Sepak Bola di Indonesia

Di negara Indonesia sepak bola diawali dengan berdirinya asosiasi atau yang biasa disebut dengan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), asosiasi tersebut di buat di Yogyakarta pada tanggal 19 April 1930 yang dipimpin oleh Soeratin Sosrosoegondo yang menjadi bapak PSSI pada saat itu.

Pada kongrs PSSI yang ada di Solo, organisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Sejak saat itu juga, kegiatan sepak bola yang ada di Indonesia menjadi sering digerakkan oleh PSSI dan semakin banyak pula penduduk yang menjadi bermain di alun – alun atau jalan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kebangkitan “Sepak Bola Kebangsaan”, Paku Buwono X membangun stadion Sriwedari yang membuat sepak bola di Indonesia menjadi semakin berkembang. Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi sepak bola Indonesia semakin menurun dikarenakan pembinaan tim nasional yang tidal lagi di imbangi dengan pengembangan organisasi serta kompetisi yang kurang memadai.

Pada tahun 1970 – an, muncul beberapa pemain Indonesia yang bersaing dalam kompetisi internasional, yakni adalah Ramang, Ronny Pattinasarani, Tan Liong Houw, dan Sucipto Suntoro. Dalam sejarah perkembangannya, PSSI sudah memperluas kompetisi sepak bola yang ada dalam negeri, di antaranya adalah mengadakan Liga Super Indonesia, Divisi Satu, Divisi Utama, serta Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain yang masih amatir.

Organisasi PSSI juga aktik untuk mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam umur tertentu seperti (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23).

 

 

Peraturan Permainan Sepak Bola

Berikut ini adalah beberapa peraturan yang ada pada permainan sepak bola, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam permainan sepak bola, di antaranya adalah:

 

1. Posisi Pemain Sepak Bola

Dalam satu tim sepak bola terdiri dari 1 (satu) orang penjaga gawang, 2 – 4 pemain bertahan, 2 – 5 orang pemain tengah, serta 1 – 3 pemain penyerang. Pemain yang paling bebas dalam mengolah bola adalah penjaga gawang, karena penjaga gawang (kiper) merupakan satu – satunya pemain yang diperbolehkan untuk menggunakan tangan untuk menghalangi bola yang menuju ke gawang dari serangan tim lawan. Disamping itu, penjaga gawang juga menggunakan jersey yang berbeda dengan pemain yang lainnya.

Pemain Bertahan atau yang biasa disebut dengan Back, memiliki tugas utama untuk menutup dan menghalangi pergerakan tim lawan, terutama pergerakan dari penyerang lawan.

Seorang gelandang atau pemain tengah umumnya terdiri dari pemain tengah serang yang bermain di dekat penyerang dan pemain tengah bertahan yang posisinya berdekatan dengan pemain bertahan. Tugas dari pemain bertahan adalah mengatur tempo permainan serta menjadi penyokong striker dan bek tim. Pada posisi tersebut juga ada posisi Sayap (Winger) yang memiliki bertugas di sisi kiri dan sisi kanan lapangan.

Sedangkan seorang penyerang atau yang biasa disebut dengan stiker, memiliki tugas untuk mencetak gol ke gawan lawan.

Kapten tim merupakan seseorang yang terpilih di antara para pemain yang ada pada tim, kapten tim memiliki tugas untuk mempin serta mengoordinasi para pemain supaya bermain secara kompad di lapangan pertandingan. Kapten tim ditandai dengan menggunakan atribut ban (armband) yang melingkar pada lengan atas.

Pada sebuah pertandingan yang resmi, kapten dari kedua tim menjadi pemain yang keluar terlebih dahulu saat memasuki area pertandingan, setelah itu diikuti kiper dan para pemain lainnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar bentuk – bentuk formasi permaianan sepak bola yang ada, di antaranya adalah :

  • Formasi 4-2-4
  • Formasi 4-4-2
  • Formasi 4-5-1
  • Formasi 5-3-2
  • Formasi 5-4-1
  • Formasi 3-6-1
  • Formasi 3-5-2
  • Formasi 3-4-3
  • Formasi 4-1-4-1
  • Formasi 4-2-3-1
  • Formasi 4-3-3
  • Formasi 4-3-1-2
  • Formasi 4-3-2-1
  • Formasi 4-4-1-1
  • Formasi 4-2-2-2

 

2. Ukuran Gawang dan Lawang Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola umum, oanjang lapangan memiliki ukuran panjang ± 90 -120 meter dan lebar ± 45 – 90 meter. Sedangkan untuk pertandingan internasional, dengan berkategori dewasa umumnya menggunakan lapangan panjang 100 – 120 m dan lebar 65 – 75 meter.

Pada sisi lapangan juga menggunakan garis batas lapangan sepak bola yang memiliki tebal 12 cm dengan tinggi tiang bendera tiap pojok lapangan adalah 1.5 m. Sementara untuk gawang memiliki ukuran lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Pada area gawang memiliki area pinalti yang memiliki panjang 16.5 meter dari gawang, area itu juga digunakan untuk batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan serta menentukan kapan pelanggaran mendapatkan hadiah pinalti atau tidak.

 

3. Waktu Permainan Sepak Bola

Lama pertandingan sepak bola normalnya adalah 2 x 45 menit (2 dua babak) dimana di antara babak tersebut memiliki waktu istirahat 15 menit. Jika kedudukan kedua tim seimbang maka akan diadakan perpanjangan waktu selama 2 x 15 menit, sehingga bisa didapatkan pemenang, namun jika masih sama kuat maka akan diadakan adu pinalti.

Wasit bisa menentukan panjangnya waktu tanbahan di setiap akhir babak sebagai pengganti daari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, bola keluar, serta penghentian waktu lainnya. Waktu tersebut lebih dikenal dengan sebutan injury time.

 

4. Wasit dan Petugas Pertandingan Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola profesional, ada 4 petugas yang mempin jalannya pertandingan, yang terdiri dari wasit, 2 (dua) hakim garis, serta seorang petugas di pinggir lapangan dan juga wasit gawang yang berada pada pinggir gawang.

Seorang wasit memiliki peluit yang berguna untuk memberhentikan dan memulai pertandingan, wasit juga memiliki tugas untuk memberikan hukuman serta peringatan atas pelanggaran yang terjadi sewaktu pertandingan berlangsung dan berada pada lapangan. Sedangkan hakim garis memiliki tugas untuk mengawasi setengah bagian dari lapangan, hakim garis memegang bender yang berguna untuk menandakan adanya pelanggaran, offside atau bola keluar.

Petugas yang terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti delama pertandingan berlangsung dan memberikan informasi mengenai tambahan waktu di setiap akhir babak. Petugas ini juga mempunyai tugas untuk memriksa pergantian pemain serta menjadi penghubung antara wasit dengan manajer tim.

 

 

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Ada beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola, di antaranya adalah menendang, menggiring, menghentikan, serta menyundul bola. Berikut ini adalah penjelasan dari teknik dasar di atas :

 

1. Teknik Menendang Bola

Teknik yang satu ini merupakan teknik untuk menyepak bola, teknik ini merupakan faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Ada beberapa teknik dalam menendang bola, di antaranya adalah :

  • Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.
  • Menendang bola menggunakan kaki bagian luar.
  • Menendang  bola menggunakan kaki bagian punggung.

 

2. Teknik Menggiring Bola

Teknik ini memiliki tujuan untuk membawa bola ke arah tertentu sambil berlari, sehingga bola bergelir di tanah dan bisa dikuasi oleh pemain yang menggiring bola tersebut. Ada beberapa cara dasar untuk menggiring bola, di antaranya adalah :

  • Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar
  • Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki
  • Menggiring bola dengan menggunakan kedua kaki secara bergantian

 

3. Teknik Menghentikan Bola

Teknik sepak bola yang satu ini memiliki tujuan untuk menghentikan bola, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menhentikan bola, di antaranya adalah :

  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki paha
  • Menghentikan bola dengan menggunakan perut atau dada
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian telapak
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki punggung
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian luar

 

4. Teknik Menyundul Bola

Tekni yang yang satu ini merupakkan tekni gerakan mendorong bola menggunakan kepala yang bisa dilakukan saat bola melayang di udara. Teknik ini memiliki tujuan untuk mendorong bola ke arah tertentu yang di inginkan si pemain.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Sepak Bola, mulai dari Sejarah, Peraturan dan Teknik Bermain Sepak Bola. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengerjakan tugas dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu mengenai dunia sepak bola. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.



4 Proses Terjadinya Hujan: Jenis dan Bentuk-Bentuk Hujan

4 Proses Terjadinya Hujan: Jenis dan Bentuk-Bentuk Hujan

Sejarah Sepak Bola – Salah satu cabang olahraga dengan bola ini sangat populer, Sepak Bola merupakan permainan cabang olahraga internasional yang beranggotakan 11 (sebelas) pemain inti dan juga terdiri dari beberapa pemain cadangan. Dalam bahasa inggris, permainan atau olahraga ini disebut dengan Football atau Soccer, cara bermain olahraga yang satu ini bisa dibilang sangat simpel.

Nah, pada kesempatan kali  ini pintarnesia akan memaparkan dan menjelaskan mengenai permainan atau olahraga sepak bola, mulai dari sejarah, peraturan,s serta teknik bermain sepak bola. Sebelum kita membahas lebih dalam, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu sejarah sepak bola di dunia ini. Berikut ini adalah sejarah sepak bola secara singkat

 

Sejarah Sepak Bola

Sejarah permainan ini bermula sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi di Tiongkok. Pada masa Dinasti Han, masyarakat menggiring bola kulit menuju ke jaring kecil. Permainan ini juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. DI negara Italia, permainan ini sudah sangat populer dengan cara menendang dan membawa bola, permainan ini dikenal mulai abad ke-16 yang mulai digemari warga sekitar.

Sepak bola modern mulai berkembang di negara Inggris dengan menetapkan peraturan – peraturan dasar, sehingga membuat permainan ini semakin digemari oleh berbagai kalangan. Tapi pada beberapa kompetisi sepak bola yang ada, permainan ini malah menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan, sehingga Raja Edward III memberikan keputusan untuk melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja james I dari Scotlandia juga mendukung keputusan Raja Edward III mengenai larangan untuk memainkan permainana sepak bola.

Pada tahun 1815, terjadi perkembangan yang sangat signifikan, sehingga menyebabkan permainan sepak bola menjadi lebih terkenal di lingkungan sekolah –  sekolah. Sepak bola modern lahir di Freemasons Tavern pada tahun 1863 saat beberapa klub dan 11 (sebelas) sekolah berkumpul untuk merumuskan aturan dasar dalam permainan ini. Disamping merumuskan aturan dasar permainan sepak bola, perkembangan besar pun terjadi, yakni pemisahan olahraga Rugby dengan olahraga sepak bola.

Pada tahun 1869, larangan membawa bola dengan tangan mulai digunakan atau diterapkan dalam permainan sepak bola. Selama tahun 1800 – an, olahraga ini dibawa oleh para pedagang, pelaut, serta tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Sedangkan pda tahun 1904, FIFA selaku asosiasi tertinggi sepak bola dunia mulai dibentuk pada awal tahun 1900 an, berbagai kompetisi dimainkan di berbagai negara yang ada di dunia. Olahraga ini digemari sejak abad ke-16.

Baca Juga: Pengertian Sepak Bola.

 

Sejarah Permainan Sepak Bola di Indonesia

Di negara Indonesia sepak bola diawali dengan berdirinya asosiasi atau yang biasa disebut dengan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), asosiasi tersebut di buat di Yogyakarta pada tanggal 19 April 1930 yang dipimpin oleh Soeratin Sosrosoegondo yang menjadi bapak PSSI pada saat itu.

Pada kongrs PSSI yang ada di Solo, organisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Sejak saat itu juga, kegiatan sepak bola yang ada di Indonesia menjadi sering digerakkan oleh PSSI dan semakin banyak pula penduduk yang menjadi bermain di alun – alun atau jalan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kebangkitan “Sepak Bola Kebangsaan”, Paku Buwono X membangun stadion Sriwedari yang membuat sepak bola di Indonesia menjadi semakin berkembang. Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi sepak bola Indonesia semakin menurun dikarenakan pembinaan tim nasional yang tidal lagi di imbangi dengan pengembangan organisasi serta kompetisi yang kurang memadai.

Pada tahun 1970 – an, muncul beberapa pemain Indonesia yang bersaing dalam kompetisi internasional, yakni adalah Ramang, Ronny Pattinasarani, Tan Liong Houw, dan Sucipto Suntoro. Dalam sejarah perkembangannya, PSSI sudah memperluas kompetisi sepak bola yang ada dalam negeri, di antaranya adalah mengadakan Liga Super Indonesia, Divisi Satu, Divisi Utama, serta Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain yang masih amatir.

Organisasi PSSI juga aktik untuk mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam umur tertentu seperti (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23).

 

 

Peraturan Permainan Sepak Bola

Berikut ini adalah beberapa peraturan yang ada pada permainan sepak bola, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam permainan sepak bola, di antaranya adalah:

 

1. Posisi Pemain Sepak Bola

Dalam satu tim sepak bola terdiri dari 1 (satu) orang penjaga gawang, 2 – 4 pemain bertahan, 2 – 5 orang pemain tengah, serta 1 – 3 pemain penyerang. Pemain yang paling bebas dalam mengolah bola adalah penjaga gawang, karena penjaga gawang (kiper) merupakan satu – satunya pemain yang diperbolehkan untuk menggunakan tangan untuk menghalangi bola yang menuju ke gawang dari serangan tim lawan. Disamping itu, penjaga gawang juga menggunakan jersey yang berbeda dengan pemain yang lainnya.

Pemain Bertahan atau yang biasa disebut dengan Back, memiliki tugas utama untuk menutup dan menghalangi pergerakan tim lawan, terutama pergerakan dari penyerang lawan.

Seorang gelandang atau pemain tengah umumnya terdiri dari pemain tengah serang yang bermain di dekat penyerang dan pemain tengah bertahan yang posisinya berdekatan dengan pemain bertahan. Tugas dari pemain bertahan adalah mengatur tempo permainan serta menjadi penyokong striker dan bek tim. Pada posisi tersebut juga ada posisi Sayap (Winger) yang memiliki bertugas di sisi kiri dan sisi kanan lapangan.

Sedangkan seorang penyerang atau yang biasa disebut dengan stiker, memiliki tugas untuk mencetak gol ke gawan lawan.

Kapten tim merupakan seseorang yang terpilih di antara para pemain yang ada pada tim, kapten tim memiliki tugas untuk mempin serta mengoordinasi para pemain supaya bermain secara kompad di lapangan pertandingan. Kapten tim ditandai dengan menggunakan atribut ban (armband) yang melingkar pada lengan atas.

Pada sebuah pertandingan yang resmi, kapten dari kedua tim menjadi pemain yang keluar terlebih dahulu saat memasuki area pertandingan, setelah itu diikuti kiper dan para pemain lainnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar bentuk – bentuk formasi permaianan sepak bola yang ada, di antaranya adalah :

  • Formasi 4-2-4
  • Formasi 4-4-2
  • Formasi 4-5-1
  • Formasi 5-3-2
  • Formasi 5-4-1
  • Formasi 3-6-1
  • Formasi 3-5-2
  • Formasi 3-4-3
  • Formasi 4-1-4-1
  • Formasi 4-2-3-1
  • Formasi 4-3-3
  • Formasi 4-3-1-2
  • Formasi 4-3-2-1
  • Formasi 4-4-1-1
  • Formasi 4-2-2-2

 

2. Ukuran Gawang dan Lawang Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola umum, oanjang lapangan memiliki ukuran panjang ± 90 -120 meter dan lebar ± 45 – 90 meter. Sedangkan untuk pertandingan internasional, dengan berkategori dewasa umumnya menggunakan lapangan panjang 100 – 120 m dan lebar 65 – 75 meter.

Pada sisi lapangan juga menggunakan garis batas lapangan sepak bola yang memiliki tebal 12 cm dengan tinggi tiang bendera tiap pojok lapangan adalah 1.5 m. Sementara untuk gawang memiliki ukuran lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Pada area gawang memiliki area pinalti yang memiliki panjang 16.5 meter dari gawang, area itu juga digunakan untuk batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan serta menentukan kapan pelanggaran mendapatkan hadiah pinalti atau tidak.

 

3. Waktu Permainan Sepak Bola

Lama pertandingan sepak bola normalnya adalah 2 x 45 menit (2 dua babak) dimana di antara babak tersebut memiliki waktu istirahat 15 menit. Jika kedudukan kedua tim seimbang maka akan diadakan perpanjangan waktu selama 2 x 15 menit, sehingga bisa didapatkan pemenang, namun jika masih sama kuat maka akan diadakan adu pinalti.

Wasit bisa menentukan panjangnya waktu tanbahan di setiap akhir babak sebagai pengganti daari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, bola keluar, serta penghentian waktu lainnya. Waktu tersebut lebih dikenal dengan sebutan injury time.

 

4. Wasit dan Petugas Pertandingan Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola profesional, ada 4 petugas yang mempin jalannya pertandingan, yang terdiri dari wasit, 2 (dua) hakim garis, serta seorang petugas di pinggir lapangan dan juga wasit gawang yang berada pada pinggir gawang.

Seorang wasit memiliki peluit yang berguna untuk memberhentikan dan memulai pertandingan, wasit juga memiliki tugas untuk memberikan hukuman serta peringatan atas pelanggaran yang terjadi sewaktu pertandingan berlangsung dan berada pada lapangan. Sedangkan hakim garis memiliki tugas untuk mengawasi setengah bagian dari lapangan, hakim garis memegang bender yang berguna untuk menandakan adanya pelanggaran, offside atau bola keluar.

Petugas yang terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti delama pertandingan berlangsung dan memberikan informasi mengenai tambahan waktu di setiap akhir babak. Petugas ini juga mempunyai tugas untuk memriksa pergantian pemain serta menjadi penghubung antara wasit dengan manajer tim.

 

 

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Ada beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola, di antaranya adalah menendang, menggiring, menghentikan, serta menyundul bola. Berikut ini adalah penjelasan dari teknik dasar di atas :

 

1. Teknik Menendang Bola

Teknik yang satu ini merupakan teknik untuk menyepak bola, teknik ini merupakan faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Ada beberapa teknik dalam menendang bola, di antaranya adalah :

  • Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.
  • Menendang bola menggunakan kaki bagian luar.
  • Menendang  bola menggunakan kaki bagian punggung.

 

2. Teknik Menggiring Bola

Teknik ini memiliki tujuan untuk membawa bola ke arah tertentu sambil berlari, sehingga bola bergelir di tanah dan bisa dikuasi oleh pemain yang menggiring bola tersebut. Ada beberapa cara dasar untuk menggiring bola, di antaranya adalah :

  • Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar
  • Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki
  • Menggiring bola dengan menggunakan kedua kaki secara bergantian

 

3. Teknik Menghentikan Bola

Teknik sepak bola yang satu ini memiliki tujuan untuk menghentikan bola, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menhentikan bola, di antaranya adalah :

  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki paha
  • Menghentikan bola dengan menggunakan perut atau dada
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian telapak
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki punggung
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian luar

 

4. Teknik Menyundul Bola

Tekni yang yang satu ini merupakkan tekni gerakan mendorong bola menggunakan kepala yang bisa dilakukan saat bola melayang di udara. Teknik ini memiliki tujuan untuk mendorong bola ke arah tertentu yang di inginkan si pemain.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Sepak Bola, mulai dari Sejarah, Peraturan dan Teknik Bermain Sepak Bola. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengerjakan tugas dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu mengenai dunia sepak bola. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.