Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tumbuhan Dikotil dan Monokotil: Pengertian dan Perbedaan Dikotil & Monokotil

3 min read

tumbuhan dikotil dan monokotil

Berdasarkan jumlah dari keping bijinya tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil. Tentunya terdapat perbedaan antara keduanya. Baik secara fisik yang dapat terlihat langsung maupun dengan cara penelitian. Namun sebelum kamu dapat membedakannya tentunya perlu diketahui terlebih dahulu yang dimaksud dengan dari tumbuhan monokotil dan dikotil. Di bawah ini merupakan penjelasan dari pengertian tumbuhan monokotil dan dikotil.

 

Pengertian Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Tumbuhan monokotil adalah kelompok tumbuhan berkeping biji tunggal yang hanya memiliki satu daun lembaga. Nah sedangkan tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang memiliki dua keping biji yang ada pada tahap perkecambahan keping bijinya akan membelah menjadi dua daun lembaga.

Perbedaan dari keduanya dapat dilihat langsung secara morfologis. Perbedaan tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil dapat kita amati dari akar, batang, daun, bunga, hingga klasifikasinya. Berikut merupakan penjelasan dari perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil.

 

 

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

PerbedaanMonokotilDikotil
BijiBerkeping 1 sehingga tidak membelah saat berkecambahBerkeping 2 sehingga membelah saat berkecambah
AkarSerabutTunggang
BatangTidak bercabang dan tidak memiliki kambiumBercabang dan memiliki kambium
DaunMemanjang layaknya pita dengan tulang daun yang sejajarMelebar dengan tulang daun yangmenyirip atau menjari
BungaJumlah kelopak 3 atau kelipatannyaJumlah kelopak 2, 4, dan 5 atau kelipatannya
Berkas pengangkutTersebarTeratur

Adapun cara untuk memahami secara sederhana perbedaan antara tumbuhan monokotil dan dikotil. Perbedaan tersebut akan tertera pada tabel yang akan ada di bawah ini yang dilengkapi dengan penjelasannya. Maka simaklah penjelasan yang ada di bawah ini.

Baca Juga: Contoh Tumbuhan Monokotil.

 

1. Perbedaan Biji

Seperti yang kamu lihat dari penjelasan pada tabel, perbedaan antara tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil yang paling utama dapat kita lihat dari jumlah keping biji yang terdapat pada suatu tumbuhan. Tumbuhan dengan keping biji 1 merupakan tumbuhan monokotil yang tidak akan mengalami pembelahan saat berkecambah, misalnya pada tumbuhan padi, jagung, kelapa, serta tumbuhan anggrek.

Sedangkan untuk mengetahui yang mana tumbuhan dikotil yaitu merupakan tumbuhan dengan dua keping biji yang akan mempelajari 2 saat perkecambahan, yang merupakan tumbuhan dikotil yaitu biji kakao, karet, kacang-kacangan, dan tumbuhan bunga matahari.

 

2. Perbedaan Akar

Perbedaan selanjutnya yang dapat kamu ketahui untuk membedakan antara tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil terdapat pada perbedaan struktur akarnya. Pada tumbuhan monokotil umumnya memiliki sistem akar serabut yang tipis serta kecil, sedangkan pada tumbuhan dikotil memiliki sistem akar tunggang yang bercabang kuat dan dapat menembus tanah.

Selain dapat dibedakan dari bentuk akarnya perbedaan akar tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil juga tampak dari ada atau tidaknya tudung akar (kalipatra). Yang merupakan akar tumbuhan monokotil pada umumnya memiliki tudung akar, sedangkan pada tumbuhan dikotil akar umumnya tidak memiliki tudung akar.

 

3. Perbedaan Batang

Terdapat pula cara untuk membedakan antara tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil dengan cara dapat diidentifikasi dari morfologi batangnya. Batang pada tumbuhan monokotil umumnya tidak bercabang terus tumbuh meninggi serta tidak memiliki kambium. Sedangkan pada tumbuhan dikotil memiliki batang yang umumnya bercabang dan memiliki kambium pada perbatasan antara jaringan xilem dan floem.

 

4. Perbedaan Bunga

Perbedaannya dapat pula diidentifikasi dari bunganya. Sedangkan bunga yang terdapat pada tumbuhan monokotil umumnya memiliki kelopak dengan jumlah 3 atau kelipatannya, sedangkan bunga yang terdapat pada tumbuhan dikotil umumnya memiliki kelopak dengan jumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya.

 

5. Perbedaan Daun

Kamu juga dapat membedakan antara tumbuhan monokotil dan dikotil dari bentuk tulang daunnya. perbedaan yang mendasar bentuk daun pada tumbuhan monokotil umumnya memanjang kayaknya pita dengan tulang daun yang sejajar, sedangkan bentuk daun yang terdapat pada tumbuhan dikotil umumnya melebar dengan tulang daun menjari atau menyirip.

 

6. Berkas Pengangkut

Tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil juga memiliki perbedaan pada berkas pengangkut. Berkas pengangkut yang terdapat pada tumbuhan monokotil umumnya tersebar, baik pada pembuluh tapis maupun pada pembuluh kayunya. Sedangkan berkas pengangkut yang terdapat pada tumbuhan dikotil umumnya teratur.

 

7. Perbedaan Klasifikasinya

Terdapat pula perbedaan yang membedakan antara tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil dalam hal klasifikasi. Tumbuhan monokotil pada umumnya dikelompokkan menjadi lima suku di antaranya yaitu Graminae, Palmae, Musaceae, Orchidaceae, dan Zingiberaceae. Sedangkan pada tumbuhan dikotil umumnya dikelompokkan menjadi 5 suku di antaranya yaitu Leguminoceae, Solanaceae, Myrtaceae, dan Compositae.

Untuk dapat mengetahui klasifikasinya secara lengkap tentang perbedaan tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil di bawah ini merupakan tabel pembeda beserta contoh dari tumbuhan keduanya sebagai berikut:

NoMonokotilDikotil
1Graminae, contohnya jagung dan padiEuphorbiaceae, contohnya karet dan singkong
2Palmae, contohnya kelapa dan pinangLeguminoceae, contohnya kacang kedelai dan kacang tanah
3Musaceae, contohnya pisangSolanaceae, contohnya terong dan tomat
4Orchidaceae, contohnya anggrekMyrtaceae, contohnya jambu
5Zingiberaceae, contohnya jaheCompositae, contohnya bunga matahari

 

Dan dibawah ini adalah tambahan perbedaan antara tumbuhan dikotil dengan monokotil, antara lain.

Perbedaan

Monokotil

Dikotil

Keping bijiBerkeping 1Berkeping 2
Pembelahan bijiTidak membelah saat berkecambahMembelah saat berkecambah
Bentuk akarAkar serabutAkar tunggang
Tudung akarMemiliki tudung akarTidak memiliki tudung akar
Pembentukan akarTerbentuk dari batangTerbentuk dari percabangan akar utama
Cabang batangTidak bercabangBercabang
KambiumTidak memiliki kambiumMemiliki kambium
Pertumbuhan sekunderTidak ada, hanya pertumbuhan memanjangAda, sehingga terdapat pertumbuhan membesar
Bentuk daunMemanjangMelebar
Tulang daunSejajarMenyirip atau menjari
Kelopak bungaJumlah kelopak 3 atau kelipatannyaJumlah kelopak 2, 4, dan 5 atau kelipatannya
Berkas pengangkutTersebarTeratur
KorteksTidak memiliki korteksTersusun atas korteks dan stele
Serbuk sariAlur tunggal di tiap butir serbuk sari3 alur
Pembuluh kayuTidak memiliki pembuluh kayuMemiliki pembuluh kayu

 

Nah itulah penjelasan tentang perbedaan monokotil dan dikotil yang dapat saya jelaskan di artikel ini. Kamu bisa mengidentifikasi kembali perbedaan-perbedaan tersebut melalui morfologi contoh tumbuhan yang telah dicantumkan seperti tabel yang ada di atas. Akan terpampang jelas antara perbedaan monokotil dan dikotil namun perlu disadari bahwa tumbuhan monokotil dan dikotil memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Artikel ini hanya membantu kamu jikalau terdapat Tugas atau apapun itu yang bertemakan tumbuhan monokotil dan dikotil jadi kamu bisa menggunakan artikel ini sebagai referensi kamu untuk belajar serta mengerjakan tugas tersebut

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight